Kondisi Geografi Wilayah Asia Tenggara

- October 30, 2017
Asia Tenggara merupakan salah satu wilayah yang berada di Benua Asia. Negara-negara yang tergabung dalam kawasan Asia Tenggara adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Filipina, Laos, Myanmar, Kamboja, Vietnam dan Timor Leste. Lalu seperti apa geografi Asia Tenggara itu?.

1. Letak Astronomis
Secara astronomis, Asia Tenggara berada di antara 28⁰ LU - 11⁰ LS dan 9⁰3 BT - 141⁰ BT. Berdasarkan letak astronomis tersebut maka kawasan Asia Tenggara secara geografis berbatasan dengan daerah berikut:
a. Bagian Utara berbatasan dengan India, Laut Cina Selatan dan Taiwan.
b. Bagian Timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudera Pasifik.
c. Bagian  Selatan berbatasan dengan Australia dan Samudera Hindia.
d. Bagian Barat berbatasan dengan Teluk Benggala, Laut Andaman dan Samudera Hindia.
Kondisi Geografi Wilayah Asia Tenggara
Peta negara ASEAN
2. Letak Geografis
Berdasarkan letak geografis, Asia Tenggara berada diantara dua benua yaitu Asia di utara dan Australia di selatan serta dua samudera yaitu Hindia di barat dan Pasifik di timur. Dampak dari posisi geografis ini adalah Asia Tenggara memiliki dua musim yaitu hujan dan kemarau serta dipengaruhi sirkulasi angin muson. Selain itu badai siklon kadang terjadi di batas utara dan selatan. Vietnam dan Filipina adalah negara yang rawan badai siklon di Asia Tenggara.

3. Letak Geologis
Menurut letak geologinya, Asia Tenggara merupakan kawasan yang dilalui dua jalur pegunungan muda yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Dampaknya adalah munculnya pegunungan api terutama disepanjang batas subduksi di selatan dan di utara.

4. Kondisi Iklim
Asia Tenggara secara astronomis dilalui oleh garis khatulistiwa. Sebagian besar negara di Asia Tenggara beriklim tropis. Ciri iklim tropis adalah suhu rata-rata tinggi sepanjang tahun (24-28⁰C), memiliki du amusim, curah hujan tinggi, perbedaan suhu tidak terlalu ekstrim saat kemarau dan hujan. Iklim tropis yang sebagian besar dimiliki oleh negara ASEAN ini mempengaruhi kondisi flora dan fauna. Jenis hutan di Asia Tenggara didominiasi hutan tropis, sisanya sabana dan hutan musim.
Kondisi Geografi Wilayah Asia Tenggara
Wisata ASEAN
5. Kondisi Penduduk
Jumlah penduduk Asia Tenggara pada 2005 berjumlah 558.778 juta jiwa. Jumlah itu mencapai 15% dari seluruh populasi penduduk Asia. Indonesia adalah negara Asia Tenggara dengan populasi terbanyak dan Brunei adalah yang paling sedikit. Penduduk Asia Tenggara terdiri dari berbagai suku bangsa seperti Melayu, Negrito, Lao Yao, Cina, India, Arab, Khmer dan Man, Tho,M uong, Vietnam.

6. Mata Pencaharian
Mata pencaharian penduduk kawasan Asia Tenggara bervariasi mulai dari pertanian, pertambangan, pariwisata, perdagangan dan perindustrian. Pertanian masih mendominasi di Asia Tenggara dengan produk utama seperti padi, jagung, buah-buahan, palawija, teh dan lainnya. Industri dan pariwisata kini menjadi sektor yang berkembang pesat di Asia Tenggara. Singapura menjadi salah satu negara yang menjadikan pariwisata sebagai leading sector sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke negeri tersebut.
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search