News Update
Loading...
Tampilkan postingan dengan label Geosains. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Geosains. Tampilkan semua postingan

Rabu, November 29

Perbedaan Meteorologi dan Klimatologi

Perbedaan Meteorologi dan Klimatologi

Berita kondisi cuaca kini sudah menjadi kebutuhan manusia sehari-hari. Data cuaca diolah dan dianalisa oleh meteorologis dan klimatologis. 

Mereka adalah dua ilmuwan atmosfer yang mempelajari pola cuaca dan pengaruhnya bagi manusia dan lingkungan. Lalu apa beda meteorologi dan klimatologi?. 
 
Meteorologi adalah ilmu tentang cuaca sementara klimatologi adalah ilmu tentang iklim. Baca juga: Bedanya lokasi absolut dan relatif

Ahli meteorologi lebih fokus pada kondisi cuaca jangka pendek sementara ahli iklim lebih tertarik pada studi cuaca dalam jangka panjang yaitu iklim. Baru-baru ini isu global warming telah menjadi sumber ketidaksepahaman antara ahli cuaca dan ahli iklim.

Ahli iklim dan meteorologi menggunakan data radar dan satelit inderaja serta model komputer super canggih untuk mempelajari atmosfer. Ahli meteorologi dibagi dua macam yaitu 

1. Penyiar cuaca adalah seseorang yang menyiarkan dan memberitakan ramalan cuaca kepada khalayak di media. 2. Peneliti cuaca, yaitu seseorang yang bekerja pada lembaga negara/swasta yang bertugas mengumpulkan data cuaca untuk dianalisa. Baca juga: Front cuaca itu seperti apa?
Perbedaan Meteorologi dan Klimatologi
Cuaca kini bisa diprediksi
Ahli iklim atau klimatolog mempelajari kondisi saat ini dan masa lalu untuk memprediksi di masa depan seperti perubahan suhu dan presipitasi. Perbedaan utama meteorologi dengan klimatologi terletak pada perspektif waktu yang mereka bawa untuk mempelajari cuaca dan iklim. 

Ahli meteorologi menghasilkan prakiraan cuaca dalam jangka pendek yaitu 7 -10 hari ke depan. Baca juga: Fenomena angin Fohn

Ahli klimatologi menggunakan perspektif jangka panjang untuk mengembangkan model perubahan cuaca bulan ke bulan, tahun ke tahun bahkan abad. Seorang ahli meteorologi akan  memprediksi apakah akan turun pada esok hari, namun seorang ahli iklim akan memprediksi apakah pola iklim akan merubah jumlah curah hujan rata-rata di tahun mendatang.  Baca juga: Rumus iklim Schmidt Ferguson

Saat ini lembaga negara yang menyediakan data cuaca iklim di Indonesia adalah Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Untuk bisa bekerja di BMKG, kamu harus sekolah khusus disana agar bisa meraih sertifika ahli cuaca dan iklim. 

Saat ini informasi cuaca di Indonesia selalu diupdate oleh BMKG untuk membantu masyarakat dalam kehidupan sehari-hari, terutama saat cuaca buruk akan melanda. 
Gambar: disini

Senin, Oktober 16

Memahami Gerak Semu Harian dan Tahunan Matahari

Memahami Gerak Semu Harian dan Tahunan Matahari

Halo kawan-kawan bagaimana kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan tetap produktif. Kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang apa itu gerak semu harian dan tahunan matahari. 

Coba kamu amati pagi hari dan lihat ke ufuk timur maka akan muncul matahari bukan?. Lalu semakin siang maka matahari akan semakin bergerak ke atas hingga puncaknya berada di atas kepala kita. 

Setelah siang, maka matahari akan bergerak kembali turun namun ke arah barat dan akhirnya menghilang di ufuk barat. Inilah yang dinamakan gerak semu harian matahari.

Dinamakan gerka semu karena seolah-olah matahari yang bergerak padahal sebenarnya bumi yang berotasi. Baca juga: Beda Ruang, Tempat dan Lokasi
Gerak semu harian matahari
Gerak semu tahunan matahari adalah gerakan peredaran matahari karena pengaruh revolusi bumi. Garis edar matahari ini antara 23,5 LU sampai 23,5 LS. Perbedaan titik jatuh matari diantara lintang tersebut akan berdampak pada variasi musim terutama di belahan bumi bagian utara dan selatan. 

Nah di K 13 ini anak harus bisa memahami tentang gerak semu harian dan tahunan matahari secara paripurna. Baca juga: Memahami prinsip geografi

Perbedaan musim sangat mencolok di daerah subtropis yaitu 
1. Spring
2. Summer
3. Autumm
4. Winter
Gerak semu tahunan matahari
Anak harus bisa menyimpulkan suatu musim di daerah tertentu kaitannya dengan gerak semu tahunan matahari. Makanya memahami revolusi bumi termasuk dalam kategori materi HOTS. Berarti siswa harus memahami:
1. Lokasi negara/daerah di bumi
2. Gerak semu tahunan dan tanggalnya
3. Perubahan musim sesuai tanggal  jatuhnya titik sinar matahari

Contoh soal dalam UN adalah sebagai berikut:

1. Pada tanggal 23 Januari, Mr. Asep pergi ke Belanda untuk melakukan riset penelitian. Saat tiba disana, disana sedang musim dingin. Pada tanggal 12 Mei ia berencana untuk kembali ke Indonesia. Ketika ia kembali ke Indonesia, sedang musim apakah di Belanda?
a. semi
b. panas
c. gugur
d. dingin
e. kemarau

Senin, Oktober 9

Pekerjaan Lulusan Sarjana Geografi Apa Saja?

Pekerjaan Lulusan Sarjana Geografi Apa Saja?

Mungkin banyak para mahasiswa yang bertanya "pekerjaan apa sih yang dilakukan oleh sarjana geografi?". 

Sebenarnya ada banyak pilihan karir potensial bagi para lulusan geografi. Geografi merupakan jurusan yang mengajarkan siswa keterampilan yang cukup dibutuhkan di pasar kerja saat ini. 

Kemampuan komputer, riset, analisa dibutuhkan seorang sarjana geografi. Meskipun tidak banyak pekerjaan yang bertitel 'geografer' namun ada banyak posisi yang sesuai dengan bidang geografi. 

Perencana Tata Kota
Geografi sangat erat dengan perencanaan wilayah terutama tata kota. Ahli tata kota bertugas membuat zonasi, penggunaan lahan, pengembangan, dari mulai renovasi salah satu bangunan seperti terminal, stasiun, bandara hingg merencanakan sebuah kota baru. 

Anda dapat bekerja dengan pemilik properti, pengembang dan pejabat lain. Jika kamu tertarik mendesain suatu daerah maka kamu bisa masuk jurusan tata kota atau perencanaan wilayah.

Kartografer
Bagi kamu yang hobi bikin peta maka kamu bisa menjadi seorang kartografer handal. Berbagai media penerbit buku, atlas, instansi pemerintah sampai BIG membutuhkan kemampuan peta. 

Spesialis SIG
Saat ini pemerintah daerah, badan pemerintah dan perusahaan swasta banyak membutuhkan profesional SIG/GIS. Kursus dan magang GIS sangat penting untuk mendapatkan lisensi. Kemampuan komputer dan teknik pemetaan digital yang handal banyak dibutuhkan saat ini.

Ahli Cuaca
Badan pemerintah seperti BMKG atau swasta lain kini semakin sibuk memberitakan kabar cuaca harian hingga tahunan. Bidang meteorologi dan klimatologi memang membutuhkan keahlian khusus dalam memahami gejala cuaca dan menganalisanya sebelum menjadi produk masyarakat. Kamu bisa masuk ke sekolah BMKG jika ingin berkarir disini.
Pekerjaan Lulusan Sarjana Geografi Apa Saja?
Lapangan kerja bidang geografi cukup luas
Ahli Transportasi
Seperti halnya ahli tata kota, manajeman jaringan transportasi juga dibutuhkan dalam menunjang pelayanan masyarakat. Perkembangan kota yang cepat membuat seorang ahli manajemen transportasi dibutuhkan untuk mengatur skema tata ruang lalu lintas yang handal.

Manajemen Lingkungan
Berbagai masalah lingkungan kini melanda bumi karena peradaban manusia. Disinilah diperlukan seorang ahli penilaian lingkungan, pembersih, analis lingkungan yang handal. Berbagai perusahaan swasta berbasis lingkungan kini bermunculan dan mengharapkan bantuan skill para ahli lingkungan.

Peneliti/Penulis
Selama bertahun-tahun anda kuliah tentu banyak menghabiskan waktu untuk mengembangkan kemampuan menulis terutama riset. Pertimbangan karir sebagai penulis sains atau travel writer untuk majalah/koran bisa menjadi alternatif lulusan sarjana geografi.

Guru
Pengetahuan geografi di sekolah/kuliah tentu membutuhkan seorang guru/dosen yang handal menguasai materi geografi. Kamu bisa menjadi guru geografi terbaik atau terus menjadi profesor di bidang geografi untuk meningkatkan kemampuan geografi dan mentransfernya ke siswa. 

Surveyor
Kini banyak sekali lowongan surveyor perusahaan-perusahaan besar. Disini sarjana geografi atau geologi dibutuhkan untuk mencari tahun keterdapatan sebuah lokasi mineral atau penentuan lokasi tambang.

Vulkanolog
Mengingat Indonesia banyak dihuni gunung api maka tentu membutuhkan pengawasan oleh ahli terkait. Dalam hal ini seorang vulkanolog handal dibutuhkan untuk menjaga gunung-gunung api Indonesia.

Manajemen Bencana
Saat ini kerentanan bencana geologi semakin tinggi maka Badan Bencana Daerah Nasional kini mulai mencari bibit-bibit para petarung tangguh yang siap untuk mengelola mitigasi bencana di setiap lokasi.

Guide tourism
Potensi wisata yang semakin berkembang di setiap daerah membuat banyak wisatawan lokal dan mancanegara datang ke Indonesia. Disinilah dibutuhkan seorang guide yang paham tentang seluk-beluk geografi lokasi geowisata. 

Anda bisa menjadi professional guide dan mendapatkan bayaran yang lumayan tentunya. Baca juga: Soal pendekatan geografi dan jawabannya

Kamis, September 28

5 Faktor Jakarta Bisa Tenggelam Lebih Cepat

5 Faktor Jakarta Bisa Tenggelam Lebih Cepat

Halo teman-teman, melihat judul di atas tentunya sangat menyeramkan juga ya. Tapi apa daya memang begitu adanya kok, masa sih?. 

Memang benar ya, kota Jakarta bisa tenggelam dan nanti menjadi the next Atlantis?. Jakarta ibukota kita tercinta ini sekarang di satu sisi tengah mengalami pembangunan yang pesat di berbagai fasilitas umum, namun disisi lain kota ini sedang berada dibawah ancaman mengerikan yaitu TENGGELAM. Inilah 5 faktor mengapa Jakarta bisa tenggelam lebih cepat dari perkiraan.

1. Global Warming
Fenomena global warming ini sudah terjadi sejak era revolusi Industri. Kegiatan manusia semakin memperbanyak konsentrasi gas efek rumah kaca dari industri dan transportasi. Hal ini membuat suhu rata-rata atmosfer meningkat dari abad ke abad. 

Peningkatan suhu ini berdampak pada mencairnya es di kurub dan pegunungan. Dampak lanjutannya adalah meningkatnya permukaan air laut. Kota-kota yang berada di dekat pantai akan terkena dampak ini sehingga harus mewaspadainya.  
2. Pesatnya Pembangunan
Pembangunan disatu sisi membuat Jakarta semakin menjadi kota metropolitan namun di sisi lain pemangunan bangunan beton di berbagai sisi membuat permukaan Jakarta semakin menurun setiap tahun. 

Menurut data penelitian Jakarta Coastal Defence Strategy (JCDS) saja di daerah Muara Baru dari tahun 1970an - 2010, terjadi penurunan 4 meter. Ini baru satu wilayah dan yang lainnya sama mengalami penurunan. 
3. Ledakan Penduduk
Jakarta adalah kota terpadat di Indonesia dengan total lebih dari 10 juta jiwa. Bisa dibayangkan pengapnya kota ini. Ledakan penduduk ini tentu akan berdampak pada kondisi lain.

Konsumsi air tanah melonjak tajam sehingga volume air tanah menurun dan rongga udara akan banyak menghiasi di bawahnya maka penurunan tanah adalah dampak paling akhir. Padatnya penduduk membuat kebutuhan fasilitas seperti rumah, apartemen, kantor, jalan, rel kereta dan lainnya meningkat. Beban dari pembangunan tersebut akan mempercepat penurunan daratan Jakarta. Gambar: disini
Banjir Jakarta tahun 2013
4. Pendangkalan Sungai
Ada belasan sungai yang bermuara di Jakarta sehingga saluran air tersebut harus dipelihara dengan baik. Namun kini pendangkalan sungai sudah banyak terjadi di semua sungai. 

Pendangakalan ini disebabkan faktor alami yaitu dari erosi sungai dan limbah masyarakat. Kombinasi antara sampah dengan sedimen lumpur ini membuat kedalaman sungai menurun. Jika hujan lebat di hulu maka daya tampung air sungai menurun sehingga air meluap dan membanjiri daerah disekitarnya. 

Masyarakat harus sadar agar tidak membuang sampah ke sungai karena ini adalah  bom waktu yang siap meledak. Sebenarnya salah satu faktor banjir sering terjadi di Jakarta yaitu karena budaya masyarakat yang buang sampah ke sungai dan mereka seolah tidak menyadarinya atau pura-pura amnesia. 
5. Tata Kota Buruk
Sebuah kota harus memiliki perencanaan wilayah yang baik agar bisa mendatangkan kenyamanan bagi setiap penghuninya. Jakarta saat ini memang tengah berbenah di berbagai sisi untuk berevolusi menjadi kota yang layak huni. 

Akan tetapi penataan ruang di Jakarta masih sangat jauh dari harapan. Persentase ruang terbuka hijau masih jauh dari standar pemerintah. Saluran-saluran air di Jakarta masih sempit, beda halnya dengan di Tokyo atau London. 

Bangunan-bangunan liar dan kumuh masih banyak berdiri. Hal ini menjadi bom waktu yang mengancam di masa depan. Lihat saja saat hujan datang, pasti beberapa lokasi sudah tergenang. Ini baru hujan sebentar, bagaimana kalau sehari semalam atua berhari-hari tentu sudah pasti akan banjir besar. 

Jakarta merupakan tempat muara belasan sungai dan berada di dataran rendah. Desain pembangunan sesuai karakteristik fisik wilayah dikedepankan agar masa depan Jakarta masih bisa terselamatkan. 

Kita harus mengambil pelajaran dari Amsterdam, meskipun berada di bawah muka air laut namun mereka berinisiatif membangun tanggul raksasa untuk mengontrol air laut agar tidak masuk ke darat. 

Gambar: disini

Jumat, September 22

Mengapa Negara Beriklim Dingin Banyak Yang Maju?

Mengapa Negara Beriklim Dingin Banyak Yang Maju?

Pernahkah kamu berfikir kok negara-negara maju itu kebanyakan lokasinya di daerah beriklim sedang hingga dingin?. 

Coba hitung negara di daerah tropis yang maju dan sejahtera?. Singapura?. Ya, tapi cuma satu dan itupun kecil. 

Lalu bagaimana logika ilmiah untuk menjawab pertanyaan mengapa orang yang hidup di negara beriklim dingin itu maju pola pikirnya?. 

Apakah benar faktor geografi mempengaruhi hal tersebut?. Mari kita lihat ulasan ilmiahnya berikut ini:

1. Temperatur 5 -10 derajat C adalah paling baik untuk berfikir, mengasah teknik. Jadi otak akan bekerja sangat maksimal, menyebabkan critical thinking berkembang, inovasi lahir dan manusia akan lebih produktif. 

Coba bayangkan dengan kita yang hidup di suhu yang relatif panas. Mau ujian saja di kelas kepanasan gak ada AC, otak mau mikir gimana?. 

Jadi memang suhu udara dan kelembaban itu mempengaruhi daya kerja otak kita coy. Makanya kalau nilai ulangm jelek terus, coba cek suhu di kelas mu panas gak?. Kalau panas minta AC ke sekolah karena ilmiahnya memang begitu.

Baca juga:
Faktor cuaca iklim suatu tempat 
Sejarah gumuk pasir Parangtritis

2. Jenis iklim subtropis menguntungkan untuk tumbuh kembang beragam makanan super dan menyebabkan variasi jenis kuliner yang menarik. 

Orang-orang akan makan sehat, kualitas terjaga dan bebas penyakit. Tidak ada micin dan bahan penyedap gak karuan (pengalaman istri kerja dengan bule). Gambar: disini
Mengapa Negara Beriklim Dingin Banyak Yang Maju?
Sudut kota Copenhagen Denmark yang asri
3. Gaya hidup di sana cenderung bebas sehingga semua ekspresi bisa tersalurkan. Kita ambil yang baik saja ya, meski memang ada kebebasan yang memang merusak moral seperti LGBT dll lah.

4. Penyakit lebih sedikit berkembang di daerah dingin karena mikroorganisme, kuman dan bakteri berbahaya sulit berkembang di suhu dingin. 

Bandingkan dengan di daerah panas seperti kita, lembab banyak nyamuk, banyak parasit, penyakit menular, cacingan dll. Hal ini akan berdampak pada produktifitas.

5. Bencana alam tidak seekstrim dan sebanyak di daerah tropis. Paling cuma badai salju atua banjir. Baca juga: Pola sebaran hujan di Indonesia

6. Pola kerja cepat menyesuaikan iklim. Di negara subtropis dikenal 4 musim setahun. Artinya kehidupan mereka akan berganti cuaca dalam 3 bulan sekali. 

Nah, karena perubahan cuaca cepat maka akan berdampak pada pola kerja yang cepat pula. Mereka harus bersiap untuk memenuhi kebutuhan di musim berikutnya. Coba bandingkan dengan di Indonesia yang 6 bulan sekali hujan dan kemarau. 

Karena datangnya musim masih lama, tenang aja coy, santai musim hujan/kemarau masih lama. 

Akhirnya pola kerja mengikuti musim yang lambat dan produktifitasnya juga lambat. Bagaimana, tertarik pindah ke negara subtropis?.

Baca juga: Penyebab munculnya embun salju di Dieng

Selasa, September 19

5 Cara Mudah Menarik Perhatian Wanita

5 Cara Mudah Menarik Perhatian Wanita

Siapa yang tidak ingin digilai oleh para wanita?. Semua pria pastinya ingin mendapatkan perhatian dari kaum hawa. 

Tapi tidak semua pria bisa menarik perhatian wanita. Wanita memang mahluk yang unik dan pria normal tentu akan menyukai wanita. 

Lalu apa trik yang harus dipunyai seorang pria agar bisa menarik perhatian seorang wanita dan membuat mereka klepek-klepek?. Berikut ini 5 cara mudah menarik perhatian wanita secara psikologis.
5 Cara Mudah Menarik Perhatian Wanita
Cara menarik perhatian wanita
1. Punya Selera Humor
Studi menyebutkan bahwa hampir semua wanita tertarik dengan pria yang humoris, so kembangkan selera humor anda sekarang. Humor itu bisa lewat perkataan atau gaya bahasa tubuh. 

Kamu tahu kan Dodit Stand Up Comedy, dengan melihat mukanya aja sudah bikin kita ketawa. Carilah sisi humor pada diri anda entah itu dari kemapuan verbal anda, merayu, gerak tubuh atau lainnya. 

Gadis impian anda akan sangat senang dengan sarkasme kamu asalkan tidak menyinggung teman-temannya. Wanita mudah sekali bersedih jadi pria humoris lah yang bisa merubah kondisi kesedihan menjadi gembira. Dan itulah yang dibutuhkan seorang wanita.

2. Perhatian Kecil
Wanita suka dengan perhatian kecil yang diulang-ulang dibandingkan satu surprise yang jarang. Jadi mulailah memberikan perhatian seperti menanyakan bagaimana kabarnya hari ini, sudah makan atau tidak, bagaimana ujiannya dll. 

Hal ini membuat wanita merasa ia sangat dieprhatikan dan ingin dimiliki. Atau saat jalan-jalan bawakan belanjaannya dll.

3. Punya Skill
Setiap wanita tentu akan menyukai suatu hal dan ini bisa dimanfaatkan oleh pria. Ada wanita yang hobi bermain bola maka ia akan suka dengan pria yang jago bola. Ada yang suka balap maka ia senang pria yang doyan modif motor atau touring. 

Asah skill kamu maka saat skill kamu dilihat mata wanita maka ia langsung terkesima dan tidak akan berhenti memujamu.

4. Punya Visi Masa Depan
Emang sebegitunya harus punya visi?. Iya dong, yang namanya wanita juga memiliki perhatian tentang arah hidupnya kelak di masa depan. Jadi wanita tahu pria yang memiliki visi masa depan yang baik dan jika ia berhubungan dengannya akan membuatnya bahagia dan survive menjalani hidup. 

5. Mau mendengar
Ingat wanita diciptakan untuk banyak bicara jadi kita sebagai pria harus menjadi ember alias pendengar yang baik. Saat wanita ngomong macam-macam maka dengarkan dia sampai dia habis bicara dan jangan komplain. Setelah itu baru kita bisa masuk memberikan argumen. 

Jadi dengarkan dulu ia menumpahkan segala keluh kesahnya lalu setelah reda baru counter balik dengan rayuan/nasihat cool ala pria.

Gambar: disini

Rabu, Agustus 9

Konsep Tegangan Permukaan Zat Cair Dalam Kehidupan

Konsep Tegangan Permukaan Zat Cair Dalam Kehidupan

Apakah tegangan permukaan zat cair itu?. Coba kamu perhatikan beberapa peristiwa berikut ini dalam kehidupan sehari-hari.

Tetesan embun yang jatuh di sanagt laba-laba berbentuk bola, satu tetes air jatuh di permukaan kaca membentuk bulatan, nyamuk dapat hinggap di datas air, sebuah bola mengapung di permukaan air.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi?. Konsep fisik apa yang dapat menjelaskan fenomena di atas?. Konsep fisika tersebut dinamakan tegangan permukaan zat cair. 

Tegangan permukaan zat cair adalah kecenderungan permukaan zat cair untuk menegang sehingga permukaannya seperti ditutupi oleh suatu lapisan elastik. Untuk memahmai konsep tegangan permukaan pada zat cair, mari kita amati demonstrasi berikut:

Mengapungkan jarum di atas air
Demonstrasi berikut menunjukkan adanya tegangan permukaan. Kamu telah mengetahui bahwa massa jenis baja 9x lebih besar daripada massa jenis air. Namun jarum jahit dapat kamu buat mengapung di atas air. Bagaimana caranya?.

Ambilah sebuah jarum jahit yang sedikit kotor lalu letakan jarum tersebut ditas selembar tisu. Perlahan-lahan letakan kertasi itu di permukaan air. Setelah beberapa detik kamu akan melihat kertas tisu tenggelam ke dasar air namun jarum tetap akan mengapung. 

Namun jika sedikit tetesan alkohol atau larutan sabun kamu tambahkan maka jarum akan tenggelam karena tegangan permukaan berkurang.

Mengapa terjadi tegangan permukaan?
Kita tahu bawa diantara partikel-partikel zat sejenis terdapat gaya tarik-menarik yang dinamakan kohesi.

Di bawah permukaan cair, tiap partikel zat cair ditarik oleh gaya yang sama pada segala arah oleh partikel-partikel di dekatnya. Akibatnya, resultan gaya yang berkerja pada artikel sama dengan nol.
Konsep Tegangan Permukaan Zat Cair Dalam Kehidupan
Embun di dedaunan
Pada permukaan zat cair, tiap partikel ditarik oleh partikel-partikel terdekat yang berada di samping dan di bawahnya namun tidak ditarik oleh partikel di atasnya. Akibatnya ada resultan gaya berarah ke bawah yang bekerja pada lapisan-lapisan atas zat cair. 

Resultan gaya ini menyebabkan lapisan-lapisan atas seakan-akan tertutup oleh hamparan selaput elastik yang ketat. Selaput in cenderung menyusut sekuat mungkin. 

leh karena itu sejumlah tertentu cairan cenderung mengambil bentuk dengan permukaan sesempit mungkin. Inilah yang kita sebut sebagai tegangan permukaan.

Akibat tegangan permukaan ini setetes air akan cenderung berbentuk bola karena dalam bentuk bola, cairan mendapatkan daerah permukaan yang tersempit. Inilah yang menyebabkan tetes embun yang jatuh pada sarang laba-laba berbentuk bola.

Tarikan pada permukaan cairan membentuk semacam kulit penutup yang titpis. Nyamuk dapa berjalan di atas air karena berat nyamuk dapat diatasi oleh kulit ini. Peristiwa yang sama terjadi pada jarum jahit yang perlahan-lahan kita letakkan secara horizontal di atas air.
Konsep Tegangan Permukaan Zat Cair Dalam Kehidupan
Laba-laba ninja air
Aplikasi tegangan permukaan dalam kehidupan sehari-hari
Ada kaitan antara kemampuan membasahi air dengan tegangan air. Makin kecil tegangan permukaan air, makin besar kemampuan air untuk membasahi benda. Konsep inilah yang dimanfaatkan dalam kehidupan.

Mengapa mencuci tangan dengan air panas menghasilkan cucian yang lebih bersih?. Tegangan permukaan air dipengaruhi oleh suhu. Makin tinggi suhu air makin kecil tegangan permukaan air dan ini berarti makin besar kemampuan air untuk membasahi pakaian. 

Karena itu mencuci dengan air panas menyebabkan kotoran pakaian lebih mudah larut dalam air. Hasil cucian menjadi lebih bersih dibandingkan dengan menggunakan air biasa.

Deterjen juga didesain untuk meningkatkan kemampuan air membasahi kotoran yang melekat pada pakaian. Caranya adalah deterjen menurunkan tegangan permukaan air. Karena itu banyak kotoran yang tidak larut dalam air biasa akan larut dalam air yang diberi deterjen. 

Jika kulitmu luka maka lukamu akan diolesi antiseptik Antiseptik ini didesain untuk membunuh kuman dan juga memiliki tegangan permukaan yang rendah. Tegangan permukaan rendan menyebabkan antiseptik dapat membasahi seluruh luka.

Sabtu, Agustus 5

Konsep Geografi Menurut Peter Hagget

Konsep Geografi Menurut Peter Hagget

Konsep geografi adalah istilah-istilah yang mengandung makna geografi di dalamnya. Ada banyak ahli yang sudah mengemukakan konsep geografi dan salah satunya adalah Peter Hagget. 

Hagget adalah seorang geografer kebangsaan Inggris yang berfokus pada kajian kota dan regionalisasi. 

Menurutnya ada setidaknya 5 konsep geografi yang diangap sebagai dasar untuk mempelajari semua fenomena dalam ruang. Baca juga: Fenomena rotasi dan revousi bumi
Konsep Geografi Menurut Peter Hagget
Lanskap terasering Panyaweuyan
1. Areal Differentiation
Konsep pertama ini memiliki makna perbedaan karakter tiap wilayah atua region. Bumi ini memiliki permukaan yang bervariasi dari satu lokasi ke lokasi lain. Perbedaan wilayah ini menjadi suatu keunikan tersendiri dan merupakan anugerah dari Tuhan. 

Kita bisa menganalisa mengapa di daerah sana ada batubara sedangkan disini tidak ada. Mengapa di Eropa ada 4 musim sedangkan di Indonesia tidak?. Itu adalah akibat dari diferensiasi area.

Baca juga:
Ini lho cara tampilkan fitur 3D view di google map!
Aspek geografi itu apa saja ya?

2. Landscape
Landscape adalah bentang alam. Bentang alam di muka bumi ini bermacam-macam mulai dari pegunungan, bukit, rawa, lembah dan lainnya. Berbagai lanskap ini menjadi suatu keindahan dan saranan penelitian untuk mengungkap bagaimana proses dan sebaran bentang alam tersebut. 

Mengapa gurun tidak bisa terbentuk di Indonesia?. Mengapa ada laut di pedalaman benua?. Mengapa ada gunung api di tengah laut dan lainnya. 

3. Man Environment
Konsep ini berkaitan dengan manusia yang mengendalikan lingkungan. Manusia sebagai mahluk yang dominan di permukaan bumi ini sudah banyak merusak bentang alam alami dan membuat bentang baru. 

Hutan yang tadinya hijau kini sudah banyak yang hilang dan berubah fungsi. 

4. Distribusi Ruang
Geografi pasti mempelajari tentang distribusi atau sebaran fenomena dalam ruang. Sebaran fenomena dalam ruang permukaan bumi tidak merata. 

Hal ini membuat keragaman-keragaman fisik maupun budaya yang menjadi sebuah keunikan bumi sebagai sebuah planet. 

5. Geometrik
Geografi mencoba mengukur segala sesuatu dalam ruang. Ingat kita punya peta sebagai alat bantu memahami distribusi fenomena spasial. Peta dibuat dari metode pengukuran-pengukuran yang sangat kompleks.

Pengukuran lainnya diantaranya curah hujan, letak astronomis, kedalaman lautan, skala gempa dan lainnya.  
 

Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close