Guru Geografi - Blog Guru Geografi Gaul
News Update
Loading...

Jumat, Maret 5

Pentingnya Konten Pembangkit Bagi Blog dan Youtube

Pentingnya Konten Pembangkit Bagi Blog dan Youtube

Halo kawan-kawan sekalian kali ini langsung aja ya saya akan bagikan rahasia bagaimana bisa cepat memonetisasi blog atau youtube. Tulisan ini berdasarkan pengalaman saya pribadi dan juga hasil baca dari blog dan chanel para suhu-suhu.

Kalian yang baru memulai menjadi seorang blogger atau youtuber tentunya akan sangat frustasi melihat visitor atau subscribe chanel anda gak naik-naik. Padahal syarat utama dapat uang di blog atau youtube adalah trafik.

Mau itu google adsense, afiliasi, atau lainnya jelas trafik adalah kunci utama. Nah para blogger dan youtuber pemula itu pasti suka bingung bertanya-tanya "kenapa ya visitor atau subscriber gak naik-naik". Lalu buka chanel lain yang udah gede subscribernya dan yang ada tambah stress.

"Kenapa subscriber chanel si "anu" bisa cepat naik, apakah bayar atau gimana?". Nah ini pertanyaan yang udah mengarah pada level frustrasi blogger atau youtuber pemula. Apakah wajar?. Hmmm ....wajar sih kalau memang yang diutamakan adalah subscriber,

Kalian harus tahu ya bahwa point utama dalam ngeblog atau ngeyoutube itu adalah "KONTEN BERMANFAAT". Kalau konten itu bermanfaat maka ia akan mencari trafik sendiri alias akan memarketing dirinya. Lho kok bisa?.

Gini deh saya kasih rahasianya ya, jadi jika kalian mau blog dan youtube chanel cepat meledak maka pastikan anda sudah mendapatkan minimal satu "Konten Pembangkit". Apalagi itu maksudnya?.

Konten pembangkit itu adalah sebuah konten yang trafiknya langsung melesat sehingga berdampak efek domino di blog dan youtube yaitu menaikan visitor, menambah subscribe dan mendapat share banyak.
Jadi youtuber itu susah
Lalu bagaimana caranya bisa dapat konten pembangkit?. Nah ini ada hal berbau keberuntungan juga sih. Visitor dunia maya itu unik, jika mendapat video yang dirasa menarik, unik, nyeleneh atau bermanfaat luar biasa maka itu pasti berpotensi langsung viral.

Nah jika satu konten anda saja bisa viral misal mendapat 100.000 view dalam waktu satu minggu maka saya jamin blog dan youtube chanel anda akan cepat melesat pelanggannya. Jika sudah mendapatkan titik poin tersebut maka view akan stabil kedepannya dan anda tinggal duduk manis update konten reguler saja.
 
Saya pernah cek chanel yang terdapat video didalamnya yang mencapai 1 juta view, meski satu video saja tapi subscribernya rata-rata bisa di level puluhan ribu. Jadi inilah efek domino konten pembangkit.

Masalahnya memang itu, mendapatkan konten pembangkit membutuhkan sedikit keberuntungan. Anda bisa mencari tentang topik apa yang sedang hangat-hangat terjadi di Indonesia saat ini misalnya. Topik-topik itulah yang bisa mengarah pada konten pembangkit.

Ingat pastikan konten pembangkit anda memang bermanfaat dan jangan membuat konten sampah. Ada juga sih konten pembangkit berjenis "konten sampah". Kita harus memiliki prinsip blogger dan youtuber yang beradab dan bermartabat. 
 
Ingat konten kita ditonton banyak orang dan jika konten anda baik maka anda mendapatkan pahala dan yang nonton pun sama. Jika konten anda busuk maka anda dan penonton dapat dosa nya juga rame-rame.
 
Gimana masih bingung?. Silahkan banyak membaca dan mencari konten pembangkit masing-masing sesuai keahlian anda.
25 Soal PTS Pendekatan Geografi Pilihan Ganda

25 Soal PTS Pendekatan Geografi Pilihan Ganda

Pendekatan geografi disebut juga sebagai objek formal yaitu suatu cara pandang geografi dalam memahami dan mengkaji fenomena geosfer.

Ada 3 pendekatan geografi yang kita kenal yaitu keruangan, kelingkungan dan kewilayahan. Penjelasan ketiga pendekatan tersebut silahkan cek di link berikut: Memahami pendekatan geografi

Pendekatan geografi merupakan identitas ilmu geografi dalam mencoba menafsirkan dan mendeskripsikan kejadian atau fenomena di permukaan bumi. Memahami lokasi dalam perspektif geografi sangatlah penting untuk mendapatkan suatu gambaran detail mengenai apa yang terjadi pada ruang dan proyeksi di masa depan.

Berikut contoh soal pendekatan geografi format pilihan ganda untuk ulangan atau penilaian tengah semester di sekolah.
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1.  Objek formal geografi adalah cara pandang dan berpikir mengenai fenomena geosfer melalui analisa dengan pendekatan. . . .
A.    Nilai guna, kelingkungan, dan kewilayahan
B.    Perbedaan wilayah, nilai guna, dan aglomerasi
C.    Keruangan, kelingkungan, dan keseragaman
D.    Keberagaman, keruangan, dan perbedaan wilayah
E.    Keruangan, kelingkungan, dan kewilayahan

2.    Akhir-akhir ini penduduk dunia diguncang dengan adanya pemanasan global (global warming) dengan pola cuaca, iklim dan penyakit pandemi yang melanda di mana – mana. Penyebabnya sangat kompleks dan saling terkait satu sama lain baik faktor fisik maupun sosial. Di dalam geografi untuk mengkaji persoalan tersebut sebaiknya menggunakan  pendekatan. . . .
A.    ekologi
B.    korologi
C.    kompleks wilayah
D.    keruangan
E.    interaksi
    
3.        DKI Jakarta apabila terjadi hujan deras dan berlangsung lama dapat berdampak munculnya fenomena banjir, sehingga mengakibatkan dampak penyakit yang di derita oleh penduduk. Kecenderungan banjir tersebut diakibatkan oleh faktor alam dan ulah manusia yang tidak mengindahkan habitatnya. Untuk mengkaji persoalan tesebut di dalam ilmu geografi  dibutuhkan pendekatan  . . . .
A.    Kelingkungan
B.    Kewilayahan
C.    Keruangan
D.    Kompleks wilayah
E.    spasial

4.    Analisis geografi yang menekankan adanya perbedaan karakteristik tiap wilayah disebut . . . .
A.    areal defferentiation
B.    kompleks wilayah
C.    keruangan
D.    spasial
E.    area

5.    Peristiwa alam seperti tanah longsor di Gunung Leuser (Aceh) merupakan fenomona geosfer yang dapat dikaji melalui pendekatan geografi yang tepat adalah. . . .
A.    Pendekatan keruangan
B.    Pendekatan kelingkungan
C.    Pendekatan persebaran
D.    Pendekatan kewilayahan
E.    Pendekatan korologis

6.    Salah satu teori dalam pendekatan atau analisis ekologi adalah teori lingkungan. Geografi memandang lingkungan hidup manusia terdiri dari . . . .
A.    lingkungan fisik, biologis, sosial-budaya
B.    produsen, konsumen, pengurai
C.    lingkungan abiotik dan biotik
D.    individu, populasi, komunitas
E.    organik dan anorganik
 
7. Dalam mempelajari geografi terdapat obyek formal, yaitu terdiri atas analisis . . . .
A.    keruangan, kelingkungan, komplek wilayah
B.    keruangan, interelasi, komplek wilayah
C.    interelasi keruangan, deskripsi, korologi
D.    interaksi keruangan, kelingkungan, komplek wilayah
E.    Interaksi lingkungan, interelasi, komplek wilayah

8.  Pemanasan global berdampak pada kerusakan lingkungan di permukaan bumi ini. Aktivitasmanusia telah memicu terjadinya pemanasan global. Pendekatan geografi yang digunakan untuk menganalisis permasalahan tersebut  . . . .
A.    Keruangan
B.    ekologi
C.    korologi
D.    temporal
E.    kompleks wilayah
 
9.     Penggundulan hutan di Taman Nasional Gunung Leuser telah mengakibatkan timbul becancana berupa banjir bandang dan tanah longsor, yang menyebabkan kerusakan alam dan merugikan kehidupan makhluk hidup sekitar. Pendekatan geografi yang tepat untuk membahas fenomena tersebut adalah . . . .
A.    Pendekatan kompleks keruangan
B.    Pendekatan keruangan
C.    Pendekatan terpadu
D.    Pendekatan regional
E.    Pendekatan kelingkungan

10.    Tanggal 2 Februari 2007 Megapolitan Jabodetabek dilanda banjir yang sangat besar. Menurut informasi dari berbagai media massa banjir ini disebabkan oleh faktor alam ( hujan lebat) serta faktor manusia yang tidak mengindahkan hijaunya kawasan hutan dan pentingnya  daerah resapan air. Berarti dalam hal ini ada ketidakselarasan antar unsur/komponen fisik dan sosial di daerah Jabodetabek. Di dalam geografi permasalahan tersebut sebaiknya dikaji melalui pendekatan. . . .
A.    Lokasi
B.    Kompleks wilayah
C.    Kelingkungan (ekologi)
D.    Keruangan
E.    Areal differentation

11.    Data ketinggian tempat dan data luas permukiman adalah contoh data yang dibutuhkan dalam analisis . . . .
A.   ekologi
B.   lokasi
C.   keruangan
D.   kelingkungan
E.   kewilayahan
 
12.    Di Jakarta setiap tahunnya, terutama Jalan Raya Thamrin, diperkirakan terjadi penurunan permukaan tanah akibat eksploitasi air tanah yang berlebihan oleh masyarakat sekitarnya.  Pendekatan geografi untuk membahas fenomena tersebut adalah . . . .
A.    Pendekatan kompleks wilayah
B.    Pendekatan ekologi
C.    Pendekatan kerungan
D.    Pendekatan regional
E.    Pendekatan kelingkungan

13.    Kota Jakarta dan Bandung merupakan daerah yang memiliki karakteristik berbeda. Diantara keduanya  memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga terjadi hubungan dan saling ketergantungan (interdependensi). Kasus ini sebaiknya dikaji dengan. . . .
A.    pendekatan ekologi
B.    pendekatan lingkungan
C.    pendekatan korologi
D.    pendekatan spasial
E.    kompleks wilayah

14.        Pemerintah melaksanakan program Transmigrasi dengan perencanaan yang matang, mulai dari penetuan lokasi sampai penempatan transmigran. Dalam studi geografi pemerintah sebaiknbya melakukan program transmigrasi dengan pendekatan . . . .
A.    Keruangan
B.    Ekologi
C.    Korologi
D.    Differensiasi area
E.    Kompleks wilayah

15.    Setiap musim penghujan di Jakarta dan sekitarnya sering terjadi banjir dan tanah longsor terutama di kawasan hilir Ciliwung. Untuk memecahkan masalah tersebut dalam studi geografi dilakukan dengan . . . .
A.    pendekatan kompleks wilayah
B.    pendekatan keruangan
C.    pendekatan ekologi
D.    pendekatan regionalisasi
E.    pendekatan kewilayahan

16.    Banjir dan tanah longsor yang terjadi di Solok Sumatra Barat dapat dipelajari seorang geograf dengan menggunakan pendekatan . . . .
A.    Kelingkungan
B.    Region
C.    Kemanusiaan
D.    Topik
E.    Kronologi

17.    Peristiwa alam seperti tanah longsor di Gunung  Leuser (Aceh), merupakan fenomena geosfer yang dapat dikaji melalui pendekatan geografi yang tepat adalah . . . .
A.    pendekatan keruangan
B.    pendekatan persebaran
C.    pendekatan korologis
D.    pendekatan kelingkungan
E.    pendekatan kewilayahan

18.    Perdagangan akan timbul karena adanya perbedaan komoditas dan kebutuhan. Contoh tersebut merupakan pendekatan. . . .
A.    Ekologi
B.    Keruangan
C.    Spasial
D.    Kelingkungan
E.    Kompleks wilayah

19.    Perhatikan hal-hal dibawah ini  :
    1.    Berita dari mulut ke mulut
    2.    Perpindahan penduduk/ migrasi
    3.    Penyebaran kebudayaan
    4.    proses pembaharuan
Yang termasuk Ekspansion diffusion adalah:  
A.    1 dan 2
B.    1 dan 3
C.    2 dan 4
D.    4 saja
E.    1, 2, 3 dan 4

20.   DKI Jakarta apabila terjadi hujan deras dan berlangsung lama dapat berdampak munculnya fenomena banjir, sehingga mengakibatkan dampak penyakit yang di derita oleh penduduk. Kecenderungan banjir tersebut diakibatkan oleh faktor alam dan ulah manusia yang tidak mengindahkan habitatnya. Untuk mengkaji persoalan tesebut di dalam ilmu geografi  dibutuhkan pendekatan  . . . .
A.    Kelingkungan
B.    Kewilayahan
C.    Keruangan
D.    Kompleks wilayah
E.    spasial

21.    Objek material geografi (geosfer) meliputi. . . .
A.    semua kehidupan di muka bumi
B.    semua kegiatan di muka bumi
C.    semua gejala di muka bumi
D.    semua wilayah di muka bumi
E.    semua aktivitas manusia di muka bumi

22.     Banjir dan tanah longsor terjadi di kawasan hulu sungai Konto Malang, suatu peristiwa yang tidak pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya”. Bila permasalahan tersebut hendak dipecahkan melalui pendekatan kelingkungan, maka kerangka kerja yang paling tepat adalah. . . .
A.    studi tentang keadaan fisik wilayah tersebut
B.    zonasi wilayah berdasarkan kemiringan lereng
C.    identifikasi perilaku masyarakat dalam mengolah alam
D.    studi entang tingkat erosi tanah di daerah tersebut
E.    studi tentang keadaan social ekonomi masyarakat sekitar

23.    Dalam analisis keruangan membutuhkan kumpulan data lokasi yang meliputi data titik dan bidang. Berikut yang termasuk data titik adalah . . . .   
A.   luas hutan
B.   permukiman
C.   area pesawahan
D.   topografi
E.   daerah aliran sungai

24.    Jebolnya tanggul Situ Gintung pada tanggal 27 maret 2009 menyebabkan jatuhnya banyak korban jiwa dan kerugian material dalm jumlah besar. Hal itu dapat dianalisis dengan pendekatan . . . .
A.    keruangan
B.    interaksi
C.    kompleks kewilayahan
D.    korologi
E.    kelingkungan

25.    Jojon akan membuat makalah tentang perbedaan daerah perdesaan dan perkotaan dari sudut pandang geografi. Pendekatan yang paling sesuai adalah . . . .   
A.    ekologi
B.    campuran
C.    keruangan
D.    kelingkungan
E.    kompleks wilayah

Sumber: Wangsa Jaya

Kamis, Maret 4

Soal Tes PPPK Kemampuan Sosiokultural + Kunci

Soal Tes PPPK Kemampuan Sosiokultural + Kunci

Halo para pejuang tes PPPK semuanya, kali ini mimin akan bagikan contoh latihan soal tes PPK topik sosiokultural dan pembahasannya.

Ingat selalu bahwa topik tes PPPK ada beberapa macam sehingga peserta wajib menguasainya jika ingin lolos tahun ini. Kesempatan tidak datang berkali-kali dan kamu harus berjuang ekstra.

Jangan lupa untuk share juga konten di blog ini ke teman-teman lainnya agar bisa belajar rame-rame dan mendapatkan bahan diskusi mencari jawaban terbaik.
 
Pembahasan soal tes PPPK 2021
Jawablah pertanyaan berikut ini.
1. Menurut E.B Taylor kebudayaan merupakan....
A.    Kemampuan seluruh anggota masyarakat
B.    Seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh anggota masyarakat
C.    Keseluruhan komplek yang didalamnya terkandung pengetahuan, moral, hukum, adat istiadat yang didapat oleh seseorang
D.    Hal-hal yang bersangkutan dengan budi dan akal
E.    Hal-hal yang bersangkutan tingkah laku

Kunci
Untuk menjawab soal ini kamu ya harus tau definisi menurut ahli tersebut. Di berbagai literasi menyebutkan bahwa dalam buku "primitive culture", E.B Taylor menyebutkan bahwa kebudayaan adalah Keseluruhan komplek yang didalamnya terkandung pengetahuan, moral, hukum, adat istiadat yang didapat oleh seseorang atau anggota masyarakat. Jadi tinggal baca aja beberapa pengertian kebudayaan lain misal menurut Selo Soemardjan, Koentjaraningrat dan lain-lain sebagai bahan referensi.

2. Yang termasuk dampak negatif akibat keberagaman budaya, kecuali....
A.    Menimbulkan konflik antar elite dan golongan politik
B.    Sebagai alat bersatunya masyarakat walau berbeda agama
C.    Menimbulakan krisis ekonomi dan moneter
D.    Menimbulkan konflik antar suku bangsa
E.    Menimbulkan konflik antara yang kaya dan miskin

Kunci
Yang ditanya adalah kecuali, jadi cari yang menjadi dampak positif keberagama budaya. Jawaban yang tepat tentu sebagai alat pemersatu masyarakat walau berbeda agama. Keberagaman adalah alat pemersatu bangsa Indonesia.

3. Setiap hari Anda selau datang paling pagi tiba di kantor, yang Anda lakukan adalah ...
A.    Membuat rencana kerja hari itu
B.    Mengerjakan pekerjaan yang tertunda kemaren
C.    Membaca Koran
D.    Ngobrol dengan sesama pegawai
E.    Menikmati udara pagi di lingkungan taman kantor

Kunci
Di soal tertulis selalu datang pagi artinya belum ada orang lain yang datang, maka yang bisa dilakukan adalah menikmati udara pagi di kantor sebagai mood booster sebelum bekerja. Dengan begitu anda akan dapat energi fresh saat masuk kantor dan bertemu rekan-rekan. 

4. Menurut saya, orang yang kehilangan kesempatan mengembangkan usahanya lebih disebabkan karena...
A.    Bertahan pada cara yang telah ada
B.    Berfikir mencoba usaha lain
C.    Menunggu bantuan pihak lain
D.    Menunda ketika melihat resikonya
E.    Mundur begitu melihat resikonya

Kunci
Setiap pekerjaan pasti memiliki resiko yang harus dihadapi. Dalam berwiraswasta pun sama, jika ada seseorang kehilangan kesempatan mengembangkan usaha pasti salah satu penyebab utamanya adalah ketakutan melihat resiko di depan mata yang dirasa besar. Padahal dibalik itu ada peluang mengepakan sayap usaha lebih jauh. 

5. Hasil kebudayaan berikut yang berupa kebudayaan immaterial adalah ...
a.    candi, gereja
b.    bahasa, adat dan ilmu
c.    religi, masjid
d.    patung, lukisan
e.    tari-tarian, film, dan TV

Kunci
Hasil kebudayaan dibagi dua yaitu materil dan immateril. Hasil kebudayaan materil berwujud benda seperti bangunan, buku, candi dll. Hasil kebudayaan immateril berupa non benda seperti bahasa, adat     dan ilmu.

6. Faktor geografis yang dapat mengilhami perkembangan budaya adalah ... 
A.   ide seseorang untuk menciptakan sesuatu
B.    hasil rekayasa genetik
C.    ide mengembangkan jalan kereta bawah laut
D.    tidak sesuainya kemajuan peradaban terhadap sarana hidup
E.    letak sebuah daerah terhadap daerah lain

Kunci
Faktor geografi berkaitan dengan lokasi suatu tempat. Perkembangan budaya berbeda-beda karena mengikuti kondisi fisik yang ditempati masyarakat itu sendiri. Masyarakat yang hidup di pantai tentu akan berbeda cara hidupnya dengan yang hidup di dataran tinggi. Ngerti ora son?. Gampang kan?

7. Dalam proses internalisasi budaya institusi yang berperan menampilkan fondasi nilai dan norma adalah ...
a.    pemerintah
b.    masyarakat
c.    sekolah
d.    agama
e.    Keluarga

Kunci
Nilai dan norma dasar dalam hidup banyak dipelajari di salah satu mapel di sekolah seperti pendidikan agama, PPPK dan sosiologi. Mapel tersebut memuat fondasi nilai dan norma daam bermasyarakat. Jadi sekolah adalah institusi yang berperan utama dalam internalisasi nilai budaya.

8. Fungsi kebudayaan adalah ...
a.    untuk melindungi manusia dari gangguan penghuni lainnya
b.    agar manusia dapat bertahan hidup dan mampu memenangkan persaingan
c.    untuk menjaga kestabilan lingkungan hidup
d.    untuk menghasilkan seni budaya yang berguna
e.    untuk menambah aktivitas manusia di muka bumi

Kunci
Kalau ditanya fungsi artinya harus ada manfaat yang diperoleh dari kebudayaan. Jawaban yang tepat adalah menghasilkan seni budaya yang berguna. Kebudayaan bisa menjadi nilai jual suatu daerah dan bangsa Indonesia jika hasil kebudayaan tersebut berguna bagi masyarakat dan menjadi daya tarik bagi masyarakat di luar sana.

9. Kebudayaan kebendaan berupa alat dan teknologi yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk menguasai alam menurut definisi kebudayaan dari Selo Soemarjan termasuk ke dalam bagian yang dinamakan ...
a.    rasa
b.    karya
c.    jiwa
d.    cipta
e.    karsa

Kunci
Kebudayaan adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia. Hasil berupa kebendaan seperti alat dan teknologi termasuk dalam aspek karya suatu masyarakat. 

10. Kebudayaan rohaniah atau imaterial culture meluputi... 
A.    karya dan cipta
B.    cipta dan rasa
C.    rasa dan karya
D.    cipta dan karsa
E.    karya dan karsa

Kunci
Aspek rohaniah artinya yang bukan berwujud benda melainkan suatu gagasan dan perasaan. Rasa meliputi jiwa manusia mewujudkan kaidah – kaidah dan nilai – nilai sosial yang perlu untuk mengatur masalah – masalah kemasyarakatan dalam arti luas. Cipta merupakan kemampuan mental, kemampuan berfikir orang – orang yang hidup bermasyarakat. Cipta menghasilkan filsafat dan ilmu pengetahuan.

Untuk melihat contoh soal lainnya silahkan cek di RELATED POST di bawah ini. Selamat berjuang!.
Soal Penilaian Tengah Semester Genap Sejarah Indonesia Kelas 11

Soal Penilaian Tengah Semester Genap Sejarah Indonesia Kelas 11

Kali ini saya akan coba berikan lagi contoh soal penilaian tengah semester alias PTS sejarah Indonesia kelas 11. Topik yang diujikan adalah tentang perjuangan mempertahankan kemerdekaan.

Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, Belanda terus melakukan upaya utnuk merebut kembali kekuasaan di Indonesia. Mereka berupaya melakukan segala hal agar bisa Indonesia jatuh kembali ke pangkuan Belanda.

Namun semangat rakyat dan pejuang bangsa yang kuat baik itu melalui pejuangan fisik dan diplomasi akhirnya Indonesia tidak kembali ke tangan Belanda. Indonesia merdeka artinya sudah lepas dari segala bentuk penjajahan dan berhak menjadi sebuah negara yang berdaulat.

Berikut ini contoh soal PTS kelas 11 sejarah Indonesia. Silahkan dipelajari dan dishare ke teman-teman lain.

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!.
1. Jepang resmi menyerah tanpa syarat kepada sekutu pada tanggal ...
a. 2 September 1945
b. 3 September 1945
c. 17 Agustus 1945
d. 4 Oktober 1945
e. 5 Oktober 1945

2. Setelah Jepang resmi menyerah pada 2 September 1945, Sekutu memerintahkan Jepang untuk menjaga situasi sebagaimana adanya hingga Sekutu tiba di Indonesia. Situasi itu disebut dengan ....
a. antebellum
b. vacuum of power
c. status quo
d. imperare
e. concuere
 
3. Perhatikan data berikut.
1. Dipimpin D.C. Hawthorn
2. Dipimpin H.M. Chambers
3. Daerah tugasnya di Jawa bagian timur
4. Daerah tugasnya di Jawa bagian barat
5. Pusat komandonya di Medan
6. Pusat komandonya di Jakarta

Berdasarkan data tersebut, informasi tentang Divisi India 26 dari pasukan AFNEI yang datang ke Indonesia ditunjukkan nomor ....
a. 2 dan 6
b. 3 dan 4
c. 1 dan 6
d. 2 dan 5
e. 3 dan 5

4. Perhatikan data berikut.
1. Belanda boleh membentuk negara-negara federal.
2. RI dan Belanda akan bekerja sama membentuk RIS.
3. Para pemimpin RI harus dikembalikan dari tawanan.
4. RI dan Belanda bersedia ikut serta dalam Konferensi Meja Bundar.
5. Belanda mengakui secara de facto wilayah RI meliputi Sumatra, Jawa, dan Madura.

Berdasarkan data tersebut, informasi mengenai hasil Perundingan Linggarjati ditunjukkan nomor ....
a. 1 dan 2
b. 4 dan 5
c. 1 dan 3
d. 2 dan 5
e. 3 dan 4

5. Salah satu bentuk respon pemerintah RI menyambut kedatangan pasukan sekutu adalah ...
a. memerintahkan semua pejabat daerah untuk membantu kelancaran tugas AFNEI
b. mengingatkan agar AFNEI tidak mengambil alih kekuasaan di Indonesia
c. bersiap-siap menghadapi kemungkinan perang dengan sekutu
d. membonceng sekutu untuk melucuti tentara-tentara Jepang
e. melakukan protes terbuka menolak AFNEI

6. Bukti awal yang membenarkan kecurigaan Indonesia bahwa NICA membonceng tentara sekutu untuk menyelenggarakan pmerintahan sipil di Indonesia atas nama Belanda adalah ...
a. NICA ikut melucuti aset-aset serta prajurit Jepang
b. AFNEI terang-terangan mendukung misi NICA
c. pasukan Inggis mengenakan seragam NICA
d. sebagian besar pasukan Inggris adalah orang-orang NICA
e. bekas anggota KNIL yang dibebaskan dipersenjatai NICA

7. Faktor penyebab pemindahan kantor gubernur, markas divisi TKR, kantor walikota Medan ke Pematang Siantar adalah ....
a. Komando Resimen Laskar Rakyat Medan Area gagal mempertahankan pemerintahan di Medan
b. bangunan pemerintahan di Medan habis dihancurkan oleh serangan pasukan Inggris
c. TKR dan pemuda banyak yang kalah dan mengaku menyerah di Medan dan Belawan
d. penambahan pasukan Inggris yang dikirim dari Jawa dan Medan efektif melemahkan TKR dan pemuda
e. pasukan Inggris berhasil mendesak pemerintah RI keluar Kota Medan pada April 1946

8. Pada tanggal 29 September 1945, pasukan Inggris mendarat di Jakarta di bawah pimpinan ...
a. Letnan Jendral Sir Philip Christison
b. Letnan Jendral W. R Patterson
c. Lentan Jenderal C.H.O van der Plas
d. Letnan Jenderal Lord Louis Mountbatten
e. Letnan Jendral Mallaby

9. Salah satu bentuk bantuan yang diberikan seorang pejabat daerah di Indonesia menyambut kedatangan sekutu adalah mengizinkan sekutu menempati beberapa hotel di kotanya. Pejabat daerah yang dimaksud berasal dari ...
a. Jawa Tengah
b. Sumatera Utara
c. Jawa Timur
d. Jawa Barat
e. Sulawesi Selatan

10. Salah satu perjuangan secara fisik bangsa Indonesia dalam mempertahankan Indonesia adalah Pertempuran Ambarawa. Pertempuran Ambarawa terjadi pada tanggal ....
a. 20 September - 15 Oktober 1945
b. 20 November - 15 Desember 1945
c. 20 Oktober - 15 November 1946
d. 20 Oktober - 15 November 1945
e. 20 November - 15 Desember 1946

11. Pemimpin TKR yang gugur dalam rangkaian Pertempuran Ambarawa adalah ....
a. Letkol Isdiman
b. Letkol M.Sarbini
c. Letkol Soeharto
d. Letkol Sardiman
e. Letkol Soedirman

12. Salah satu taktik yang diterapkan Kolonel Sudirman pada saat Pertempuran Ambarawa adalah taktik supit urang. Maksud dari taktik ini adalah ....
a. serangan secara sembunyi-sembunyi memanfaatkan hutan dan pegunungan
b. pengepungan rangkap dari kedua sisi sehingga musuh benar-benar terkurung
c. pertempuran habis-habisan sampai titik darah penghabisan agar menang
d. taktik dengan menanam ranjau di dalam tanah
e. berfokus memutus rantai penyaluran persediaan logistik pasukan musuh

13. Informasi berikut yang tidak tepat terkait pertempuran antara TKR dengan pasukan sekutu di Surabaya adalah ...
a. dunia internasional tidak peduli
b. dipimpin langsung oleh Bung Tomo
c. bermual dari insiden di dekat Jembatan Merah
d. Sukarno mendesak intervensi dunia internasional
e. gencatan senjata tidak dihargai kedua pihak

14. Gerakan pelucutan senjata dan pengambilalihan kekuasaan dari Jepang yang dilakukan rakyat Minahasa, Sulawesi Utara setelah proklamasi kemerdekaan diprakarsai Dewan Minahasa yang dipimpin oleh ....
a. A.A Maramis
b. Alex E. Kawilarang
c. Mr. S. S Pelengkahu
d. Robert Wolter Mongisidi
e. Dr. G.S.S.J Ratulangi

15. Sam Ratulangi berhasil menghimpun dukungan dalam petisi politik yang ditandatangani oleh 540 orang pemuka masyarakat Sulawesi. Isi petisi itu adalah ....
a. pernyataan bahwa seluruh rakyat Sulawesi mendukung kemerdekaan RI
b. perjanjian masyarakat Sulawesi untuk membentuk parlemen di daerahnya sendiri
c. peresmian pembentukan Badan Pusat Keselamatan Rakyat di Manado
d. jajak pendapat untuk pemilihan pemimpin sipil setelah tentara Australia pergi
e. kesediaan seluruh rakyat Sulawesi untuk bertempur melawan sekutu dan NICA

16. Isi ultimatum Sekutu terhadap TRI dan rakyat Bandung yang dikeluarkan pada 23 Maret 1946 adalah ....
a. semua persenjataan harus diserahkan pada sekutu dan rakyat harus lambaikan bendera putih
b. kota Bandung harus dibakar untuk mengusir seluruh pihak yang melawan sekutu
c. TRI dan rakyat harus menampung tawanan perang lebih lama ketika sekutu berkuasa
d. sekutu berhak atas fasilitas di Bandung dan rakyat tidak boleh memanfaatkannya
e. seluruh kota Bandung harus dikosongkan dan mundur keluar kota sejauh 11 km

17. Perhatikan gambar!
Tanda X pada peta diatas adalah lokasi diadakan perundingan ....
a. Roem Royen
b. Linggarjati
c. Renville
d. KMB
e. Inter Indonesia
 
18. Berikut ini tidak termasuk isi Perjanjian Linggarjati yaitu ...
a. Belanda mengakui wilayah Indonesia secara de facto meliputi Jawa, Sumatra dan Madura
b. Indonesia dan Belanda akan bekerja sama membentuk Republik Indonesia Serikat
c. RIS dan Belanda akan bekerja sama membentuk Uni Indonesa-Belanda
d. Uni-Indonesia Belanda akan diketuai oleh Indonesia
e. Uni-Indonesia Belanda akan diketuai oleh Ratu Belanda

19. Anggota Komisi Tiga Negara meliputi ....
a. Amerika Serikat, Kanada, Inggris
b. Australia, Belgia, Amerika Serikat
c. Inggris, Perancis, Uni Soviet
d. Norwegia, Belgia, Uni Soviet
e. Perancis, Australia, Cina

20. Beberapa data berikut berhubungan dengan Perjanjian Renville.
1. Belanda bebas membentuk negara-negara federal.
2. Para pemimpin RI harus dikembalikan dari tawanan.
3. RI dan Belanda bersedia ikut serta dalam Konferensi Meja Bundar.
4. Pasukan Indonesia harus mengosongkan daerah di belakang Garis Van Mook
5. Belanda mengakui secara de facto wilayah RI meliputi Sumatra, Jawa, dan Madura.

Berdasarkan data tersebut, informasi mengenai hasil Perjanjian Renville ditunjukkan nomor .... 
a. 4 dan 5
b. 3 dan 4
c. 1 dan 2
d. 1 dan 4 
e. 2 dan 3

21. Perundingan Renville menimbulkan protes dan kekecewaan dari partai-partai besar terhadap pemerintah Indonesia karena dianggap gagal dalam mempertahankan kepentingan Indonesia di meja perundingan. Konflik ini berujung pada kejatuhan ....
a. Amir Syarifuddin
b. Burhanuddin Harahap
c. Wilopo
d. Ali Sastroamidjojo
e. Djuanda Kartawidjaja 

22. Arti penting Konferensi Meja Bundar bagi Indonesia adalah ...
a. tanda Belanda menyerah ingin menguasai Indonesia
b. Belanda mengakui kedaulatan Indonesia
c. Indonesia hebat dalam jalur diplomasi
d. Indonesia terbebas dari jerat hutang
e. Indonesia mendapatkan Irian Barat

23. Perjanjian Renville dilaksanakan di atas geladak kapal yang berlabuh di Tanjung Priok, Jakarta. Kapal tersebut milik angkatan laut ....
a. Inggris
b. Amerika Serikat
c. Australia
d. Kanada
e. Perancis

24. Salah satu arti penting Serangan Umum 1 Maret 1949 bagi perjuangan bangsa Indonesia adalah ....
a. mengurangi dampak serangan Belanda yang besar ketika agresi militer II
b. mematahkan propaganda Belanda bahwa RI tidak ada lagi
c. menguatkan kedudukan TNI sebagai patriot bangsa dimata rakyat
d. menambah perjuangan rakyat Indonesia di masa revolusi fisik
e. menyelamatkan para pemimpin bangsa Indonesia dari tawanan Belanda

25. Salah satu tokoh yang mewakili Indonesia dalam KMB, yaitu ....
a. Mohammad Natsir
b. Sutan Syahrir
c. Mohammad Hatta
d. Soekarno
e. Amir Syarifuddin

Kunci
1. a 2.c 3.d 4. 5.d 6.a 7.e 8.a 9.a 10.b 11.a 12.b 13.c 14.c 15.a 16.e 17.b 18.d 19.b 20.d 21.a 22.b 23.b 24.b 25.c

Rabu, Maret 3

Surat Edaran Kemdikbud Tes PPPK Honorer 2021

Surat Edaran Kemdikbud Tes PPPK Honorer 2021

Selamat pagi teman-tema sekalian, ada kabar gembira buat guru se tanah air terkait tes PPPK. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan surat edaran mengenai persiapan pelaksanaan tes Pegawan Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Rekrutmen guru PPPK ini dilakukan berdasarkan hasil analisa kebutuhan guru di sekolah negeri yang mencapai 1 juta guru. Data ini diambil dari Data Pokok Pendidikan atau Dapodik. Jumlah kebutuhan guru ini diluat kebutuhan guru Pegawai Negeri Sipil yang saat ini mengajar.

Lanjut lagi, penerimaan guru PPPK ini adalah salah satu upya pemerintah untuk menyediakan kesempatan yang adil bagi guru-guru honorer yang kompeten agar mendapatkan kesejahteraan yang layak.

Lantas apakah tes PPPK ini hanya ditujukan untuk guru honorer saja?. Berdasarkan surat edaran kemdikbud, kriteria guru honorer yang bisa ikut tes PPPK antara lain:
 
1. Guru honorer, termasuk guru eks THK 2.
2. Guru non PNS yang sudah disertifikasi
3. Guru non PNS yang belum disertifikasi tapi telah terdaftar di Dapodik pada akhir Desember 2019.
4. Lulusan Pendidikan Profesi Guru yang saat ini tidak mengajar

Untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tes tersebut, pemerintah melalui direktorat jenderal guru dan tenaga kependidikan akan menyelenggarakan program guru belajar mandiri melalui portal resmi guna memberikan pembekalan bagi calon peserta tes.

Dengan begitu semua guru punya kesempatan yang sama untuk belajar maksimal tanpa harus mengeluarkan biaya les yang banyak digelar oleh berbagai lembaga kursus yang bertujuan mencari keuntungan.

Berikut lampiran surat edaran kemendikbud mengenai pelaksanaan tes PPPK tahun 2021.
Surat edaran tes PPPK 2021

Senin, Maret 1

Rangkuman Bab Dinamika Hidrosfer

Rangkuman Bab Dinamika Hidrosfer

Permukaan bumi sebagiann besar merupakan wilayah perairan baik itu yang berada di laut maupun di darat. Air merupakan salah satu unsur terpenting dalam membentuk kehidupan mahluk di permukaan bumi. 
 
Peradaban manusia banyak bermula dari daerah yang memiliki sumber air baik itu dari pegunungan, sungai, danau maupun laut. Manusia pasti mendekati sumber air dalam menjalankan kehidupannya.
 
Air menjadi komponen utama dalam kegiatan manusia seperti rumah tangga, pertanian, industri hingga pariwisata. Dalam hal energi, air menjadi salah satu komponen utama pembangkit listrik.
 
Berikut ini rangkuman materi dinamika hidrosfer dan pemanfaatannya bagi kehidupan. Untuk contoh soal silahkan cek di link berikut: Soal hots hidrosfer 

Mekanisme siklus air
1. Siklus air (Water Cycle) adalah proses perputaran air di permukaan bumi mulai dari penguapan hingga kembali lagi ke permukaan. 
 
2. Proses siklus ari meliputi evaporasi, transpirasi, kondensasi, adveksi, presipitasi, run off, infiltrasi, perkolasi.
3. Perairan laut terdiri atas selat, laut dan samudera.
 
4. Perairan darat terdiri atas air tanah, gletser, sungai, danau, rawa.
 
5. Pola aliran sungai umumnya bertipe dendritik, trelis, rektangular, radial sentripetal, radial sentrifugal, pinnate, annular, deranged.
 
6. Perkembangan (Stadia) sungai terdiri dari 5 stadia yaitu stadia awal, stadia muda, stadia dewasa, stadia tua dan stadia peremajaan   
 
7. Berdasarkan asal airnya, sungai dapat digolongkan menjadi sungai mata air, sungai hujan dan sungai gletser.
 
8. Berdasarkan arah jurus dan kemiringan formasi batuan di bawahnya, sungai dibedakan menjadi sungai konsekuen, sungai subsekuen, sungai obsekuen, sungai resekuen, sungai insekuen, sungai superposed dan sungai anteseden.
 
9. Daerah Aliran Sungai atau DAS (Watershed) dapat didefinisikan sebagai suatu daerah yang dibatasi oleh punggung/bukit dan semua curahan airnya mengalir ke sungai induk.
 
10. Berdasarkan proses pembentukannya, danau dapat dikategorikan menjadi danau tektonik, danau vulkanik, danau tektovulkanik, danau karst, danau glasial  dan danau buatan.  
 
11. Rawa merupakan daerah yang secara alami tergenang air karena sistem drainase yang buruk dan memiliki karakteristik ekosistem yang khusus.
 
12. Air tanah dapat diartikan sebagai air yang mengisi pori-pori tanah atau celah batuan di bawah permukaan tanah.
 
13. Lapisan tanah atau batuan yang mampu menyimpan dan meloloskan air tanah dinamakan aquifer.
 
14. Lapisan tanah atau batuan yang mampu menyimpan dan meloloskan air tanah dinamakan aquifer.
 
15. Berdasarkan proses terbentuknya, laut dibagi menjadi laut transgresi laut ingresi dan laut regresi.
 
16. Menurut lokasinya, laut dapat dikategorikan menjadi laut tepi, laut pedalaman dan laut  pertengahan. 
 
17. Berdasarkan kedalamannya laut diklasifikasikan menjadi empat wilayah yaitu zona litoral, zona neritik, zona batial, zona abisal.
 
18. Gelombang laut adalah gerakan naik turunnya air laut tanpa disertai oleh gerakan massa air tersebut.
 
19. Arus laut adalah pergerakan vertikal atau horizontal massa air laut untuk mencapai keseimbangan.
 
20. Upwelling adalah arus yang bergerak dari bawah menuju permukaan laut. Arus ini bersifat dingin dan kaya akan nutrien sehingga mengundang banyak ikan untuk berkumpul.  
 
21. Downwelling adalah arus yang bergerak dari atas laut ke bawah laut. Arus ini membawa banyak oksigen dari permukaan laut ke bawah.  
 
22. Pasang diartikan sebagai istilah dari keadaaan tinggi muka air laut. Pasang terbagi menjadi pasang naik dan pasang surut
 
23. Batas maritim Indonesia terdiri dari Landas Kontinen, Laut Teritorial dan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE).
 
24. Morfologi dasar lautan diantaranya continental shelf, continental slope, continental rise, trench, guyot, seamount, atol, ridge dan basin.
 
25. Komposisi mineral air laut adalah adalah Cl, Na, SO₄, Mg, Ca dan K.

Kamis, Februari 25

Cara Mengurus Akta Lahir di Disdukcapil Majalengka

Cara Mengurus Akta Lahir di Disdukcapil Majalengka

Halo kawan-kawan sekalian, masih bingung cara membuat akta kelahiran anak anda?. Kali ini saya akan cerita tentang cara membuat akta kelahiran anak saya di disdukcapil Majalengka.

Jadi bulan Januari lalu alhamdullillah putra kedua kami lahir di salah satu rumah sakit di Majalengka Jawa Barat. Tentunya jika sudah punya anak lagi maka kartu keluarga harus direvisi dan harus mengurus akta kelahiran baru.

Anda harus menyiapkan data-data yang diperlukan untuk merubah kartu keluarga dan mengurus akta kelahiran, jangan sampai datang ke diskdukcapil nanti ditolak. Ikuti cerita saya berikut ini.

Pertama hal yang harus dilakukan adalah meminta surat keterangan lahir di rumah sakit (jika anak anda lahir di rumah sakit). Setelah itu surat keterangan tersebut difotokopi dan dilegalisir di rumah sakit.

Keesokan harinya kita pergi ke kelurahan terlebih dahulu untuk mendapatkan surat pengantar F1 untuk merubah KK. Sebelum ke kelurahan untuk mengurus pergantian KK, siapkan dulu data berikut ini (WAJIB):
 
1. fotokopi akta nikah
2. fotokopi KTP saksi lahir dua buah
3. fotokopi KTP pribadi
4. surat keterangan lahir dari puskesmas
 
Nah data tersebut kemudian diserahkan ke admin kelurahan untuk membuat form F1 yang akan diteruskan ke kecamatan. Saya waktu itu membuat form F1 ke kelurahan Cicenang.

Setelah itu kita pergi ke kecamatan membawa form dari kelurahan tadi untuk membuat pengantar ke disdukcapil. Kita hanya diminta form dari kelurahan dan fotokopi akta nikah. Catat ya, anda wajib membawa dua dokumen tersebut.

Tak sampai lama kemudian surat pengantar dari kecamatan didapat dan saya pergi ke disdukcapil untuk mengurus KK baru dan akta lahir anak. Sebelum membuat akta lahir maka kita harus merubah KK terlebih dahulu jadi pergi ke bagian pengurusan KK.

Saya mengambil nomor antrian dan dapat no 28, sudah banyak juga padahal masih jam 9. Selepas itu kita diminta untuk memfotokopi form dari kecamatan dan menyimpannya di map. Nah pastikan anda bawa map dari rumah, jangan beli di disdukcapil karena mahal 10.000 coy 1 map.

Selepas itu map diserahkan dan saya diminta petugas menunggu 2 jam untuk menunggu print KK baru. Busettt...ternyata untuk ngeprint KK yang kertasnya biasa aja bisa makan waktu 2 jam. Karena gak mau gabut di kantor disdukcapil jadi saya putuskan pulang dulu ke rumah, nanti jam 11an pergi ke kantor lagi.

Di rumah karena ada jadwal ngajar online jam 10-11, maka saya sempatkan mengisi jadwal tersebut. Nah setelah jam 11 saya kembali lagi ke kantor disdukcapil, karena jaraknya gak jauh banget jadi pakai motor 5 menit juga nyampe.

Motor diparkir lalu saya cek ke belakang dan antrian sudah semakin membludak. Saya tanya ke petugas ternyata KK belum jadi, ditunggu aja dulu sebentar lagi. Buset, udah 2 jam lebih ngeprint KK ga beres, ini yang buat pelayanan di kantor makin mengular. Mungkin kedepannya harus ada revolusi untuk mempercepat penerbitan dokumen supaya warga tidak nunggu lama, kasihan seharian harus menunggu print doang.

Akhirnya setelah 30 menitan menunggu, kartu keluarga baru sudah terbit dengan warna putih tidak seperti biasanya berwarna biru dengan motif Pancasila. Sekarang KK kaya print kertas fotokopi, gak istimewa sih, apakah buat pengiritan atau apa gak ngerti.

Ok, KK udah ditangan lalu saya pergi ke bagian administrasi akta lahir untuk membuat akta lahir anak. Saya diminta menyerahkan fotokopi KK, copy saksi, akta nikah, form dari kecamatan dan surat keterangan lahir untuk menerbitkan akta lahir.
Beli map 10.000 di disdukcapil
Habis itu ditunggu maksimal dua hari katanya baru jadi, weleh lelet juga ternyata untuk dapat satu dokumen harus dua hari bolak balik diskdukcapil. Kapan ya bisa proses penerbitkan dokumen bisa disederhanakan?.

Itulah rangkaian cerita saya membuat akta kelahiran dan kartu keluarga baru di disdukcapil Majalengka. Ringkasan alurnya di bawah ini ya.

1. Print surat keterangan lahir di rumah sakit
2. Minta form ke kelurahan, jangan lupa bawa copy KK, KTP, KTP saksi (dua orang), copy akta nikah
3. Pergi ke kecamatan, serahkan KK asli dan copy akta nikah.
4. Ke disdukcapil bagian penerbitan KK dulu (bawah map, fotocopy form dari kecamatan) 
5. Pergi ke loket akta lahir, serahkan KK baru, akta nikah, form dari kecamatan dan keterangan lahir dari rumah sakit.

Jika ingin cepat beres, pastikan dapat antrian awal. Datanglah jam 8 pas kantor buka biar dapat no antrian pertama. Untuk biaya gratis, hanya bayar parkir dan fotokopi saja.

Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close