Guru Geografi: Cerita - Blog Guru Geografi Gaul
News Update
Loading...
Tampilkan postingan dengan label Cerita. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Cerita. Tampilkan semua postingan

Rabu, Juni 27

Mengatasi Xiaomi Redmi 3S Kecebur Air, Pengalaman Pribadi

Mengatasi Xiaomi Redmi 3S Kecebur Air, Pengalaman Pribadi

Halo teman-teman sekalian, apakah pernah punya pengalaman handphone nya kecebur air?. 

Kali ini saya akan coba berbagi sedikit cerita tentang pengalaman mengatasi handphone Xiaomi Redmi 3S yang tercebur air sampai mati total. Sebenarnya tips ini juga berlaku untuk semua jenis handphone andorid. 

Jadi gini ceritanya, kemarin saya dan keluarga pergi liburan ke Gua Karst Pindul dan pastinya harus river and cave tubing dong. 

Nah namanya generasi milenial tentu ingin bawa hp kemana-mana kan, jadilah saya bawa disimpan di saku ga pake pengaman anti air, malas beli.

Pas ditengah-tengah jalan, tak sengaja hp nya kena air deh kerendem lalu mati total. Saya lihat di indikator depan ada FAST BOOT. HP lalu saya coba restart dan gak tetap ga bisa jalan. 

Alhasil saya lalu pulang dan cari tahu tentang cara mengatasi HP (merek saya Xiaomi) yang kena air. Ternyata yang pasti harus buka casing dulu dan jemur di matahari atau pakai hair dryer. Karena di rumah ada hairdryer jadi saya pakai itu aja. Berikut ini cara mudah atas Xiaomi Redmi 3S yang mati kena air.
Mengatasi Xiaomi Redmi 3S Kecebur Air, Pengalaman Pribadi
Buka casing xiaomi, pic: xiaomitips

1. Jangan dulu hidupkan handphone setelah kena air.
2. Buka casing baterai Xiaomi Redmi 3S (cari caranya di YT banyak). Ini adalah yang paling susah karena rada keras. Hati-hati juga dengan sirkuit finger saat membuka casing, pelan-pelan ya.
3. Setelah casing dibuka, bersihkan semua komponen pakai tisu dan gunakan hairdryer selama 15 menitan. 
4. Jika gak ada hair dryer, kamu bisa langsung jemur selama 1 jam di bawah terik matahari, lebih manjur.5. Setelah pastikan semua komponen kering, coba hidupkan kembali handphone.

Sebenarnya mengatasi handphone Xiaomi atau tipe lainnya yang kecebur air mudah yaitu langsung keringkan agar tidak ada komponen yang kotor atau karatan. Jadi itulah pengalaman handphone Xiaomi Redmi 3S saya tercebur air dan mati tapi bisa kembali lagi hidup.

Selasa, Juni 12

Pengalaman Reschedule Tiket Kereta Api via Traveloka

Pengalaman Reschedule Tiket Kereta Api via Traveloka

Halo teman-teman, gimana kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan tetap produktif. Langsung aja nih kali ini saya hanya akan sedikit bercerita tentang bagaimana tata cara rechedule tiket kereta api via traveloka. 

Di akhirnya sih gak jadi reschedule namun barangkali teman-teman ada yang niat ganti jadwal. Jadi beberapa minggu lalu saya udah pesan tiket KA untuk libur lebaran via traveloka. 

Nah saat pesan tersebut saya tidak login dulu di aplikasi jadi gak bisa reschedule lewat aplikasi langsung.

Lalu saya coba kontak CS traveloka via email untuk menanyakan cara merubah jadwal keberangkatan kereta api. Sekitar satu jam kemudian, saya langusng mendapatkan balasan dari CS traveloka. 

Jadi cara pengajuan perubahan jadwal kereta api HARUS dilakuan di stasiun keberangkatan. Misalkan saya pesan KA jurusan Cirebon-Yogyakarta, nah berarti saya harus ke Stasiun Cirebon untuk ganti jadwal.
Pengalaman Reschedule Tiket Kereta Api via Traveloka
Cara merubah jadwal keberangkatan kereta api
Maksimal penggantian jadwal adalah 2 jam sebelum keberangkatan. Contohnya seperti ini:
- Jadwal awal adalah Kamis pukul 16.00
- Jadwal perubahan menjadi Rabu pukul 15.00
- Maka maksimal pengajuan perubahan adalah hari Rabu jam 13.00 

Selain ketentuan di atas, ada lagi info bahwa tidak semua tiket bisa di refund dan direschedule yaitu Kereta Eksekutif Promo (M, X, W, Y, U, Z). Perubahan juga bisa dilakukan JIKA masih tersedia kursi di jadwal yang ingin diganti serta pembayaran harus TUNAI. 

Biaya reschedule adalah 25% dari tiket lama (belum termasuk diskon dan biaya pemesanan). Jadi itulah pengalaman saya mencoba merubah jadwal keberangkatan kereta api. 

Kalau mau lebih praktis, maka saat kamu booking tiket KA via traveloka maka pastikan kamu login akun traveloka kamu dulu jadi kalau mau rubah jadwal bisa mudah lewat aplikasi, meskipun tetap ada biaya tambahan nantinya. Sekian terimakasih.

Gambar: disini

Senin, Juni 11

Revolusi Layanan Perkeretaapian Indonesia, Dulu dan Kini

Revolusi Layanan Perkeretaapian Indonesia, Dulu dan Kini

Lebaran tinggal menunggu hitungan hari lagi dan sebagian besar masyarakat sudah mulai bergegas untuk kembali ke tempat asal mula ia lahir. 

Hakikat dari sebuah perjalanan pada dasarnya adalah untuk kembali, begitu pula dengan kehidupan kita secara keseluruhan. Mudik adalah salah suatu kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. 

Salah satu moda transportasi yang menjadi favorit para pemudik tentu adalah kereta api. Kereta api tiketnya relatif tidak terlalu mahal, bebas macet dan memuat banyak penumpang.

Melihat wajah layanan perkeretaapian Indonesia, tentu semenjak beberapa tahun lalu ada perubahan besar alias revolusi yang sangat hebat dan para pengguna termasuk saya sendiri merasakan perubahannya. 

Saya akan sedikit bercerita saja tentang pengalaman naik kereta api dulu sebelum revolusi dan kini setelah revolusi. Mudah-mudahan bisa menjadi sejarah dan cerita bagi rekan-rekan di masa depan tentang bagaimana pentingnya sebuah mindset pemimpin untuk merubah dan menggerakan revolusi.

Saya sering naik kereta api sejak dulu sekolah dari Tasik ke Yogyakarta karena semenjak kecil saya memang tinggal di Tasik namun kampung halaman saya di Yogyakarta. 

Dahulu ketika akan pergi naik kereta, kita harus datang ke stasiun untuk beli tiket dan ngantrinya gak ketulungan. Masih mending kebagian tiket, kalau engga bisa ngamuk-ngamuk. 

Belum lagi calo disana-sini yang menawarkan tiket dengan harga preman. Masuk stasiun dulu sangat mudah, penumpang dan para pengantar boleh masuk, ditambah pedagang bisa masuk juga. Hasilnya stasiun seperti pasar dan jauh sekali dari kesan nyaman, sangat jauh. 

Dari sisi kebersihan apalagi, banyak sampah dan semrawut abis. Kereta datang kemudian saat masuk gerbong, kita tidak tahu apakah dapat tempat duduk atau enggak, padahal udah pegang karcis. 

Nampaknya sisi kemanusiaan sudah tidak ada dalam kereta, dan kalau pun memilih saya mendingan naik truk pick up dengan kambing kali ya (dulu). Tempat duduk dan selasar jalan gerbong penuh sesak, AC tidak ada dan pedagang hilir mudik masuk. 

Di perjalanan kondektur kereta memeriksa karcis dan banyak sekali ternyata yang gak bayar karcis, alhasil bayar 20.000 ke kondektur. Waw, 20.000 kali 10 aja udah lumayan sehari. Tapi ini dulu ya!.
Revolusi Layanan Perkeretaapian Indonesia, Dulu dan Kini
KA Argo Bromo, pic: flickr
Lanjut lagi, gerbong selain sesak penumpang juga kotor dan ini dimanfaatkan dengan baik oleh beberapa orang untuk bersih-bersih. Orang ini bukan pegawai kereta resmi gak tahu siapa (kaya pak ogah dan juru parkir liar), tiap bersihkan kolong jok kereta minta recehan. 

Saya menemukan beberapa membawa handphone keren jaman dulu, saya pun kalah. Habis tukang bersih ilegal, lalu muncul lagi pengamen dari mulai kelas normal hingga bencong yang meresahkan. Gila ini layanan kereta macam apa. (Itu dulu). 

Itulah sedikit cerita perkeretapaian Indonesia dulu kala. Kini dalam beberapa tahun, semua berubah. Revolusi berhasil mengubah wajah layanan jasa transportasi kereta api Indonesia saat Ignasius Jonan dipercaya memimpin BUMN transportasi ini (dulu era SBY kalau gak salah). 

Jonan berhasil membawa prinsip dalam tubuh PT KAI dan merubah semua tata laksana layanan dari mulai sarana hingga prasarana menjadi manusiawi. Inilah tugas paling berat manusia dalam kehidupan yaitu memanusiakan manusia itu sendiri. 

Saya tidak tahu persis bagaimana perubahan rule dalam PT KAI sehingga bisa berubah 360 derajat, dan itu tentu PT KAI sendiri yang tahu, saya tidak terlalu penting mengetahui isi perusahaan. Tapi di luar itu semua, masyarakatlah yang bisa melihat perubahan tersebut.

Lihatlah kini tiket sudah bisa dipesan dari rumah dengan handphone tanpa harus ngantri ke stasiun. Masuk stasiun pun kini sudah seperti masuk hotel, bersih, rapi, harum dan nyaman. 

Tidak ada pedagang ilegal masuk stasiun karena sudah ditata dan calo pun sudah berangsur hilang. Di dalam stasiun berbagai fasilitas tersedia dan area merokok kini dipisah (sangat manusiawi). 

Kereta datang dan para penumpang tidak lagi berebutan masuk gerbong karena sudah pasti pas (mungkin untuk KRL masih perlu pembenahan sedikit). Masuk dalam gerbong kini sangat nyaman, bersih, dan yang pasti sejuk karena setiap gerbong pasti ada AC.

Perjalanan pastinya nyaman, tidak ada lagi pedagang di dalam gerbong, pengamen, banci kaleng, asap rokok seperti jaman dulu. Revolusi ternyata bisa mengubah peradaban masyarakat dan kini Indonesia sudah selangkah untuk menapak menjadi negara maju. 

Peran pemimpin sangat penting dalam merubah suatu peradaban. Semua pemimpin Indonesia pada dasarnya baik-baik, tinggal dipilih saja yang terbaik. Selain kereta api, moda transportasi lain juga berevolusi ke arah yang lebih manusiawi dan tentunya membuat Indonesia terus menapak untuk selevel dengan negara maju.

Jumat, Juni 8

Lokasi Titik Macet Jalur Pantura Bekasi ke Karawang

Lokasi Titik Macet Jalur Pantura Bekasi ke Karawang

Halo teman-teman sekalian, lebaran sudah di depan mata dan tentunya para perantau alias mudikers sudah siap untuk kembali sejenak ke kampung untuk bersilaturrahim. 

Kali ini saya akan coba berikan sedikit gambaran tentang titik-titik lokasi macet di jalur pantura khususnya dari arah Bekasi/Jakarta menuju Purwakarta. Saya sering melalui jalur ini menggunakan motor tentunya, barangkali bisa bermanfaat.

Dari arah Bekasi kota, saya biasa melalui jalur Bekasi Timur menuju arah Jl. Ir Juanda (Terminal Bekasi). Saya tidak pakai jalur Kalimalang karena gak sempit. 

Jalanan dari arah Bekasi timur menuju terminal Bekasi biasanya tidak terlalu padat. Nah setelah lewat terminal Bekasi dan Stasiun Bekasi Timur baru kepadatan agak lumayan tinggi karena angkutan umum macam elf dan angkot mulai ngetem pinggir jalan. 

Perempatan Bulak Kapal adalah salah satu lokasi yang sering "paciweuh" karena ada perlintasan kereta api dekat perempatan.

Lanjut lagi motor dipacu dan sampai di Tambun dekat PT Sinde Budi Sentosa, ini juga sering stuck karena ada perempatan yang dijaga pak ogah. Selain itu truk-truk besar mulai banyak bermunculan. 

Dari sini perjalanan dilanjutkan sampai dengan Pasar Tambun. Nah di Pasar Tambun ini juga sudah pasti stuck karena banyak orang, banyak angkot ngetem sebelum ke arah underpass. 

Jadi siap-siap saja di dekat pasar ini bisa lumayan menjengkelkan. Pak Polisi juga ada namun pastinya rumit juga ngatur banyak orang di pasar ditambah kendaraan lain.
Lokasi Titik Macet Jalur Pantura Bekasi ke Karawang
Lokasi Titik Macet Jalur Pantura Bekasi ke Karawang
Dari Pasar Tambun, perjalanan dilanjutkan dan sampailah di dekat Rumah Sakit Karya Medika. Disini juga ada lampu lalu lintas yang lumayan lama dan pastinya bikin macet parah. 

Setelah itu lanjut menuju Cibitung dan di depan Pasar Cibitung juga menjadi titik macet karena banyak angkutan mutar balik depan pasar, belum lagi angkot ngetem. Dari pasar Cibitung kemudian perjalanan dilanjutkan menuju arah Cikarang. 

Masuk Cikarang Barat juga ada beberapa titik macet kronis diantaranya di sekitar jalan Imam Bonjol ada jembatan yang masih dalam perbaikan sehingga terjadi penyempitan jalan. Disini kendaraan harus pelan-pelan dan pasti macet.

Dari Cikarang barat lalu menuju Terminal Cikarang dan disini pasti macet hingga Pasar Cikarang. Anda harus bersabar disini karena banyak bis yang putar arah dan di depan Grosir Cikarang juga ada pasar yang pasti macet parah. 

Dari pasar Cikarang lanjut menuju arah Lemahabang menyusuri Jl. Urip Sumoharjo. Nah di depan stasiun Lemahabang juga menjadi titik macet, apalagi kalau kereta lewat pasti kendaraan panjang mengular tuh.

Dari Lemahabang perjalanan lanjut menuju arah Karawang. Disini jalanan biasanya tidak terlalu padat sampai dengan jalan lingkar Tanjungpura. 

Oke sekian dulu info tentang titik macet pantura jalur Bekasi ke Karawang, nanti saya update lagi untuk titik macet dari Karawang hingga Purwakarta dan jalur selatan Jawa Barat. Terima Kasih.

Minggu, Mei 27

Blunder Bodoh Karius Bawa Madrid Hattrick Liga Champions

Blunder Bodoh Karius Bawa Madrid Hattrick Liga Champions

Final Liga Champions tahun 2018 adalah final idaman karena mempertemukan dua tim dengan lini serang terbaik Liverpool vs Real Madrid. 

Prediksi kedua tim akan bermain apik dan saling serang sehingga menghasilkan skor ketat. Akan tetapi malam tadi Stadion Olimpiyskiy, Kiev menjadi panggung horor bagi Kiper The Reds, Lukas Karius. 

Dua blunder fatal alias kronis membuat Madrid memboyong trofi UCL untuk ketiga kalinya secara beruntun. Madrid memenangkan skor 3-1 lwan Liverpool. Tak ayal ini jadi pukulan telak bagi fans Liverpool dan Mohammed Salah yang juga ditarik keluar karena cedera di menit ke 31. Gol pada malam tersebut dicetak oleh Benzema (51'), Mane (55') dan Bale (64'), (83').

Liverpool sebenarnya mampu mengimbangi permain Real Madrid sampai menit 51 petaka datang. Karius membuat blunder bodoh setelah menangkap bola dengan menyodorkan bola ke area pertahanan sendiri sementara Benzema masih ada di hadapannya. 

Tak ayal bola langsung disodok Benzema dengan sangat mudah ke gawang. Nampaknya blunder ini lebih bodoh daripada kiper yang berlaga di Liga Indonesia sekalipun. Di tengah ketertinggalan, Mane membuat harapan dengan mencetak gol penyeimbang di menit ke 55.
Blunder Bodoh Karius Bawa Madrid Hattrick Liga Champions
Karius oh Karius
Akan tetapi Karius seperti tidak ingin Liverpool juara sehingga  membuat blunder kembali. Tendangan jarak jauh Bale di menit 64 yang berusaha ditangkap Karius malah masuk ke gawang sendiri, harusnya kiper berkelas Eropa tidak melakukan hal tersebut dan memilih untuk meninju bola saja. Skor menjadi 2-1. Gareth Bale menjadi bintang dengan membuat gol salto di menit ke 83 dan memupuskan harapan Liverpool.

Real Madrid keluar sebagai juara Champions ke 13 dan ketiga kali beruntun, mencetak sejarah. Sepak terjang klub Spanyol dekade terakhir ini sangat luar biasa di kompetisi Eropa setelah Athletico Madrid juga meraih Liga Europa 2018. 

Derby Madrid akan tersaji di Piala Super Eropa 2018. Kembali lagi ke soal blunder Karius, ini menjadi perbincangan dunia netizen. Bagaimana tidak, di laga krusial sekelas final Liga Champions seorang kiper bisa melakukan hal bodoh tersebut dan lebih parah dibandingkan pinalti John Terry saat melawan MU tahun 2008. 

Nampaknya Karius tidak lepas dari julukan kiper blunder karena sejak datang ke Liverpool ia sering kali melakukan blunder fatal yang merugikan tim.

Senin, Mei 21

Pengalaman Cara Mengatasi Api Kompor Gas Berwarna Merah

Pengalaman Cara Mengatasi Api Kompor Gas Berwarna Merah

Halo teman-teman sekalian, bagaimana kabarnya hari ini?. Semoga baik-baik saja ya. 

Kali ini saya akan bagikan tips bagaimana mengatasi masalah api kompor gas yang berwarna merah. Pada dasarnya warna api kompor gas normal adalah berwarna biru. 

Warna api biru ini disebabkan karena tingginya kandungan oksigen. Lalu mengapa api kompor gas berwarna merah?. Kemungkinan besar karena kadar oksigen menurun namun ada juga hal lain yang berpengaruh diantaranya:

1. Corong api atau burner kotor
2. Banyak sisa-sisa minyak atau bekas masakan di tungku
3. Perabot dapur kotor
Pengalaman Cara Mengatasi Api Kompor Gas Berwarna Merah
Api kompor gas berwarna merah
Warna api kompor gas merah akan membuat pemasakan tidak sempurna dan menimbulkan kerak hitam di perabotan. Saya pun pernah mengalami hal seperti ini, jadi kompor gas saya tungku satu api nya normal biru dan tungku satunya berwarna merah. Setelah cari info akhirnya saya bisa mengatasinya. Begini caranya:

1. Buka corong api atau burner yang berwarna keemasan lalu bersihkan dengan air dan keringkan.
2. Pasang lagi dan coba nayalakan. (ini tidak mempan ternyata dalam kasus saya)
3. Buka lagi corong kompor, lalu nyalakan kompor gas tanpa corong sebentar saja untuk membersihkan saluran gas nya. (cara ini ternyata ampuh)
4. Api kompor gas kembali normal biru

Jadi itulah pengalaman saya mengatasi api kompor gas berwarna merah. Gampang bukan?. Jadi jangan langsung ganti kompor gas anda, coba dulu tips diatas. Baca juga: Beli rumah tanpa KPR bisa?

Minggu, April 22

Pengalaman Tes Guru As-Syifa Boarding School

Pengalaman Tes Guru As-Syifa Boarding School

Halo teman-teman sekalian, pastinya kalian penasaran kan tentang gaji guru di sekolah boarding terutama di As-Syifa Subang?. 

Oke, sebelum saya berikan rinciannya, biar kalian gak pada penasaran, saya akan ceritakan dulu tentang pengalaman saya ikut tes di As-Syifa Subang. 

Jadi beberapa bulan lalu ada info loker guru dan banyak karyawan di As-Syifa Wanareja. Karena penasaran maka saya cek webnya, cek visi misi, cek map dan lainnya. 

Kesimpulan pertama, sekolahnya besar, berbasis islam dan pengelolaannya nampaknya baik. 

Saya lalu melamar via online, karena semuanya harus online. Dari sisi teknis penerimaan awal mekanisme nya bagus, transparan dan timeline jadwalnya tertera di web penerimaan, sangat jelas. 

Pertanda baik dan manajemen IT nya luar biasa. Setelah upload berkas, singkat cerita saya kepanggil tes online. Tesnya jadi di rumah saja pakai hot spot. Soal yang dikerjakan pengetahuan umum, bahasa arab dasar dan sejarah perawi hadist. 

Soal geografinya essay dan masuk level HOTS, cukup keren. Setelah tes online, akhirnya pengumuman kelulusan tiba. Saya lulus tes online dan dilanjutkan dengan tes praktik mikroteaching dan wawancara langsung di As-Syifa Subang. 

Karena penasaran dan ingin tahu lebih jauh maka saya putuskan ke Subang naik motor. Saya naik motor jam 11 bersama teman dari Bekasi yang kepanggil kesana dan berencana menginap di sekolah. Perjalanan 4 jam dari Bekasi dan tiba jam 5 sore. 

Tiba di sana kami disambut hangat oleh panitia dan langsung diarahkan ke asrama putra. Disana sudah banyak teman-teman lain yang datang dari berbagai daerah. Lingkungan sekolahnya asri, besar, siswanya banyak dan kulturnya khas pesantren.

Besoknya setelah sholat subuh, sarapan maka tibalah pembukaan tes wawancara, mikro dan tes tahsin. Semua peserta dibagi-bagi agar efisien dalam pelaksanaannya. 

Saya ikut mikroteaching dulu di awal dan langsung dilakukan di depan siswa selama kurang lebih 20 menit. Siswanya sangat antusias sekali, rame dan senang sekali saya lihatnya. Karena saya sudah biasa mikroteaching jadi gak terlalu masalah. 

Mikroteaching selesai lalu lanjut tes tahsin, baca Quran dan hafalan. Setelah itu di lanjut lagi dengan tes wawancara HRD. Nah ini yang menjadi bagian terpenting bagi saya. 
Suasana penerimaan guru di As-Syifa Subang
Dari semua wawancara HRD yang pernah saya lalui sejak saya lulus kuliah baru kali ini saya ditanya hal yang menurut saya agak ganjil dan diluar konteks "pendidikan", mau tau apa aja isinya?. 

Pokonya di luar konteks pendidikan menurut saya. Saya sudah berpengalaman ngajar selama 8 tahun dengan prestasi yang cukup banyak lah dari tingkat kota, propinsi hingga nasional dan tentu punya "value" lebih dan nilai jual alias nilai tawar bukan?. 

Memang di dunia pendidikan harus gitu ya?. Ya harus donk, pemain bola aja kalau banyak trofi harganya makin mahal.

Lalu singkat kata ternyata gaji disana memang sudah dipatok di awal jadi tidak bisa nego. Tapi makan, asrama, sekolah, kesehatan semuanya gratis bro. Kalau saya pribadi diluar fasilitas sosial tadi, untuk gaji pokok masih dibawah standar saya. 

Selain itu pegawai dilarang masuk organisasi lain di luar karena memang aturannya seperti itu. Wow, ketat juga aturannya. Pegawai juga harus menghapal Quran tiap semester 1 juz, mantap. 

Setelah dipikir-pikir dan diskusi dengan istri maka saya putuskan untuk menolak tawaran tersebut. Memang gaji akan naik dari tahun ke tahun, tapi tiap keluarga tentu punya kondisi masing-masing dan saya tidak bisa untuk menerimanya saat ini. 

Jadi itulah pengalaman saya tes kerja di As-Syifa Subang. Secara umum sekolah ini besar, bagus, punya visi jelas, kesejahteraan guru yang baik dan jaringan kuat. 

Kamis, Maret 29

Memahami Pidato Prabowo Tentang Bubarnya Indonesia di 2030

Memahami Pidato Prabowo Tentang Bubarnya Indonesia di 2030

Selamat pagi, halo teman-teman semua bagaimana kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan senantiasi produktif berkarya. Di pagi ini saya akan mencoba memberikan sebuah pendapat alias opini, karena di era demokrasi ini tentu kita bebas mengemukakan pendapat bukan?. 

Tema yang diangkat adalah tentang berita yang sedang hot di Indonesia yaitu pidato Prabowo terkait bubarnya Indonesia di tahun 2030. Seperti yang sudah menjadi fenomena umum bahwa setelah terjadi fenomena aneh di Indonesia maka pasti akan disusul oleh fenomena yang lebih aneh lagi sesaat setelahnya. 

Beberapa waktu setelah mendengar/melihat berita tentang isi pidato Prabowo tersebut saya langsung coba cek berita di berbagai kanal medsos. Dan seperti yang sudah diperkirakan, masyarakat dunia maya langsung berkomentar sana-sini, ada yang pro dan ada yang kontra, pastinya.

Lalu saya melihat klarifikasi di media berita televisi yang menghadrikan politisi terkait, isinya adalah adu argumen juga. Yang menjadi kader Gerindra tentu pasti akan membela dong dengan alasan apapun dan yang kader lainnya pasti akan tidak setuju, marah sampai debat kusir. 

Lalu apa yang salah dari isi pidato Prabowo yang menyebutkan Indonesia bubar di tahun 2030?. Sebenarnya seorang politisi sah-sah saja mengeluarkan statement saat berorasi di depan khalayak, namun di era saat ini alias jaman now, setiap politisi apalagi seorang figur parpol/calon kepala daerah/presiden harus hati-hati dalam pemilihan kata/redaksi saat berpidato. 

Jadi kata kunci disini adalah redaksi atau perbendaharaan kata. Mengapa redaksi itu penting?. Karena masyarakat Indonesia kini jaman now adalah masyarakat yang dikontrol oleh MEDIA. 

Ya, media adalah senjata powerful dalam menggiring opini, pikirian, kebencian. Jadi menurut saya ada satu kesalahan kecil dalam pidato tersebut yang akhirnya sudah pasti langsung jadi trending bukan?.
Memahami Pidato Prabowo Tentang Bubarnya Indonesia di 2030
Pidato adalah kemampuan merangkai kata
Tapi kalau dari sisi kenyataan apakah memang Indonesia bisa bubar di 2030? (mungkin dalam kamus lain jadi "hancur"?. Bisa saja melihat semakin tingginya hutang luar negeri, belum pinjam dari Tiongkok yang berbunga tiap tahun, belum pembangunan industri yang investornya kebanyakan dari asing dll. 

Akan tetapi, dalam konteks ini, seorang figur politik kan tentunya berambisi untuk menduduki suatu posisi (katakanlah presiden), nah salah satu syarat utama untuk meraih kursi RI satu adalah dengan memikat hati masyarakat. 

Artinya ia harus bisa "menghipnotis" masyarakat RI agar yakin bahwa apa dia katakan mampu menggerakan pemilih untuk mencoblosnya di pilpres. 

Lalu apa yang salah dari pidato bubarnya Indonesia di 2030?. Tidak ada yang salah, yang salah hanya dalam pemilihan redaksi kata saja. Satu kata saja salah saat ini bisa digoreng menjadi bola panas di medsos. 

Jadi memang seorang figur politik harus hati-hati dan memiliki kemampuan bercakap/memilih kata dengan baik, jangan sampai nantinya akan membuat kehebohan. Lihat saja contoh omongan Ahok yang akhirnya jadi fenomena heboh lain. 

Sebetulnya kalaupun omongan itu hanya didengar masyarakat yang ada disekitarnya saja tentu tidak masalah, Ahok minta maaf pun sebenarnya masalah selesai, menurut saya. 

Namun di jaman sekarang ini ingat, kamera dimana-mana, mikrofon dimana-mana, upload video tinggal sekali klik, lalu nyebar, ditonton orang banyak, lalu otaknya jadi panas, makin panas dishare lagi dan akhirnya "Paciweuh" mun basa sunda mah. 

Inilah fenomena masyarakat Indonesia saat ini, yaitu ketidakmampuan mengolah sebuah informasi dengan benar sehingga mudah dipecah belah melalui berita di medsos. Jadi dalam hal kaitan Prabowo yang sedang bertarung menuju RI 1 tentu ini akan menjadi bumerang karena salah dalam membangun sebuah kata/informasi. Kan itu pidato di internal partai saja di dalam ruangan?. 

Iya memang benar di dalam ruangan, tapi kan semua orang bawa handphone, belum lagi kalau ada oknum mata-mata dll, pastinya kan tinggal rekam lalu upload, selesai deh jadinya seperti saat ini (heboh gak karuan). Jadi memang kemampuan menyusun kalimat di jaman sekarang itu sangat krusial dalam menentukan simpati masyarakat.

Kamis, Maret 22

Perbedaan Luas Rumah Tipe 21, 32 dan 45

Perbedaan Luas Rumah Tipe 21, 32 dan 45

Halo teman-teman sekalian bagaimana kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan tetap produktif. 

Oke langsung saja kali ini saya akan coba menjelaskan tentang perbedaan luas rumah tipe 21, 36 dan 45. 

Rumah merupakan kebutuhan pokok manusia dan saat ini perkembangan penjualan properti ini semakin menjamur. 

Tapi bagi kamu-kamu yang sedang mencari dan merencanakan untuk membeli rumah maka harus paham dulu tentang perbedaan luas tipe 21, 32 dan 45. 

Tiga tipe rumah tersebut adalah yang paling banyak diburu konsumen karena dari sisi harga masih masuk kantong rata-rata pekerja.
Perbedaan Luas Rumah Tipe 21, 32 dan 45
Rumah tipe 45
Tipe Rumah 21 dan Luas
Rumah tipe 21 adalah tipe rumah paling minimalis dengan luas bangunan 21 m², contohnya adalah ukuran 6 x 3,5 m. Ukuran luas tanah tipe 21 digabungkan dengan ukuran luas tanah yaitu 6 x 10 m² = 60 m² atau 6 x 12 m² = 72 m². 

Rumah tipe 21 relatif sempit dengan 1 kamar tidur, 1 WC dan 1 ruang depan. Rumah tipe ini cocok untuk keluarga kecil atau pekerja yang baru menikah. Atau cocok juga untuk rumah singgah bagi kaum urban.

Tipe Rumah 36 dan Luas
Rumah tipe 36 adalah tipe rumah dengan luas bangunan adalah 36 m² dengan luas total 6 x 6 m= 36 m². Luas total tanah rumah tipe 36 dapat digabungkan dengan luas  tanah 60 m² atau 72 m². 

Rumah tipe 36 memiliki 2 kamar tidur, 1 ruang tamu dan 1 kamar mandi. Tipe masuk kategori menengah karena gak terlalu sempit dan gak terlalu luas. Cocok untuk para kaum milenial saat ini. 

Tipe Rumah 45 dan Luas
Rumah tipe 45 adalah tipe rumah dengan luas bangunan 45 m² misalnya dengan ukuran 6 x 7,5 m atau 8 x 5,6 m pada luas kavling tanah 96 m². 

Tipe rumah 45 punya 3 kamar tidur, 1 WC, 1 ruang tamu, 1 garasi dan teras depan cukup luas. Rumah tipe ini cukup ideal dan bisa dimodifikasi di masa depan sesuai budget anda.

Itulah 3 jenis tipe rumah yang kini banyak diburu kamu milenial. Jadi pahami antara luas bangunan dan luas tanah terlebih dahulu sebelum membeli rumah. 

Selain itu ada banyak faktor yang harus diperhatikan seperti lokasi, akses jalan, keamanan dan tentunya kredibilitas pengembang perumahan. Ingatlah prinsip rumah bertumbuh!. 

Memang jika beli dari pengembang, kualitas rumah standar saja namun seiring berjalannya karir anda maka lambat laun bisa direnovasi tahun ke tahun. Selamat mencari rumah impian anda!.

Gambar: disini

Rabu, Maret 14

Cara Mudah Hilangkan Formalin pada Mie, Tahu dan Ikan

Cara Mudah Hilangkan Formalin pada Mie, Tahu dan Ikan

Halo teman-teman sekalian, apa kabarnya hari ini?. Semoga baik-baik saja dan tetap produktif. 

Kali ini saya akan membagikan sedikit tips tentang cara hilangkan formalin pada mie, tahu dan ikan. Apakah kamu suka makan makanan tersebut?.

Kita sudah tahu kan bahwa di pasar tak jarang ditemukan pedagang nakal yang menggunakna formalin untuk mengawetkan tahu, mie dan ikan dan lainnya. 

Formalin adalah bahan pengawet yang berbahaya jika dikonsumsi jangka panjang bagi manusia. Sebagai konsumen terutama ibu-ibu, tentu was-was jika mendengar hal tersebut. 

Lalu bagaimana cara mudah hilangkan formalin pada makanan tersebut?. Dikutip dari ulasan Henny Budi  Utari, PhD, ternyata ada cara mudah untuk menghilangkannya:

1. Ikan Asin
Ikan asin yang mengandung formaln perlu direndam selama 60 menit agar formalinnya terlepas dari ikan lalu larut dalam air rendamannya. Level formain pada ikan asin akan berkurang sebanyak 61%  jika ikan asin direndam dalam air bisa. Sebaliknya dalam air garam, lebel formalin ikan asin akan hilang hingga 89%.

2. Tahu
Tahu yang berformalin pun bisa dinetralkan dengan cara mudah sekali. Cara terbaik adalah dengan merebusnya sampai mendidih kemudian menggorengnya Teknik ini terbukti dapat menghilangkan hampir semua kandungan formalin dalam tahu. 

Cara lainnya adalah mengukus tahu atau merendamnya di air panas. Namun kedua cara ini hanya mengurangi kandungan formalin bukan menghilangkan secara total kadar formalin tahu.
Cara Mudah Hilangkan Formalin pada Mie, Tahu dan Ikan
Ikan asin segar
3. Mie Basah
Untuk mie basah, caranya lebih mudah yaitu cukup rendam saja dalam air panas selama 30 menitan. Teknik simple ini terbukti menghilangkan kandungan formalin hingga 100%. Jangan lupa cuci kembali mie dengan air biasa setelah perendaman untuk memastikan tidak ada formalin yang tersisa.

4.  Ikan Segar
Ikan segar yang diberi formalin juga bisa dinetralkan kembali sehingga aman dikonsumsi. Campurkan cuka ke dalam air hingga konsentrasinya mencapai 5%. Kemudian, rendam ikan dalam larutan tersebut sealam 15 menitan. 

Tubuh manusia sebenarnya sudah didesain untuk melenyapkan bahan-bahan kimia jahat yang masuk dalam tubuh. Namun jika kadarnya terlalu tinggi maka tubuh akan lemah juga. Jadi kita harus bisa selektif memilih makanan dan tetap berjaga-jaga.

Kamis, Maret 8

Panduan Download Kisi-Kisi UN dan USBN 2018 Semua Mapel

Panduan Download Kisi-Kisi UN dan USBN 2018 Semua Mapel

Halo teman-teman sekalian sebangsa dan setanah air Indonesia. Bagaimana kabarnya menjelang pelaksanaan USBN dan UNBK nih, apakah masih tegang?. 

Kali ini saya akan bagikan jadwal lengkap UN dan cara download kisi-kisi USBN dan UN lengkap semua mapel dan jenjang sekolah. Info saya dapatkan dari kemdikbud pusat. 

Jadi tmena-teman bisa langsung akses dan panduannya akan saya berikan di bawah ini. Simak baik-baik.

1. Buka google dan ketik un.kemdikbud.go.id maka akan muncul tampilan di bawah ini. Klik situs paling atas yaitu un.kemdikbud.go.id
Panduan Download Kisi-Kisi UN 2018 Semua Mapel
Panduan Kisi-Kisi USBN/UNBK 2018
2. Setelah itu akan muncul tampilan situs web nya yaitu seperti di bawah ini:
Panduan Download Kisi-Kisi UN 2018 Semua Mapel
Panduan Kisi-Kisi USBN/UNBK 2018
3. Setelah itu scroll ke bagian bawah maka akan muncul menu kisi-kisi UN dan USBN dan Pos nya. Klik salah satunya, misalnya USBN, maka akan muncul tampilan folder Google Drive seperti di bawah ini:
Panduan Download Kisi-Kisi UN 2018 Semua Mapel
Panduan Kisi-Kisi USBN/UNBK 2018
4. Maka secara langsung file akan terdownload dan anda akan dapatkan file winrar. Klik OK
Panduan Download Kisi-Kisi UN 2018 Semua Mapel
Panduan Kisi-Kisi USBN/UNBK 2018
5. Dan selesai sudah, anda akan mendapatkan kisi-kisi dua versi kurikulum 2006 dan K 13. Silahkan dipelajari secara seksama.
Panduan Download Kisi-Kisi UN 2018 Semua Mapel
Download kisi-kisi USBN/UNBK 2018

Itulah panduan cara donwload kisi-kisi USBN dan UNBK 2018. Silahkan belajar dengan semangat dan tekun supaya hasilnya memuaskan. Bagi yang masih bingung hadapi UN dan butuh bimbingan belajar yang murah, fleksibel dan berkualitas kini telah dari Quipper Video, startup bimbel berbasis online yang bisa bikin kamu mudah belajar kapan pun dan dimanapun. 

Mau tau contohnya?. Ada di video youtube di bawah ini. Mumpung masih ada kode diskonnya, silahkan chat saya di 08977703302 untuk info lebih lanjut ya. Atau klik banner WA di bawah blog ini biar bisa langsung chat dengan saya.

Senin, Maret 5

Jadwal Reservasi Tiket Kereta Api Lebaran 2018 Resmi Dibuka

Jadwal Reservasi Tiket Kereta Api Lebaran 2018 Resmi Dibuka

Halo teman-teman sekalian apa kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan senantiasa produktif. 

Kali ini saya akan bagikan info tentang Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Lebaran 2018 Telah Dibuka oleh PTK KAI. Jadwal pemesanan tiket kereta api lebaran tahun 2018 ini berbeda dengan tahun lalu karena pemesanan untuk tanggal keberangkaan diatur sedemikian rupa. 

Sudah menjadi hal umum bahwa kereta api merupakan salah satu angkutan favorit pemudik lebaran. Selain nyaman, bebas macet dan tepat waktu, harganya pun tidak terlalu mahal. 

Mudik merupakan fenomena yang selalu terjadi di Indonesia saat lebaran tiba karena mayoritas penduduk kota besar di Indonesia adalah kaum pendatang atau kaum urban.

Meskipun lebaran masih lama, 3 bulan lagi namun PT KAI mulai membuka pemesanan tiket KA lebaran untuk memberikan keleluasaan kepada pemudik dalam menentukan hari mudik yang paling tepat. 

Selain itu tiket lebaran dibukan jauh hari agar tidak terjadi penumpukan pemesanan tiket KA lebaran di stasiun. Jadi diharapkan para pemudik agar memantau jadwal pemesanan tiket kereta api lebaran 2018 lewat situs https://tiket.kereta-api.co.id.

Agar pemesanan berjalan lancar karena server biasanya down ketika pengunjung membludak, maka lebih baik pesan tiket KA pada malam hari agar trafik web berkurang. Berikut ini jadwal lengkap pemesanan tiket kereta api lebaran 2018. 

Silahkan disimak. Perlu diketahui bahwa setiap tahun pemudik KA selalu bertambah dan biasanya PT KAI menyediakan kereta tambahan saat menjelang lebaran, jadi jika belum mendapatkan tiket maka bersabar saja karena PT KAI selalu mengantisipasinya dengan menambah jadwal keberangkatan kereta lebaran. Sumber gambar: jawapos


Jadwal Pemesan Tiket Kereta Api Lebaran 2018 Resmi Dibuka
Jadwal Reservasi Kereta Lebaran 2018

Kamis, Maret 1

Harga Tas Hermes Bisa Selangit Kok Bisa??

Harga Tas Hermes Bisa Selangit Kok Bisa??

Setiap kali kalian lihat gosip artis di tv pasti sering lihat mereka beli tas yang terkenal dan salah satunya Tas Hermes. Mengapa Tas Hermes menjadi favorit para selebriti di dunia termasuk Indonesia?. 

Berapa harga tas yang biasa kamu beli untuk kegiatan harian?. Paling ratusan ribu hingga mungkin maksimal satu juta. Itu pun sudah harga mahal bagi saya tapi lebih gila dari itu ada tas yang harganya selangit dan melebihi harga rumah mewah di Indonesia sampai milyaran. 

Itulah Hermes Birkin Bags. Lalu mengapa tas hermes bisa semahal itu?. Padahal kalau saya punya uang mendingan beliin rumah dan mobil sport mewah Ferrari atau Ford Mustang.
Harga Tas Hermes Bisa Selangit Kok Bisa??
Contoh Tas Hermes yang mahal abis

Sejarah Tas Hermes Melegenda
Kapan sih hermes pertama kali dibuat?. Hermes sudah ada sejak 1837, artinya 180 tahun. Ya begitulah adanya, pengalaman 180 tahun membuat harga semakin melonjak tajam. Awalnya Hermes tidak membuat tas untuk fashion namun membuat tali kekang dan sadel kuda dan hermes mulai menemukan tempatnya di hati para konsumen.

Pada 1950an, mereka mulai memproduksi tas tangan, perhiasan, aksesoris dan model lainnya. Jadi variasi produk saat ini sudah banyak dan tersebar di seluruh dunia. Produk hermes berkualitas tinggi dihasilkan dari akar mereka yaitu pengalaman hampir 200 tahun lamanya. Lalu apa yang membuat tas Hermes harganya bisa sampai ratusan ribu dollar?

Garansi Seumur Hidup
Ya, tidak peduli apapun jenis tas hermes anda namun barang anda akan diperbaiki, dirawat oleh tim Hermes selama anda dan tas anda masih hidup. Ya support seumur hidup ini yang menjadikannya mahal.

Dibuat Ekslusif Satu Orang
Tas hermes dibuat oleh pengrajin ahli dan dari awal pengerjaan tasi itu dibuat oleh satu orang dari awal hingga akhir. Para pengrajin tas hermes masih menggunakan teknik jahitan pelana yang dikembangkan abad 19. 

Jahitan tangan, pewarnaan dapat memakan waktu hingga 48 jam kerja dan setiap pengrajin punya alat pribadinya masing-masing. Ini adalah karya satu seniman spesial untuk satu buah item. So ekslusif.

Bahan Berkualitas Wahid
Tas Birkin tidak hanya dibuat dari kulit sapi, namun bisa juga dari kulit burung unta, kadal, buaya hingga harimau mungkin. Ini adalah komoditas mahal dan untuk menebusnya anda tentu harus siapkan kocek mendalam

Tingginya Permintaan
Apa yang paling cepat untuk meroketkan sebuah nilai produk?. Dengan menciptakan suatu yang ekslusif, maka Hermes telah melakukan hal tersebut. Sama halnya seperti Ferarri, Lamborghini di bidang otomotif.

 Hermes diproduksi kurang dari 100.000 unit tiap tahun dan seseorang dapat menunggu hingga hampir enam tahun untuk mendapatkannya. Ini yang menjadikannya diburu oleh para kolektor dan selebriti dunia.

Lebih Bernilai Dari Emas
Dalam studi selama 35 tahun, ditemukan bahwa Tas Birkin lebih baik daripada emas. Jadi tas hermes menjadi alat investasi yang bisa diandalkan dalam beberapa tahun kedepan. Nilainya meningkat 14,2% selama 35 tahun. Contohnya dalam lelang di Hongkong, sebuah Tas Birkin dilelang dengan harga hampir 221,8 ribu dollar AS. 

Desain Klasik Abadi
Awalnya tas birkin tidak begitu ekslusif apalagi dari sisi warna, karena awalnya berbentuk sederhana, dengan struktur sederhana bujur sangkar, dengan gagang dan penguncian keras. Hermes telah menciptakan setidaknya 25 warna biru yang berbeda untuk Tas Birkin 

Status
Saat ada yang mengendarai Ferarri, anda akan berkata "siapakah gerangan di dalam mobil itu?". Prinsip ini berlaku juga pada Hermes. Saat anda membawa tas birkin, cara memandang anda akan berubah. Tas Birkin menyiratkan kekayaan, kemewahan, status, koneksi, passion, nilai jual dan lainnya.

Jadi tahu kan sekarang mengapa tas hermes mahal banget?. Ada sejarah panjang dalam perjalanan merek terkenal di dunia tersebut. So, mulailah menciptakan sebuah karya yang unik, ekslusif agar dapat bernilai jual tinggi. Gambar: disini

Kamis, Februari 15

Minggu, Februari 4

Guru Dibunuh Siswa di Sampang Salah Siapa?

Guru Dibunuh Siswa di Sampang Salah Siapa?

Awal Februari ini berita seantero negeri digegerkan dengan berita tewasnya seorang guru ditangan seorang siswanya. Suatu fenomena yang luar biasa mencoreng dunia pendidikan di Indonesia. Lalu mengapa hal ini bisa terjadi?. 

Siapa yang salah?. Berita ini cepat sekali menyebar di semua medsos dan memancing respon netizen tentunya.

Kronologi singkat siswa membunuh gurunya di Sampang terjadi saat di kelas. Siswa yang tidak memperhatikan pelajaran tidak terima diingatkan gurunya dan akhirnya pukulan tinju melayang ke guru. Sehari kemudian sang guru wafat karena cedera parah di kepala. 

Saya langsung melihat respon netizen di medsos khususnya facebook. Dan sudah saya kira bahwa setelah terjadi fenomena aneh di Indonesia maka akan disusul fenomen yang lebih aneh lainnya. 

Saya cek di fb ada yang komen negatif sampai ada yang bilang guru harus dibunuh (entah ini sengaja buat nyari trafik atau bukan), saya ga ngerti. Ada yang simpati terhadap siswa, katanya siswa juga manusia, punya hak hidup,,bla..bla...bla... macam-macam pokonya. Ada yang usul segera membuat rekenign donasi untuk keluarga korban dan lain sebagainya.

Nampaknya netizen terutama guru sedang mendengar berita ini, belum lagi ngurus UN beberapa bulan lagi, tambah panas aja tuh kepala. Lalu apa yang sebenarnya sedang terjadi pada pendidikan di Indonesia?. Siapa yang salah?. Guru?. Siswa?. Orang Tua?. Lingkungan?. atau lainnya?.

Dalam melihat kasus ini diperlukan analisa komperhensif dan tidak bisa hanya dipandang dari satu sisi. Ingat pendidikan itu adalah sebuah kolaborasi antar elemen, bukan hanya guru dan siswa tapi juga orang tua dan lingkugan lain (televisi, acara sinetron, media sosial dll). 

Gurunya baik tapi orang tua di rumah gak baik ya sama aja bohong. Orang tua baik dan guru baik tapi lingkungan (teman, acara televisi dll tidak mendukung pendidikan) ya sama aja juga bohong.
Guru Dibunuh Siswa di Sampang Salah Siapa?
Pendidikan adalah suatu kolaborasi
Jadi membangun pendidikan bagi anak bukan hanya sebatas guru, sekolah dan anak. Jadi mari introspeksi sama-sama dari rumah apakah kita sudah menjadi orang tua yang baik di rumah?. Apakah pemerintah sudah membuat program pendidikan di televisi yang baik baik anak atau dominan sinetron yang tidak jelas tujuannya?. A

pakah anak tersebut sering berkumpul dengan ulama atau pemuka agama dan mendengarkan siraman rohani spiritual agar budi pekerti mereka semakin baik?. Pendidikan memang kompleks dan saat ini tantangan utama adalah globalisasi. Jadi ya begitulah, semoga fenomena buruk ini tidak terjadi lagi meski peluang memang pasti ada. 

Gambar: disini

Minggu, Januari 28

Pengalaman Beli Barang di Jakartanotebook.com

Pengalaman Beli Barang di Jakartanotebook.com

Halo teman-teman sekalian langsung saja kali ini saya akan cerita sedikit pengalaman beli barang elektroik di jakartanotebook.com. 

Jadi beberapa minggu lalu saya searching di google karena ingin membeli headset yang lumayan yahud. Dan akhirnya saya ketemu jakartanotebook.co. Saya lalu cek barang-barangnya banyak, berkualitas dan harganya lumayan miring. 

Awalnya saya ingin membeli online, namun setelah saya cek di google ternyata tokonya ada di Central Park Podomoro Tanjung Duren. Saya disini bukan promosi ya, cuma sharing pengalaman aja, namanya juga blogger.

Dan akhirnya saya putuskan untuk langsung aja ke TKP sambil main malam mingguan. Saya lalu berangkat setelah asar dari Bekasi pakai motor biar bebas macet bisa selap-selip. 

Saya gunkan jalur tengah lewat BKT-Casablanca-Sudirman hingga sampai di Roxy. Perjalanan kurang lebih satu jam dengan cuaca bersahabat.
Pengalaman Beli Barang di Jakartanotebook.com
Ngantri nunggu barang di Jakartanotebook
Masuk Central Park Boulevard di sebelah kiri lalu sudah terlihat toko Jakartanotebook.com. Motor lalu saya parkir di basement biar enak. Masuk gerai toko ternyata sudah padat oleh customer, canggih juga nih toko dan nampaknya perputaran uangnya masiv juga tiap harinya. 

Saya lalu tanya cara beli barang di Jakartanotebook.com. Ternyat caranya langsung cek di laptop yang sudah tersedia, pilih barang dan nanti nunggu waiting list. Simple sekali dan hal baru bagi saya. Ternyata sama aja model online namun langsung di TKP. Kalu bingung tanya pegawai di sana aja.

Setelah mencari lalu saya dapat headset yang saya inginkan. Setelah add to cart, kita nunggu panggilan. Kemarin gak lama banget sih paling 10 menitan. Barang sudah siap dipacking dan bayar lewat debit BNI/BCA. 

Barang sudah didapat dan saya langsung cek, spek sesuai dan lumayan buat nambah alat tempur kantor. Ada garansi 1 bulan juga lho, jadi jangan kuatir. Itulah pengalaman say abeli heaset di jakartanotebook kemarin.

Jadi biar gak penasaran, langsung saja ke TKP, cek aja di google map, ada tuh tokonya. Selamat belanja. 

Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close

Iklan Melayang