Penyebab Terjadinya Perang Dunia I

- October 07, 2017
Sepanjang sejarah umat manusia, dunia ini mengalami dua perang besar yang melibatkan negara-negara besar yaitu Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Meski di beberapa wilayah tidak terjadi perang namun dampaknya dapat dirasakan di seluruh dunia. 

Meletusnya Perang Dunia I
Perang Dunia I terjadi di Eropa pada 1914-1918 yang melibatkan dua kekuatan besar yaitu Blok Sentral dan Blok Sekutu. Blok sentral terdiri dari Jerman, Austria dan Hongaria. Sementara Blok sekutu terdiri atas Perancis, Inggris dan Rusia yang kemudan pada 197 mendapatkan kekuatan baru dari Amerika Serikat.

Perang Dunia I dimulai dengan adanya pertikaian kecil diantara negara-negara Eropa. Setelah itu lambat laun menjadi perang besar setelah Pengeran Frans Ferdinand terbunuh oleh nasionalis dari Serbia di Sarajevo pada tanggal 28 Juni 1914. Perang Dunia I pecah pada tanggal 1 Agustus 1914.

Disamping pertikaian antara negara-negara di Eropa sebagai faktor terjadinya Perang Dunia I, ada dugaan bahwa persaingan di bidang ekonomi dan perdagangan juga merupakan penyebab Perang Dunia I sehingga muncul ungkapan "the cause of the war is made in Germany". Maksudnya, barang buatan Jerman menjadi sebab persaingan dagang yang mengakibatkan terjadinya perang.

Penyebab Terjadinya Perang Dunia I
Strategi Parit di Perang Dunia I
Pada bulan Januari 1917, Jerman mengumumkan perang kapal selam tak terbatas. Pengumuman ini melanjutkan kebijakan Jerman pada 1915 tentang penyerangan terhadap semua kapal. Dalam hal ini ada lima kapal AS tenggelam pada bulan April 1917. Segera setelah itu AS mengumumkan perang terhadap Blok Sentral. Pada waktu ini AS dipimpin presiden Woodrow Wilsaon yang terkenal dengan gagasan Wilson's Fourteen Points yang merupakna dasar dari perdamaian dunia yang adil. Isi deklarasi Wilson antara lain menghentikan perundingan rahasia antara negara, kebebasan di laut, adanya pemerintahan sendiri dan kehidupan ekonomi yang makmur dan merata.
Penyebab Terjadinya Perang Dunia I
Sisa parit PD I
Dalam Perang Dunia I dikenal strategi perang parit dimana dalam strategi perang ini yaitu menggali tanah memanjang berbentuk parit untuk berlindung dari serangan musuh. Perang Dunia I berlangsung selama empat tahun berdampak buruk bagi kehidupan manusia. Terhitung ada 8,4 juta jiwa tewas dari kedua belah pihak. Jumlah itu belum dengan yang luka dan cacat. Perang tersebut juga menyebabkan kerusakan pada bangunan dan kekcauan sosial di negara-negara Eropa.

Perang Dunia I diakhiri dengan Perjanjian Versailles di Perancis pada 28 Juni 1919. Negara-negara pemenang perang dunia I disebut The Big Four yaitu Italia, Perancis, Inggris dan AS. Keempat negara tersebut bertindak sebagai penentu perjanjian Versailles sementara Jerman yang kalaha pada Perang Dunia I dituntut membayar kerugian perang.

Perang Dunia I memberikan inspirasi bagi Woodrow Wilson untuk membentuk sebuah organisasi perdamaian dunia yaitu Liga Bangsa-Bangsa. Ia cemas negara-negara pemenang PD I akan berupaya penguasai negara lain yang seharusnya sudah menentukan nasibnya sendiri. Namun Liga Bangsa-Bangsa ini gagal dan jusutu AS menolak untuk menjadi anggota.

Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search