Perbedaan Konsep Keinginan dan Kebutuhan Dalam Ekonomi

- September 25, 2017
Coba saya tanya apa keinginanmu saat ini?. Lalu kebutuhanmu saat ini apa?.
Apa perbedaan diantaranya keduanya?. Ketika seseorang ingin memiliki atau mendapatkan hal-hal tertentu, orang akan sering menggunakan istilah 'ingin' dan 'butuh' secara bergantian. Namun dalam konsep ekonomi, dua hal ini memiliki perbedaan.
Kebutuhan (needs) umumnya dala ekonomi sebagai sesuatu yang sangat diperlukan bagi seseorang untuk bertahan hidup. Jika kebutuhan tidak terpenuhi, itu akan menyebabkan timbulnya penyakit, ketidakmampuan untuk berfungsi secara efektif dan efisien dalam masyarakat, dan bahkan kematian. 
Kebutuhan dikelompokkan menjadi dua kelompok. Ada kebutuhan fisik atau objektif dan kebutuhan subjektif. Kebutuhan objektif adalah kebutuhan yang terpenuhi melalui hal-hal yang nyata, atau hal-hal yang dapat diukur. Contohnya adalah makanan, air, tempat penampungan dan bahkan udara. Di sisi lain, kebutuhan subjektif adalah kebutuhan yang tak terlihat alias bersfita psikologis. Contoh ini adalah harga diri, rasa keamanan dan rasa diakui. Seorang profesor politik, bernama Ian Gough, disebutkan sebelas kebutuhan yang berbeda yang harus dipenuhi oleh setiap manusia untuk berfungsi baik dalam masyarakat, dan untuk bertahan hidup. Ketidakmampuan memenuhi kebutuhan ini dapat menyebabkan seseorang menderita penyakit (baik secara fisik atau mental), atau bahkan kematian.
Perbedaan Konsep Keinginan dan Kebutuhan Dalam Ekonomi
Perbedaan kebutuhan dan keinginan
Di sisi lain, keinginan (wants) adalah sesuatu yang orang inginkan (ambisi), baik langsung maupun di masa depan. Tidak seperti kebutuhan, keinginan berbeda setiap individu satu dengan yang lain. Misalnya, seseorang mungkin ingin memiliki mobil, sementara yang lain mungkin ingin melakukan perjalanan ke sebuah negara eksotis. Setiap orang memiliki sendiri daftar keinginan, masing-masing dengan berbagai tingkat kepentingan. Selain itu, keinginan cenderung berubah-ubah seiring waktu berjalan. Hal ini berbeda dengan kebutuhan, yang tetap konstan sepanjang hidup orang.

Ada daerah abu antara keinginan dan kebutuhan. Lalu bagaimana mengukur keinginan dan kebutuhan?. Kebutuhan adalah hal yang mutlak diperlukan tubuh untuk hidup sementara keinginan adalah ambisi jiwa manusia untuk memiliki sesuatu meski pada dasarnya ia tidak butuh itu untuk hidup.

Ringkasan:

1. keinginan dan kebutuhan adalah istilah ekonomi.

2. kebutuhan adalah sesuatu yang perlu bagi seseorang untuk bertahan hidup. Di sisi lain, keiinginan menunjuk kepada sesuatu yang keinginan orang, baik sekarang maupun di masa depan.

3. keinginan adalah keinginan yang opsional, yang berarti bahwa Anda masih akan dapat terus hidup, bahkan jika ingin tidak terpenuhi. Di sisi lain, jika kebutuhan tertentu tidak terpenuhi, itu bisa menyebabkan seseorang yang menderita penyakit, atau bahkan kematian. Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search