Geografi Kepulauan Hawaii

- October 09, 2017
Siapa yang tak kenal Hawaii, sebuah kepulauan vulkanik di tengah Pasifik yang menjadi destinasi wisata dunia. Kepulauan Hawaii merupakan rangkaian pulau dan batu karang sepanjang 3.300 km membentuk lengkungan lebar di tengah lautan Pasifik. Kepulauan ini dimulai oleh Pulau Hawaii dan berakhir nyaris pada garis waktu internasional dengan noktah kecil di lautan yang disebut Kuro Atoll. Sejauh 650 km sampai ke ujung paling timur negara bagian ini terdapat pulau-pulau berbagai ukuran.

Delapan pulau besar di Hawaii yaitu Oahu, Hawaii, Maui, Kauai, Lanai, Molokai, dan Kahoolawe, memuat 99 persen dari wilayah negara bagian ini. Luas Pulau Hawaii 8.150 km persegi terdiri dari hampir 2/3 wilayah total negara bagian ini. Pulau paling kecil adalah Kahoolawe dengan luas 125 km persegi dan tidak berpenghuni.
Geografi Kepulauan Hawaii
Kepulauan Hawaii
Keadaan Fisik Hawaii
Hawaii berdekaran dengan tengah-tengah lautan Pasifik. Honolulu, ibukota negara ini berada 3.850 km disebelah barat San Fransisco dan 6.500 km di sebelah timur Tokyo dan 7.300 km timur laut Australia. Pulau ini sekilas terpencil sekali namun karena mobilitas yang semakin tinggi maka pulau-pulau di tengah Pasifik ini berkembang menjadi pusat interaksi penting.

Rangkaian pegunungan di Hawaii hanya bagian yang terlihat dari sederetan gunung api besar. Dasar laut di daerah ini berada 4000 -5000 m dibawah muka laut. Jadi gunung api harus mendaki 5000 m ke atas dulu sebelum menyembul ke permukaan air laut. Jenis kegiatan gunung api yang membentuk kepulauan ini yaitu hot spot masih berlangsung hingga kini. Aliran lava encer mengalir ke berbagai penjuru pulau dan menambah luas area pulau ini dari waktu ke waktu.

Beberapa gunung api di Pulau Besar masih aktif. Maona Loa masih erupsi rata-rata sekali dalam empat tahun. Kegiatan ini menjadi ancaman bagi Hilo, kota terbesar di pulau ini. Letusan pada tahun 1950 melanda daerah seluas 100 km persegi. Gunung api lain yaitu Kilauea erupsi sekitar 7 tahun sekali dan telah menyumbang perluasan pulau ini seluas 260 ha.
Geografi Kepulauan Hawaii
Aliran lava Kilauea
Hawaii adalah negara bagian Amerika Serikat yang terdiri dari lereng-lereng bergelombang dan keringgian yang berubah drastis di beberapa lokasi. Formasi ini akibat dari pengikisan permukaan gunung api oleh air yang mengalir. Batu-batu karang terkikis dihantam ombak, membentuk tepi-tepi spektakuler di bagian-bagian kepulauan ini. Batu karang semacam ini di sisi timur laut menjulang hingga 1.150  m dan menjadi gunung karang tertinggi di dunia.

Pengikisan oleh air ini memotong permukaan lava. Ngarai-ngarai menghempas kubah-kubahnya. Dasar Ngarai Waimea di Kauai lebih dari 800 m di bawah permukaan tanah. Air terjun setinggi ratusan meter merupakan fenomena umum lain di Hawaii. Sungai-sungai yang mengalir di timur mengikis pegunungan, memisahkannya dan menghasilkan dataran rendah yang lebar. Baca juga: Vegetasi hutan hujan tropis
Geografi Kepulauan Hawaii
Salah satu burung khas Hawaii

Kondisi Iklim Hawaii
Lokasi Hawaii jelas mempengaruhi kondisi iklim pulau ini. Suhu tertinggi di Hawaii tercatat hanya 31 derajat Celcius dan terendah adalah 13 derajat Celcius. Posisi Honolulu yang berada di 20 derajat LU menjadikan hanya sedikit perbedaan lama siang dan malam. Variasi curah hujanlah yang menandai perubahan besar tipe musim di kepulauan Hawaii. Di musim panas, Hawaii terus dipengaruhi oleh angin passat timur laut yang sampai ke kepulauan ini melalui kawasan berair dingin ang berlokasi di sebelah timur laut. Hal ini menciptakan cuaca sejuk, berawan, hangat namun tidak panas. 

Di musim dingin, angin passat ini hilang dan memberi kesempatan badai dari utara dan barat laut masuk. Honolulu pernah mengalami curah hujan sampai 43 cm dalam 24 jam. 
Geografi Kepulauan Hawaii
Kota Honolulu di Hawaii
Kondisi Tanah
Sebagian besar tanah vulkanik Hawaii bersifat permeabel dan ini memungkinkan air turun dengan cepat dan mengeringkan tanah dengan jangkauan yang lebih luas daripada sejumlah besar vegetasi. Jadi banyak kawasan yang menerima curah hujan sedang sampai rendah terlihat kering. Isolasi pulau Hawaii dsiertai cuaca iklim dan variasi lingkungan yang besar membentuk vegtasi dan komunitas burung yang beranekaragam. Ada ribuan tipe vegetasi asli disini dan 66 burung endemik tercatat hanya ada di Hawaii. Tidak ada mamalia darat yang muncul disini hingga manusia datang.

Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search