Asal Mula Sejarah Hari Guru Nasional di Indonesia

- November 21, 2017
Tanggal 25 Nopember di Indonesia diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Darimana sejarah 25 Nopember diperingati sebagai hari guru di Indonesia?. Peringatan hari guru di berbagai negara berbeda-beda. Kali ini saya akan sedikit mengulas sejarahnya di Indonesia secara singkat, barangkali bisa menjadi rujukan pelajaran sejarah atua materi pidato hari guru.

Jadi dulu sebelum kemerdekaan, para cendekiawan di bidang pendidikan nusantara telah mendirikan suatu wadah organisasi beranama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) di tahun 1912. Anggotanya berasal dari Kepala Sekolah, Guru Desa, Guru Bantu dan Penilik Sekolah yang bekerja di sekolah-sekolah tanah air kala itu. Selain organisasi PGHB ada lagi wadah guru lain yang berlandaskan agama dan ideologi.

Dilandasi oleh semangat nasionalisme, PGHB diubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) di tahun 1932. Pemerintah Belanda sangat tidak senang dengan pengubahan nama tersebut karena mencantumkan nama Indonesia yang akan membahayakan kedudukannya di Indonesia.
Asal Mula Sejarah Hari Guru Nasional di Indonesia
Ayo berterimakasih kepada gurumu

Setelah Belanda pergi, maka Jepang datang dan di zaman ini segala organisasi dilarang sehingga kegiatan PGI vakum. Barulah setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, semangat kemerdekaan kembali menjiwai penyelenggaraan Kongres Guru Indonesiapada 24-25 Nopember 1945 di Solo. Melalui kongres ini segala organisasi guru disatukan dalam satu wadah demi terwujudnya NKRI.

Dalam kongres tersebut, PGI diubah menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan secara resmi PGRI berdiri pada tanggal 25 Nopember 1945. Untuk menghargai jasa, perjuangan, dedikasi guru Indonesia maka setiap tanggal tersebut kini diperingati sebagai hari guru nasional bertepatan dengan ulang tahun PGRI. Bagaimana, sudah tahu kan sekarang tentang sejarah hari guru di Indonesia?.
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search