Peta Ekosistem Samudera di Bumi

- September 11, 2017
Kalau kamu lihat dari atas atmosfer, permukaan planet kita tampak didominasi oleh warna biru. Itu karena Bumi kita didominasi oleh ekosistem air laut yang sangat luas. Ekosistem samudera menempati 70,8% atau 361 juta km persegi dengan volume kurang lebih 1.370 milyar kilometer kubik. Rata-rata kedalaman lautan adalah 3,6 km. Kedalaman maksimum dasar laut adalah 10 km di Palung Mariana.

Lautan luas yang dibatasi oleh benua atau kepulauan dinamakan samudera atau ocean. Hingga kini dikenal 5 samudera di bumi yaitu Samudera Atlantik, Samudera Artik, Samudera Hindia, Samudera Pasifik dan Samudera Selatan.
Peta Ekosistem Samudera di Bumi
Peta sebaran ekosistem samudera di dunia
1. Samudera Atlantik
Samudera Atlantik bertipe lautan dangkal dengan kedalaman sekitar 3.300 m dengan titik terdalam adalah 8.605 m di Palung Puerto Rico. Beberapa laut dangkal yang masuk wilayah Samudera Atlantik adalah Laut Karibia, Laut Mediterania, Laut Baltik, Laut Hitam, Laut Baltik Utara dan Teluk Meksiko. Di dasar Samudera Atlantik terdapat Mid Ocean Ridge atau tanggul tengah laut yang memisahkan dasar laut menjadi dua. Samudera Atlantik juga menjadi muara sungai-sungia besar seperti Amazon, Mississippi dan Kongo.

2. Samudera Artik
Samudera Artik merupakan lautan dengan ukuran tersempit di dunia. Samudera ini menutupi 3% luas total lautan di Bumi. Sebagian besar lautan ini dikelilingi oleh daratan luas di wilayah lingkar Artik. Laut Artik berhubungan dengan Samudera Atlantik melalui Laut Greenland, dengan Samudera Pasifik melalui Selat Bering. Lautan ini meurpakan laut paling dangkal dengan kedalaman rata-rata 1.050 m. Di musim dingin hampir sebagian besar permukaan Artik akan membeku.

3. Samudera Hindia
Samudera Hindia meliputi 14% wilayah permukaan bumi dan dikelilingi oleh 3 benua besar yaitu Afrika, Asia dan Australia. Bagian selatan Samudera Hindia dibatasi oleh Laut Selatan yang punya suhu sangat dingin. Rata-rata kedalaman lautan ini adalah 3.900 m dengan titik terdalam 7.258 m di Palung Jawa. Karena sebagian besar lautan ini terletak di daerah tropis maka lautan ini merupakan lautan paling hangat.

4. Samudera Pasifik
Samudera Pasifik merupakan lautan terluas di dunia, meliputi 30% wilayah permukaan bumi. Dasar lautan Pasifik cukup beranekaragaman dalam sisi morfologi dan kedalamannya yaitu 4.300 m. Lautan ini juga memiliki titik paling dalam di planet ini yaitu Palung Mariana 10.911 meter.

Sekitar 25.000 pulau tersebar di samudera ini yang sebagian merupakan puncak hot spot atau gunung api laut. Beberapa lautan yang berhubungan dengan samudera ini adalah Laut Sulawesi, Laut Tasmania, Laut Koral, Laut Cina Timur, Laut Sulu, Laut Cina Selatan, Laut Kuning dan Laut Jepang.

5. Samudera Selatan
Samudera Selatan mengelilingi Antartika dengan luas 20.237.000 km persegi. Laut ini meliputi 4% luas di permukaan bumi. Rata-rata kedalaman lautan ini adalah 4.000 - 5.000 m. Titik terdalam ada di Palung Sandwich Selatan dengan kedalaman 7.235 m di bawah laut. Pada bulan September setiap tahunnya akan banyak bongkahan es yang bergerak di sekitar Antartika. 
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search