Geografi Pulau Santorini Yunani

- October 05, 2017
Mendengar kata Santorini tentu sebagian orang akan sangat asing dan lebih mudah mengenal Hawai, Maldives atau Pukhet. Namun pulau yang satu ini merupakan salah satu destinasi liburan terkenal di dunia. Pulau Santorini dari kepulauan vulkanik berbentuk setengah lingkaran yang berlokasi di  Laut Aagea selatan antara pulau Ios dan Anafi. Dalam bahasa Yunani Santorini dikenal pula sebagai Thira dan Thera. Santorini adalah bagian dari kepulauan Cycladic.
Geografi Pulau Santorini Yunani
Keindahan Santorini di sore hari
Luas pulau ini 96 km persegi sementara garis pantainya mencapai 69 km. Ibukota Santorini adalah Fira dan populasi sekitar 13.500 jiwa. Pelabuhan utama di pulau ini adalah Athinios dan akan sibuk di waktu musim panas tiba. Pulau ini selalu mengalami erupsi di masa purba. Pemandangan kaldera raksasa dan fitur geologi yang mengesankan, membuat orang akan berfikir tentang kedahsyatan letusan di masa lalu.
Geografi Pulau Santorini Yunani
Desa di tebing Santorini
Kaldera Santorini merupakan objek terkenal yang terkait sejarah pulau ini terbentuk. Kaldera beberntuk lingkaran dan semuanya dikelilingi oleh air. Faktanya, kaldera Santorini merupakan satu-satunya kaldera tenggelam di dunia. Kenampakannya malahan mirip laguna dengan kedalaman air 400 m. Kaldera Santorini dikelilingi tebing raksasa yang diatasnya terdapat desa-desa yang indah dan eksotik. Menurut ahli geologi, letusan pertama kali tercatat pada 1645 SM. Letusan ini menghasilkan gelombang tsunami yang melanda pantai utara Kreta dan melenyapkan peradaban Minoan kala itu.
Geografi Pulau Santorini Yunani
Peta Puau Santorini
Selama hampir 1300 tahun setelah letusan dahsyat itu, gunung api Santorini tertidur, namun kemudian letusan kecil menghasilkan Palea Kameni, Mikra Kameni, Macronisi, Aspronisi dan Nea Kameni. Letusan lumayan besar terjadi pada 1957 dan gempa vulkaniknya meruntuhkan rumah dan banyak banguan lain disana. Aktivitas vulkanik ini telah membentuk sebuah budaya dan arsitektur pulau yang unik. Desa-desa Santorini bertengger cantik di tepi kaldera dan menyuguhkan pemandangan laut yang indah. Berikut ini daftar pulau di Santorini:

Thera (75,8 km persegi, 7000 jiwa)
Therasia (9,3 km persegi, 250 jiwa)
Aspronisi (0,1 km persegi, tak berpenghuni)
Palea Kameni (0,5 km persegi, 1 jiwa)
Nea Kameni (3,4 km persegi, tak berpenghuni)

Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search