News Update
Loading...

Minggu, Juli 25

Keuntungan dan Kerugian Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Keuntungan dan Kerugian Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Hai geographers, kali kita bahas seputar letak geografis Indonesia yuk!. Nah kalian tentu selama ini tinggal di Indonesia sudah paham bahwa kita adalah negara kepulauan yang besar.

Namun pastinya kalian mungkin ada yang belum paham mengenai pengaruh lokasi geografis negara kita terhadap kehidupan?. Jadi lokasi Indonesia itu strategis dilihat dari astronomis, geologis dan geografisnya. Kita bahas dahulu mengenai kondisi geografisnya.

Indonesia secara geografis adalah sebuah negara kepulauan di wilayah ekuator yang membentang dari pulau Weh di Aceh sampai pulau Liki di Papua dan dari pulau Miangas di Sulawesi Utara sampai pulau Rote di Nusa Tenggara timur.
 
Letak geografis adalah letak yang dilihat dari kenyataan atau fakta sesungguhnya di lapangan. Fakta lapangan ini bisa terlihat dari kondisi daratan dan perairan di sekitarnya.
 
Secara geografis, Indonesia berada diantara benua Asia dan Australia dan samudera Hindia dan Pasifik. Pengaruh dari letak tersebutyang positif  diantaranya sebagai berikut:
Indonesia masuk segitiga terumbu karang dunia
1. Transit Perdagangan
Karena berada di wilayah strategis, maka Indonesia menjadi jalur transit perdagangan baik darat, laut dan udara. Sejak jaman dahulu nusantara menjadi salah satu lokasi transit kapal-kapal dari benua Eropa hingga masuknya penjajahan juga diawali dari transit seperti ini.

2. Angin Muson
Sirkulasi angin muson sangat dipengaruhi oleh kondisi pemanasan di wilayah Asia, Australia, PAsifik dan Hindia. Hal ini menyebabkan terjadinya pola angin muson setiap 6 bulan sekali melewati Indonesia.  

3. Keragaman Budaya
Keragaman budaya Indonesia tidak terlepas dari adanya akulturasi budaya lokal dengan budaya luar yang masuk dari Asia atau wilayah mikronesia di Pasifik. 
 
4. Segitiga Terumbu Karang
Indonesia mejadi salah satu wilayah segitiga terumbu karang dunia karena lokasinya yang berada di wilayah perairan hangat yang menjadi tempat terbaik terumbu karang untuk tumbuh.

5. ARLINDO
Arus Lintas Indonesia melintasi perairan Indonesia dan membawa banyak ikan-ikan yang sangat menguntungkan nelayan. Arus Arlindo terbentuk karena perbedaan tinggi muka air laut di Pasifik dan Hindia.

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan dari lokasi geografis Indonesia yang berada di jalur silang dunia. Lalu apa saja kerugian dari lokasi geografis Indonesia?.

Karena lokasi yang strategis ini, Indonesia sering dimanfaatkan pihak-pihak tertentu dari luar dan dalam untuk melakukan kegiatan-kegiatan seperti perdagangan narkoba, pencurian ikan oleh nelayan asing, human trafficking, penyelundupan imigran hingga ancaman penyebaran terorisme.

Bentuk negara Indonesia yang kepulauan juga membuat pembangunan lebih sulit merata dan lebih terkonsentrasi di wilayah-wilayah tertentu yang dianggap menguntungkan. 

Gambar: https://ars.els-cdn.com

Jumat, Juli 23

Nasib Lulusan Fakultas Keguruan Di Ujung Nestapa

Nasib Lulusan Fakultas Keguruan Di Ujung Nestapa

Hmm, judulnya provokatif banget ya teman-teman tapi menurut saya sih perlu dicermati dengan seksama juga biar jadi pandangan para calon mahasiswa. Tulisan ini hanya pendapat saya pribadi yang sudah menjadi guru selama 10 tahun lebih.
 
Kalian boleh sependapat atau engga ya, ini hanya sebuah tulisan bukan doktrin yang perlu diikuti. Diskusi boleh asal dengan kepala dingin bukan emosi, kalau emosi berarti setan yang menguasai anda. Jadi langsung ke konten ini ya. Ehem, jadi pemirsa tahun ini kan pemerintah menggulirkan program PPPK untuk guru dan tenaga honorer.
 
Nah, PPPK (Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja) itu kan penggantinya PNS, jadi sekarang itu semu guru akan diarahkan ke sana. Coba saja cek di SSCKN gak ada formasi CPNS guru, ada sih tapi sedikitttttttttttttttt banget di beberapa instansi. Tahun depan mungkin udah blas menghilang.

Bagi saya PPPK ini adalah "outsorcing berkedok abdi negara", ya karena sistemnya kan kontrak. Coba saja anda baca lagi. Kalau gak salah kontrak setahun terus lima tahun terus disambung lagi dan seterusnya. Itu juga kalau kontraknya diperpanjang, kalau enggak?. Profesi keguruan kini sudah masuk era kapitalis tulen gan.

Bayangin coba nanti dalam sekolah negeri itu ada dua aliran, guru PNS dan guru PPPK. Nah ini pasti akan ada gap dikotomi yang sadar atau gak sadar akan tercipta. Saya heran apakah memang pemerintah sudah kehabisan akal untuk mensejahterakan guru-guru di Indonesia sesuai UU yang berlaku.

Profesi keguruan kini memang dirasa semakin suram dan saya kira fakultas keguruan juga mending tutup saja lah. Lulus kuliah keguruan dengan bekal teori-teori dan praktik lapangan kemudian setelah itu ngajar di kampung dibayar seadanya (saya dulu pernah 100 ribu per bulan), lalu mau diapakan muka lulusan Keguruan?.

Apakah ada sekolah yang membayar gaji tinggi?. Ada tapi itu sekolah yang tipe kapitalis dan hanya dijumpai di kota besar dan itupun jumlah secuil saja dari populasi sekolah di Indonesia. Tidak akan sebanding jumlah lulusan dengan daya tampung sekolah yang menerima.
 
Nasib lulusan fakultas keguruan

Belum lagi kini lulusan non guru bisa jadi guru karena dianggap lebih cakap dibanding lulusan keguruan. Sementara lulusan keguruan tidak bisa melamar di instansi lain, kan gaje namanya. 
 
Jadi FKIP itu jadikan prodi murni saja, ntar kalau mau jadi guru bisa ambil lisensi di kuliah PPG dan yang gak mau jadi guru bisa apply pekerjaan ke lembaga lain ka enak ya. Jadi kesannya sekarang FKIP itu ekslusif tapi muaranya malah tidak menjanjikan sama sekali di pasar karena proyeksi pekerjaan dan penghasilannya tidak seksi.
 
Jadi balik lagi ke PPPK, ini menjadi satu hal yang memang di satu sisi mungkin bisa memperbaiki taraf kesejahteraan guru tapi dalam hal lain menjadi kemunduran terhadap perlindungan profesi guru. Saya sendiri jujur saja gak akan memasukan anak saya di sekolah keguruan kalau di Indonesia, kecuali di luar negeri sih masih dipertimbangkan.

Pernah dulu saya ketemu guru dari Malaysia di Bandung, berbincang tentang sistem perekrutan guru di sana yang jauh berbeda dengan di kita. Disana itu alurnya jelas dan gajinya pun luar biasa penuh dengan penghormatan. Disini kuliah guru makin mahal tapi nanti tetap harus saingan lagi tes-tesan yang belum tentu lulus juga.

Teman-teman saya yang sudah lebih 10 tahun ngajar juga masih ada yang dibayar 300 ribuan per bulan. Kan ada sertifikasi juga kok?. Yaelah kalau guru newbie belum tahu ya kalau sertifikasi itu alurnya lama. Anda harus ngabdi dulu minimal 5 tahun, habis itu daftar dapodik, tes UKG, kalau hoki baru kepanggil PPPG, terus harus lulus PPGnya juga kalau gak lulus ya wasalam repot bukan main.

Belum lagi jadwal cairnya tunjangan profesi juga gak tentu, saya saja seringnya di ujung. Saya tentunya bersyukur karena dulu pas masih jadi guru honor langsung searching ke warnet begadang, dan lihat-lihat di jobstreet lentang loker guru sekolah yang bagus di kota besar.

Alhamdulillah bisa tes dan masuk, meski saingan berat se Indonesia. Karena saya memang tipe orang yang gak mau keahlian profesional saya dibayar tidak wajar. Kan guru harusnya ikhlas?. Itu mah lain soal ya gan, kita itu lulusan profesional ada UU nya diatur, hak-haknya juga ada dan kewajibannya . Jadi dibayar layak itu adalah hak guru, wajib anda dapatkan sesuai ketentuan.
 
Saya masih ingat dulu bapak saya kan PNS guru, nah tahun 2000an atau berapa gitu ada demo besar guru PNS menuntut kesejahteraan di gedung DPR se Indonesia (coba cek rekam jejak beritanya pasti ada). Akhirnya baru ada perubahan kesejahteraan, bayangin duit negara jaman orba tu habis blas masuk kas Cendana semua kayaknya, guru mah boro-boro dipikirin.
 
Nah sekarang gimana nih, apakah akan ada gelombang serupa?. Tapi sekarang ini guru-guru Indonesia itu memang guru yang sangat tangguh dan baik hati. Meski dibayar seadanya tapi masih tetap tidak melakukan demo besar. Atau belum aja kali ya?. Kita lihat nanti pas PPPK udah bergulir, apakah akan ada kerancuan atau hal lain yang terjadi.

Jadi sekarang ini seolah guru itu berada di posisi paling bawah urutan profesi dengan proyeksi kesejahteraan yang menjanjikan. Masih mau jadi guru?. Bacanya jangan terlalu serius ya, sambil ngopi minum teh saja. Namanya juga opini, di negara demokrasi kan dilindungi. Tapi kalau opini macam gini saja dibungkam dan dianggap nyinyir doang, ya cuma ada satu kata, Lawan!.

Kamis, Juli 22

Rangkuman Biologi Kelas 10: Ruang Lingkup Biologi

Rangkuman Biologi Kelas 10: Ruang Lingkup Biologi

Biologi adalah salah satu ilmu yang penting dalam memahami seluk beluk mahluk hidup di muka bumi. Bagi yang memerlukan rangkuman materi tentang ruang lingkup biologi, silahkan cek di bawah.
 
Bahasan pertama biologi di semester 1 kelas 10 adalah terkait penelitian ilmiah dan ruang lingkup biologi yang menjadi satu kesatuan. Segala hal tentang mahluk hidup dihasilkan dari penelitian-penelitian terhadap komponen mahluk hidup dari yang terkecil hingga terbesar.
 
Jangan lupa untuk like dan share konten blog ini ke teman-teman lainnya ya di grup Wa, telegram dan lainnya. 
1.  Biologi berasal dari kata bio (hidup) dan logos (ilmu), jadi biologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang hidup dan kehidupan.
 
2. Objek dari biologi adalah semua makhluk hidup, mulai dari tingkat atom, molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, sampai bioma dan biosfer.

3. Menurut Biological Science Curriculum Study (BSCS), biologi memiliki  objek berupa Kingdom (kerajaan), yaitu Animalia (hewan), Plantae (tumbuhan), dan Protista (makhluk hidup mirip hewan atau mirip tumbuhan).
 
4. Uniseluler ialah makhluk hidup bersel satu dan tidak dapat dilihat secara langsung. Kita dapat melihatnya dengan mikroskop. Fungsi kehidupan dilakukan oleh bagian-bagian penyusun sel itu sendiri.

5. Multiseluler ialah makhluk hidup bersel banyak, dapat dilihat secara langsung tanpa bantuan mikroskop, dan tubuhnya sudah mengalami pembagian tugas yang baik.

6. Eukariotik ialah makhluk hidup yang memiliki membran inti sel sehingga inti sel tidak bercampur dengan sitoplasma (cairan sel).

7. Prokariotik ialah makhluk hidup yang belum memiliki membran inti sel sehingga bahan-bahan inti sel bercampur dengan sitoplasma.
 
8. Heterotrof ialah makhluk hidup yang mengambil bahan organik dari makhluk hidup lain dan  tidak  dapat  membentuk  bahan  organik sendiri.

9. Autotrof ialah makhluk  hidup  yang  dapat  menyediakan  bahan organik  sendiri melalui  proses  fotosintesis. Makhluk  hidup  ini dicirikan dengan adanya  klorofil atau kemampuan  menguraikan
bahan-bahan kimia sebagai energi dalam pembentukan bahan organik.
 
10. Penelitian merupakan salah satu tahap metode ilmiah  yangmenggunakan langkah-langkah yang sistematis dan teratur serta berpikir logis.
 
11. Menurut metodenya, penelitian dapat dibedakan menjadi penelitian deskriptif, penelitian sejarah, penelitian survey dan penelitian eksperimen.
 
12. Tahapan penelitian meliputi permumusah masalah dan hipotesis, penetapan tujuan penelitian, perumusan variabel penelitian, studi pustaka, penentuan metode penelitian, penyajian hasil, pembahasan hasil penelitian, simpulan.
 
13. Dalam melaksanakan penelitian, harus diperhatikan beberapa faktor, yaitu taraf perlakuan, pengendalian faktor lain, pengulangan, dan pengukuran
 
13. Sikap ilmiah seorang peneliti diantaranya mampu membedakan fakta dna opini, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan pendapat, mengembangkan rasa keingintahuan, peduli terhadap lingkungan, berpendapat secara ilmiah dan kritis, berani memperbaiki hasil penelitian, bekerja sama, jujur terhadap fakta lapangan dan tekun.
 
14. Hasil penelitian dapat dikomunikasikan dalam bentuk jurnal, buku, majalah, atau seminar.

Rabu, Juli 21

Kunci Jawaban OSP Geografi 2019 No 36-40

Kunci Jawaban OSP Geografi 2019 No 36-40

Halo kawan-kawan sekalian lanjut lagi kita bahas kunci soal OSP Geografi 2019 nomor 36-40 ya. Topik materinya masi seputar perkotaan dan perkembangannya.

Kota adalah hasil interaksi manusia dengan lingkungannya yang terus berkembang sejak jaman dahulu. Konsep kota kini semakin modern dan mengarah ke era milenium dengan berbagai terobosan teknologinya.

36. Daya dukung lingkungan sangat penting untuk dikalkulasi sebab menunjukkan kemampuan lingkungan untuk mendukung kehidupan mahluk hidup secara berkelayakan. Data yang diperlukan secara langsung untuk dapat mengkalkulasi indeks daya dukung lingkungan di suatu tempat adalah ...
a. tekanan penduduk
b. komposisi penduduk
c. pertumbuhan penduduk
d. kualitas penduduk
e. pendapatan penduduk
 
Kunci
Daya dukung lingkungan adalah kemampuan lingkungan hidup untuk mendukung perikehidupan  manusia, makhluk hidup lain, dan keseimbangan antar keduanya. Dengan demikian, kemampuan ini sangat tergantung pada kekayaan sumberdaya yang dimiliki oleh suatu daerah dan tingkat kebutuhan  sumberdaya oleh  suatu organisme. Kemampuan daerah (wilayah) yang bersangkutan tidak pernah berkurang, atau secara terus menerus terpelihara. 

Data yang bisa dicari untuk menghitung indeks daya dukung lingkungan ini adalah pertumbuhan penduduk, jadi nanti bisa dilihat proyeksi populasinya. Nanti dibandingkan dengan kondisi sumber daya alamnya. Kira-kira masih seimbang gak jumlah populasi dengan sumber daya lingkungannya.
 
37. Katakomba Paris atau Catacombes de Paris merupakan sebuah tempat wisata berupa makam di bawah tanah. Termasuk ke dalam jenis pariwisata apakah tempat tersebut ...
a. Ecotourism
b. Doom tourism
c. Dark tourism
d. Architourism
e. Gastrotourism
 
Kunci
Dark tourism adalah perjalanan ke situs-situs yang memiliki tragedi , kisah, atau sejarah tentang kematian manusia secara tragis dan memilukan/mengenaskan dan kegiatan untuk menguatkan ingatan atas peristiwa dan korbannya di situs tersebut. Contohnya Catacombes de Paris
 
38. Terdapat dua periode waktu terbaik untuk mendaki gunung Kilimanjaro yaitu pada bulan Januari-Maret dan bulan Juni-Oktober karena ...
a. Juni-Oktober bertepatan dengan masa libur musim dingin di Eropa
b. Kenya mengalami musim dingin sehingga Gunung Kilimanjaro sedang bersalju
c. Mitos yang berkembang bahwa Kilimanjaro tidak baik dikunjungi selain Juni-Oktober
d. Rata-rata curah hujan salju pada periode itu lebih rendah dibandingkan periode lainnya
e. Terdapat promo penerbangan murah pada Juni-Oktober dari berbagai tempat di dunia
 
Kunci
Kilimanjaro adalah gunung api tipe dormant di Afrika dan tertinggi di benua tersebut dengan puncak salju abadi yang mempesona. Bulan Januari-Maret dan Juni-Oktober adalah musim hangat disana jadi lebih enak untuk naik gunung. Lihat pola cuacanya dibawah ini. Jadi waktu terbaik ke Kilimanjaro sesuai tabel di bawah ini.
Waktu terbaik ke Kilimanjaro
39. Eksplorasi, keterlibatan, pengembangan, konsolidasi dan stagnasi adalah tahapan dari ...
a. Doxey's Irritation Index
b. Bryan's Leisure Experience Continuum
c. Butler's Tourist Area Lifecycle
d. Plog's Psychographic Continuum
e. Britton's Tourism Enclave Model
 
Kunci
Ini udah ada di soal-soal sebelumnya, jawabannya adalah Teori Siklus Wisata Butler. Cari aja di google ada penjelasannya banyak atau di soal sebelumnya yang udah saya bahas.
 
40. Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini!
1. Jumlah dan pertumbuhan penduduk tinggi
2. Aksesibilitas ke perbankan tinggi
3. Program transmigrasi
4. Sanitasi lingkungan buruk
5. Tingginya tingkat kejahatan dan kerawanan sosial
Karakteristik yang dimiliki slum area ditunjukkan angka ...
a. 1, 2 dan 3
b. 1, 3 dan 4
c. 2, 3 dan 5
d. 1, 4 dan 5
e. 2, 4 dan 5
 
Kunci
Ini mah rada mudah ditebak ya, slum area atau pemukiman kumuh dicirikan oleh kondisi yang buruk seperti angka 1, 4 dan 5.

Baca juga: Soal no 41-45
Konsep Geografi Terkait Fenomena Virus Covid 19

Konsep Geografi Terkait Fenomena Virus Covid 19

Pandemi virus Covid 19 atau corona sudah satu tahun lebih melanda dunia dan membuat aktivitas manusia terbatas. Virus ini pertamakali terdeteksi di Wuhan Cina dan dalam beberapa hitungan hari, minggu dan bulan sudah cepat menyebar ke seluruh dunia.

Lantas kenapa sih virus Covid ini gak selesai-selesai, malah muncul varian-varian aneh sehingga penyebarannya malah makin parah?.

Mungkin fenomena ini bisa dianalisa dalam perspektif konsep geografi. Apa saja analisa geografis yang mempengaruhi virus Covid ini cepat menyebar?.

1. Interaksi
Pertama, virus covid ini berkaitan erat dengan konsep interaksi dalam ruang. Di era globalisasi seperti sekarang semua negara melakukan interaksi yang cepat seperti kegiatan ekspor-impor, pertukaran pekerja, event olahraga, wisata dan lainnya.
 
Interaksi dalam ruang inilah yang menyebabkan virus cepat berpindah dari satu manusia ke manusia lainnya dalam lintas regional. Interaksi wilayah itu sangat penting di era globalisasi seperti saat ini, namun dalam hal wabah virus, peningkatan interaksi wilayah ini sama dengan mempercepat dan memperluas penyebaran virus.

Jaman dahulu seperti di jaman nabi misalnya, untuk melockdown suatu wilayah tentu sangat mudah karena pintu masuk kota paling cuma satu atau dua. Sekarang melockdown wilayah memang agak susah apalagi negara kepulauan yang pintu masuknya bisa bandara, pelabuhan dan darat.

2. Aglomerasi
Yang kedua adalah aglomerasi atau pemusatan kegiatan yang menyebabkan virus Covid ini cepat menyebar. Manusia apalagi rakyat Indonesia itu gak betah lama-lama sendiri, lebih senang berkumpul, ngopi, nongkrong dll.

Inilah yang membuat penyebaran virus cepat dan tidak terkendali. Beberapa kegiatan yang menimbulkan aglomerasi seperti pasar, hajatan, rapat adalah sebab transmisi virus. Aglomerasi membuat jarak antar individu menjadi dekat sehingga virus cepat berpindah lokasi.
Covid terkait globalisasi
3. Pola
Pola penyebaran virus Covid di beberapa negara berbeda-beda, di Indonesia sendiri pola sebaran virus kini memasuki puncak kedua. Apakah hal ini pengaruh perubahan musim atau apa kita orang awan kurang mengetahui detail perilaku virus tersebut.

Dengan memahami pola puncak sebaran virus, mungkin kita bisa memprediksi kapan virus ini akan turun dan naik lagi di kemudian hari untuk menentukan kebijakan yang tepat. Perencanaan yang baik akan membuat pengendalian virus semakin baik pula dan tidak memakan banyak korban.

Senin, Juli 19

Penyebab Banjir Besar di Jerman Akibat 'Bernd'

Penyebab Banjir Besar di Jerman Akibat 'Bernd'

Banjir besar meluluhlantahkan Erope Tengah dan menimbulkan korban jiwa yang besar terutama di Jerman dan sebagian lagi di Belgia, Belanda dan Swiss. Ilmuwan percaya ini dipicu perubahan iklim.

Banjir besar di Jerman dan Eropa minggu ini disebabkan oleh daerah yang dingin dan bertekanan rendah yang oleh para ilmuwan Jerman dijuluki 'Bernd'. Sistem cuaca ini perlahan menyapu seluruh benua pada hari Rabu dan Kamis, curah hujan yang sangat tinggi terjadi di area terbatas, menyebabkan sungai dan sistem air tanah meluap.
 
Area bertekanan tinggi ini mengelilingi 'Bernd', sebuah sistem cuaca bertekanan rendah, yang menahan sistem pada tempat yang disebut sebagai Blok Rex. Udara mengalir dengan konsisten dari sistem bertekanan tinggi yang hampir tidak bergerak ke sistem bertekanan rendah yang lebih dingin dan lebih basah, menciptakan aliran presipitasi yang kuat.

Kerusakan dan korban tewas akibat cuaca ekstrim ini sangat masif. lebih dari 100 orang tewas di Jerman saja pada Jumat sore melebihi apa pun yang terjadi di abad ini. Daerah yang paling parah terkena dampak sejauh ini adalah di negara bagian Rhineland-Palatinate dan Rhine-Westphalia Utara di Jerman, serta di wilayah Belgia yang berbahasa Prancis dan, pada tingkat lebih rendah korban ditemukan di beberapa bagian Belanda dan Swiss.

Pemerintah Rhine-Westphalia Utara, negara bagian terpadat di Jerman, menerbitkan daftar 23 kota, kota dan distrik pedesaan yang terkena dampak banjir, termasuk kota-kota besar seperti Cologne dan Düsseldorf. 
Banjir besar di Jerman
 Ratusan orang masih dinyatakan hilang dan dalam proses pencarian pihak terkait. Alasan utama jatuhnya korban yang banyak adalah runtuhnya banyak rumah di daerah yang paling terkena dampak karena kecepatan dan intensitas banjir dan tanah longsor yang terjadi.
 
Banyak rumah di daerah pedesaan di daerah yang paling parah terkena dampak merupakan bangunan tradisional ratusan tahun dan dibangun dengan konstruksi kerangka kayu yang dikenal sebagai Fachwerk yang menawarkan perlindungan yang relatif sedikit dalam kondisi bencana alam esktrim.

Badai hebat yang mengakibatkan banjir besar relatif sering terjadi di bagian Eropa, terjadi setidaknya empat kali dalam 20 tahun terakhir. Menurut para ilmuwan cuaca, badai minggu ini sangat menghancurkan karena dikelilingi oleh daerah bertekanan tinggi yang lambat berkembang, menyebabkan curah hujan yang tinggi bertahan di daerah yang sama.

Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer mengatakan ada sedikit keraguan bahwa banjir itu terkait dengan pemanasan global. Dan banyak ilmuwan berpikir pemanasan global umumnya berkaitan dengan peningkatan jumlah peristiwa cuaca ekstrem lain seperti termasuk gelombang panas dan kekeringan.

Namun Andreas Marx, seorang peneliti iklim di Helmholtz-Center for Environmental Research di Jerman, mengatakan tidak jelas apakah peristiwa individu seperti hujan lebat minggu ini dapat disalahkan pada perubahan iklim, meskipun umumnya suhu yang lebih tinggi dapat menyebabkan lebih banyak uap air berkumpul di atmosfer membentuk awan hujan yang masif. Gambar: catholicnews.com

Jumat, Juli 16

Kunci Jawaban OSP Geografi 2019 No 31-35

Kunci Jawaban OSP Geografi 2019 No 31-35

Oke gan kita lanjut lagi bahas soal OSP Geografi 2019 nomor 31-35 ya supaya makin tambah lagi wawasannya. 

Topik pada soal ini terkait geografi ekonomi dan globalisasi ya guys. Pastikan juga untuk banyak baca materi di web yang kompeten.

31. Reaksi terhadap bersinerginya negara-negara Asia Pasifik ke dalam APEC maka negara-negara Eropa dan Asia membentuk ...
a. OPEC
b. ASEAN
c. NAFTA
d. AFTA
e. ASEM

Kunci
ASEM merupakan forum dialog dan kerjasama antar-kawasan Asia dan Eropa yang ditujukan untuk menciptakan kemitraan dan kemajuan Asia-Eropa, memperkuat dialog yang setara dan membangun saling pengertian kedua kawasan.


32. Akhir-akhir ini marak berkembang penggunaan teknologi digital dalam perdagangan barang dan jasa seperti Bukalapak, Grab, Gojek yang pada hakikatnya merupakan bentuk ....
a. corporation
b. subsistence economy
c. shared economy
d. free trade
e. cooperation
 
Kunci
Shared atau sharing economy itu adalah salah satu model konsumsi kolaborasi. Tujuan model ekonomi ini agar mampu memberikan akses penuh pada semua sumber daya perusahaan dan bisa dikonsumsi atau dimanfaatkan bersama pengguna lain.

Jadi, tindakan sharing economy ini mampu membantu meningkatkan semangat dalam menjalankan bisnis, karena pihak pebisnis bisa melakukan berbagai tindakan efisiensi sumber daya dengan cara melakukan konsumsi secara bersama-sama dengan pengguna lainnya.

Saat ini, sudah banyak sekali contoh sharing economy yang diterapkan oleh perusahaan besar, contohnya adalah perusahaan startup yang mengandalkan adanya teknologi pada smartphone, seperti aplikasi seperti Gojek, Grabbike, Airbnb, dl

33. Kota memiliki daya magnet tinggi untuk diserbu pekerja dari daerah suburban. Penduduk suburban yang bekerja di kota secara ulang-alik terklasifikasi melakukan mobilitas tipe ...
a. migrasi harian
b. sirkulasi
c. komutasi
d. urbanisasi
e. reurbanisasi
 
Kunci
Menurut  Mantra  (2012) migrasi sirkuler adalah gerak penduduk yang melintas batas  wilayah  asal  menuju  ke  wilayah  lain dengan  tidak  ada  niatan  menetap  di  daerah tujuan  walaupun  tinggal  dalam  kurun  waktu yang  lama  namun  tidak  bermaksud  untuk menetap  di  daerah  tujuan .

34. PDB dapat digunakan untuk mengetahui kondisi perekonomian suatu negara dari waktu ke waktu. Perhatikan tabel 1 di bawah ini yang menunjukkan pertumbuhan YoY (Year on Year) PDB Indonesia selama kurun waktu 2011-2016.
Pernyataan tidak tepat terkait kondisi perekonomian Indonesia tahun 2016 adalah ...
a. pertumbuhan ekonomi membaik
b. kinerja ekspor melemah
c. konsumsi rumah tangga stabil
d. investasi melemah
e. belanja pemerintah mengalami kontraksi
 
Kunci
Sesuai data di tabel, pertumbuhan ekonomi harusnya menurun bukan membaik.

35. Merujuk pada data yang disajikan pada tabel 1, salah satu hal yang ditengarai menjadi penyebab utama perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia (<6%) sejak 2013 adalah ....
a. lemahnya kinerja ekspor
b. investasi asing berkurang
c. tingginya kinerja impor
d. belanja pemerintah terlalu tinggi
e. belanja pemerintah terlalu rendah

Kunci
Investasi berkurang karena melemahnya nilai tukar rupiah, kenaikan suku bunga acuan sehingga para investor masih gamang untuk melakukan ekspansi ke Indonesia. Hal ini memicu penurunan pertumbuhan ekonomi.

Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close