Teori Terbentuknya Air Di Bumi

- October 30, 2017
Air merupakan komponen esensial bagi terciptanya kehidupan di bumi ini. Tapi apakah kamu tahu darimana sejarahnya air bisa muncul di bumi ini?. Kalau kita bicara siklus air tentu kita sudah tahu bukan?. Nah tapi sebelum siklus air ini muncul, lantas air itu pertamakali muncul seperti apa di Bumi. Untuk menjawabnya, ada beberapa teori yang kebenarannya pun masih belum pasti. Jadi pada intinya para ilmuwan masih bingung alias menduga saja tentang asal mula air di bumi ini.
Teori Terbentuknya Air Di Bumi
Sebaran air di Bumi
1. Pendinginan Planet
Bumi ini terbentuk 4,4 milyar tahun lalu dan dimulai dari bola panas. Lambat laun bumi purba ini mendingin dan melepaskan gas ke atmosfer dan menghasilkan kondisi tekanan yang cukup dan stabilitas di udara sehingga pembentukan air terjadi di atmosfer.

2. Sumber Dari Luar
Ada teori menduga komet/asteroid telah membawa air ke bumi namun teori tersebut banyak ditentang ilmuwan.

Teori lain juga menyebutkan bahwa air berasal dari pembusukan alumunium sehingga air bisa mencapai permukaan bumi. 

3. Gunung Api
Aktivitas erupsi membuat uap air muncul ke permukaan hingga atmosfer dan menghasilkan kondesasi lalu turun hujan. Baca juga: Kondisi geografi Indonesia lengkap

Studi yang dipimpin Adam Sarafian di Massachussetts menemukan bahwa laut mungkin telah terbentuk lebih awal dari pemikiran kita sebelumnya. Studi melihat kembali tentang asal usul air di Bumi ratusan juta tahun lalu ke 4,6 milyar tahun lalu saat Bumi ini mulai muncul. Ilmuwan menduga bahwa planet kita terbentuk dalam keadaan kering dengan dampak energi yang tinggi menciptkan permukaan cair di bumi purba. Air datang kemudian dengan bantuan tabrakan komet atau meteroid basah.

Jadi memang teori terbentuknya air di bumi masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Bagaimana?. tertarik untuk menelitinya?. Kalau saya sih berasumsi bahwa dulu permukaan bumi ini panas, nah panas tersebut menguapkan uap air ari material panas (sebut saja magma) ke atmosfer. Lalu kondensasi terjadi dan hujan turun mendinginkan lapisan kerak bumi purba yang panas. Setelah itu siklus air berlanjut sampai permukaan bumi terbentuk dan lautan muncul. Baca juga: Mekanisme angin Fohn
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search