Sumber Daya Alam Papua

- October 04, 2017
Papua dikenal memiliki sumber daya mineral yang sangat bernilai tinggi. Secara geologi, Papua masuk benua Australia. Papua memiliki keunikan khususnya dengan kenampakan pegunungan tinggi yang diliputi salju abadi di puncaknya. Pegunungan yang ditutupi salju abadi ini adalah Pegunungan Maoke dengan bagian-bagiannya yaitu Pegunungan Sudirman, Pegunungan Jaya Wijaya dan Pegunungan Sterren. 

Secara fisiografis mulai dari pantai, Papua terdiri dari rawa, dataran rendah, dataran tinggi dan pegunungan tinggi. Dua sungai utama di Papua yaitu Memberamo mengalir ke utara sementara Digul mengalir ke selatan. Kedua sungai tadi pada bagian hulunya mendapat sumber air dari cairan salju Pegunungan Maoke. Potensi sumber daya sungai untuk pembangkit tenaga listrik sangat besar.
Sumber Daya Alam Papua
Tambang Grasberg
Sumber daya air lainnya berasal dari danau. Danau-danau itu antara lain Danau Paniai dan Danau Sentani. Kedua danau ini merupakan suber ikan bagi kepentingan penduduk. Keunikan lain dari Papua adalah sulitnya akses mobilitas karena fisiografis yang berat, rawa-rawa dan hutan lebat. Alat perhubungan dan angkutan yang dikembangkan disini yaitu jalur penerbangan. Jalan darat sampai saat ini masih dibangun dengan proyek trans Papua. Akibat dari kondisi fisiografi ini pola pemukiman penduduk cenderung menyebar.

Sumber daya hutan Papua masih sangat lebat dan hampir menutupi seluruh pulau. Sebagian hutan termasuk tipe hutan tropik. Sebagian besar vegetasinya masuk tipe Australis begitupun dengan hewannya. Komoditas seperti kayu, rotan dan burung-burung berwarna indah menjadi potensi Papua yang unik. Di bagian selata Merauke juga terdapat ekosistem rawa basah yaitu Wasur yang sangat unik.
Sumber Daya Alam Papua
Proyek jalan trans Papua
Bahan galian utama di Papua adalah minyak bumi dan tembaga. Sumber minyak bumi terdapat di daerah Sorong. Sementara bahan galian utama adalah tembaga dan emas di Grasberg Pegunungan Tengah. 

Bahan galian lainnya yang penting yaitu batu gamping dan lempung. Batu gamping terdapat di daerah Misool, Niak, Jayapura dan Abepantai. Cadangan batu gamping ini cukup besar dan dapat menjadi modal pembangunan Papua. Lempung terdapat di Abepura dan baik untuk bahan baku semen. Hambatan yang dihadapi Papua untuk pengusahaan sumber daya alamnya adalah sarana prasarana, transportasi dan sumber daya terampil. 
Gambar: disini, disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search