UN Tahun 2018 Berbentuk Essay, Bermanfaatkah?

- October 13, 2017
Halo sahabat sekalian kali ini saya berikan sedikit info tentang UN tahun 2018 besok. Jika sebelumnya kita biasa mengerjakan pilihan ganda di UN, namun tahun depan kemendikbud berencana mengubah struktur soal UN dari PG menjadi essay?. Memang seberapa manfaat soal essay bagi siswa?. Apakah nanti tidak akan membuat siswa pusing?. 

Melalui soal Essay, pihak kemendikbud berharap dapat mengukur ketuntasan belajar siswa, meskipun masih banyak guru dan siswa belum memahami UN bisa mengukur ketuntasan belajar siswa. Memang apa sih kelebihan dan kekurangan soal essay itu?. Apakah siswa-siswi Indonesia mampu menjawa soal essay dengan baik?. Berikut ini penjelasannya:
UN Tahun 2018 Berbentuk Essay, Bermanfaatkah?
UN tahun depan bertipe essay
Kelebihan soal essay
1. Soal essay memungkinkan siswa mengekspresikan gagasan mereka dengan bebas.
2. Soal essay membuat kemungkinan menebak adalah nol. Siswa harus berfikir dibandingkan memilih.
3. Soal essay cocok digunakan pada jumlah siswa sedikit. Seiring bertambahnya jumlah siswa, keuntungan soal essay menurun.
4. Dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan menulis terutama dalam merumuskan argumen yang didukung penalaran dan bukti.
5. Dapat melihat pola berfikir siswa dari alur menuliskan jawaban.

Kekurangan soal essay
1. Essay sangat menyita bagi guru dan siswa. Siswa sering membutuhkan waktu lama untuk menjawa 1-2 soal saja dan guru sering kerepotan membaca jawaban siswa satu per satu.
2. Seringkali anak menjawab jauh dari soal yang diminta. Karena tidak ada pilihan, maka siswa kadang ngawur menuliskan jawaban.
3. Dorongan subjektif lebih banyak dalam menjawab.
4. Masih banyak anak yang belum memiliki kemampuan menulis yang baik sehingga tulisannya sulit terbaca guru saat mengkoreksi.
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search