Ekosistem Pekarangan Rumah

- October 05, 2017
Ekosistem banyak jenisnya di bumi ini dan salah satu yang terkecil adalah ekosistem pekarangan rumah. Apakah rumahmu punya pekarangan?, kalau ada berarti rumahmu termasuk rumah yang sehat. Pekarangan adalah ekosistem darat yang paling dekat dengan penghuninya. Jika melihat fungsi dan struktur pekarangan, maka ekosistem ini memiliki potensi yang besar karena di pekarangan biasanya terdapat keanekaragaman hayati yang cukup tinggi dan dapat memberikan sumber karbohidrat, mineral, vitamin dan protein baik yang bersifat nabati atau hewani. Ini disebabkan di pekarangan biasanya banyak terdapat berbagai biota juga.

Pekarangan dapat diusahakan juga sebagai apotik hidup dan warung hidup. Artinya keanekaragaman yang tinggi itu bisa dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tanaman obat, sayuran, buah, tanaman hias atau tanaman lainnya yang produktif. Setiap saat hasilnya dapat dipetik dalam keadaan segar untuk bumbu masak, obat atau untuk dimakan langsung. Ekosistem pekarangan juga dapat menjadi sarana menyalurkan hobi atau media pendidikan bagi penghuninya. Jelas bahwa pekarangan dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan yang bersifat estetika, fungsional dan pelestarian lingkungan.
Ekosistem Pekarangan Rumah
Pekarangan rumah yang produktif
Begitu banyak aspirasi bisa dituangkan dalam ruang pekarangan anda sehingga pekarangan dapat menjadi simbol status penghuninya juga. Ekosistem pekarangan masuk dalam kategori ekosistem buatan namun bisa cenderung stabil jika :

1. Permukaan pekarangan datar sehingga erosi minim
2. Tanaman di pekarangan beranekaragam dengan tajuk berlapis-lapis sehingga dapat menahan air hujan yang jatuh.
3. Terbentuknya iklim mikro yang lebih sejuk.
4. Pembentukan humus tidak terganggu dan terus mendapat bahan organik.
5. Dapat dilaksanakan daur ulang limbah rumah tangga.

Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search