Guru Geografi - Blog Guru Geografi Gaul
News Update
Loading...

Selasa, April 6

Cerita Pengalaman Pertama Vaksinasi Covid Dosis Pertama

Cerita Pengalaman Pertama Vaksinasi Covid Dosis Pertama

Halo pemirsa sekalian salam sejahtera semoga kita semua tetap diberkahi kesehatan oleh Allah SWT. Kali ini saya akan cerita sedikit mengenai kegiatan vaksinasi Covid yang telah saya lakukan.

Jadi ceritanya beberapa bulan lalu sekolah kami sudah mendaftarkan semua guru dan karyawan untuk giliran dapat vaksinasi Covid. Hal ini tentu untuk mendukung pemerintah agar Indonesia cepat mendapatkan Herd Immunity sehingga kembali ke kehidupan normal.

Vaksinasi pertama Covid dosis pertama dilakukan di salah satu sekolah swasta di Galaxy Bekasi Selatan. Saya menerima jadwal vaksinasi baru kemarin dan diminta datang esok hari (6 April). Dalam hati, ini dadakan sekali karena biasanya seminggu atau dua minggu sebelumnya udah dikasih tahu.

Oke berhubung besok akan divaksinasi maka hari sebelumnya saya menjaga diri dengan makan makanan bergizi, beli buah apel, mengurangi aktivitas berat dan tidur cukup. Kenapa saya beli apel, karena apel bisa menstabilkan tekanan darah sepengalaman saya.

Hari ini pagi hari saya bersiap dari rumah untuk pergi ke tempat vaksinasi di SMP PB Soedirman Galaxy. Jadwal vaksinasi tertulis pukul 11.00 dan saya berangkat jam 11.30 pakai motor dari rumah. Gak 30 menit udah nyampe di TKP dan pasti udah banyak orang datang.
Vaksinasi untuk kebaikan bersama
Saya lalu bawa formulir antrian dan dapat nomor 277, lalu mengisi dulu identitas. Sudah banyak teman-teman guru dan karyawan lain yang stand by menunggu giliran divaksin. Sampai pukul 12 ternyata saya belum juga dipanggil, akhirnya break dulu jam 12.00 untuk sholat zuhur dan makan siang.

Daripada madesu ya udah saya dan teman-teman nongkrong dulu di food court samping sekolah untuk ngopi sambil merileksan diri supaya tensi stabil. Usut punya usut beberapa teman juga ada yang gagal divaksin karena tensi tinggi, mungkin karena grogi atau emang ada turunan hipertensi. Kalau tensi tinggi gak boleh divaksin dulu jadi diminta istirahat 15 menit dan merilekskan diri.

Nah jadi sobat perlu ingat ya, kalau mau divaksin harus rileks santai saja jangan mikirin macam-macam hal negatif nanti malah gak jadi vaksinnya. Selepas jam 12.00 saya lalu dipanggil giliran untuk cek suhu tubuh, lalu daftar di meja pendaftaran. 

Dari meja pendaftaran lalu menuju meja ukur tensi, alhamdulillah tensi 120/70 normal saja bos. Jadi langsung ke meja dokter ditanya apakah sedang mengonsumsi obat tertentu atau memiliki riwayat penyakit bawaan dll.

Di meja dokter clear karena saya masih alhamdulillah sehat dan gak sedang sakit berat atau mengonsumsi obat apapun. Lalu langsung ke meja vaksinasi. Vaksinasi dosisi 1 ini gak lama hanya beberapa detik daan tidak terasa karena jarumnya kecil sekali.
Beres vaksinasi tahap 1
Setelah vaksin dimaksukan lalu ke meja observasi untuk dicek apakah ada efek yang terasa. Kalau sudah clear maka diberikan print out jadwal vaksinasi kedua. Jadwal vaksinasi kedua saya adalah 4 Mei jadi masih lumayan lama.

Itulah sedikit cerita vaksinasi covid 19 yang saya lalui dan yang penting kita harus optimis dan jangan share berita-berita negatif vaksin karena itu justru akan melemahkan imun kita dan membuat kita menjadi orang yang suuzon. Nabi pun melarang kita berbuat demikian, berita-berita bohong tentang dampak vaksin adalah hasil dari kaum-kaum tidak bertanggung jawab.

Kalaupun ada dampak yang ditimbulkan misalnya, itu kan di berita hanya beberapa mungkin 1 banding berapa juta orang. Dalam aspek ilmiah berarti itu case khusus bukan dipukul rata dampaknya sama ke semua orang. Yang penting kita jujur jika punya riwayat penyakit ya sampaikan aja nanti ke dokternya. Salam waras dan mari berjuang kembali ke kehidupan normal.
Prediksi UTBK Geografi 2021 Sistem Informasi Geografi + Kunci Jawaban

Prediksi UTBK Geografi 2021 Sistem Informasi Geografi + Kunci Jawaban

Sistem Informasi Geografi atau SIG adalah suatu kombinasi antara teknologi komputer dan ilmu geografi. SIG pada dasarnya adalah suatu sistem yang mampu mengolah, memanipulasi data spasial dan non spasial secara bersamaan.

Di jaman sekarang semua bidang kehidupan sudah menggunakan teknologi SIG untuk memudahkan perancangan kegiatan hingga evaluasi sebuah kegiatan. Sistem Informasi Geografi adalah kombinasi antara komputer, internet, satelit dan manusia.

Berikut ini contoh soal UTBK yang berkaitan dengan SIG. Silahkan dipelajari dengan maksimal. Jangan lupa share blognya ke teman-teman lain.
Soal UTBK SIG dan Jawabannya
1. Data berupa garis, titik, garis, luasan dan citra satelit dikelompokkan pada jenis data . . . .
a. vektor
b. raster
c. poligon
d. spasial
e. digital
 
Kunci
Data vektor adalah data yang menampilkan pola keruangan dalam bentuk titik, garis, kurva atau poligon. Sementara data yang berbentuk pixel dinamakan data raster.
 
2. Data Input SIG:
1. Jenis tanah
2. Foto udara
3. Nama jalan
4. Citra satelit
5. Data populasi
Yang termasuk data teristris ditunjukkan angka ....
a. 2,3 dan 4
b. 2,3, dan 5
c. 1, 2 dan 4
d. 1,3 dan 5
e. 1,3 dan 4

Kunci
Data teristris adalah data yang diperoleh dari hasil observasi langsung di lapangan. Contoh data teristris adalah data jenis tanah, nama jalan dan data populasi penduduk.
 
3. Pernyataan:
1. Memiliki referensi georeferensi yang nyata di permukaan bumi.
2. Dapat dikelola menjadi peta-peta tematik sesuai dengan jenis fiturnya dalam dunia nyata.
3. Data berbentuk tabel.
4. Hanya bersifat sebagai atribut saja
Objek ditunjukkan dalam bentuk, ukuran, warna, dan skala yang berbeda sesuai dengan tujuan
Karakteristik data spasial ditunjukkan angka ...
a. 1, 3 dan 5
b. 1, 2 dan 5
c. 2, 3 dan 4
d. 2 ,4, dan 5
e. 1, 4 dan 5

Kunci
Data spasial ini merupakan data pokok yang diolah dalam SIG. Karakteristik data spasial antara lain:
1. Memiliki referensi georeferensi yang nyata di permukaan bumi.
2. Dapat dikelola menjadi peta-peta tematik sesuai dengan jenis fiturnya dalam dunia nyata.
3. Objek ditunjukkan dalam bentuk, ukuran, warna, dan skala yang berbeda sesuai dengan tujuan
4. Dibentuk oleh keterkaitan yang nyata antara objek geometris dengan atribut yang menjelaskan objek tersebut
5. Terdapat dua bentuk dari aspek komponen spasial ini yaitu lokasi absolut dan lokasi relatif
Jadi jawaban yang tepat adalah 1, 2 dan 5.

4. Pemerintah saat ini tengah gencar untuk membuat waduk di beberapa daerah untuk mengantisipasi kekeringan dan sebagai sumber air masyarakat. Urutan proses kerja SIG untuk menghasilkan informasi perencanaan waduk adalah ...
a. Digitasi-peta dasar-peta tematik-overlay-masterplan waduk
b. Peta dasar-peta tematik-digitasi-overlay-masterplan waduk
c. Peta tematik-digitasi-peta dasar-overlay-masterplan waduk
d. Peta tematik-overlay-peta dasar-digitasi-masterplan waduk
e. Overlay-digitasi-peta dasar-peta tematik-masterplan waduk

Kunci
Tahap pertama proses SIG adalah masukan data, salah satunya melalui proses digitasi. Tahap kedua adalah pengolahan data yang menghasilkan peta dasar dan peta tematik. Tahap ketiga adalah manipulasi dan analisis data dengan cara overlay salah satunya. Terakhir adalah hasil keluaran berupa masterplan waduk. Jadi jawabannya adalah Digitasi-peta dasar-peta tematik-overlay-master plan waduk

5. Software SIG:
1. ESRI
2. Google Earth
3. ArcGIS
4. Google Map
5. MapInfo
Aplikasi berbasis SIG yang bersifar open source ditunjunkan angka ...
a. 1 dan 5
b. 2 dan 5
c. 2 dan 4
d. 1 dan 3
e. 3 dan 4

Kunci
Aplikasi open source adalah aplikasi yang bisa diakses publik/umum secara luas tanpa harus berlangganan atau membeli terlebih dahulu. Contohnya Google Earth dan Google Map.
 
6. Makin sempit permukaan bumi yang ditampilkan oleh setiap piksel, makin tinggi resolusi spasialnya. Hal ini membuktikan bahwa resolusi data raster merujuk pada .... 
a. ukuran di permukaan bumi
b. jenis objek di permukaan bumi
c. posisi di permukaan bumi
d. kemiringan sensor
e. waktu perekaman

Kunci
Semakin kecil ukuran atau makin sempit wilayah permukaan bumi yang ditampilkan oleh setiap piksel, makin rinci atau detail tampilannya. 

7. Ciri-ciri:
1.  Data dapat di up-date (diperbaharui)    
2.  Dapat menganalisis data                   
3.  Sebagai basis data                   
4.  merepresentasikan real world                   
5.  informasi yang cepat, tepat dan akurat   
Yang merupakan keunggulan Sistem Informasi Geografi adalah . . . .                   
A.  1, 2 dan 3                   
B.  1, 3 dan 5                   
C.  2, 3 dan 4                   
D.  5 saja                   
E.  1, 2, 3, 4 dan 5   

Kunci
Keunggulan SIG ditunjukkan semua ciri-ciri yang disebutkan pada soal dari 1 sampai 5

8. Perhatikan pernyataan berikut !
1.    analisis kesesuaian rute dan ketentuan rute
2.    inventarisasi jaringan transportasi
3.    manajemen pemeliharaan/perencanaan perluasan jaringan transportasi
4.    menyusun konsep regional
5.    manajemen training sopir angkutan umum
Manfaat SIG dalam bidang dunia transportasi ditunjukkan dengan  nomor . . . .
A.    1, 2 dan 3
B.    2, 3 dan 4
C.    3, 4 dan 5
D.    4, 5 dan 1
E.    5, 1 dan 2

Kunci
Di bidang tranportasi SIG dapat dimanfaatkan untuk beberapa kepentingan diantaranya analisis kesesuaian rute dan ketentuan rute, inventarisasi jaringan transportasi dan manajemen pemeliharaan atau perencanaan jaringan transportasi.

9. Hasil system informasi geografi dapat dimanfaatkan untuk menentukan lokasi pertanian. Hal itu dapat dilakukan karena melalui system informasi geografi dapat diketahui . . . .
A.    Kondisi fisik suatu wilayah
B.    Keadaan sosial penduduk daerah pedesaan
C.    Kesuburan suatu daerah di permukaan bumi
D.    Kemajuan penduduk di suatu daerah
E.    Kenampakan buatan di suatu daerah

Kunci
Di bidang pertanian SIG dapat memetakan kesuburan tanah pada suatu wilayah sehingga bisa digunakan untuk perencanaan kegiatan pertanian yang tepat.

10. Alasan yang paling tepat digunakannya analisis jaringan sebagai bentuk analisis untuk pengembangan Trans-Jawa adalah ….
a. karena analisis jaringan menjelaskan hubungan timbal balik topografi yang terbentuk dari suatu fenomena
b. karena analisis jaringan mampu menjelaskan sebab akibat jaringan transportasi tersebut dibangun
c. karena analisis jaringan mampu menginterpretasikan kekuatan interaksi antar wilayah dalam hubungan suatu garis
d. karena analisis jaringan mampu menjelaskan hubungan iklim dengan topografi di Jawa
e. karena analisis jaringan mampu menginterpretasikan bentuk morfologi pulau Jawa

Kunci
Alasan yang paling tepat digunakannya analisis jaringan sebagai bentuk analisis untuk pengembangan Trans-Jawa adalah karena analisis jaringan mampu menginterpretasikan kekuatan interaksi antara wilayah yang selayaknya terhubung dalam suatu garis sehingga mendapatkan pola-pola hubungan antar wilayah yang tercipta.

Minggu, April 4

Prediksi UTBK Geografi 2021 Dinamika Atmosfer + Kunci Jawaban

Prediksi UTBK Geografi 2021 Dinamika Atmosfer + Kunci Jawaban

Halo kawan-kawan, berhubung sebentar lagi kita memasuki musim UTBK maka kita akan coba bahas contoh latihan soalnya. Soal akan diberikan per topik biar enak mempelajarinya.

Untuk kali ini saya coba berikan contoh soal utbk dinamika atmosfer terlebih dahulu. Soal dibagi menjadi soal level mudah sampai soal susah. Silahkan dishare ke teman-teman jika bermanfaat.

1. Jenis hujan yang terjadi karena massa udara naik di wilayah pegunungan adalah hujan ...
a. orografis
b. konveksi
c. frontal
d. vertikal
e. siklonal

Kunci
Ini masuk kategori soal mudah ya gan. Menurut proses pembentukannya, hujan terbagi menjadi hujan konveksi, hujan orografis dan hujan frontal.

Hujan orografis adalah hujan yang terjadi di wilayah pegunungan. Hujan orografis dapat terjadi karena adanya kenaikan udara mengandung uap air yang dibawa oleh angin dari daerah bawah (lembah) menuju ke atas.

Proses naiknya udara yang mengandung uap air ke atas dan menyebabkan terjadinya penurunan suhu di atas gunung hingga terkondensasi dan berakhir dengan turunnya hujan inilah yang disebut sebagai hujan orografis.

2. Perhatikan pernyataan berikut!
1. Kepunahan spesies.
2. Intrusi air laut ke daratan.
3. Perubahan pola curah hujan.
4. Inflasi harga pangan.
5. Pengangguran meningkat.
Dampak perubahan iklim global di bidang ekonomi ditunjukkan oleh pernyataan nomor ....
a. 4 dan 5
b. 1 dan 2
c. 2 dan 3
d. 1 dan 5
e. 3 dan 4

Kunci
Global warming adalah suatu fenomena naiknya rata-rata suhu atmosfer dikarenakan meningkatnya konsentrasi gas rumah kaca di atmosfer sehingga meningkatkan terjadinya efek rumah kaca. Efek rumah kaca yang terus meningkat ini menyebabkan fenomena global warming.

Dampak global warming terjadi pada semua bidang kehidupan. Di bidang ekonomi global warming dapat menyebabkan hal berikut diantaranya:
1.    Meningkatnya pengangguran
2.    Inflasi harga pangan
3.    Terganggunya ekspor impor
4.    Terjadinya disrupsi pekerjaan

3. Pemanasan global selain memberikan dampak negatif, juga bisa memberikan dampak positif. Yang termasuk dampak positif pemanasan global ….
a. Menurunnya ekspor barang
b. Meningkatnya intrusi di kota-kota pantai
c. Penurunan sumber daya air secara kualitatif maupun kuantitatif
d. Menambah biaya transfer barang antar negara
e. Berkurangnya tenaga listrik untuk pemanasan 

Kunci
Pemanasan global berdampak positif pada daerah yang dingin karena suhu yang menghangat membuat pemakaian alat pemanas listrik semakin berkurang sehingga beban listrik berkurang.

4. Pernyataan:
1. Pantai sebelah barat setiap pulau memperoleh jumlah hujan selalu lebih banyak daripada pantai sebelah timur.
2. Curah hujan di Indonesia bagian barat lebih besar daripada Indonesia bagian timur.
3. Curah hujan berkurang sesuai dengan ketinggian tempat.
4. Di daerah pedalaman, di semua pulau musim hujan jatuh pada musim kemarau.
Yang bukan termasuk pola umum curah hujan di Indonesia ditunjukkan angka ...
a. 1 dan 3
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 1 dan 2
e. 2 dan 4

Kunci
Pola umum curah hujan di Indonesia antara lain dipengaruhi oleh letak geografis. Secara rinci pola umum hujan di Indonesia dapat diuraikan sebagai berikut:
1. Pantai sebelah barat setiap pulau memperoleh jumlah hujan selalu lebih banyak daripada pantai sebelah timur.
2. Curah hujan di Indonesia bagian barat lebih besar daripada Indonesia bagian timur. Sebagai contoh, deretan pulau-pulau Jawa, Bali, NTB, dan NTT yang dihubungkan oleh selat-selat sempit, jumlah curah hujan yang terbanyak adalah Jawa Barat.
3. Curah hujan bertambah sesuai dengan ketinggian tempat. Curah hujan terbanyak umumnya berada pada ketinggian antara 600 – 900 m di atas permukaan laut.
4. Di daerah pedalaman, di semua pulau musim hujan jatuh pada musim pancaroba. Demikian juga halnya di daerah-daerah rawa yang besar.
5. Bulan maksimum hujan sesuai dengan letak DKAT.
6. Saat mulai turunnya hujan bergeser dari barat ke timur
Jawaban yang salah adalah 3 dan 4.

5. Jika temperatur udara pada ketinggian 0 meter 26 ⁰C dan setiap kenaikan 100 meter, temperatur udara turun 0,6 ⁰C, maka kemungkinan temperatur udara pada ketinggian 2.500 meter adalah . . . .
a. 25 ⁰C
b. 18 ⁰C
c. 15 ⁰C
d. 11 ⁰C
e. 8⁰C

Kunci
Ini menggunakan rumus gradien lapse termis di troposfer. Rumusnya:
Tx = 26,3⁰ (atau suhu wilayah yang diketahui) - (h/100 x 0,6⁰)
   Tx = 26 - (2.500/100 x 0,6)
             = 26 -(15)
             = 11⁰C
 
6. Angin yang berhembus dari daerah subtropik kedaerah ekuator adalah . . . .
a.  angin episodik  
b.  angin pasat
c.  angin fohn
d.  angin siklon
e.  angin antisiklon

Kunci
Angin pasat (Trade winds) adalah angin yang bertiup tetap sepanjang tahun dari daerah subtropis menuju ke daerah ekuator (khatulistiwa). Angin passat erdiri dari Angin Pasat Timur Laut bertiup di belahan bumi Utara dan Angin Pasat Tenggara bertiup di belahan bumi Selatan. 
Sistem angin global
7. Pernyataan:
1. daratan lebih cepat melepas panas dibanding perairan
2. amplitudo harian di daerah arid lebih tinggi dibanding daerah humid
3. semakin tinggi letak lintang, kerapatan vegetasi semakin tinggi
4. wilayah ekuator tidak terjadi kestimbangan geostropik
5. troposfer di daerah kutub lebih tebal dibandingkan daerah ekuator
Pernyataan yang salah terkait karateristik dinamika atmofser di permukaan bumi ditunjukkan angka ....
a. 1 dan 3
b. 3 dan 5
c. 2 dan 4
d. 4 dan 5
e. 2 dan 5

Kunci
Semakin tinggi letak lintang maka semakin menjauhi ekuator, artinya intensitas penyinaran dan curah hujan akan semakin menurun. Maka kerapatan vegetasi semakin renggang, dan biodiversitasnya pun semakin menurun. 

Tropsfer didaerah kutub itu lebih tipis dibandingkan daerah ekuator karena daerah ekuator cenderung hangat sehingga udara yang memanas akan naik dan menambah tebal troposfer.

8. Awan yang menimbulkan hujan adalah ....
a. cirrus
b. stratus
c. cumulus
d. altocumulus
e. lenticular

Kunci
Awan stratus adalah awan rendah yang banyak mengandung uap air sehingga menghasilkan hujan. Awan stratus berwarna kelabu dan sering menimbulkan hujan yang cukup lama.

9. Fenomena alam :
1.    relief   
2.    angin   
3.    jenis tanah
4.    wilayah laut
5.    jetstream
Yang termasuk faktor yang menentukan curah hujan di Indonesia adalah nomor . . . .
a. 1, 2, dan 3     
b. 1, 3, dan 5     
c. 2, 3, dan 4
d. 3, 4, dan 5
e. 1, 2 dan 4

Kunci
Faktor pembentuk curah hujan di Indonesia adalah relief, angin dan wilayah lautan. Relief pegunungan akan memicu banyak hujan orografis. Indonesia dipengaruhi dua sirkulasi angin musim yaitu muson barat dan muson timur. Wilayah Indonesia dikelilingi perairan yang membuat penguapan tinggi sehingga mempengaruhi terbentuknya awan hujan.

10. Perhatikan pernyataan berikut.
1.  sudut datang sinar matahari
2.  lama waktu penyinaran matahari
3.  tekanan udara di suatu tempat
4.  tutupan awan di atmosfer  
5.  kekuatan angin berhembus
Dari pernyatan di atas faktor yang mempengaruhi banyak sedikitnya sinar matahari yang diterima permukaan bumi adalah nomor. . . .
a. 1,  2,  3 
b. 1,  2,  4 
c. 1,  3,  5
d. 2,  3,  4
e. 3,  4,  5 

Kunci
Faktor yang mempengaruhi intensitas radiasi panas yang diterima permukaan bumi adalah:
1. lama penyinaran
2. sudut datang matahari
3. letak lintang
4. tutupan awan
5. topografi
6. relief permukaan bumi

Kamis, April 1

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 26-30

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 26-30

Halo kawan-kawan kembali lagi mimin akan coba berikan contoh pembahasan KSK Kebumian nomor 26-30 nih.

Topik di materi nomor ini sudah masuk astronomi dan banyak siswa yang kesulitan mengerjakan soal ini. Memang lebih susah sih dibanding soal meteorologi, oseanografi atau geologi.

Yang jelas kalian harus banyak membaca literasi terkait astronomi dan rumus-rumus fisika yang ada di dalamnya. Cari bahan di modul kuliah astronomi di internet.
26.  The name for the imaginary arc above your head, stretching north-to-south through the point directly above an observer in celestial sphere is …
a. celestial ecliptic
b. celestial equator
c. celestial poles
d. meridian
e. zenith

Kunci
Gimana bisa translate bahasa Inggris nya ga?. Nama garis imajiner yang melengkung diatas kepala kita dari utara ke selatan dinamakan apa?. Namanya adalah garis meridian ya teman-teman. Cek gambarnya di bawah ini. Ada beberapa konsep tentang bola langit, silahkan pahami tentang zenith, nadir, ekliptika, horizon dll. Sumber: Wikipedia
Garis bola langit
27. Bagi pengamat di Ekuator Bumi hasil pengamatan titik Aries sepanjang tahun adalah …
a. titik Aries terbit dan terbenam di titik yang sama di horizon
b. titik Aries terbenam di titik Barat pada tanggal 21 Maret
c. titik Aries tidak pernah terbenam kecuali pada tanggal 21 Maret
d. titik Aries tidak pernah terbit kecuali pada tanggal 23 September
e. titik Aries selalu terbenam di titik Barat dan terbit tidak selalu di titik Timur

Kunci
Ini kamu harus paham tentang konsep koordinat bola langit ekuator. Mirip sih dengan sistem koordinat geografi yang dinyatakan dalam bujur dan lintang, sistem koordinat ekuator dinyatakan dalam asensio rekta dan deklinasi. 
 
Kedua sistem koordinat tersebut menggunakan bidang fundamental yang sama, dan kutub-kutub yang sama. Ekuator langit sebenarnya adalah perpotongan perpanjangan bidang ekuator Bumi pada bola langit, dan kutub-kutub langit sebenarnya merupakan perpanjangan poros rotasi Bumi (yang melewati kutub-kutub Bumi) pada bola langit.
 
Seperti halnya bujur, asensio rekta dihitung sepanjang lingkaran yang sejajar ekuator. Asensio rekta dihitung ke arah timur mulai dari titik Aries atau titik Vernal Ekuinok yang merupakan salah satu titik perpotongan antara bidang ekliptika dan ekuator langit, tempat Matahari berada pada tanggal 21 Maret.
Koordinat bola langit ekuator

Jadi titik aries itu titik acuan koordinat bola langit. Begini hukumnya
1. titik aries adalah titik koordinat acuan (0,0) untuk koordinat ekuator langit.
2. titik ini terletak dan beredar di sepanjang ekuator langit yang merupakan perpanjangan ekuator bumi. 
3. lingkaran ekuator langit adalah lingkaran besar yang menghubungkan titik timur dan barat tepat diatas ekuator bumi.
4. jadi bagi pengamat di ekuator, titik aries setiap hari selalu terbit tegak lurus horizon tepat di titik timur, mencapai zenit dan selalu tenggelam tegak lurus horizon tepat di titik barat
Jadi jawabannya B.

28. Pola bintang di rasi bintang hampir tidak berubah bahkan bila diamati dalam beberapa ribu tahun. Hal itu disebabkan oleh …
a. bintang tampak tidak bergerak, karena Bumi yang bergerak bersama-sama Matahari dalam Galaksi Bima Sakti
b. bintang bergerak, tetapi sangat lambat, hanya beberapa kilometer dalam ribuan tahun.
c. meskipun sebagian besar bintang bergerak di langit, bintang-bintang yang paling terang tidak, dan ini yang digunakan untuk melacak pola yang kita lihat pada rasi bintang.
d. bintang-bintang di langit sebenarnya bergerak relatif cepat terhadap kita dengan kecepatan ribuan kilometer per jam tetapi berjarak sangat jauh sehingga diperlukan waktu lama agar gerakan tersebut dapat membuat perubahan nyata dalam pola rasi bintang yang diamati.
e. bintang-bintang dalam konstelasi bergerak bersama sebagai sebuah kelompok, yang cenderung menyembunyikan gerakan mereka yang sebenarnya dan mencegah perubahan pada pola rasi bintang yang diamati

Kunci
Rasi bintang tidak terlihat berubah karena faktor jarak yang sangat jauh dari pengamat di bumi. Bintang itu sebenarnya bergerak cepat dengan kecepatan ribuan km per jam tapi karena jaraknya yang bisa ribuan dan jutaaan tahun cahaya maka terkesan gak berubah jika dilihat dari bumi. 1 detik cahaya = 300.000 km, coba berapa jika 2 detik cahaya, 1 jam cahaya, 1 hari cahaya, 1 minggu cahaya, 1 tahun cahaya. Ini bisa jutaan tahun cahaya, sebuah angka yang sangat tidak bisa dibandingkan hitungan jarak di bumi.

29. Pluto berotasi dengan periode 6,3 hari yang sama dengan periode orbit bulannya Charon. Saat seorang astronot mendarat di Pluto, dia melihat Charon di atas kepala. Tiga hari kemudian, dari lokasi yang sama, astronot akan melihat ...
a. Charon berada di posisi yang sama
b. Charon lebih dekat ke cakrawala Timur
c. Charon lebih dekat ke cakrawala Selatan
d. ukuran Charon membesar
e. Charon telah terbenam

Kunci
Ini bisa dilogika sederhana, kan Pluto itu periode rotasinya sama dengan Charon. Jadi gerakan Pluto itu sama dengan Charon. Maka astronot akan melihat posisi Charon sama dari lokasi yang sama juga.

30. Bila jarak rata-rata Bumi – Matahari 1,496×108 km dilihat dari sebuah bintang yang berjarak 4,5 tahun cahaya dari Matahari maka jarak sudut Bumi – Matahari adalah ...
a. 0,30 detik busur
b. 0,75 detik busur
c. 1,5 detik busur
d. 4,5 detik busur
e. 14,9 detik busur
 
Kunci
Ini pakai metode hitung paralaks bintang gan. Rumusnya di bawah ini:
Rumus paralaks
Ingat 1 parsec it u = 3,26 tahun cahaya, jadi perhitunganya:
d★ = 4,5 Ly (light year)  Ly = 4,5: 3,26 = 1,38 Pc
p = ….
p = 1 / d★
p = 1 / 1,38 = 0,72 detik busur...paling dekat 0,75 di pilihan jawaban

Rabu, Maret 31

Peluang Bisnis Beras Organik WellFarm Untuk Milenial

Peluang Bisnis Beras Organik WellFarm Untuk Milenial

Ada pepatah bahwa orang Indonesia itu belum disebut "makan" jika belum menyantap nasi hari ini juga. Hal tersebut memang benar adanya dan sudah menjadi warisan leluhur bahwa bangsa kita adalah bangsa agraris dan menjadikan beras sebagai bahan pangan utama.

Saat ini berdasarkan data pemerintah, angka rata-rata konsumsi beras nasional mencapai 111,58 kilogram per kapita per tahun. Artinya setiap hari setidaknya kita makan 0,3 kg beras. Komoditas beras saat ini bervariasi di pasaran dari yang mulai kelas standar hingga kelas tertinggi.

Bicara kualitas beras tentunya teknologi pertanian seperti pestisida sangat masif digunakan saat ini untuk meningkatkan kapasitas produksi. Akan tetapi disisi lain zat kimia dari pestisida akan masuk kedalam bulir padi dan ketika dikonsumsi akan berdampak buruk bagi tubuh di kemudian hari.
Pestisida mengandung racun kimia berbahaya bagi tubuh
Berkaca dari hal tersebut kini para petani mulai melirik kembali pengembangan beras organik tanpa pestisida. Saat ini sudah semakin banyak orang yang sadar bahwa kesehatan itu berharga, salah satunya dengan mengonsumsi beras yang biasa mereka makan menjadi beras merah atau bahkan beras organik. 
 
Banyak manfaat yang sudah terbukti bisa didapatkan ketika menggunakan beras merah, beras merah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu jenis kandungan antioksidan dalam beras merah adalah antosianin. Kandungan ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan bagi orang – orang yang ingin melakukan diet. 
 
Antioksidan yang terdapat dalam beras merah juga memiliki manfaat untuk menghindari kanker atau penyakit tumor. Selain itu, konsumsi beras merah secara rutin diketahui dapat menurunkan kolesterol yang terdapat dalam tubuh.

Ingat bahwa kesehatan itu mahal, tapi jika anda sakit maka akan jauh lebih mahal lagi biayanya. Lebih baik kita mulai memperbaiki asupan pangan ke dalam tubuh kita dengan mengganti beras biasa menjadi beras organik.

Peluang Jadi Reseller dan Dropshipper Beras Organik
Nah bagi anda yang sedang ingin mencoba merubah kebiasaan sehat dari mengonsumsi beras biasa menjadi beras organik, anda bisa melakukan hal tersebut sambil mencoba menjadi reseller atau dropshipper.

Sebelumnya mungkin anda pernah dengar tentang reseller dan dropship. Sebenarnya jenis usaha apakah ini? Kenapa terlihat menjanjikan? Bisnis dropship merupakan jenis bisnis yang bisa anda lakukan tanpa modal. Wah menarik ya? Tentu saja bisnis ini menjadi salah satu peluang usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga hingga karyawan yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Jadi, sistem bisnis dropship memungkinkan anda menjadi “marketing” atau menjualkan barang milik orang lain tanpa harus memiliki barang tersebut. Sistem pemasarannya pun hanya membutuhkan gadget saja jadi anda bisa memasarkan produk dimana saja. Ketika anda mendapatkan pesanan nantinya anda hanya perlu meneruskannya ke pihak distributor dan biarkan distributor yang akan mengirimkan produk kepada pembeli.

Bisnis dropshipper juga berbeda dengan bisnis reseller, dimana bisnis reseller juga bisa digunakan sebagai salah satu peluang usaha rumahan yang memungkinkan anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan. 
 
Namun, jika anda ingin menjadi reseller anda harus memiliki modal terlebih dahulu. Nantinya anda harus memiliki stok barang terlebih dahulu baru bisa menjual barang tersebut untuk mendapatkan keuntungan. Tentu saja masing – masing sistem bisnis ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Jika anda tertarik mulai bisnis beras merah. Anda bisa mencari salah satu produk beras merah dan beras organik unggulan dari WellFarm yang sudah melalui tahap intensifikasi beras. Wellfarm adalah salah satu brand beras organik lokal yang sedang berkembang dan saat ini mulai dikenal publik.

Saatnya anda merubah pola hidup dari beras biasa berpestisida menjadi beras ogranik sekaligus meraih cuan dengan gabung di bisnis beras ogranik WellFarm.
Pilihan beras organik WellFarm

Apa saja keuntungan join di member WellFarm?
Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan jika bergabung menjadi dropshipper dan reseller WellFarm. Cek di bawah ini.
Satu hal yang perlu diingat bahwa bisnis ini bukan bisnis MLM, tidak ada target penjualan, tidak perl stock barang dan tidak perlu packing barang. Anda tinggal mencoba memaksimalkan list customer di nomor WA, email, FB atau instagram anda untuk menjaring konsumen.

Tertarik untuk join dan mengenal lebih jauh bisnis beras organik WellFarm ini?. Buruan gabung sekarang juga dengan klik Join Sekarang di bawah. Semakin cepat anda bergabung maka semakin cepat peluang anda mendapatkan konsumen hari ini juga karen beras bukan produk musiman tapi produk harian yang selalu dibutuhkan masyarakat.

Selasa, Maret 30

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 21-25

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 21-25

Halo pejuang KSN Kebumian lanjut kita akan bahas jawaban soal nomor 21-25 ya. Topiknya seputar meteorologi dan klimatologi.

Soal no 21-25 ini sudah banyak hitung-hitungan ya guys, jadi pastikan kalian pahami rurmus-rumus seputar tekanan udara, gradien termis, kelembaban relatif dan lainnya deh pokoknya.
 
Kadang juga ada soal yang rumusnya emang susah banget dan kalau buat anak IPS sih pasti klenger. Anak IPA juga yan ikut kebumian mungkin gak semuanya bisa, hanya beberapa saja yang paham rumus-rumus fisika angin.
21. Troposfer di ekuator lebih …. dibandingkan di kutub, karena suhu di ekuator lebih … dibandingkan di kutub.
a. tipis, panas
b. tebal, panas
c. tipis, dingin
d. tebal, tingin
e. tebal, tergantung musim
 
Kunci
Di daerah ekuator atau khatulistiwa nih gan ketinggian lapisan troposfer bisa mencapai hingga kurang lebih 17 km. Di ekstratropis (lintang tengah) ketinggian maksimum troposfer bervariasi dari 12–17 km, sedangkan di kutub hanya mencapai 5–8 km. Semakin jauh dari permukaan bumi, temperatur di troposfer semakin dingin. Hal ini menjadikan bahwa troposfer adalah lapisan tidak stabil. 

Troposfer lebih tebal di atas khatulistiwa daripada kutub karena khatulistiwa lebih hangat. Perbedaan panas di permukaanbumi menyebabkan arus konveksi mengalir dari khatulistiwa ke kutub. Semakin hangat cuaca maka troposfer makin tebal, gitu kesimpulannya.
Ketebalan troposfer di ekuator dan kutub
22. For a given force per mass (F/m) of 5x10-⁴ m.s-² on a rest air parcel. How fast the air parcel will moving after 30 minutes?
a. 0.015 m s-¹
b. 1.5 m s-¹
c. 0.9 m s-¹
d. 9 m s-¹
e. 45 ms-¹
 
Kunci
Saya cari jawaban di google ada di diktat berikut>>link
Penjelasannya silahkan baca sendiri ya, saya kurang paham kalau soal hitungan model rumit kaya gini. Jawabannya D.

23. Yogyakarta (YG) berada sekitar 400 km sebelah barat Surabaya (SU). Tekanan permukaan di YG dan SU berturut turut adalah 101 kPa dan 100 kPa. Tentukan besar gaya gradien tekanan persatuan massa jika diketahui densitas udara = 1.1 kg m-³.
a. 4.54x10-3 m.s-²
b. 2.27x10-3 m.s-²
c. 1.13x10-3 m.s-²
d. 3.45x10-3 m.s-²
e. 11.3x10-3 m.s-² 
 
Kunci
Nah soal ini juga sama kunci rumusnya ada di modul bahasa inggris yang linknya udah dishare di nomor atas. Kayaknya pembuat soalnya nyomot dari diktat diatas, cuma ganti nama kotanya aja. Hasilnya seperti di bawah. Jawabannya B
24. Berapakah kecepatan angin geostropik di sebuah titik dengan densitas udara 1.2 kg.m-3 dan fc=1.1x10-4 s-1 dan tekanan menurun sebesar 2 kPa setiap 800 km ke arah utara?
a. 0.00189 m.s
-1
b. 0.0189 m.s-1
c. 0,189 m.s-1
d. 1,89 ms-1
e. 18.9 m.s-1

Kunci
Soal ini juga sama ada di diktat yang udah ane kasih share linknya. Hasilnya dibawah. Saran saya sih jika soal tipe ini dirasa sulit, lewat aja jangan buang-buang waktu, fokus ke soal yang relatif mudah dan bisa dilogika. Kalau hitungan model gini emang susah.
 
25. Diketahui suhu udara di Bandung 23⁰C. Jika beda ketinggian Bandung dan Jakarta adalah 700 m   (Bandung lebih tinggi). Berapakah suhu di Jakarta jika diketahui Lapse-rate adiabatic kering berkisar 10⁰C/km.
a. 16⁰ C
b. 20⁰ C
c. 28⁰ C
d. 30⁰ C
e. 33⁰ C
 
Kunci
Untuk menghitungnya pakai rumus penurunan suhu troposfer tapi agak sedikit modifikasi sesuai ketentuan di soal. Rumus penurunan suhu di troposfer kan seperti ini umumnya:

Suhu daerah X = Suhu rata-rata pantai (26,3⁰) - (x 0,6⁰/100)
 
Tapi untuk soal ini ada modifikasi sedikit jadi seperti ini
 
Suhu Jakarta = 23⁰ + (selisih ketinggian) x 10⁰/1000

Pertanyaan
1. kenapa harus tambah?. karena Jakarta dataran rendah, pasti lebih panas
2. kenapa 10⁰ yang dipakai bukan 0,6?. karena ikut ketentuan lapse rate adiabatik kering di soal.
3. kenapa pakai 1.000 m? bukan 100 m?. karena di soal itu lapse rate nya 10 derajat/km atau 10 derajat per 1000 meter. Kan 1 km itu 1000 m.

Jadi hasilnya adalah
 
Suhu Jakarta = 23⁰ +  {(700) x 10⁰/1000)}
                      =  23 + 7 
                      = 30 derajat Celcius

Lanjut: nomor 26-30

Senin, Maret 29

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 96-100

Pembahasan Kunci Jawaban KSK Kebumian 2020 No 96-100

Hai teman-teman kita udah di penghujung soal KSK nih nomor 96-100, kita akan coba lagi berikan pembahasan kunci jawabannya.

Topiknya masih seputar geologi ya dan menurut saya sih gak susah-susah amat untuk nomor terakhir ini. Sebenarnya trik untuk memenangi KSK Kebumian itu adalah pastikan kuat di bagian meteorologi, oseanografi dan kebumian.

Satu topik terkait astronomi biasanya paling susah, hanya beberapa soal saja yang tergolong mudah. Jadi mending kuasai yang agak mudah.
 
96. Gambar di bawah ini termasuk dalam fosil jejak, yaitu ...
a. burrows
b. boring
c. cast
d. trail
e. track

Kunci
Sebenarnya bisa ditebak sih, karena banyak cetakan kakinya seperti langkah hewan maka pastinya adalah jejak kaki (track), ingat saja tracking itu kan jalan-jalan atau jalan kaki. Kalau dalam ilmu tentang fosil, jenis jejak organisme dikenal sebagai berikut:
1. Track: jejak berupa tapak mahluk hidup bisa individu maupun kawanan.
2. Trail: jejak berupa bagian tubuh yang lain, seperti badan, ekor, tungkai.
3. Burrow (liang) : jejak berupa lubang di tanah, kayu, batu atau substansi lain yang dibuat oleh organisme sebagai tempat berlindung/ untuk cari makan.
4. Boring (lubang): dibuat oleh hewan untuk mencari makan, melekat/berlindung, biasanya pada cangkang atau kayu. 
5. Coprolite: dapat berbentuk bulat, tabung, pellet like, komposisi kimia fosfat.
6. Gastrolith (Latin gastros: perut, lithos: batu): batu membulat, digunakan untuk membantu menghancurkan makanan pada reptil purba yang telah punah.
Jejak fosil
97.  Skala 1 : 50.000, menunjukkan bahwa ...
a. 8 cm pada peta = 400 m sesungguhnya di lapangan
b. 8 cm pada peta = 400 km sesungguhnya di lapangan
c. 4 cm pada peta = 400 m sesungguhnya di lapangan
d. 4 cm pada peta = 400 km sesungguhnya di lapangan
e. 8 cm pada peta = 4 km sesungguhnya di lapangan
 
Kunci
Ini hitungan dasar skala peta, 1 cm di peta = 50.000 cm di lapangan (0,5 km/500m) atau 1: 1/2 jadi kalau:
2 cm = 100.000 cm (1 km)
3 cm = 150.000 cm (1,5 km) 
4 cm = 200.000 cm (2 km)
Ya tinggal dikalikan aja, kalau 4 cm = 2 km maka kalau 8 cm = 4 km di lapangan

98. Tingkat kemampuan tanah atau batuan untuk meloloskan fluida/cairan dan biasanya dengan menggunakan satuan Darcy disebut ...
a. porositas
b. permeabilitas
c. viskositas
d. elektrisitas
e. densitas

Kunci
Banyak yang bingung apa sih bedanya permeabilitas dan porositas. Permeabilitas batuan didefinisikan sebagai kemampuan batuan dalam melewatkan fluida dalam medium pori yang saling berhubungan batuan"
 
Sedangkan porositas didefinisikan sebagai perbandingan antara volome batuan yang tidak terisi oleh padatan terhadap volume batuan secara keseluruhan.
 
Secara sederhana dapat kita simpulkan bahwa porositas adalah kemampuan untuk menyimpan, sedangkan permeabilitas atau kelulusan yaitu kemampuan untuk melepaskan/meloloskan fluida tanpa merusak partikel pembentuk atau kerangka batuan.
Hubungan porositas dan permeabilitas
99.  Pada gambar di samping, bagian yang ditunjukkan oleh angka 1 disebut ...
a. batholith
b. sill
c. dike
d. lacolith
e. apolisa
 
Kunci
Gambar menunjukan penampang tubuh intrusi magma. angka 1 adalah lacolith, penjelasan lengkapnya cek gambar di bawah ini saja.
Tubuh intrusi magma

 100.  Terdapat metoda geofisika yang dilakukan untuk menyelidiki penyebaran batuan di bawah permukaan berdasarkan perbedaan rapat masa batuan dari daerah sekelilingnya. Metode ini disukai untuk mempelajari kontak intrusi, batuan dasar, struktur geologi, endapan sungai purba, lubang di dalam masa batuan dan lain-lain. Metoda yang sesuai dengan ciri-ciri tersebut adalah ...
a. seismik
b. gravity
c. radar
d. geolistrik
e. magnetik
 
Kunci
Metode Gravitasi adalah salah satu metode dalam survey geofisika, yang termasuk sebagai metode pasif. Metode ini memanfaatkan perbedaan nilai medan gravitasi di permukaan bumi. Perbedaan/variasi nilai medan gravitasi tersebut kemudian dipetakan distribusinya.
 
Metode gravitasi ini dapat mengetahui kondisi geologi permukaan bawah tanah berdasarkan variasi medan gravitasi bumi di permukaan. Dalam bidang eksplorasi bahan galian, dari model yang dihasilkan dapat diketahui anomali medan gravitasi yang bisa mengindikasikan adanya suatu akumulasi mineral tertentu, atau barang tambang yang ekonomis. 
 
Selain itu, metode ini dapat juga digunakan untuk mendeteksi adanya struktur geologi, batuan dasar (basement), kontak intrusi batuan beku/magma, rongga dalam massa batuan, endapan sungai purba, logam terpendam dll. Metode ini memiliki sensitifitasi tinggi terhadap perubahan vertikal. 

Mau pembahasan KSN Geografi juga?. Cek di link berikut: Bahas 100 Soal KSK Geografi 

Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close