Desain Denah Prasmanan Yang Baik

- October 28, 2017
Suatu undangan dengan jamuan makan sederhana biasanya disebut prasmanan. Mengenai undangan yang disebut prasmanan hampir sama tapi ada bermacam-macam cara, lain daerah maka lain pula mengaturnya dan tata laksananya. Di Indonesia prasmanan paling banyak dipakai karena selain praktis, tidak terlalu merepotkan nyonya rumah dan menyuguhkannya juga tidak terlalu banyak alat-alat makan yang dipakai. Lalu seperti apa desain prasmanan yang baik itu?. 

Bentuk prasmanan ada dua macam, pertama adalah prasmanan yang benar-benar sederhana dan kedua lebih sedikit istimewa. Dalam jamuan prasmanan, ruangan yang dipergunakan untuk meletakan meja-meja hidangan sebaiknya diatur sedemikian rupa agar tamu-tamu lebih mudah dan lebih cepat mengambil makanan. 

Dalam gambar di bawah terdapat 3 buah meja hidang untuk 6 baris. Piring-piring makanan sebaiknya diletakan secara kembar dengan masakan yang sama. Selain tidak merepotkan untuk cepat-cepat menambah makanan setelah diambil oleh tamu-tamu, juga orang tidak perlu antri lama menunggu giliran mengambil.
Desain Denah Prasmanan Yang Baik
Denah prasmanan yang baik
Untuk menghilangkan kesan bahwa cara makan prasmanan tidak seprti hidangan nasi rames,, pihak tuan rumah kadang harus sedikit mau berkorban tenaga pikiran demi tercapainya pesta acara yang sukses. Setelah hidangan makan selesai sebaiknya nyonya rumah menyediakan hidangan penutup yang terdiri dari minuman buah-buahan yang diantarkan kepada tamu. 

Dalam prasamanan biasa sering kali hidangan makan tersebut dilakukan satu kali jalan, orang-orang mengambil makanan kemudian minuman yang disertakan sebuah pisang, semangka, nanas atau lainnya. Tak heran setelah acara makan tersebut maka tamu langsung pulang. Waktu yang dipergunakan kurang dari 1 jam. Cara demikian sudah tentu kurang memberikan kesan gembira bagi para tamu maupun tuan rumah.

Hal lain yang harus diperhatikan saat menggelar prasmanan adalah cuaca. Seringkali saya menemukan acara prasamana yang didalamnya terasa panas dan tidak menggairahkan untuk makan. Jadi usahakan sediakan budget untuk menyewa pendingin di berbagai sudut ruangan jika memang diprediksi tamu akan banyak sehingga suhu ruangan menjadi panas. Jika prasamanan dilakukan bukan di gedung di taman terbuka mungkin akan sedikit lain ceritanya.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search