Menghitung Angka Inflasi Ekonomi

- September 25, 2017
Coba kamu sedikit mengingat ke belakang, berapa harga
satu mangkuk bubur ayam tahun lalu?. Lalu berapa harganya sekarang, apakah sama atau mengalami kenaikan?. Jika naik maka itu adalah inflasi.

Pernahkah Anda mendengar tentang inflasi pada berita? Pernah bertanya-tanya bagaimana inflasi dihitung?. Pada artikel ini Anda akan belajar apa itu tingkat inflasi dan cara menghitungnya.

Menghitung Laju Inflasi

Tingkat inflasi adalah pengukuran kenaikan harga yang baik atau layanan selama jangka waktu berlalu tercermin sebagai persentase. Itu biasanya diukur secara bulanan dan tahunan di Amerika Serikat.

Inflasi adalah kenaikan tingkat harga umum di seluruh spektrum produk yang luas. Inflasi di Amerika Serikat biasanya diukur menggunakan indeks harga konsumen (CPI). Menurut Amerika Serikat Bureau of Labor Statistics, CPI adalah 'ukuran rata-rata perubahan dari waktu ke waktu dalam harga yang dibayar oleh konsumen perkotaan untuk keranjang pasar konsumen barang dan jasa.'

Kebalikan dari inflasi disebut deflasi, yang adalah penurunan tingkat harga umum untuk barang dan jasa. Hal ini pada dasarnya tingkat inflasi yang negatif. Gambar: disini
 
Menghitung Angka Inflasi Ekonomi
Inflasi selalu terjadi tiap tahun
Rumus tingkat inflasi

Untuk menghitung tingkat inflasi untuk produk atau layanan, Anda perlu harga barang atau jasa untuk dua periode waktu yang bersangkutan. Anda kemudian menggunakan rumus ini untuk menghitung tingkat inflasi:

Laju inflasi = ((T2-T1) / T1) x 100

T1 = harga untuk periode waktu yang pertama (atau nomor awal)
T2 = harga untuk periode waktu kedua (atau nomor berakhir)

Berikut adalah contoh. Mari kita mengatakan bahwa harga sebuah televisi layar datar 32-inci $400 tahun lalu tetapi harganya tahun ini menjadi $410. Berapakah tingkat tahunan inflasi untuk televisi layar datar 32-inci?

Laju inflasi = ((T2-T1) / T1) x 100

Laju inflasi = ((410-400) / 400) x 100

Laju inflasi = (10 / 400) x 100

Laju inflasi = 0.025 x 100

Laju inflasi = 2,5%
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search