Rute, Lokasi Curug Cipeuteuy Majalengka Di Kaki Ciremai - Guru Geografi
News Update

Senin, Desember 25

Rute, Lokasi Curug Cipeuteuy Majalengka Di Kaki Ciremai

Halo teman-teman di postingan saya akan kembali bercerita sedikit tentang pengalaman jalan-jalan ke Curug Cipeuteuy di Majalengka.

Karena masih libur semester maka sudah pasti wajib untuk diisi dengan liburan. Kalau minggu lalu kami sudah pergi ke Lembang maka kali ini kami jalan di seputaran Majalengka saja dan lokasi yang dituju adalah Curug alias asir terjun.

Majalengka terkenal memiliki berbagai wisata alam yang kini sedang populer dan salah satunya adalah Curug Cipeuteuy yang berlokasi di Desa Bantaragung.

Kemarin karena cuaca sedang lumayan tidak panas, maka kami langsung searching lokasi Curug Cipeuteuy terlebih dahulu di map. Setelah lokasi didapat, jam 8 pagi maka kami bertiga meluncur dengan motor dari rumah menuju arah Rajagaluh.

Jalanan cukup ramai dan tidak terlalu panas. Kami isi bensin dulu di pom bensin Cigasong. Motor dipacu sedang saja dan setelah melewati Rajagaluh kemudian belok kanan ke arah Sindangwangi.

Jalanan mulai menyempit, menanjak namun masih mulus. Jalan ini juga mengarah ke berbagai lokasi wisata lain seperti Bumi Perkembahan, Hutan Pinus dan Telagaherang. Lanjut, jalanan semakin menanjak dengan pemandangan rumah dan berbagai pohon durian dan rambutan di kiri dan kanan jalan.

Dari jalan utama, lokasi Curug Cipeuteuy ini sekitar 5 km, cukup jauh. Setelah beberapa km, kami masuk di Desa Bantaragung. Hamparan terasering pesawahan dengan latar gunung Ciremai sangat indah terlihat.

Masuk lokasi Curug Cipeuteuy, jalan semakin menanjak dan tibalah kami di gerbang masuk. Motor diparkir dan kami harus jalan menyusuri jalan setapak sejauh 500 m. TIket parkir motor 3.000 rupiah sedangkan tiket masuk 12.500 rupiah.

Untungnya kami datang tidak terlalu siang jadi masih agak sepi. Kami berjalan menyusuri jalan setapak yang sudah masuk Taman Nasional Gunung Ciremai. Berbagai flora seperti pinus, tangkil, durian dan pakis mulai terlihat.

Setelah 15 menitan, tibalah kami di Curug Cipeuteuy. Curug ini memang tidak terlalu tinggi dan memiliki beberapa teras. Lokasinya sudah ditata dengan baik sehingga mudah diakses.

Kedalaman kolam di curug ini bervariasi dan yang paling dalam 1,5 m di bawah curug utama. Airnya sangat sejuk dan tentu sangat cocok untuk berenang. Fasilitas penunjang lain adalah warung makan dan toilet umum.

Yang mau kesini saya sarankan datang jangan terlalu siang nanti terlalu padat dan gak bebas berenang.
Curug Cipeuteuy Majalengka Bantar Agung
Curug Cipeuteuy dengan tebing breksi
Kolam di curug
Terasering sawah di Desa Bantar Agung

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.