Guru Geografi | Blog Guru Geografi Gaul
News Update
Loading...

Jumat, Januari 7

Soal Prediksi UTBK/SBMPTN Geografi 2022 Bab Dinamika Litosfer

Soal Prediksi UTBK/SBMPTN Geografi 2022 Bab Dinamika Litosfer


Halo gaes udah tahun 2022 aja nih, bagi teman-teman pejuang UTBK khususnya bidang soshum geografi nampaknya udah harus siap-siap lagi ya!.

Apa sih yang disiapin?. Tentunya latihan soal sebanyak mungkin supaya peluru kalian banyak. Khusus di blog ini akan kembali bahas sosl prediksi UTBK Geografi buat kamu latihan.

Di postingan kali ini saya akan berikan contoh soal UTBK bab dinamika litosfer dulu ya teman-teman. Dinamika litosfer adalah segala hal yang berkaitan dengan perkembangan struktur kulit bumi.

Ada dua gaya yang bekerja dalam membangun struktur litosfer yaitu gaya endogen dan gaya eksogen. Pastikan kamu pahami betul kedua konsepnya. Untuk contoh soalnya silahkan cek di bawah ini.

Pastikan untuk mencoba jawab sendiri dulu soalnya sebelum cek kunci jawaban di bawah. Jangan lupa share ke teman-teman.

Pilihlah jawaban yang tepat diantara a, b, c, d atau e!
1. Berdasarkan skala Mohs, mineral yang memiliki kekerasan paling tinggi adalah ....
A. fluorit
B. apatit
C. korundum
D. topas
E. intan

2. Ciri-ciri batuan:
- bertipe ekstrusif
- berwarna gelap
- bertekstur kaca
Batuan yang sesuai ciri diatas adalah ...
A. gabro
B. basalt
C. obsidian
D. andesit
E. riolit

3. Tanah muda dengan kedalaman batuan induk sangat dangkal sekitar < 45 cm adalah ...
A. aluvial
B. andosol
C. organosol
D. litosol
E. podsolik

4. Wilayah Indonesia memiliki keanekaragam morfologi yang dihasilkan oleh gaya eksogen, salah satunya adalah karst. Berikut ini ciri-ciri wilayah karst di Indonesia, kecuali ….
A. tanahnya subur dan kaya mineral
B. terdapat sistem sungai bawah tanah
C. memiliki bukit-bukit kecil berbentuk kerucut
D. dapat dijumpai di wilayah selatan Jawa dan Bali
E. banyak terdapat dolina

5. Proses pembentukan gumuk pasir di pantai Parangkusumo Yogyakarta dipengaruhi oleh proses eksogen yaitu ….
A. korosi
B. ablasi
C. deflasi
D. ekharasi
E. abasi

6. Urutan proses eksogenik yang benar berikut ini adalah ....
A. pelapukan - sedimentasi - erosi - deposisi
B. erosi - pelapukan -sedientasi - pelapukan
C. pelapukan - erosi - deposisi - sedimentasi
D. deposisi - sedimentasi - pelapukan - erosi
E. pelapukan - erosi - sedimentasi - deposisi 

7. Perhatikan gambar!
UTBK Geografi 2022
Bentukkan hasil kegiatan endogen di atas yang ditunjukkan huruf C dinamakan ...
A. batolith
B. laccolith
C. sill
D. dyke
E. diatrema

8. Proses geologi yang melatarbelakangi terbentuknya Danau Toba adalah ...
A. vulkanisme
B. tektnisme
C. gempa bumi
D. tektovulkanik
E. erosi 

9. Perhatikan fenomena berikut:
1) Terbentuknya sesar Semangko
2) Stalaktit dan Stalagmit di Gua Pacitan
3) Delta Sungai Mahakam
4) Fenomena Plato Dieng
5) Terbentuknya meander di Sungai Serayu
Fenomena hasil tenaga eksogen yang tepat ditunjukkan angka ….
A. 2), 3) dan 5)
B. 1), 2) dan 3)
C. 3), 4) dan 5)
D. 1), 4) dan 5)
E. 1), 3) dan 5)

10.Perhatikan gambar!. 
UTBK Geografi 2022

Fenomena pada gambar merupakan hasil dari proses eksogen yaitu ….  
A. sedimentasi karena arus laut bergerak mengikuti garis pantai
B. pelarutan batu karang di sekitar pantai 
C. sedimentasi karena arus laut berbalik arah setelah sampai ke pantai
D. sedimentasi hasil erosi fluvial di muara sungai
E. erosi angin di daratan mengendapkan material di pantai

11. Indonesia terletak di zona pertemuan lempeng tektonik aktif yang membuat terbentuknya busur kepulauan vulkanik dan non vulkanik. Pulau yang termasuk busur non vulkanik adalah ...
A. Halmahera
B. Tidore
C. Flores
D. Bali
E. Mentawai

12. Aktivitas gunung berapi dari dapur magma berproses menghasilkan batolit, lakolit, dike, sill, korok melalui diatrema hingga mampu mengalami erupsi. Dari erupsi mengeluarkan gas, abu, debu, pasir, kerikil bahkan bom. Setelahnya mengalami tahap pasca vulkanis. Berikut ini potensi dan pemanfaatan setelah terjadinya gejala pasca vulkanis, kecuali ….
A. Solfatar, menghasilkan bahan galian belerang
B. Makdani, untuk objek wisata dan terapi
C. Geyser, untuk objek wisata alam
D. Gletser, untuk sumber air mineral
E. Geotermal, untuk sumber daya energi pembangkit listrik

13. Gunung api banyak terbentuk di zona tumbukkan lempeng dan beberapa titik hot spot di permukaan bumi. Salah satu gunung api yang terbentuk di zona hot spot adalah …
A. Pinatubo
B. Semeru
C. Maona Loa
D. Kerinci
E. Fuji

14. Dampak erupsi:
1) Pendangkalan sungai karena banjir lahar
2) Semburan aerosol merusak mesin pesawat
3) Hujan abu vulkanik di lereng gunung
4) Meningkatkan gas rumah kaca di atmosfer
5) Terbentuk kubah lava baru
Dampak lokal erupsi gunung api ditunjukkan angka ….
A. 1), 3) dan 5)
B. 1), 2) dan 3)
C. 3), 4) dan 5)
D. 1), 4) dan 5)
E. 2), 3) dan 5)

15. Simak daftar fenomena di bawah ini:
(1)    Lembah          (6)   mesa
(2)    Guyot             (7)   atol
(3)    Trench            (8)   graben
(4)    Barchan          (9)   delta    
(5)    Morena          (10) mid oceanic ridge
Dari daftar di atas, yang termasuk contoh bentukan tenaga geologi endogen adalah ….
A. (3), (8), (10)
B. (1), (2), (4)
C. (2), (5), (7)
D. (4), (8), (9)
E. (5), (7), (10)

16. Menurut lokasi pengendapannya, batu breksi merupakan jenis batuan sedimen ....
A. limnis
B. fluvial
C. marine
D. glasial
E. teristris

17. Jenis gunung api di Indonesia mayoritas bertipe strato, hal ini menunjukkan adanya erupsi ....
A. areal
B. eksplosif
C. efusif
D. campuran
E. linier

18. Perhatikan gambar!

UTBK Geografi 2022
Fenomena pada gambar terbentuk karena proses ....
A. solusional
B. aeolis
C. glasial
D. fluvial
E. marine

19. Proses pembentukkan morfologi permukaan bumi oleh pelipatan dan patahan disebut ....
A. vulkanisme
B. diastropisme
C. eksogen
D. endogen
E. plutonisme

20. Batuan beku pada umumnya memiliki struktur kristal yang sempurna karena proses pendinginan magma ....
A. agak cepat
B. sangat cepat
C. sangat lambat
D. kadang-kadnag cepat
E. cepat dan lambat

Kunci
1.e 2.c 3.d 4.a 5.c 6.c 7.b 8.d 9.a 10.a 11.e 12.d 13.c 14.a 15.a 16.e17.d 18.a 19.b 20.c

Kamis, Januari 6

Biaya dan Proses Mutasi Balik Nama di Samsat Majalengka

Biaya dan Proses Mutasi Balik Nama di Samsat Majalengka

Halo teman-teman kali ini saya akan cerita tentang proses dan biaya mutasi dan balik nama mobil saya dari Jakarta ke Majalengka Jawa Barat. Artinya mutasi kendaraan lintas provinsi, semua dilakukan sendiri gak pake biro jasa.

Nah pertama, saya kan dulu di bulan Oktober (pas pajak habis) sudah cabut berkas dari Jakarta Utara, lalu selanjutnya mendaftarkan kendaraan ke samsat tujuan (Majalengka). Artikel saat cabut berkas mutasi ada di link berikut: Cara mutasi plat dari Jakarta 

Harusnya saya tanggal 6 Desember sudah harus ke samsat tujuan, tapi berhubung masih ngantor jadi pas libur akhir tahun saja sekalian mudik.

Jadi setelah saya mudik, saya langsung pergi ke samsat Majalengka bawa mobil untuk pemberkasan. Mobil saya saat ini adalah Daihatsu Sigra 1.2 MT. Pagi hari jam 8 saya berangkat dan langsung ke bagian cek fisik kendaraan.
Loket mutasi samsat Majalengka

Seperti biasa saya daftar di bagian loket pendaftaraan cek fisik di lantai bawah dan gosok nomor mesin dan nomor rangka. Disini saya ngasih tips saja Rp.5000 ke petugasnya, meskipun memang harusnya ya ga bayar. 

Setelah cek fisik, lanjut saya pergi ke bagian mutasi dan menyerahkan semua dokumen mutasi dan balik nama dari samsat Jakarta. Petugas di bawah kemudian meminta saya datang lagi sekitar 2 mingguan untuk prosesnya, waduh. Nanti petugas akan memberikan surat jalan pengganti STNK.

Jadi sampai disini saya belum bayar pajak, biaya BBN, stnk, plat dll. Ya sudah saya balik lagi ke rumah dan pergi liburan dulu ke Pangandaran. Cerita liburan ke Pangandaran via jalur selatan Cikatomas-Cijulang bisa dicek di artikel berikut: Jalur Selatan Tasik-Pangandaran

Selepas dari Pangandaran setalah 2 mingguan kurang, saya balik lagi ke samsat untuk proses mutasi dan balik nama. Pemrosesan seperti biasa di bagian mutasi dan disini mulai ada biaya yaitu 500.000 rupiah. Lumayan ya gaes, saya juga gak tahu itu rincian 500 ribu buat apa karena gak ada kuitansinya. Mungkin untuk proses BPKB baru ke Polda Jabar biar diurus mereka atau apa, ga ngerti pokonya.
Loket Update Kepemilikan Kendaraan
Tapi gpp lah yang penting beres hari itu juga. Nah setelah bayar 500 ribu saya diminta pergi ke lantai atas untuk ke bagian Costumer Service. Disini saya diberikan formulir isian, sama seperti saat cabut berkas mutasi. Yang jelas kita isi sendiri, manual pakai pulpen. Usahakan bawa pulpen sendiri daripada bingung disana pada kepakai pulpennya.

Setelah formulir diisi lalu saya diminta ke bagian Progresif/Update Kepemilikan untuk menyerahkan data, dari sini saya diberikan nomor antrian dan berkas lalu didaftarkan ke bagian Penetapan Dokumen Baru.

Setelah 5 menitan kemudian dipanggil lagi untuk bayar, bisa cash dan transfer. Berapa totalnya?. Jreeeenggg, 3,68 juta rupiah. Lumayan gan, biaya blaik nama 900 rebuan, terus ada denda administrasi apa gitu yang gak paham sekitar 200 rebuan, terus ada biaya plat baru, dan pajak mobil 2 juta. 

Setelah bayar kemudian saya nunggu print STNK baru sekitar 5 menitan dan diminta ke bawah lagi untuk buat plat baru. Di bawah saya serahkan kembali STNK baru lalu plat nomor baru dicetak dan ternyata bayar lagi gaes 25.000.
Cetak Plat Nomor Baru
Lalu untuk BPKB ditunggu selama 2 bulan katanya nanti datang lagi ke samsat. Itulah rincian proses mutasi dan balik nama mobil saya dengan total biaya sekitar 4 jutaan . Ini gak pake calo atau biro jasa ya, karena ingin hemat. Kalau pakai biro pasti jatuhnya bisa hampir dua kali lipat.

So far proses mutasi dan balik nama mobil gue ga lama, asal prosesnya dilakukan dengan benar sesuai aturan dan datang pagi saja kalau mau cepat biar gak antri lama. 

Untuk yang sedang ingin balik nama dan mutasi, disarankan sebelum pajak tahunan habis misalkan 1 bulan sebelumnya. Jangan sampai bayar pajak dulu lalu balik nama dan mutasi, nanti anda bayar pajak dua kali di samsat baru, kan gaje bayar double. Selamat tertib administrasi.

Senin, Januari 3

Eksotisme Biru Situ Cipanten Majalengka

Eksotisme Biru Situ Cipanten Majalengka

Bicara tentang wisata air maka Majalengka ada surga bagi para penikmat wisata air tawar alami. Saya akan ulas mengenai Situ Cipanten.

Majalengka dijuluki sebagai kota 1001 telaga karena lokasi geografisnya yang berada di kaki Gunung Ciremai membuat banyak situ atau danau alami terbentuk.

Situ Cipanten kini menjadi salah satu destinasi andalan wisata alam di Majengka.

Situ yang berasal dari mata air gunung Ciremai ini berlokasi di Gunung Kuning Kecamatan Sindang.

Lokasi Situ Cipanten dapat diakses dari kota Majalengka sejauh kurang lebih 10 km. Jalanan sudah mulus meskipun konturnya naik berkelok karena topografi pegunungan.

Untuk karcis masuk 10.000 rupiah per orang dewasa dan parkir motor 5.000, mobil 10.000. Murah gak nguras kantong banget.

Objek wisata alam Situ Cipanten menyuguhkan pemandangan air biru yang terpantulkan dari bebatuan vulkanik di dasar danau.

Subhanallah memang air itu adalah anugerah Allah buat kehidupan mahluk-mahluk di bumi. 

Danau tawar alami Situ Cipanten ini dikelilingi hutan tropis yang menjadi daerah resapan air dari puncak gunung. Suasana segar, alami, eksotik sangat terasa.

Untuk mendapat view biru maksimal disarankan datang bulan Desember-Januari. Pengalaman saya sih bulan tersebut adalah best nya. 

Apa saja yang bisa dilakukan di Situ Cipanten?. Kalian bisa berenang dengan ikan-ikan, naik perahu gowes, makan botram dan lainnya.

Situ Cipanten ini memiliki luas sekitar 1 ha dengan kedalaman antara 1-3 meter, jadi bagi yang belum bisa berenang harap untuk meyewa pelampung untuk keamanan.

Fasilitas penunjang sudah sangat baik dan terus ditambah dari Dinas Pariwisata untuk meningkatkan daya tarik wisatawan.

Ada rumah makan, WC, mesjid, penyewaan pelampung dan lainnya. Saya sih senang makan sate kambing dan empal gentong kalau datang ke Situ Cipanten

So buat kamu yang sering lihat video air biru di luar negeri, kini ga usah jauh-jauh. Tinggal ke Majalengka saja, kota 1001 telaga asli gak pake KW.

Ada banyak lagi telaga atau situ yang bisa dikunjungi di kabupaten Majalengka. Silahkan cek cerita saya seputar review wisata Majalengka di blog ini.

Dan bagi yang mau lihat contoh foto Situ Cipanten, nih saya upload di bawah. Foto ini asli ya, ga pake edit-editan, karena saya ga terlalu suka yang ga natural. 

Jangan lupa guys, gak boleh buang sampah sembarangan ya. Udah sekolah dari TK sampai SMA, kuliah masa masih buang sampah sembarangan.

Agnas Setiawan, Guru Geografi
Wisata Terasering Panyaweuyan Part 5

Wisata Terasering Panyaweuyan Part 5

Halo baraya sekalian, tentunya di musim liburan ini semua objek wisata pasti diserbu wisatawan. Salah satu lokasi wisata hits di Majalengka adalah Terasering Panyaweuyan di Kecamatan Argapura.

Nah kemarin, saya dan keluarga juga seperti biasa berkunjung ke Panyaweuyan untuk melihat lembah yang bulan ini sedang hijau-hijaunya.

Perjalanam seperti biasa dimulai dari rumah di Tonjong ke arah Maja dengan motor. Saya udah prediksi pasti bakalan macet.

Dari arah jalan raya Maja udah terlihat banyak rombongam bikers yang menuju ke Panyaweuyan, belum lagi yang pakai mobil.

Benar saja masuk jalan menuju Argapura sudah padat, motor dan mobil ngantri di jalan semput, bahkan ada mobil yang mogok di tanjakan leter S yang paling curam.

Beberapa titik jalan terlihat longsor karena pengaruh hujan. Pokonya kalau pakai mobil di puncak musim libur, sangat menyiksa.

Akhirnya setelah 30 menitan kami tiba di Panyaweuyan dan sangat super padat, macet, penuh wisatawan.

Parkir motor sangat sesak dan semua warung penuh. Memang momen libur awal tahun dan kondisi lembah yang sedang hijau-hijaunya membuat Terasering Panyaweuyan diserbu wisatawan.
Pemerintah juga tengah menambah sarana prasarana penunjang seperti mesjid dan tangga menuju puncak bukit untuk melihat view lembah.

Jadi bagi kalian yang mau kesini pastikan pakai motor aja ya biar nyaman atau cari waktu lain pas gak awal tahun pasti lebih sepi. 

Dulu saat saya pertamakali ke Panyaweuyan masih biasa saja, lahan pertanian bawang masyarakat dan belum dikelola jadi objek wisata.

Sekarang setelah viral dan dikembangkan menjadi objek wisata, jadi makin ramai pengunjung karena efek posting di medsos juga.
Satu hal lagi pastikan untuk jaga kebersihan ya, gak buang sampah sembarangan. Yang buang sampah sembarangan dipastikan sekolahnya gagal. 

Agnas Setiawan, Guru Geografi

Jumat, Desember 31

Rute Perjalanan Tasik ke Pangandaran via Jalur Selatan Cikatomas-Cijulang

Rute Perjalanan Tasik ke Pangandaran via Jalur Selatan Cikatomas-Cijulang

Halo teman-teman, udah lama nih gak buka blog karena kemarin lagi sibuk liburan akhir tahun. Saya akan bercerita sedikit mengenai perjalanan saya dari Tasikmalaya ke Pangandaran lewat jalur selatan.

Jadi selepas tiba di rumah kakek di Sukaraja Tasikmalaya, saya dan keluarga merencanakan untuk pergi liburan ke Pangandaran karena udah 10 tahun lebih gak pernah ke sana. Terakhir itu pas masih kuliah sekitar taun 2008an.

Sebelum berangkat saya cek dulu google map untuk melihat rute paling dekat dari rumah, dan akhirnya muncul rute selatan. Katanya sih kondisi jalannya sudah bagus, jadi langsung gaspol saja.

Kalau ke Pangandaran lewat jalur utama ke Ciamis-Banjar pastinya akan mutar dulu ke kota jadi nampaknya harus coba jalur yang beda.

Saya beserta isteri dan dua anak saya lalu berangkat di hari selasa pagi pakai mobil tentunya. Start dari rumah sekitar pukul 9 pagi. Rencana kami nginap 1 malam saja sudah cukup.

Langsung setelah semua perlengkapan siap, kami berangkat dengan kondisi cuaca yang sangat baik, tidak nampak ada awan hujan menggelantung di atmosfer. Mobil saya pacu dari Sukaraja menuju arah Cikatomas, belokannya ke arah kiri dari jalur utama menuju Jatiwaras.
Jalur selatan rusak di Jatiwaras-Cikatomas

Disini kondisi jalan masih mulus dengan kontur naik turun dan banyak bis-bis dari arah selatan. Hutan-hutan bambu dan perhutani banyak di sepanjang perjalanan.

Nah selepas Jatiwaras yang jalannya masih mulus, ternyata dekat Salopa jalan udah mulai ancur bos. Hal ini karena pengaruh longsor di beberapa titik. Jadi sekitaran 10 km dari Jatiwaras sampai pusat kota Cikatomas itu jalanan mulai gak jelas deh. Saya teringat jaman SMA dulu waktu jalur ini masih full bebatuan pokonya.

Memang wilayah Salopa-Cikatomas ini rawan erosi jadi saat hujan cepat amblas. Jadi perjalanan agak melambat karena pengaruh kondisi jalan.

Sampai di Cikatomas kami istirahat dulu di mesjid dekat alun-alun untuk melonggarkan otot. Jam menunjukkan pukul 11 siang. Artinya dari Sukaraja menuju Cikatomas saja ditempuh 2 jam perjalanan dengan kondisi jalan sebagian rusak, lumayan juga.

Sekitar 15 menit kami istirahat di mesjid untuk minum dan ngemil dikit agar ada tenaga dan konsentrasi tetap terjaga. Selepas itu perjalanan kemudian dilanjutkan menuju arah Pancatengah. Dari pertigaan pom bensin pertamina Cikatomas belok ke kiri.

Nah bagi kalian yang bensinnya udah setengah atau mau habis, disarankan untuk isi full dulu di pom bensin Cikatomas ini karena selepas itu tidak ada lagi pom bensin besar sampai dengan Cijulang.

Jalur ini juga sama arahnya menuju Curug Dengdeng, beberapa tahun lalu sempat naik motor ke sana. Setelah pertigaan ini, jalanan sudah kembali mulus hotmik dan tidak ada jalan rusak seperti di daerah Jatiwaras sampai perbatasan Cikatomas.

Pemandangan mulai banyak dihiasi pesawahan dan perkebunan cokelat hingga arah Pancatengah. Kemarin jalanan sangat sepi sekali karena mungkin kebanyakan masih menunggu H-1 Tahun Baru.

Setelah perjalanan 45 menit kami tiba di wilayah Cimerak dan kontur jalan mulai rata dengan pemandangan pohon kelapa yang mulai banyak terhampar di kanan kiri jalan. Ini tandanya kami sudah mulai masuk wilayah pesisir. Di beberapa titik, jalan ada yang bertipe beton.
Jalur Cimerak-Cijulang

Selepas Cimerak kemudian akhirnya kami masuk wilayah Cijulang dan mentok di pertigaan jalan raya Cijulang Pangandaran, kami lalu belok kiri menuju arah Pantai Batu Karas, Green Canyon dan Pangandaran.

Dari sini karena sudah masuk jalur utama, kendaraan mulai padat. Dari pertigaan Cimerak ini menuju Pangandaran sekitaran 30 km, jadi lumayan jauh juga tapi jalannya lebar dan mulus. 

Setelah kurang lebih 4 jam perjalanan akhirnya kami tiba di pantai barat Pangandaran dengan selamat. Kondisi Pangandaran kemarin masih belum terlalu ramai jadi untuk berwisata masih enak tidak padat.
Pertigaan Cijulang-Pangandaran

Itulah sedikit cerita perjalanan dari Tasikmalaya ke Pangandaran lewat jalur Cikatomas-Pancatengah-Cijulang. Secara umum kondisi jalan 90% bagus hanya di daerah Jatiwaras sampai perbatasan Cikatomas yang rusak karena banyak longsor.

Jadi bagi traveler yang ingin mencoba jalur ini silahkan saja, karena sangat sepi sekali dan bisa menghemat waktu. Selain itu kita bisa mendapatkan pengalaman dan cerita baru melihat wilayah-wilayah yang belum pernah dilewati sebelumnya.

Nampaknya sih kalau pakai motor rame-rame lebih asik untuk traveling lewat jalur selatan ini. Selamat berlibur dan tetap utamakan keselamatan. Jangan lupa baca doa sebelum riding dan utamakan sholat.

Agnas Setiawan, Guru Geografi

Senin, Desember 6

Soal Remedial PAS Geografi Kelas 10 Semester 1 Bab Hakikat Geografi

Soal Remedial PAS Geografi Kelas 10 Semester 1 Bab Hakikat Geografi

Halo kawan-kawan semuanya gimana nih yang sudah melaksanakan Penilaian Akhir Semester atau PAS akhir tahun ini?. Tentunya ada yang gembira hasilnya bagus dan ada juga yang masih harus memperbaiki nilainya.

Khusus di postingan ini saya akan berikan contoh soal remedial PAS geografi bagi kelas 10. Jadi buat guru-guru khususnya, bisa dijadikan contoh ya. 

Remedial dilakukan jika siswa belum mencapai ketuntasan minimal atau KKM pada mapel bersangkutan. Remedial mengikuti KD pada tiap soal yang masih kurang, jadi bisa tidak sama antara satu siswa dengan siswa lain.

Berikut contoh soal remedial geografi kelas 10 PAS semester ganjil. Bisa dipilih sesuai dengan pencapaian tiap anak-anak. Masing-masing topik saya buat ada yang 3 contoh soal dan ada yang 2 saja, silahkan boleh kembangkan sendiri jika belum puas.

A. Topik: Konsep geografi
1. Salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan wilayah adalah dengan membangun pusat-pusat pertumbuhan yang tersebar di berbagai pulau. Konsep geografi yang sesuai dengan fenomena kutub pertumbuhan adalah ....
a. lokasi
b. jarak
c. interaksi
d. aglomerasi
e. morfologi

Kunci: d

2. Wilayah pantai utara Jawa sangat rentan terhadap fenomena banjir rob sementara wilayah pantai selatan Jawa rentan tsunami. Hal ini sesuai dengan konsep ....
a. diferensiasi area
b. jarak
c. morfologi
d. pola
e. aglomerasi

Kunci: a

3. Contoh fenomena yang berkaitan dengan konsep pola adalah ....
a. Indonesia berada pada dua jalur pegunungan muda yaitu sirkum Pasifik dan sirkum Mediterania
b. Angin muson barat berhembus dari Oktober-Maret sementara angin muson timur berhembus dari April-September
c. Kota Bandung berada pada ketinggian rata-rata 500 mdpl sehingga suhunya relatif sejuk
d. Urbanisasi membuat kota-kota semakin tumbuh pesat
e. Kota Cirebon berada pada wilayah pantai sehingga masyarakatnya banyak berprofesi sebagai pengrajin terasi

Kunci: b

B. Topik: Pendekatan geografi
1. Pendekatan geografi yang lebih menekankan pada kajian tentang interaksi manusia dengan ruang permukaan bumi adalah ...
a. pendekatan keruangan
b. pendekatan kelingkungan
c. pendekatan kewilayahan
d. pendekatan sistem
e. pendekatan temporal

Kunci: b

2. Kota pesisir utara Jawa seperti Jakarta, Semarang, Demak terancam banjir rob karena penurunan tanah dan global warming. Pendekatan kelingkungan yang tepat sebagai bentuk adaptasi terhadap fenomena tersebut adala ....
a. memindahkan kota ke dataran tinggi
b. membangun bunker bawah tanah
c. membangun rumah/infrastruktur dengan struktur panggung
d. melarang pembuangan sampah ke pantai
e. membuat sumur resapan di setiap rumah warga

Kunci: c

3. Pembangunan tol laut akan meningkatkan konektivitas antara pulau utama dan pulau-pulau kecil di nusantara. Hal ini diharapkan berdampak pada penurunan harga komoditas khususnya di pulau-pulau terluar. Pendekatan geografi dalam memahami masalah tersebut adalah ....
a. pendekatan keruangan
b. pendekatan kelingkungan
c. pendekatan kewilayahan
d. pendekatan sistem
e. pendekatan temporal

Kunci: c

C. Topik: Prinsip geografi
1. Indonesia memiliki cadangan batubara terbesar keenam di dunia. Namun keterdapatan batubara hanya ditemukan di pulau Sumatera dan Kalimantan. Prinsip geografi yang sesuai fenomena tersebut adalah ....
a. interelasi
b. deskripsi
c. distribusi
d. korologi
e. interaksi

Kunci: c

2. Erupsi Semeru pada tahun 2021 menyebabkan 14 korban jiwa dan 500an rumah rusak diterjang awan panas. Prinsip geografi yang sesuai fenomena tersebut adalah ....
a. interelasi
b. deskripsi
c. distribusi
d. korologi
e. interaksi

Kunci: b

3. Perhatikan bagan kejadian berikut!
Interelasi yang mungkin terjadi pada kolom B adalah ....
a. upah kerja minim
b. adat istiadat yang ketat
c. munculnya slum area
d. lahan pertanian semakin bertambah
e. budaya masyarakat desa semakin kaku

Kunci: c

D. Topik: Objek studi geografi
1. Fenomena pergerakan lempeng tektonik terdapat pada objek material geografi yaitu ...
a. atmosfer
b. hidrosfer
c. litosfer
d. antroposfer
e. kriosfer

Kunci: c

2. Fenomena pada gambar terjadi pada lapisan objek material ...
a. atmosfer
b. hidrosfer
c. litosfer
d. antroposfer
e. kriosfer

Kunci: a

3. Fenomena berikut berkaitan dengan antroposfer, kecuali ....
a. urbanisasi
b. transisi demografi
c. baby boom
d. foroperiodisma
e. sirkuler

Kunci: d

E. Topik: Aspek geografi
1. Fenomena:
1) segregrasi ruang perkotaan
2) munculnya slum area
3) sedimentasi sungai
4) rayapan tanah
5) arus termohaline
Fenomena aspek sosial geografi terdapat pada angka ....
a. 1) dan 2)
b. 1) dan 3)
c. 2) dan 4)
d. 3) dan 5)
e. 4) dan 5)

Kunci: a

2. Berbagai macam nama geografi pada peta yang merupakan nama khas daerah setempat, dikaji khusus dalam ....
a. geografi regional
b. topografi
c. toponomi
d. antropologi
e. monografi

Kunci: c

F. Topik: Perkembangan geografi
1. Filsuf yang pertama kali menemukan istilah geografi adalah ....
a. Eratosthenes
b. Ptolomeus
c. Huntington
d. Karl Ritter
e. Vidal de la Blace

Kunci: a

2. Menurut Getrude Whipple, salah satu konsep geografi adalah pentingnya suatu kawasan alam bagi manusia. Konsep tersebut adalah ....
a. varied natural region
b. varied ways of living
c. the earth as planet
d. the importance of location in understandings world affairs
e. the significance of region to man

Kunci: e

3. Salah satu tokoh geografi abad pertengahan adalah ....
a. Marcopolo
b. Herodotus
c. Amaximandaros
d. Charles Darwin
e. Bintarto

Kunci: a
Kapan Waktu Terbaik ke Terasering Panyaweuyan Argapura?

Kapan Waktu Terbaik ke Terasering Panyaweuyan Argapura?


Provinsi Jawa Barat dianugerahi kenampakan fisiografis yang menawan dan salah satunya adalah lembah Terasering Panyaweuyan yang terletak di Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka.

Beberapa tahun ini Terasering Panyaweuyan menjadi salah satu lokasi wisata yang fenomenal sehingga akhirnya dikembangkan menjadi wisata andalan Kabupaten Majalengka. 

Beberapa spot wisata sekarang ini sudah banyak dibangun untuk mendukung program ini. Jalan juga sudah mulus hanya saja masih sempit, perlu hati-hati untuk mencapai ke atas.

Pemandangan lembah perbukitan tanaman bawang dengan teras-teras yang berbaris rapi menjadi suatu kenikmatan tersendiri. Nah pertanyaannya adalah kapan sih waktu terbaik untuk melihat hijaunya Terasering Panyaweuyan?.

Berdasarkan pengalaman dan wawancara dengan petani setempat, waktu yang tepat untuk melihat pemandangan Panyaweuyan yang hijau adalah di pertengahan Desember.

Ini dikarenakan di November, para petani sudah mulai menggarap lahan dan menanam bawang. Jadi dari pertenghan Desember sampai sekitar Februari adalah waktu terbaik.

Jangan sampai anda hanya mendapatkan pemandangan tanah-tanah cokelat jika berkunjung ke Panyaweuyan selain bulan tersebut. Jadi pemandangan hijau Terasering Panyaweuyan dipengaruhi oleh waktu tanam petani setempat.

Lembah Terasering Panyaweuyan berada di kaki gunung Ciremai sebelah barat daya. Suhu udara disini sana sejuk dan anda akan disuguhi pemandangan perbukitan hijau menawan dan sangat cocok untuk melepas penat.

Tapi ingat ya bagi wisatawan untuk tetap menjaga kebersihan, jangan tinggalkan sampah di sana. Kebersihan adalah tanggung jawab kita bersama. Jangan sampai citra wisata Indonesia tercoreng karena ulah kita sendiri.

Anda bisa juga membeli bawang di sini langsung ke petani, dijamin harganya gak mahal karena langsung ke produsennya.

Di sekitar Lembah Panyaweuyan juga terdapat beberapa objek wisata alam lain seperti Curug Ibun Pelangi, Bukit Sayangkaak dan Curug Maja.

Bagi yang suka air, ada satu wisata lagi yang sangat wonderful di Majalengka yaitu Situ Cipanten, silahkan cek artikelnya di link berikut: Eksotis Situ Cipanten
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close