News Update
Loading...

Minggu, September 26

Obrolan di Warung Kopi, Anjing!!

Obrolan di Warung Kopi, Anjing!!

Sore kemarin saya pergi ke warung kopi depan rumah untuk beli mie goreng karena sore itu tiba-tiba lapar banget dan lagi males buat sesuatu di dapur. Alhasil ya sudah saya ke depan saja jajan.

Masuk ke warung kopi, saya melihat ada tiga orang anak remaja sedang nongkrong dengan pegang gadget masing-masing dengan rokok di tangan dan rambut yang pada gondrong.

Mereka asyik ngobrol sambil main game online di gadget masing-masing, khasnya anak milenial saat ini yang freedom. 

Saya pun berkesimpulan pasti ini anak-anak sekolah online karena model rambutnya gondrong. Memang anak-anak saya di sekolah juga pada gondrong karena setahun pandemi ini mereka gak ke sekolah jadi bebas gak cukur rambut, toh peraturan sekolah gak ngelarang juga.

Singkat cerita saya pesan mie goreng pake telor ke penjaga warung, lalu saya duduk menunggu pesanan sambil mendengarkan obrolan tiga anak muda tersebut.

Usut punya usut mereka ngobrolin tentang ujian atau ulangan sekolah yang model online dan banyak nyontek-nyonteknya, kan ga ada yang ngawasin juga, cuma malaikat aja yang ngawas. Jadi memang di model online itu ulangan sangat sulit dilihat kejujurannya, kita hanya pasrah aja sebagai guru, yang penting udah ngasih tahu bahwa kejujuran adalah yang utama.

Kemudian dalam obrolan anak muda tersebut banyak sekali kata "Anjing" keluar, seperti "anjing, loe tahu kagak itu si dia bego banget anjing". Pokoknya mungkin setiap 3 detik keluar kata si "Anjing". Saya perhatikan selama sekitar 4 menitan, bahasa yang diucapkan sangat jauh dari bahasa santun sesuai kaidah kesopanan, tapi memang di kalangan anak muda bahasa slank tersebut sudah menjadi konsensus dan jika gak gitu maka akan dianggap "aneh".

Jadi kata "anjing " ini memang seperti lalap, gak lengkap kalau ngomong apalagi sama teman sebaya gak pakai kata "anjing". Di masyarakat Sunda pun anak-anak remaja sudah pasti seperti itu. Nah karena saya sekarang tinggal di Betawi jadi pastinya anak-anaknya adalah anak Betawi, kelihatan dari logatnya juga.

Apakah fenomena ini adalah sebuah kemunduran?. Dalam aspek sosial mungkin bisa dikatakan iya, tapi dalam kamus anak muda, kata "anjing" itu malah menjadi cara untuk lebih mengakrabkan satu sama lain, iya kan?.

Jadi gimana ya perasaan mahluk Tuhan yang dinamakan "anjing" di Indonesia, karena sering dipakai manusia buat bahasa slank?. Gimana kalau anjing punya perasaan kaya manusia?.

Itulah sekelumit catatan harian tentang kehidupan sosial anak muda kita yang memang perlu menjadi perhatian bagi kita kaum pendidik. Mendidik memang sulit, tapi itulah tugas guru.

Pendidikan adab kini serasa tidak menjadi prioritas di sekolah, karena semua kini diukur oleh angka, prestasi masuk PTN, nilai KSN dan lainnya. Padahal adab itu ada di urutan paling atas sebelum menjemput ilmu.

Gempuran globalisasi, tontonan tidak mendidik di media sosial, TV dan lainnya menjadi salah satu sebab utama mengapa perilaku anak-anak sekolah menjadi tidak bermoral, disamping kondisi lingkungan sekitarnya yang mendukung. Oleh sebab itu jangan heran jika peradaban negara kita semakin ke belakang dari waktu ke waktu. 


Sabtu, September 4

Soal Prediksi PPPK Guru Geografi + Kunci Jawaban [Part 2]

Soal Prediksi PPPK Guru Geografi + Kunci Jawaban [Part 2]

Halo teman-teman lanjut lagi ya kita akan bahas soal-soal persiapan tes PPPK Guru Geografi supaya makin tok cer nih dan lancar ujiannya nanti.
 
Soal-soal PPPK guru tentunya akan kombinasi antara pedagogik dan profesional. Pastikan untuk berlatih dan menjadi guru yang terbaik.
 
A. Pilihlah jawaban yang tepat diantara a, b, c, d atau e!
1. Bumi mengalami perombakan pada litosfer sehingga menghasilkan pegunungan dan lembah, lautan dan danau secara terus-menerus mengalami evolusi sampai membentuk lapisan pedosfer. Kelayakan dapat ditentukan oleh:
1) kesuburan tanah
2) tersedianya air tanah
3) tersedianya energi
4) tersedianya fasilitas kehidupan
5) daerah pegunungan yang luas
Kelayakan ruang hunian yang tepat ditunjukkan nomor ....
a. 2), 3), 5)
b. 3), 4), 5)
c. 1), 2), 3)
d. 1), 2), 4)
e. 2), 3), 4) 

Kunci
Ruang hunian dalam hal ini permukaan bumi (geosfer) adalah ruang yang memiliki unsur-unsur komponen yang mampu mendukung kehidupan manusia/mahluk di dalamnya. Ada bagian permukaan bumi yang sangat sulit untuk kehidupan itu berkembang dan ada yang memudahkan mahluk untuk berkembang.

Yang termasuk unsur kelayakan adalah kesuburan tanah, air tanah dan energi. Ketiga komponen ini adalah komponen dasar yang bisa digunakan manusia untuk hidup, bekerja dan beraktifitas dalam ruang.
 
2. Jenis batuan:
1) granit
2) batu pualam
3) gabro
4) sabak
5) diorit
6) batu permata
Batuan metamorf ditunjukkan angka ....
a. 3), 4) , 6)
b. 4), 5), 6)
c. 3), 4), 5)
d. 2), 4), 5)
e. 1), 2), 3)
 
Kunci
Batuan metamorf adalah batuan mengalami perubahan fisik atau susunan kimia karena pengaruh suhu dan tekanan tinggi. Contoh batuan metamorf adalah pualam, sabak dan permata.

3. Karakteristik kehidupan sebagian besar penduduk di negara berkembang dicirikan dengan ....
a. memiliki banyak sumber daya alam
b. kemampuan mensubtitusi sumber daya alam
c. memanfaatkan sumber daya alam
d. bertumpu pada sumber daya alam
e. mampu mengelola sumber daya alam
 
Kunci
Negara berkembang adalah negara yang masih memiliki kondisi perekonomian yang di bawha rata-rata negara maju. Salah satu ciri kehidupan penduduknya adalah bertumpu pada sumber daya alam. Kalau negara maju tidak memiliki sumber daya alam pun tidak masalah karena punya teknologi untuk mengolah sumber daya alam yang ddidapat dari negara lain (berkembang).
 
4. Perhatikan gambar!
Tenaga pembentuk muka bumi sesuai gambar di atas adalah ...
a. angin
b. longsor
c. sungai
d. abrasi
e. geyser
 
Kunci
Gambar diatas adalah delta sungai yang merupakan hasil pengerjaan erosi fluvial atau sungai.
 
5. Pelestarian berbagai jenis hewan harus terus diupayakan untuk menghindari kelangkaan atau bahkan kepunahan jenis hewan tertentu. Upaya konservasi berupa kawasan perlindungan alam terhadap jenis hewan langka tertentu guna menghindari dari kepunahan maka bentuk konservasi yang paling tepat adalah ....
a. taman nasional
b. cagar alam
c. taman hutan raya
d. suaka margasatwa
e. kawasan suaka alam 
 
Kunci
Kalau konservasi untuk hanya spesies hewan maka suaka margasatwa adalah jawabannya. 
 

Rabu, September 1

Soal Prediksi PPPK Guru Geografi + Kunci Jawaban [Part 1]

Soal Prediksi PPPK Guru Geografi + Kunci Jawaban [Part 1]

Halo para pejuang PPPK Guru Geografi se nusantara Indonesia, gimana nih kabarnya?. Masih deg-degan nunggu jadwal ujian ya!.

Nah supaya gak terlalu deg-degan, gimana kalau kita latihan soal dulu ya teman-teman. Jangan sampai nyesel ntar blank pas ngerjain soal PPPK. Jangan lupa like dan share blog ini!

Soal latihan ini kombinasi pedagogik dan profesional ya bapak ibu!. Tetap semangat dan berjuang untuk lolos PPPK tahun ini. Kunci jawaban tersedia setelah soal.

Ingat jangan terlalu percaya kunci jawaban yang saya buat, silahkan diskusi lebih lanjut karena saya juga belu tentu benar 100%.

A. Latihan Soal PPPK Guru Geografi Part 1
1. Untuk menilai peserta didik dalam memahami paragraf, guru meminta peserta didik menuliskan kembali dengan menggunakan kalimatnya sendiri. Teknik penilaian yang tepat digunakan adalah ...
a. observasi
b. tes lisan
c. tes tertulis
d. penilaian produk
e. penilaian praktik

Kunci
Kalau guru meminta siswanya menuliskan kembali maka itu termasuk tes tertulis. Guru akan menilai hasil tulisan siswa tersebut apakah sudah sesuai dengan konteks paragraf atau belum. Disini guru dapat menilai daya literasi siswa ketika menuangkannya dalam sebuah tulisan.

2. Pemanfaatan laut di zona litoral adalah ...
a. jalur transportasi laut
b. menangkap ikan
c. pariwisata
d. pelabuhan perahu
e. pembuangan limbah

Kunci
Zona litoral itu kan zona batas pasang surut laut pastinya digunakan untuk kapal berlabuh. Ingat zonasi laut menurut kedalaman: litoral, neritik, batial, abisal, hadal.

3. Pernyataan:
1. memberi gambaran yang tepat tentang kekuatan dan kelemahan
2. kelebihan dan kekurangan peserta didik
3. mengetahui potensi yang perlu ditingkatkan
4. tingkat pengetahuan
5. kelemahan yang perlu diminimalisir
6. kondisi sosial peserta didik
Berdasarkan pernyataan diatas, guru dapat memahami potensi peserta didik dengan cara yang ditunjukkan pada nomor ....
a. 1, 2, 3, 5
b. 1, 2, 4, 5
c. 3, 4, 5, 6
d. 2, 3, 4, 5
e. 1, 2, 3, 4

Kunci
Potensi peserta didik dapat dilihat saat tes psikologi atau saat wawancara awal saat masuk sekolah. Indikator yang tepat sesuai pernyataan tentang potensi siswa ada pada angka 1,2,3 dan 5.

4. Strategi guru saat peserta didik belum siap melakukan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah ....
a. membangun skemata dari pengetahuan awal yang telah diperoleh dimiliki sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan diajarkan
b. mengidentifikasi peserta didik baik yang sudah maupun yang belum siap untuk mengikuti pembelajaran dengan proses berpikir tingkat tinggi
c. mengubah perencanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik yang heterogen
d. tetap melakukan kegiatan pembelajaran dengan mengutamakan keterampilan berpikir tingkat tinggi
e. membentuk kelompok-kelompok peserta didik yang memiliki kemampuan heterogen

Kunci
Kemampuan berpikir tingkat tinggi alias HOTS saat ini diwajibkan di seluruh mapel untuk meningkatkan kemampuan siswa Indonesia. Jika ada siswa yang belum siap untuk berpikir tingkat tinggi maka guru harus menyesuaikan dengan merubah rencana pembelajaran. Ingat daya dukung siswa tiap daerah berbeda-beda, maka guru harus pandai mengolah strategi pembelajaran.

5. Manakah indikator yang sesuai dengan soal di bawah ini!
a. Disajikan diagram, peserta didik dapat menentukan perbandingan peserta didik yang gemar berolahraga di sekolah
b. Disajikan gambar, peserta didik, dapat menentukan macam-macam kegemaran peserta didik di sekolah
c. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan jumlah peserta didik yang gemar sepeda dan tenis di sekolah
d. Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan mayoritas kegemaran peserta didik di sekolah
e. Disajikan diagram, peserta didik dapat menentukan jumlah peserta didik yang gemar bersepeda di sekolah.

Kunci
Dalam diagram terlihat beberapa kegiatan olahraga dan soal meminta siswa yang gemar bersepeda, jadi indikator yang tepat adalah yang e. 

Sabtu, Agustus 28

Mahar 28 Juta Euro Cristiano Ronaldo Resmi Kembali ke Manchester United

Mahar 28 Juta Euro Cristiano Ronaldo Resmi Kembali ke Manchester United

Cristiano Ronaldo resmi kembali ke klub yang membesarkannya yaitu Manchester United setelah pihak MU mengumumkan pernyataan resmi terkait saga transfer tersebut.

Di awal-awal berita, Manchester City menjadi klub yang paling santer akan menjadi pelabuhan megabintang peraih 5 Ballon d'Or tersebut. Akan tetapi haluan berubah setelah MU menikung perburuan CR7.

Cristiano Ronaldo akan kembali berseragam setan merah setelah merantau 12 tahun dari Old Trafford. Ronaldo akan ditawari kontrak berdurasi dua tahun dengan nilai transfer 28 juta euro.

MU sendiri akan semakin tangguh musim ini dengan kehadiran CR7 karena memiliki pos penyerang tengah yang handal. CR7 nantinya bisa dipasang bergantian sebagai target man seperti Cavani yang ditopang oleh gelanda berkualitas seperti Pogba dan Fernandes.

Kehadiran kembali Ronaldo ke Manchester United tentu sangat diharapkan fans MU dan berharap CR7 dapat kembali memberikan trofi-trofi bagi setan merah yang sudah 4 tahun puasa gelar.

Jorge Mendes menawarkan proposal kepada MU setelah sang megabintang sudah tidak betah di Turin, dan bak gayung bersambut pihak MU pun segera merespon hal tersebut. Juventus diyakini tak akan melepas Ronaldo secara bebas transfer saat kontraknya habis. 

Jorge Mendes sempat menawarkan Ronaldo ke PSG dan Manchester City namun tidak ada respon berarti dari kedua klub sultan tersebut. Akhirnya Sir Alex Ferguson menelpon Ronaldo terkait prospek CR7 di klub dan statusnya sebagai legenda setan merah tentu tidak akan hilang dan semakin berkibar.

Akhirnya MU menawarkan mahar 28 juta euro kepada Juventus untuk mengembalikan sang megabintang ke Old Trafford.

Menarik melihat kembalinya sang megabintang ke klub yang pernah ia bela dan meraih banyak trofi sebelumnya termasuk Liga Champions untuk pertama kalinya. 

CR7 juga akan menjadi mentor terbaik bagi pemain-pemain mudah macam Greenwood, Rashford, Elanga, Sancho dan lainnya. Hal ini sangat penting bagi pengembangan pemain dan prestasi Manchester United di masa depan. Welcome back legend!.

Jumat, Agustus 27

Soal Ulangan Bab Dinamika Biosfer Flora Fauna + Kunci

Soal Ulangan Bab Dinamika Biosfer Flora Fauna + Kunci

Biosfer adalah kesatuan berupa lapisan yang terdiri atas tanah, air dan udara tempat berlangsungnya kehidupan. Selama ditemukan kehidupan pada lapisa tersebut maka itu disebut biosfer.

Kehidupan di muka bumi ini sangat kompleks dan mengalami perubahan-perubahan dari zaman ke zaman menyesuaikan dengan perkembangan bumi itu sendiri.

Berikut contoh soal penilaian harian bab dinamika biosfer dan kunci jawabannya, silahkan gunakan untuk berlatih.

A. Pilihlah jawaban yang tepat diantara a, b, c, d atau e!
1. Faktor cuaca iklim yang tidak mempengaruhi sebaran flora dan fauna adalah ...
a.   suhu
b.   kelembaban udara
c.   angin
d.   curah hujan
e.   gaya eksogen

2. Berikut ini lapisan-lapisan yang menjadi ruang lingkup biosfer, kecuali....
a.    Litosfer
b.    Hidrosfer
c.    Pedosfer
d.    Astenosfer
e.    Atmosfer

3.    Sekumpulan individu atau spesies yang mendiami suatu habitat dinamakan....
a.    Komunitas
b.    Populasi
c.    Ekosistem
d.    Bioma
e.    Biosfer

4.    Faktor utama yang menyebabkan fauna di Papua mirip dengan fauna di Australia adalah....
a.    Cuaca dan iklim
b.    Tekanan populasi
c.    Manusia
d.    Genetika
e.    Geologis

5. Perhatikan ciri bioma berikut:
•    Curah hujan kurang dari 250 mm per tahun.
•    Evaporasi lebih tinggi dibanding presipitasi.
•    Perbedaan suhu yang ekstrem antara siang dan malam.
Bioma yang sesuai dengan ciri di atas adalah....
a.    Bioma Stepa
b.    Bioma Sabana
c.    Bioma Gurun
d.    Bioma Taiga
e.    Bioma Hutan Hujan

6.  Di bawah ini yang termasuk ke dalam fauna wilayah peralihan adalah....
a.    Anoa
b.    Badak cula satu
c.    Harimau
d.    Cenderwasih
e.    Lutung

7. Perhatikan gambar!
Biota pada gambar di atas dapat dijumpai pada zona laut ...
a.    neritik
b.    litoral
c.    hadal
d.    eufotik
e.    abisal

8.    Garis yang membatasi wilayah fauna Indonesia Barat dengan Indonesia Tengah dinamakan....
a.    Garis Wallace
b.    Garis Weber
c.    Garis Welbeck
d.    Garis Watson
e.    Garis Welberg

9.    Perhatikan fauna berikut:
1)    Bison
2)    Cheetah
3)    Kalkun
4)    Panda
5)    Orang utan
Fauna khas wilayah oriental adalah....
a.    1) dan 2)
b.    2) dan 4)
c.    4) dan 5)
d.    3) dan 4)
e.    1) dan 3)
 
10.    Distibusi jenis tipe vegetasi di Indonesia dari wilayah barat ke timur  yang tepat adalah.....
a.    Hutan Tropis-Hutan Musim-Sabana
b.    Hutan Musim-Hutan Tropis-Sabana
c.    Hutan Tropis-Sabana-Hutan Musim
d.    Sabana-Rawa-Hutan Musim
e.    Hutan Musim-Hutan Tropis-Gurun

12.    Ciri-ciri lingkungan:
•    Daerahnya landai atau datar.
•    Ombak tidak terlalu besar.
•    Memiliki muara sungai dan delta.
•    Banyak endapan lumpur dari sungai.
Vegetasi yang cocok sesuai dengan ciri di atas adalah....
a.    Padang lamun
b.    Padang savana
c.    Terumbu karang
d.    Hutan  mangrove
e.    Hutan jati

13.    Zona perairan laut yang masih bisa ditembus oleh sinar matahari dinamakan....
a.    Eufotik
b.    Afotik
c.    Disfotik
d.    Teritorial
e.    Mesofik

14.    Faktor klimatik yang paling berpengaruh terhadap penyebaran flora di muka bumi adalah....
a.    Topografi, curah hujan dan suhu
b.    Tekanan udara, curah hujan dan tanah
c.    Temperatur, curah hujan dan ketinggian
d.    Kelembaban udara, suhu dan organisme
e.    Curah hujan, suhu dan kelemban udara

15.    Hewan berikut banyak dijumpai pada bioma hutan hujan, kecuali....
a.    Ular hijau
b.    Harimau
c.    Monyet
d.    Burung kakatua
e.    Lemur

16. Perhatikan gambar!
Bioma yang sesuai wilayah diarsir pada gambar di atas adalah ...
a. tundra
b. savana
c. stepa
d. hutan hujan
e. caparral

16.    Gurun pasir yang terdapat di benua Amerika Selatan adalah....
a.    Gurun Victoria
b.    Gurun Atacama
c.    Gurun Sahara
d.    Gurun Namibia
e.    Gurun Gobi

17.    Salah satu vegetasi khas hutan musim adalah....
a.    Jati
b.    Rotan
c.    Sagu
d.    Palem
e.    Kelapa

18.    Perhatikan ciri lingkungan berikut:
•    Kelembaban sangat sedikit karena lokasinya jauh dari laut dan tertutup pegunungan.
•    Curah hujan tergolong rendah.
•    Rumput dapat mencapai ketinggian 3 meter lebih.
•    Angin sangat kencang karena tidak ada pohon.
•    Jenis hewan yang hidup diantaranya kelinci, antelop dan kuda.
Bioma yang sesuai dengan kondisi lingkungan di atas adalah....
a.    hutan tropis
b.    gurun
c.    sabana
d.    stepa
e.    tundra

19.  Salah satu vegetasi khas sabana Nusa Tenggara adalah ...
a.  pakis
b.  pinus
c.  lontar
d.  sagu
e.  anggrek

20.  Kehadiran fauna bisa menjadi tanda kondisi lingkungan. Salah satu fauna yang menjadi indikator wilayah perairan itu bersih adalah ....
a.  kunang-kunang
b.  katak
c.  capung
d.  ular
e.  cacing

21.  Perhatikan gambar (soal no 21-23)
Salah satu fauna endemik Indonesia yang terancam punah adalah badak cula satu. Lokasi habitat fauna tersebut ditunjukkan pada wilayah angka ....
a.   1
b.   2
c.   3
d.   4
e.   5

22. Taman Nasional yang memiliki kondisi fisiografis berupa rawa pasang surut ditunjukkan angka ....
a.   1
b.   2
c.   3
d.   4
e.   5
 
23.  Wilayah konservasi yang berupa sabana dapat dijumpai pada wilayah angka ....
a.   1
b.   2
c.   3
d.   4
e.   5
 
24.  Berikut ini interelasi yang tepat antara kondisi wilayah dengan persebaran flora fauna yaitu ....
a.  semakin tinggi letak lintang, keragaman spesies semakin banyak
b.  semakin tinggi letak lintang, spesies semakin mudah punah
c.  semakin rendah letak lintang, keragaman spesies semakin banyak
d.  semakin rendah letak lintang, jumlah terumbu karang semakin sedikit
e.  semakin tinggi letak lintang, vegetasi semakin rapat

25.  Fauna khas wilayah neotropik diantaranya adalah ....
a.   kudanil, heyna, zebra
b.  armadillo, alpaka, piranha
c.  bison, kalkun, berang-berang
d.  orangutan, gajah, harimau
e.  kiwi, koala, kangguru

Kunci
1.e 2.d 3.b 4.e 5.c 6.a 7.c 8.a 9.c 10.a 11.d 12.a 13.e 14.e 15.e 16.b 17.a 18.d 19.c 20.b 21.a 22.e 23.b 24.c 25.b

Minggu, Agustus 22

Faktor Tidak Meratanya Persebaran Penduduk Indonesia

Faktor Tidak Meratanya Persebaran Penduduk Indonesia

Pastinya banyak guru yang bertanya di kelas tentang kenapa penduduk Indonesia itu kebanyakan terkonsentrasi di pulau Jawa?. Dalam bab dinamika penduduk, pertanyaan ini nampaknya wajib dijawab oleh siswa.

Pulau Jawa itu dihuni oleh 56% dari total populasi Indonesia atau sekitar 151 juta penduduk, sementara itu pulau Jawa hanya memiliki luas 7% dari total luas Indonesia.

Masalah ini berkaitan dengan aspek kuantitatif kependudukan. Lalu faktor apa yang menyebabkan orang Indonesia sangat senang bermukim di Jawa?. Menurut saya ada setidaknya 4 faktor yang bisa dicermati.


1. Tanah
Pastinya tanah menjadi faktor paling utama karena Jawa adalah rumah bagi hampir separuh gunung api aktif di Indonesia. Gunung api adalah wilayah yang subur di sekitarnya karena endapan mineral hasil erupsi. 

Masyarakat sejak jaman dahulu sangat senang tinggal di sekitar gunung api karena mudah diolah untuk pertanian dan menjadi penghidupan. Selain itu tanah yang subur juga ada di wilayah hilir yang merupakan tanah aluvial 

Pesawahan luas banyak terdapat di wilayah dataran rendah sekitar sungai di wilayah Jawa. Jadi memang tanah Jawa itu adalah tanah emas bagi pertanian. Pastinya masyarakat akan senang tinggal di daerah dengan kondisi fisiografis seperti ini.

2. Ibukota
Kedua adalah faktor ibukota yang berada di Jakarta. Ibukota pastinya akan menarik berbagai orang untuk datang karena disanalah berkumpulnya semua kegiatan.

Tidak ada ibukota yang sepi, pastinya akan sangat ramai. Hal inilah yang menjadikan orang akan banyak mengadu nasib di Jakarta. Selain itu upah kerja di ibukota juga sangat tinggi dan spesialisasi pekerjaannya juga sangat beragam.

Inilah yang memikat semua masyarakat pekerja dari kelas bawah hingga kelas atas. Ibukota menjadi tempat mengadu nasib.

3. Industri
Industri sangat berperan dalam menyerap tenaga kerja, sehingga pastinya akan menambah populasi. industri-industri besar kebanyakan dibangun di Jawa sejak orde baru karena faktor jarak, aksesibilitas hingga faktor politik.

Industri inilah yang menggerakan manusia untuk datang sehingga banyak kota-kota tumbuh pesat. Sekarang pun kota-kota pinggiran mulai menyaingi kota besar dan terus mendesak ke wilayah luar.

4. Sejarah
Sejarah mencatat bahwa dahulu Daendels membangun jalan trans pertama dari Anyer hingga Panarukan. Jalan inilah yang memicu perkembangan populasi di kota-kota yang dilewatinya. Jika ada jaringan jalan raya dibangun melewati suatu wilayah pastinya pertumbuhan kota tinggal menunggu waktu saja.

Itulah setidaknya 4 faktor yang mempengaruhi tidak meratanya persebaran penduduk di Indonesia. Memang sejak jaman dahulu Jawa adalah pulau yang sudah dihuni banyak penduduk, karena kerajaan-kerajaan Hindu Buddha dan Islam pun banyak berkembang di Jawa.

Itulah mengapa pemerintah sekarang mulai membangun basis-basis industri di luar Jawa dengan harapan persebaran penduduk bisa lebih merata karena sentra pembangunan tidak hanya terpusat di Jawa saja.

Jumat, Agustus 20

Rangkuman IPS Kelas 7 Bab Ruang dan Interaksi Antarruang

Rangkuman IPS Kelas 7 Bab Ruang dan Interaksi Antarruang

Manusia hidup di ruang yang disebut dengan planet Bumi bersama mahluk hidup lainnya. Setiap ruang permukaan bumi punya karakteristik masing-masing.

Jika kamu pergi ke pegunungan tentu akan berbeda suasananya saat pergi ke pantai bukan?. Nah ruang juga tidak statis alias berinteraksi satu sama lain. Berikut ini contoh rangkuman bab ruang dan interaksinya.

1. Ruang permukaan bumi tersusun atas daratan, perairan dan udara. Ruang mencakup lapisan tanah dan batuan sampai lapisan tertentu yang menjadi sumber daya kehidupan.

2. Interaksi ruang dapat berupa pergerakan manusia, barang, jasa, informasi, ide dan lainnya dari daerah asal menuju daerah tujuan.

3. Faktor terbentuknya interaksi ruang adalah wilayah yang saling melengkapi (complementarity), kesempatan intervensi (intervening oppportunity) dan kemudahan transfer (transfer ability).

4. Peta adalah gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi dalam bentuk datar dan diperkecil menurut skala tertentu.

5. Indonesia terletak pada 6⁰ LU - 11⁰ LS dan 95⁰ BT - 141⁰ BT sehingga berada pada wilayah beriklim tropis.

6. Lokasi geografis Indonesia berada diantara benua Asia dan Australia serta dua samudera yaitu Pasifik dan Hindia.

7. Ciri iklim tropis Indonesia antara lain intensitas penyinaran tinggi, curah hujan relatif tinggi, kelembaban tinggi, amplitudo suhu harian rendah.

8. Angin muson barat membawa musim penghujan di Indonesia sementara angin muson timur membawa musim kemarau di Indonesia.

9. Bentuk ruang permukaan bumi Indonesia terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, perbukitan, gunung api, pegunungan lipatan.

10. Faktor dinamika penduduk adalah kelahiran, kematian dan migrasi.

11. Kondisi kependudukan Indonesia dapat dilihat secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif jumlah penduduk Indonesia tinggi dan sebarannya tidak merata. Secara kualitatif penduduk Indonesia masih di bawah standar dunia dalam hal pendidikan, kesehatan dan pendapatan.

12. Penduduk Indonesia mayoritas bergerak di bidang primer atau agraris. Pertanian di Indonesia terbagi menjadi pertanian lahan basah dan pertanian lahan kering.

13. Indonesia memiliki keberagaman suku bangsa, etnis, budaya yang tinggi di dunia. Ras dominan di Indonesia adalah Mongoloid dan Melanesia.

14. Secara geologi, Indonesia berada di zona batas lempeng aktif yaitu Indo Australia, Eurasia dan Pasifik.

15. Dampak lokasi geologi Indonesia adalah kaya akan sumber bahan galian, tanah subur dan banyak gunung api. Dampak negatifnya Indonesia rawan bencana erupsi, longsor, tsunami.

16. Indonesia memiliki 3 zonasi fauna yaitu Asiatis, Peralihan dan Australis.

17. Indonesia berada pada zona segitiga terumbu karang dunia. Terumbu karang berasal dari hewan polip yang hidup di dsaar laut dangkal dengan sinar matahari melimpah.

18. Interaksi antarruang jika dikelola maksimal akan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Jangan lupa cek juga latihan soal ulangan bab ruang dan interaksi antarruang di chanel youtube guru geografi di bawah ini!.

Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
Mau info terbaru tentang artikel blog ini?. Like fanspage guru geografi di facebook!.
Done
close