Lesson Plan Praktik Memperbesar Peta Kelas XII

- August 03, 2017
Selamat pagi rekan-rekan sekalian, kali ini saya akan mencoba berbagai lesson plan geografi di kelas xii sosial. Pada kurikulum SMA kelas xii tentu materi awal adalah terkait konsep dasar peta dan pemetaan. Siswa diminta mampu mempraktikkan keterampilan dasar peta dan pemetaan. Ada beberapa kegiatan pembelajaran praktik yang bisa dilakukan siswa dalam materi peta ini. Saya ambil contoh yaitu memperbesar peta. Praktik memperbesar peta ini menggunakan metode sistem grid. Baca juga: Bentuk-bentuk intrusi magma

Kegiatan memperbesar peta ini bisa dilakukan di kelas dengan alat-alat yang mudah dan tidak mahal. Beda halnya jika harus praktik mengukur sudut azimuth yang harus menggunakan kompas. Lalu bagaimana langkah-langkah pembelajaran memperbesar peta?. Saya berikan panduannya di bawah ini. Baca juga: Tipe Bahan galian A, B, C di Indonesia
Lesson Plan Praktik Memperbesar Peta Kelas XII
1. Guru meminta siswa menyediakan alat-alat berupa pensil, penghapus, pensil gambar dan kertas A3.
2. Guru mendownload contoh peta propinsi tertentu dan di print dalam ukuran sekitar 15x20 cm.
3. Di hari/minggu selanjutnya, satu orang siswa diberikan satu buah  peta dan diminta untuk memperbesar peta tersebut dua kali lipat. 
4. Guru menjelaskan urutan pengerjaannya di depan, mulai dari membuat kotak-kotak di peta pertama hingga di peta kedua.

Kegiatan praktik memperbesar peta bisa dilakukan dua kali pertemuan di kelas. Jadi guru hanya tinggal melihat dan mengamati pekerjaan anak satu per satu di kelas. Siswa aktif dan guru tinggal menilai mereka saja. 

Baca juga:
Teknik apersepsi mengagumkan di kelas, mau tau?
Syarat terbentuknya geyser, itu lho air panas yang memancar ke langit!

Setelah kegiatan selesai, guru dapat memberikan nilai dan memajang hasil karya siswa yang terbaik atau semuanya di kelas. Carilah peta yang berformat HD di google agar kenampakan simbol di peta jelas.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search