Guru Geografi - Blog Guru Geografi Gaul
News Update
Loading...

Senin, Maret 29

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 91-95

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 91-95

Salam semuanya sahabat blog guru geografi, kali ini kita lanjut lagi gaspol bahas kunci KSK kebumian tahun 2020 nomor 91-95. Masih tetap semangat kan belajarnya?.
 
Soal nomot 91-95 ini masih di bagian geologi yang mana terdapat topik stratigrafi, kala geologi dan teori perkembangan bumi.

Jangan lupa untuk selalu share blog ini jika bermanfaat ke teman-teman atau grup kamu ya!. Semoga apa yang diimpikan bisa tercapai. 
91. Dalam ilmu geologi, terdapat hukum-hukum dasar terkait fenomena alam. Salah satunya menjelaskan bahwa dalam kondisi belum terdeformasi, lapisan batuan bagian bawah memiliki umur lebih tua daripada lapisan batuan bagian atas. Pernyataan tersebut adalah bunyi dari …
a. hukum akresi lateral
b. hukum superposisi
c. hukum inklusi
d. hukum initial horizontality
e. hukum uniformitarianism

Kunci
Jadi dalam geologi itu dikenal beberapa hukum dasar terkait struktur batuan. Adalah Nicolas Steno yang pertamakali kali memperkenalkan hukum-hukum geologi yaitu:
1. Hukum Superposisi 
Jika ditemukan suatu urutan perlapisan batuan, maka lapisan batuan yang terletak di bawah umurnya relatif lebih tua dibanding lapisan diatasnya selama lapisan batuan tersebut belum mengalami deformasi atau masih dalam keadaan normal alias belum mengalami gangguan.

2. Hukum Horizonalitas
Lapisan-lapisan sedimen diendapkan mendekati horisontal dan pada dasarnya sejajar dengan bidang permukaan dimana lapisan sedimen tersebut diendapkan. Susunan lapisan yang kedudukannya tidak lagi horisontal berarti telah mengalami proses geologi lain setelah pengendapannya, misalnya dipengaruhi oleh gaya tektonik.

3. Original Continuity
Lapisan sedimen diendapkan secara menerus dan bersinambungan (continuity), sampai batas cekungan sedimentasinya. Lapisan sedimen tidak mungkin terpotong secara tiba-tiba dan berubah menjadi batuan lain dalam keadaan normal. Pada dasarnya hasil suatu pengendapan yakni bidang perlapisan, akan menerus walaupun tidak kasat mata. Keadaan ketidakmenerusan bisa disebabkan telah terjadi erosi, ketidakselarasan dan gaya tektonik.
 
4. Cross Cutting
Apabila terdapat suatu stratigrafi batuan dimana salah satu dari lapisan tersebut memotong lapisan yang lain, maka satuan batuan yang memotong umurnya relatif lebih muda dari pada satuan batuan yang di potongnya

Untuk hukum lainnya seperti uniformitarianisme, faunal succession dan lainnya silahkan cari di google aja. Jawaban soal ini udah ada di atas yaitu superposisi.
Hukum Steno Stratigrafi Batuan
92. Pada gambar di bawah ini, batuan yang ditunjukkan oleh notasi huruf (X), apabila mengikuti hukum dasar stratigrafi, disebut sebagai ...
Penampang struktur batuan
a. fragmen
b. inklusi
c. matriks
d. semen
e. fenokris
 
Kunci
Ini juga termasuk hukum stratigrafi yaitu Hukum Inklusi dimana terjadi penerobosan magma dan menelan fragmen-fragmen besar disekitarnya yang tetap sebagai inklusi asing yang tidak meleleh. 
 
Jadi jika ada fragmen batuan yang terinklusi dalam suatu perlapisan batuan maka perlapisan batuan itu terbentuk setelah fragmen batuan. Kalau lihat gambar di soal artinya batu pasir (hasil sedmientasi) terbentuk setelah granit.

Artinya batuan yang mengandung fragmen inklusi lebih muda dari batuan yang menghasilkan fragmen tersebut. Coba lihat gambar di bawah, ngerti ora son imajinasinya?.
Inklusi batuan
93.  Pada gambar di samping, manakah pernyataan di bawah ini yang tidak benar ...
Struktur sesar

a. sesar (E) terjadi paling awal
b. intrusi (D) terjadi sebelum sesar (E)
c. lapisan (C) adalah lapisan batuan tertua
d. lapisan (A) adalah lapisan termuda
e. lapisan (B) selaras dengan lapisan (A)
 
Kunci
Nah untuk memahami stratigrafi seperti pada gambar maka kamu harus tahu hukum Steno yang udah ada di soal no pertama. Yang salah adalah A karena sesar itu terjadi setelah setelah adanya intrusi, baru terpotong oleh patahan. Makanya arah intrusi (D) geser kan gak lurus arah aliran magma nya.
 
94. Samudra yang pernah ada di antara benua Gondwana dan Laurasia pada masa Mesozoikum
disebut sebagai samudera ...
a. Panthalasa
b. Thetys
c. Pasifik
d. Atlantik
e. Hindia
 
Kunci
Teori dua benua Laurasia dan Gondwana kemukakan oleh Edward Zuess pada tahun 1884. Teori ini menyebutkan bahwa bumi ini pada awalnya terdiri atas dua benua yang sangat besar yaitu Laurasia di bagian kutub utara dan Gondwana pada bagian kutub selatan. Kedua benua ini terus mengalami pergerakan ke arah ekuator bumi hingga pada akhirnya terpecah menjadi beberapa benua yang lebih kecil. 
 
Samudra Tethys adalah samudra yang pernah ada di antara benua Gondwana dan Laurasia pada masa Mesozoikum sebelum pembentukan Samudra Hindia dan Atlantik pada periode Kapur. Samudra ini juga disebut Laut Tethys atau Neo-Tethys.

Sekitar 250 juta tahun yang lalun pada masa Trias, samudra baru mulai terbentuk di ujung selatan Samudra Paleo-Tethys. Sebuah patahan terbentuk di sepanjang landas benua Pangaea selatan (Gondwana). Dalam waktu sekitar 60 juta tahun, kepingan landas tersebut (yang disebut Cimmeria) bergerak ke utara dan mendorong dasar Samudra Paleo-Tethys di sebelah selatan ujung timur Pangaea utara (Laurasia). Samudra Tethys terbentuk di antara Cimmeria dan Gondwana.
95. Kala yang memiliki rentang waktu sekitar 25-5 juta tahun yang lalu serta ditandai dengan munculnya Homonoid pertama adalah ...
a. Pliosen
b. Oligosen
c. Miosen
d. Pleistosen
e. Eosen

Kunci
Skala geologi bumi dibagi menjadi zaman Arkaekum, Proterozoikum, Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum. Homonoid itu bahasa lain dari kera dan mahluk ini muncul pertamakali di kala miosen. Kala Miosen masuk dalam zaman Kenozoikum.

Masa Miosen terjadi antara 23,5 tahun – 5,2 tahun yang lalu, saat itu dicirikan oleh padang rumput yang meluas, karena itu mamalia pemakan rumputnya juga berkembang pesat. Kala ini dicirikan dengan munculnya Homonoid (proconsul), domba, lembu hingga monyet. Time table skala geologi lengkap cek di bawah, silahkan dihapal kata kunci tiap jaman nya.
 
Skala geologi

Minggu, Maret 28

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 86-90

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 86-90

Oke pejuang KSN kita akan lanjut lagi ya bahas jawaban KSK Kebumian 2020 nomor 86-90. Materinya sih saya lihat masih dominan tentang mineral, ada sedikit tentang geomorfologi.

Saya ingatkan lagi teman-teman siswa untuk banyak mencari literasi seputar geologi, geomorfologi di google. Banyak dosen atau mahasiswa jurusan kuliahan tersebut yang upload materi kebumian dalam bentuk web atau pdf.
86. Mineral ini termasuk kelompok besar mineral-mineral pembentuk batuan dengan struktur kristal
dan komposisi kimia umum X₃Y₂(SiO₄)₃. Dalam komposisi tersebut, "X" dapat berupa Ca, Mg, Fe²
atau Mn², dan "Y" bisa berupa Al, Fe³, Mn³, V³ ataupun Cr³. Mineral ini merupakan mineral
penciri batuan metamorf yaitu ...
a. kuarsa
b. kalsit
c. piroksen
d. garnet
e. montmorilonit
 
Kunci
Jadi guys jawaban diatas itu garnet. Nah, garnet adalah kelompok besar mineral-mineral pembentuk batuan dengan struktur kristal dan komposisi kimia umum X₃Y₂(SiO₄)₃. Dalam komposisi tersebut, "X" dapat berupa Ca, Mg, Fe²atau Mn², dan "Y" bisa berupa Al, Fe³, Mn³, V³ ataupun Cr³.
 
Kebanyakan garnet yang dijumpai dekat permukaan bumi terbentuk ketika batuan sedimen dengan kandungan aluminium tinggi, seperti serpih, dikenai panas dan tekanan yang cukup kuat sehingga menghasilkan sekis atau gneiss.

Garnet juga dapat ditemukan dalam batuan metamorfosis kontak, subsurface dapur magma, aliran lava, deep-sources letusan gunung berapi, serta pada soil dan sedimen yang terbentuk ketika batuan yang mengandung garnet lapuk dan tererosi.

Berikut tabel klasifikasi garnet dari situs geologyin.
Tabel mineral garnet
87. Serpih/shale apabila mengalami proses metamorfisme yang sangat kuat akan menghasilkan batuan metamorf yang memiliki kristal-kristal kasar, biasanya berbentuk seperti lapisan yang diakibatkan oleh pemisahan mineral-mineral yang berbeda. Batuan metamorf tersebut adalah ...
a. amfibolit (amphibolite)
b. genis (gneiss)
c. sekis (schist)
d. hornfelsik (hornfels)
e. filit (philite)
 
Kunci
Gneis (genis) adalah batuan metamorf berfoliasi yang dikenali dari pita dan lensa dari komposisi mineral yang berbeda-beda. Beberapa pita (atau lensa) ini mengandung mineral butiran yang terikat bersama dalam tekstur yang saling terkait. 

Gneiss biasanya terbentuk oleh metamorfisme regional pada batas lempeng konvergen. Ini adalah batuan metamorf bermutu tinggi di mana butiran mineral direkristalisasi di bawah tekanan dan panas yang hebat. Emejing bukan?.

Gneiss dapat terbentuk dalam beberapa cara berbeda. Jalur yang paling umum dimulai dengan serpih, yang merupakan batuan sedimen. Metamorfisme regional dapat mengubah serpih menjadi batu tulis, lalu filit, kemudian sekis, dan akhirnya menjadi gneis. Cek gambar urutannya di bawah.
Urutan metamorfosis gneiss
88. Berikut merupakan ciri-ciri yang umum terdapat pada bentang alam struktural, kecuali ...
a. beda tinggi yang relatif menyolok pada daerah yang sempit
b. adanya kelurusan sungai dan membelok dengan tiba-tiba dan menyimpang dari arah umum
c. sering dijumpai kelurusan lokasi mata air-mata air
d. dijumpai sistem gawir yang lurus (pola kontur topografi yang panjang lurus dan rapat)
e. pola penyaluran yang umum dijumpai berupa radier dan multi basinal
 
Kunci
Bentang alam struktural adalah bentang alam yang pembentukannya dikontrol oleh struktur geologi daerah yang bersangkutan. Struktur geologi ini mengalami perkembangan karena gaya endogen ayng bekerja terutama tektonism.
 
Beberapa kenampakan pada peta topografi yang dapat digunakan dalam penafsiran bentang alam struktural adalah :
1. Pola aliran sungai. Variasi pola pengaliran biasanya dipengaruhi oleh variasi struktur geologi dan litologi pada daerah tersebut.
2. Kelurusan-kelurusan (lineament) dari punggungan (ridge), puncak bukit, lembah, lereng dan lain-lain.
3. Bentuk-bentuk bukit, lembah, air terjun dll.
4. Perubahan arah aliran sungai, misalnya secara tiba-tiba, kemungkinan dikontrol oleh struktur kekar, sesar atau lipatan. 

Yang bukan ciri bentang alam struktural adalah E. Multibasinal adalah khas dari morfologi daerah kapur/karst. Kawasan karst memiliki sistem aliran multibasinal dengan porositas sekunder. Sehingga menimbulkan adanya lorong-lorong bawah permukaan dan sungai bawah permukaan. Kalu radier itu aliran menyebar yang biasa terlihat di lereng gunung api (bentang alam vulkanik).

89. Berdasarkan jumlah air yang dikandungnya terdapat sungai yang ada airnya hanya pada saat
musim hujan. Sungai tersebut disebut sungai ...
a. permanen
b. periodik
c. episodik
d. intermiten
e. ephemeral
 
Kunci
Menurut kondisi jumlah airnya sungai itu dibagi menjadi:
1. Sungai ephemeral adalah sungai yang  hanya mengalir jika ada hujan.
2. Sungai intermitten adalah sungai yang mengalir pada musim hujan, sedangkan pada musim kemarau kering.  
3. Sungai perenial adalah sungai yang  mengalir sepanjang tahun karena musim hujan dan musim kemarau selalu ada.
Jadi jawabannya E.

90. Perhatikan gambar di bawah!
struktur lipatan

Berdasarkan penampang bagian-bagian lipatan di atas, yang disebut dengan sayap lipatan (limb)
ditunjukkan oleh ...
a. a
b. b
c. c
d. d
e. e

Kunci
Penampang lipatan kulit bumi ada pada gambar di bawah, udah bisa dilihat sayap lipatan itu adalah bagian a.
Penampang geomorfologi lipatan

Sabtu, Maret 27

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 81-85

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 81-85

Haloha pejuang KSK Kebumian, lanjut lagi ya kita bahas kunci jawaban KSK Kebumian nomor 81-85. Topiknya masih seputar geologi nih khususnya terkait batuan.

Batuan itu ternyata jika dikaji secara geologi maka akan sangat banyak sekali konsep-konsepnya. Padahal semua batuan bahan dasarnya sama yaitu magma tapi ketika muncul ke permukaan bumi bisa beranekaragam.
81. Berdasarkan kandungan SiO₂ nya, batuan beku dibedakan menjadi beberapa macam. Batuan
beku disebut sebagai batuan beku ultra basa apabila...
a. kandungan SiO₂ nya lebih dari 66%
b. kandungan SiO₂ nya antara 52% hingga 66%
c. kandungan SiO₂ nya antara 45% hingga 52%
d. kandungan SiO₂ nya kurang dari 45%
e. tidak ada kandungan SiO₂ sama sekali
 
Kunci
Berdasarkan kandungan silika (SiO₂), batuan beku dibagi menjadi 4 yaitu: ultrabasa, basa, intermediet dan asam. Jadi sifat asam basa itu dikontrol oleh kandungan silika. Sifat asam basa ini dikontrol oleh kandungan silika.
1. Batuan Ultra basa     >>>>   SiO₂   =<45%
2. Batuan Basa              >>>>   SiO₂    45%-52%
3. Batuan Intermediet    >>>>  SiO₂    52%-66%
4. Batuan Asam             >>>>  SiO₂   >=66%
Jadi jawabannya D.

82. Salah satu bagian dari proses diagenesa adalah terjadinya pembebanan akibat akumulasi sedimen atau material lain yang menyebabkan hubungan antar butir menjadi lebih lekat dan air yang dikandung dalam ruang pori-pori antar butir terdesak keluar. Proses tersebut adalah ...
a. sementasi
b. kompaksi
c. rekristalisasi
d. litifikasi
e. antigenesis
 
Kunci
Sebelum batuan sedimen terbentuk, fenomena pertamakali yang terjadi adalah proses sedimentasi yang menyebabkan terjadinya timbunan sedimen. Nah timbunan sedimen itu belum bisa disebut sebagai batuan sedimen, ada proses lainnya sebelum sah menjadi batu sedimen (proses litifikasi). Urutannya adalah:

1. Kompaksi adalah beban akumulasi sedimen atau material lain menyebabkan hubungan antar butir menjadi lebih lekat dan air yang dikandung dalam ruang pori-pori antar butir terdesak keluar. Dengan demikian volume batuan sedimen yang terbentuk menjadi lebih kecil, namun sangat kompak.

2. Sementasi adalah seiring dengan keluarnya air dari ruang pori-pori, material yang terlarut didalamnya mengendap dan merekat (menyemen) butiran sedimen. Material semennya dapat merupakan karbonat (CaCO₃), silica (SiO₃), oksida (besi) atau mineral lempung. Proses ini menyebabkan porositas sedimen menjadi lebih kecil dari material semula.

3. Reristalisasi adalah saat ketika sedimen terakumulasi, mineral yang kurang stabil mengkristal kembali atau terjadi rekristalisasi, menjadi yang lebih stabil. Proses ini umumnya terjadi pada batu gamping terumbu yang porous. Mineral aragonite (bahan struktur koral hidup), lama-kelamaan berekristalisasi menjadi bentuk polimorfnya, kalsit.
Urutan proses litifikasi

83. Proses yang membedakan antara sedimen dan batuan sedimen adalah ...
a. sementasi
b. kompaksi
c. rekristalisasi
d. litifikasi
e. antigenesis

Kunci
Perbedaan sedimen dan batuan sedimen adalah pada proses litifikasi. Litifikasi adalah proses perubahan sedimen menjadi batuan sedimen melalui mekanisme kompkasi dan sementasi. Penjelasannya ada di nomor sebelumnya.

84. These following sedimentary structures can be used as a marker for the upper part of the
sedimentary layer, except ...
Kunci
Ngerti ora son artine?. Gambar yang bukan menunjukkan lapisan sedimen bagian atas yang mana?. Jadi struktur sedimen itu macam-macam ya guys dan yang bukan termasuk ciri sedimen atas itu adalah laminasi. Untuk jenis-jenis struktur sedimen cek di blog berikut: Struktur sedimen
 
Cek gambar di bawah ini untuk mengimajinasikan kenapa laminasi itu bukan menjadi ciri sedimen atas.
Sedimentasi hasil tsunami
85. Istilah-istilah berikut ini yang tidak terkait dengan petrologi batuan metamorf adalah ...
a. marmer
b. fenokris
c. foliasi
d. granuloblastik
e. sekis
 
Kunci
Marmer itu adalah salah satu contoh batuan metamorf. Sekis juga sama contoh batuan metamorf. Foliasi di geologi mengacu pada perlapisan berulang di batuan metamorf. Setiap lapisan dapat setipis selembar kertas hingga setebal satu meter. 
 
Kata foliasi berasal dari bahasa latin folium yang berarti "daun", dan mengacu pada struktur planar berlembar. Foliasi disebabkan oleh gaya geser, atau tekanan diferensial 

Tekstur  yang  berkembang  selama  proses  metamorfisme  secara  tipikal  penamaanya  mengikuti  kata-kata  yang  mempunyai  akhiran  -blastik.  Contohnya,  batuan  metamorf  yang  berkomposisi  kristal-kristal  berukuran  seragam  disebut  dengan granoblastik.
 
Fenokris itu istilah untuk batuan vulkanik. Fenokris adalah mineral yang jauh lebih besar dari mineral lainnya dan dapat dilihat dengan mata atau luv. Contohnya kaya lihat kristal pada batu granit yang ada di soal sebelumnya.
 
Lanjut: Soal Nomor 86-90 
Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 76-80

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 76-80

Halo teman-teman di postingan kali ini kita lanjut lagi bahas kunci jawaban KSK Kebumian 2020 dari nomor 76-80.

Nah di nomor ini materinya baru gaes yaitu seputar dinamika litosfer. Materi ini juga sangat saya sukai kalau saat ngasih pengayaan kepada siswa. Kalian mesti paham tentang geologi, geomorfologi, sampai stratigrafi. 

Jangan lupa untuk selalu share blog ini ya ke teman-teman yang lain supaya makin rame belajarnya. Jangan menyerap dan tetap semangat berjuang di KSN tahun ini.
76. Pada tahun 1912, Alfred Wegener mengemukakan teori yang menyatakan bahwa dulunya benua-benua menyatu menjadi satu benua yang sangat besar yang kemudian terpecah menjadi beberapa benua akibat pergerakan di dasar laut. Teori ini dikenal dengan ....
a. teori dua benua
b. teori pengapungan benua
c. teori kontraksi
d. teori tektonik lempeng
e. teori konveksi

Kunci
Nah kalau ini kayaknya gak terlalu sulit karena ada di buku pelajaran pastinya. Teori yang dikemukakan Wegener adalah Continetal Drift alias Teori Apungan Benua, bukan lempeng tektonik ya?. Teori lempeng tektonik itu muncul setelah nanti Wegener wafat. Benua yang menyatu dahulu itu maksudnya adalah superbenua Pangaea.

77. Berikut adalah termasuk dalam 7 lempeng bumi utama, kecuali ....
a. India
b. Eurasia
c. Antartika
d. Amerika Selatan
e. Afrika

Kunci
Lempeng tektonik dibagi menjadi lempeng utama (mayor) dan lempeng kecil (minor). Lempeng utama itu yang gede-gede maksudnya. Yang termasuk lempeng minor diantaranya lempeng India, cek petanya di bawah in.
Sebaran lempeng tektonik mayor dan minor
78. Belahan adalah kenampakan mineral berdasarkan kemampuannya membelah melalui bidang-bidang belahan yang rata dan licin. Gambar disamping merupakan mineral dengan belahan ...
a. 4 arah
b. 3 arah
c. 2 arah
d. 1 arah
e. tidak memiliki belahan

Kunci
Mineral itu memiliki beberapa sifat fisik mulai dari warna, kekerasan, kilap hingga belahan. Gak semua mineral memiliki sifat belahan ini. Mineral di soal punya 3 arah belahan, lihat aja tabel lengkapnya di bawah ini. Coba hapalin tuh semua, nanti pasti ganti model gambar di tahun ini. Untuk contoh nama mineralnya, cari di web lain ya, tinggal sesuaikan keyword pencariannya pasti banyak kok yang ngulas.
Tabel belahan mineral

79. Berikut adalah proses-proses yang terjadi dalam Deret Diskontinyu pembentukan mineral dalam
reaksi Bowen. Yang tidak termasuk dalam proses diskontinyu adalah ...
a. pada deret ini satu mineral yang terbentuk pada suatu suhu tertentu dengan mineral lain yang terbentuk pada suhu yang lebih tinggi tidak memiliki hubungan dalam pembentukannya.
b. mineral satu dapat berubah menjadi mineral lain pada saat terjadinya penurunan suhu tertentu karena adanya reaksi terhadap sisa larutan magma
c. mineral satu dengan yang lain memiliki hubungan dengan penambahan atau pengurangan unsur Kalsium (Ca) dan Natrium (Na)
d. merupakan pembentukan dari olivine, piroksen, amfibol, dan biotit
e. deret ini dibangun dari mineral ferro – magnesian sillicatesK

Kunci
Reaksi Bowen itu adalah proses urutan pembentukkan mineral pada saat terjadi pendinginan magma. Suhu adalah faktor utama yang mempengaruhi reaksi Bowen. Makanya nanti ada batuan yang warnanya hijau, gelap, terang dll itu gara-gara reaksi Bowen ini guys.

Dalam skemanya ada dua jalur pembentukkan yaitu Lengan kanan atas merupakan deret reaksi yang berkelanjutan (continuous), sedangkan lengan kiri atas adalah deret reaksi yang terputus-putus/tak berkelanjutan (discontinuous). Lihat gambar berikut ini.
Seri deret reaksi Bowen
Jadi dari interpretasi gambar terlihat bahwa yang tidak termasuk deret diskontinyu adalah yang C. Karena opsi C masuk deret kontinyu. Cari gambar lain, biasanya nanti ditanya warna nya, atau contoh mineralnya.

80. Tekstur batuan beku terbagi menjadi 2 yaitu yang memiliki ukuran kristal yang seragam dan tidak
seragam. Granit memiliki tekstur ...
a. equigranular aphanitic
b. inequigranular phaneritic
c. equigranular porfiroafanitic
d. inequigranular faneroporfiritic
e. equigranular phaneritic

Kunci
Tekstur batuan itu hubungan antar mineral penyusun batuan, makanya kita bisa merasakan mineral batuan itu halus atau kasar saat memegangnya.

Menurut tingkat pengamatan visual atau pakai kaca pembesar, tekstur batuan beku dibagi menjadi dua yaitu afanitik dan faneritik. Afanitik itu tekstur mineralnya halus sekali sehingga sulit terlihat mata tau pakai kaca pembesar.

Tekstur faneritik itu mineralnya besar-besar sehingga terlihat oleh mata. Contohnya granit, tuh lihat di bawah kelihatan kan mineral warna hitam, cokelat, putihnya gede-gede?. Coba bandingkan dengan batuapung atau obsidian yang super halus gak kelihatan kristalnya.
Batu granit

Nah kemudian dari tingkat keseragaman butir, batuan dibagi menjadi equigranular dan inequigranular. Equigranular, apabila kristal penyusunnya berukuran butir relatif seragam. Tekstur sakaroidal adalah tekstur dimana ukuran butirnya seragam seperti gula pasir atau gula putih. Inequigranular, jika ukuran butir kristal penyusunnya tidak sama.

Granit itu jadi masuk batuan dengan tekstur equigranular faneritik.

Jumat, Maret 26

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 71-75

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 71-75

Halo kawan-kawan kembali lagi kita akan coba berikan contoh pembahasan soal KSK Kebumian 2020 nomor 71-75.

Topik nomor 71-75 masih di seputar oseanografi dan ini merupakan 5 nomor terakhir untuk bagian oseanografi. Nomor 76-100 nanti bagian litosfer.

Langsung aja kita cek pembahasan soal tentang oseanografi berikut ini. Jangan sungkan untuk share blog ini ke teman-teman lainnya.
71. Gelombang dibangkitkan oleh angin. Angin pembangkit gelombang pada suatu daerah dengan arah dan kecepatan konstan adalah ....
a. periode angin
b. kecepatan angin
c. durasi angin
d. fetch angin
e. arah angin

Kunci
Ketinggian dan periode gelombang tergantung kepada panjang fetch pembangkitnya. Fetch adalah jarak perjalanan tempuh gelombang dari awal pembangkitannya. Fetch ini dibatasi oleh bentuk daratan yang mengelilingi laut. Semakin panjang jarak fetch nya, ketinggian gelombangnya akan semakin besar. Angin juga mempunyai pengaruh yang penting pada ketinggian gelombang. Angin yang lebih kuat akan menghasilkan gelombang yang lebih besar.
Fetch angin itu apa?
 72. Pada fenomena termoklin maka lapisan bagian atasnya merupakan lapisan ...
a. temoklin
b. dalam
c. permukaan
d. campuran
e. homogen
 
Kunci
Diatas lapisan termoklin adalah mixed zone atau zona campuran. Materi ini adalah terkait kolom air.

 73. Pernyataan berikut yang benar terkait hubungan kekuatan angin skala Beuford dengan bentuk gelombang di permukaan yang dihasilkan adalah ....
a. gentle breeze dengan wavelet besar dan puncak mulai pecah serta tinggi gelombang 0,6-1,0 meter
b. light breeze dengan wavelet kecil, puncak terlihat dan gelombang tidak pecah serta tinggi gelombang 0,3-0,5 m
c. moderate breeze dengan gelombang kecil lebih lama terlihat dengan perkiraan tinggi gelombang 1,5 meter
d. fresh breeze dengan gelombang pertengahan bentuk lama terlihat dan banyak semburan air dengan perkiraan tinggi gelombang 2,0 meter
e. moderate dengan buih putih dari gelombang pecah mulai bertiup dengan garis, kabut mulai terlihat dan diperkirakan tinggi gelombang 5,0 meter

Kunci
Jadi yang namanya Skala Beaufort itu ukuran empiris yang berkaitan dengan kecepatan angin untuk pengamatan kondisi di darat atau di laut. 
 
Skala ini ditemukan oleh Francis Beaufort pada tahun 1805. Beaufort mengukur kecepatan angin dengan menggambarkan pengaruhnya pada kecepatan kapal dan gelombang air laut. Skala Beaufort menggunakan angka dan simbol.

Logikanya adalah Semakin besar angka skala Beaufort, maka semakin kencang angin berhembus dan bahkan bisa semakin merusak. 

Ini jawabannya harus cari di tabel, kebetulan ane nemu nih..jawabannya ada di bawah

Skala beufort dan tinggi gelombang

74. Nilai temperatur air laut di perairan laut berdasarkan posisi atau letak lokasi pengukuran pada garis lintang akan berbeda. Temperatur di lokasi pengukuran pada posisi garis lintang kecil mempunyai nilai ....

a. temperatur rendah
b. temperatur tinggi
c. temperatur tidak akan ditentukan
d. temperatur sedang
e. temperatur rendah-tinggi berubah-rubah
 
Kunci
Ini sudah ada di soal sebelumnya, jadi daerah lintang kecil itu kan daerah tropis yaitu 0⁰-23,5. Daerah ini kan daerah yang pemanasannya maksimum jadi pastinya suhu akan lebih tinggi dibanding daerah lintang sedang atau tinggi. Nih lihat gambar dibawah, paham kan cara baca peta nya?.
Peta suhu lautan dunia

75. Wisatawan pantai sangat senang mandi perairan pantai. Akan tetapi pada pantai berpasir lepas sering sekali terjadi wisatawan hanyut dan tenggelam ke perairan dalam sehingga sulit ditemukan. Wisatawan tersebut terseret oleh adanya ....
a. longshore current
b. rip current
c. undertoe current
d. see current
e. tidal current
 
Kunci 
Ini sering muncul di berita-berita dan banyak wisatawan tidak memahami karakteristik gelombang di pantai. Ada tidak macam arus di pantai yaitu undertow current, rip current dan longshore current. 
 
Rip current adalah arus yang tegak lurus pantai (arus balik) yang bisa bertipe lemah atau kuat. Sementara longshore current adalah arus yang arahnya sejajar garis pantai dan tidak kuat. Gambarnya di bawah.
Rip current dan longshore current
Nah arus balik ini ada dua jenis juga bro, tambah rumit juga kan?. Menurut Davis (1978), ada dua arus yang kembali ke laut, pertama, arus yang agak pelan, menyebar, dan tertekan ke dekat dasar laut, dan kedua, arus yang di dekat permukaan laut, sempit dan bergerak cepat ke arah laut. 
 
Arus yang pertama dikenal sebagai arus bawah (undertow current), sedang yang kedua dikenal sebagai arus rip (rip current). Arus rip dapat terjadi setiap waktu, mulai dari intensitas yang kecil pelan serta tidak berbahaya, sampai pada titik dimana dapat menyeret korban ke tengah laut. Terjadinya arus rip berkaitan erat dengan gelombang pecah yang dapat diakibatkan oleh kondisi gelombang tersebut, kontur batimetri laut maupun kondisi morfologi pantai. 

Nah yang sering menarik ke dalam itu adalah undertow current. Gambarnya dibawah ini.
 
Arus undertow


Kamis, Maret 25

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 66-70

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 66-70

Halo kawan-kawan lanjut lagi mimin bahas soal KSK Kebumian 2020 nomor 66-70. Materinya masih di topik oseanografi.

Saya lihat topik khusus di lima nomor ini adalah tentang arus, gelombang dan salinitas laut. Pahami ketiga fenomena tersebut dengan baca berbagai literasi di dunia maya terutama dari artikel LIPI.

66. Zona yang ditunjukkan oleh huruf X merupakan zona dimana terjadi perubahan salinitas yang berbanding lurus terhadap kedalaman. Zona X disebut....
a. haloklin
b. termoklin
c. termohalin
d. termostar
e. termonix

Kunci
Thermocline adalah sebuah kemerosotan berdasarkan perbedaan suhu air atau suasana lapisan tipis air yang terdapat pada perairan di mana suhu air menurun dengan cepat dengan peningkatan kedalaman

Holocline adalah kemerosotan disebabkan penurunan salinitas dalam badan air. Salinitas pada kedalaman umumnya  semakin tinggi karena di dasar laut terjadi pengendapan zat-zat yang jatuh dari permukaan atau sisa-sisa organisme laut.

Pycnocline adalah kemerosotan disebabkan oleh kuat vertikal kepadatan dalam badan air. Kepadatan atau tekanan di dalam air semakin besar saat kedalaman semakin tinggi.
67. Pasang surut adalah gerakan naik turunnya air laut secara periodik yang disebabkan oleh gaya tarik menarik antara planet Bumi-Bulan-Matahari. Gaya tarik menarik tersebut tersebut mengikuti Hukum gaya tarik menarik Newton. Berdasarkan atas hukum Newton tersebut maka faktor utama yang sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya air laut pasang surut di suatu daerah di permukaan bumi adalah ...
a. massa matahari
b. jarak antara Bulan dan Bumi
c. jarak antara Bulan dan Matahari
d. massa bulan
e. jarak antara Bumi-Matahari
 
Kunci
Perubahan tinggi muka laut disebabkan tarikan gravitasi bulan dan matahari terhadap air di bumi. Cek aja gambarnya dibawah ini. Pasti paham kan ilustrasinya.

Fenomena pasang laut
68. Gelombang laut mulai tidak stabil dan akan mengalami pecah gelombang apabila kecuraman gelombang mendekati 1/7 = 0,143. Kecuraman gelombang adalah ....
a. perbandingan antara tinggi gelombang dan kelandaian pantai
b. perbandingan antara tinggi gelombang dengan kecepatan gelombang
c. perbandingan antara tinggi gelombang dengan periode gelombang
d. perbandingan antara tinggi gelombang dengan panjang gelombang
e. perbandingan antara tinggi gelombang dengan kecepatan angin
 
Kunci
Kecuraman gelombang laut adalah hasil pembagian antara tinggi gelombang dengan panjang gelombang. 
Garis kecuraman gelombang
69. Fenomena pasang surut yang memiliki ciri-ciri dalam satu hari terjadi satu kali pasang dan terjadi satu kali surut laut dinamakan ....
a. tipe pasang surut diurnal
b. tipe pasang surut semi diurnal
c. tipe pasang surut campuran
d. tipe pasang surut campuran cenderung tunggal
e. tipe pasang surut campuran cenderung ganda
 
Kunci
Tipe-tipe pasang laut itu ada 4 
1. Pasang surut harian ganda (semi diurnal tide) adalah ipe pasang surut yaitu dalam satu hari terjadi dua kali pasang dan dua kali air surut dengan tinggi yang hampir sama dan pasang surut terjadi secara berurutan secara teratur. Periode pasang surut adalah 24 jam 50 menit. Pada jenis harian ganda misalnya terdapat di perairan Selat Malaka sampai ke Laut Andaman.
 
2. Pasang surut harian tunggal (diurnal tide) merupakan tipe pasang surut yang pada tipe ini dalam satu hari terjadi satu kali air pasang dan satu kali air surut, tetapi kadang-kadang untuk sementara waktu terjadi dua kali pasang dan dua kali surut dengan tinggi dan periode yang sangat berbeda. Sedangkan jenis campuran condong ke harian tunggal (mixed tide, prevailing diurnal) contohnya terdapat di pantai selatan Kalimantan dan pantai utara Jawa Barat.
 
3. Pasang surut campuran condong ke harian tunggal (mixed tide prevailing diurnal) merupakan tipe pasang surut yang dalam satu hari terjadi satu kali air pasang dan satu kali air surut. Periode pasang surut rata-rata adalah 12 jam 24 menit. Jenis harian tunggal misalnya terdapat di perairan sekitar selat Karimata, antara Sumatera dan Kalimantan.
 
4. Pasang surut campuran condong ke harian ganda (mixed tide prevailing semi diurnal) merupakan tipe pasang surut yang dalam satu hari terjadi dua kali air pasang dan dua kali air surut, tetapi tinggi dan periodenya berbeda. Pada pasang-surut campuran condong ke harian ganda (mixed tide, prevailing semidiurnal) misalnya terjadi di sebagian besar perairan Indonesia bagian timur. Sumber: oceanpulse

Tipe pasang laut
70. Nilai salinitas di perairan laut berdasarkan posisi atau letak lokasi pengukuran pada garis lintang akan berbeda. Salinitas di lokasi pengukuran pada posisi garis lintang kecil mempunyai nilai ...
a. salinitas kecil
b. salinitas besar
c. salinitas tidak bisa ditentukan
d. salinitas sedang
e. salinitas kecil-besar dan selalu berubah-rubah

Kunci
Salinitas pada dasarnya adalah Tingkat kandungan garam pada air laut. Makin asin yang makin tinggi salinitasnya. alinitasnya rata-rata sekitar 35 parts per thousand (ppt), yang artinya setiap 1 kg air mengandung 35 gram garam terlarut.
 
Faktor perbedaan salinitas laut diantaranya
1. Penguapan
Jika penguapan makin besar maka salinitas makin tinggi, kebalikannya makin kecil penguapan maka salinitasnya makin rendah.
2. Curah hujan
Semakin banyak curah hujan di atas perairan laut maka salinitas makin rendah, kebalikannya makin kecil curah hujan maka salinitasnya makin tinggi.
3. Air sungai yang bermuara ke laut
Makin banyak air sungai yang bermuara ke laut, maka salinitas air laut tersebut rendah karena bercampur air dari darat
4. Letak dan ukuran laut
Laut-laut yang tidak berhubungan dengan laut lepas dan terdapat di daerah arid maka salinitasnya tinggi seperti Laut Mati.
5. Arus laut
Laut-laut yang dipengaruhi arus panas maka salinitasnya akan naik dan kebalikannya laut-laut yang dipengaruhi arus dingin maka salinitasnya akan turun (rendah).
6. Angin, kelembaban udara di atasnya, ini berhubungan dengan penguapan dan penguapan berhubungan dengan besar kecilnya salinitas air laut. 

Nah karena Indonesia ada di daerah tropik maka evaporasi akan tinggi dan lautnya juga berbatasan dengan lautan besar Hindia dan Pasifik. Maka kadar salinitas perairan Indonesia cenderung kecil. Itu sih logika cocok-cocoklogi nya.
 
Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 61-65

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 61-65

Hayeho teman-teman gimana masih semangat kan untuk belajar kebumian?. Kali ini lanjut lagi untuk membahas kunci jawaban KSK Kebumian nomor 61-65.

Untuk nomor 61-65 ini topiknya masih seputar dunia oseanografi. Jangan menyerah dan tetap semangat teman-teman pejuang KSN.
 
Materi oseanografi ini banyak membahas tentang pasang laut, perubahan pantai, jenis-jenis arus, gelombang, morfologi pantai dan lainnya.
61. Fenomena gerakan naik turunnya air laut yang disebabkan oleh adanya angin yang berhembus dinamakan gelombang laut. Gelombang laut juga disebut sebagai ....
a. pasang surut dengan periode yang panjang
b. pasang surut dengan periode sedang
c. pasang surut dengan periode pendek
d. pasang surut dengan gelombang pendek
e. pasang surut dengan tinggi pendek
 
Kunci
Gelombang adalah gerakan naik turun sebuah tubuh perairan (gak hanya laut ya), yang dinyatakan dengan naik turunnya permukaan air secara bergantian. Ada 3 unsur gelombang yang penting panjang tinggi dan periode.

Panjang gelombang adalah jarak mendatar antara dua puncak yang berurutan, tinggi gelombang adalah jarak vertikal antara puncak dan lembah, periode adalah waktu yang diperlukan oleh dua puncak yang berurutan untuk melalui sebuah titik.

Periode gelombang laut memiliki periode periode 0,2-0,9 detik (pendek), coba bandingkan dengan gelombang pasang surut karena gravitasi bulan yang bisa mencapai 12 jam lebih.
 
Periode gelombang laut

62. Pembagian pantai berdasarkan proses perubahan tinggi rendahnya muka air laut sering dikatakan sebagai pantai transgresi dan pantai regresi. Pantai regresi adalah ...
a. pantai dengan kondisi dasarnya tetap dan garis pantainya mundur
b. pantai dengan kondisi dasarnya turun dan garis pantainya mundur
c. pantai dengan kondisi dasar turun dan garis pantai seimbang
d. pantai dengan kondisi dasarnya naik dan garis pantainya mundur
e. pantai dengan kondisi dasarnya tetap tetapi garis pantainya maju
 
Kunci
Istilah transgresi dan regresi pada pantai hanya mengenai perubahan garis pantai yang maju atau mundur dari posisi awal. Kedua istilah ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan pengendapan yang terjadi di dalamnya. Transgresi dan regresi ini menghasilkan produk pengendapan. 
 
Jadi ini ilusi karena permukaan air laut kadang naik dan turun di wilayah pantai jadi garis pantai akan terlihat berubah-rubah.
 
Transgresi (Genang Laut/Landward) merupakan suatu kondisi dimana terjadi perubahan garis pantai yang menuju (maju) ke arah daratan. Hal ini terjadi karena beberapa sebab seperti pasokan sedimen (sedimen supply) lebih kecil dari pada tempat akomodasi (accommodation space), perubahan global dan relatif sea level.

Regresi (Susut Laut/Seaward) merupakan suatu kondisi dimana terjadi perubahan garis pantai yang menuju (mundur) ke arah lautan. Hal ini terjadi karena beberapa sebab seperti pasokan sedimen (sediment supply) lebih besar dari tempat akomodasi (accommodation space), perubahan global dan relatif sea level.
Perubahan garis pantai
63. Pada fenomena pasang surut laut, secara umum setiap bulan air laut akan mengalami pasang maksimum pada ...
a. pada saat awal dan pertengahan bulan
b. pada saat awal bulan, minggu pertama
c. pada setiap pertengahan bulan
d. pada saat minggu ketiga setiap bulan
e. pada saat minggu keempat setiap bulan
 
Kunci
Pasang air laut maksimum (terjadi) karena peristiwa astronomi gaya tarik bulan dan dalam posisi (astronomis) matahari-bumi-bulan. Itu kalau bulan baru. Kalau bulan purnama, matahari-bulan-bumi. Fenomena pasang maksimum terjai pada awal dan pertengahan bulan. Fenomena pasang maksimum disebut juga spring tide. Lihat gambar di bawah, sumber: ruangguru
Pasang maksimum laut
64. Persentase material padat yang terkandung dalam air laut disebut sebagai ...
a. kecerahan air laut
b. densitas air laut
c. salinitas air laut
d. viskositas air laut
e. material padatan tersuspensi
 
Kunci
Ini kata kuncinya seperti ini:
- salinitas = kadar garam
- viskositas = kekentalan
- densitas = kerapatan
- kecerahan = kemampuan cahaya untuk menembus lapisan air pada kedalaman tertentu.
Kalau persentase material padatan dalam air laut yang namanya material padatan tersuspensi. Dalam ilmu kimia, suspensi adalah suatu campuran fluida yang mengandung partikel padat.
 
65. Gelombang dari laut dalam yang akan menuju ke pantai tanpa melalui bangunan pantai selalu akan mengalami ....
a. proses refleksi dan refleksi gelombang
b. proses difraksi dan refleksi gelombang
c. proses shoaling dan refleksi gelombang
d. proses shoaling dan refraksi gelombang
e. proses refleksi gelombang 
 
Kunci
Gelombang yang merambat menuju tepi pantai akan mengalami beberapa proses perubahan ketinggian gelombang sebagai akibat dari proses pendangkalan (wave shoaling), refraksi, difraksi atau proses refleksi sebelum akhirnya gelombang tersebut pecah (wave breaking). Ternyata untuk urusan gelombang di pantai ini rumit juga.
Refraksi gelombang di pantai
Jika suatu muka barisan gelombang datang membentuk sudut miring terhadap tepi pantai yang mempunyai kemiringan dasar landai dengan kontur-kontur kedalaman sejajar dengan pantai, maka muka gelombang akan berubah arah dan cenderung menjadi sejajar dengan garis pantai atau mengalami proses pembiasan (refraksi). Selanjutnya arah perambatan berangsur-angsur berubah dengan berkurangnya kedalaman (shoaling), sehingga dapat diamati bahwa muka gelombang cenderung sejajar dengan kedalaman.
 

Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close