Guru Geografi | Blog Guru Geografi Gaul
News Update
Loading...

Jumat, Januari 14

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Pewilayahan Negara Maju Part 1

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Pewilayahan Negara Maju Part 1

LKDP Kelas 12 Pewilayahan Negara Maju dan Berkembang

Assalamualaikum sobat guru geografi, salam sejahtera buat kita semua. Apa lagi sih yang akan mimin kasih di postingan kali ini?. Saya akan berikan lagi contoh LKPD alias Lembar Kerja Peserta Didik.

Banyak yang request soalnya karena mungkin guru-guru masih bingung buatnya atau kecapean dan ga ada waktu buat nulisnya. Tenang gak apa-apa, saya berikan gratis nih di bawah.

LKPD yang dibagikan kali ini topik kelas 12 yaitu seputar negara maju dan berkembang. Nanti silahkan edit saja ya sesuai kebutuhan. LKPD yang saya desain ini tipe hots banget soalnya. Ada banyak data dan grafik disana. Siswa diminta menginterpretasi dan menganalisis data tersebut.

LKPD ini saya buat pada saat saya PPG Dalam Jabatan dulu tahun 2019 di Universitas Pendidikan Indonesia. LKPD ini untuk berapa pertemuan sih?. Saya sih biasa membuat satu pertemuan 1 LKPD, jadi untuk bab ini bisa dibagi menjadi 4 LKPD mungkin ya. 

Nanti sisanya akan saya upload bertahap, daripada filenya hilang di laptop mending saya simpan di blog ini dan bisa dibagikan ke teman-teman dan menjadi bank materi saya selaku penulis.

Pewilayahan negara maju dan berkembang ini pada dasarnya membahas perbandingan seputar karakteristik dan persebaran negara maju dan berkembang di dunia. Mengapa perkembangan sebuah negara dapat berbeda-beda?. Tentu ada faktor sejarah, kondisi fisiografis dan sosial budaya yang mempengaruhinya.

Negara dapat diklasifikasikan menjadi negara maju dan berkembang biasa dengan menggunakan indikator ekonomi dan teknologi. Negara dengan pendapatan tinggi, indeks pembangunan manusia tinggi dan penguasaan teknologi tinggi bisa diklasifikasi sebagai negara maju.

Negara maju telah mengalami fase perkembangan industri dari mulai industri primer, sekunder, tersiser dan sekarang di era kuartener. Sementara itu negara berkembang masih berada di posisi industri manufaktur/sekunder dan tersier.

Indeks Pembangunan Manusia/IPM atau Human Development Index adalah tolak ukur paling utama yang digunakan untuk melihat sejauh mana kondisi kesejahteraan masyarakat sebuah negara. Tiga indikator IPM adalah pendidikan, kesehatan dan standar hidup layak.

Indonesia sebagai salah satu negara yang sedang mengalami pertumbuhan pesat saat ini di bidang ekonomi dan digital perlu mengambil peran agar dapat melesat menjadi negara maju. Kita tidak boleh tinggal diam, saatnya untuk berubah menjadi lebih baik.

Pendidikan adalah senjata utama dalam mencetak sumber daya manusia beradab, terampil dan berkarakter untuk menyiapkan generasi emas Indonesia di tahun 2045 kelas. Silahkan download file LKPD Geografi bab negara maju dan berkembang di bawah ini, jangan lupa share ke teman-teman ya.

Cara downloadnya dengan buka di desktop, lalu klik tanda panah di pojok kanan atas, nanti akan otomatis terbuka di google drive. Silahkan klik tombol download saja nanti.


DOWNLOAD FILE LKPD GEOGRAF KELAS 12 
👇👇👇👇

Gempa 6,7 Skala Richter Guncang Banten, Terasa Sampai Jakarta

Gempa 6,7 Skala Richter Guncang Banten, Terasa Sampai Jakarta

Titik episentrum gempa sore ini
Sore ini saya sedang rebahan di kasur, tiba-tiba terasa ada goyangan beberapa detik, lumayan kuat dan cukup membuat kepala melayang.

Dari gejala tersebut pastinya ini gempa, padahal jarang-jarang Bekasi ada goncangan. Setelah dicek ke BMKG ternyata memang benar terjadi gempa di daerah Sumut Banten berkekuatan 6,7 skala Richter.

Gempa cukup kuat hingga sampai Jakarta, dan pastinya goncangan akan semakin terasa jika sedang berada di gedung tinggi lantai atas.

Lantas pertanda apakah ini?. Sebenarnya hal ini adalah fenomena biasa karena pulau Jawa berada di zona subduksi lempeng Indo Australia - Eurasia.

Zona subduksi adalah zona penunjaman lempeng tektonik dikarenakan terjadi tabrakan lempeng di zona konvergen. Lempeng yang lebih lemah akan menunjam atau menerobos masuk ke bawah lempeng yang lebih kuat.

Gempa sore ini termasuk gempa tektonik dan tidak berpotensi tsunami. Kejadian ini menjadi alarm bagi kita untuk waspada dan terus menambah pengetahuan seputar mitigasi gempa.

Saat tiba - tiba terjadi gempa, apa yang harus dilakukan saat kita berada di bangunan lantai 1, lantai atas, kendaraan, bawah pohon dan lainnya?.

Masyarakat harus paham dan siap jika nanti fenomena gempa terjadi kembali. Dengan semakin cerdas maka potensi kerugian dan korban jiwa akan semakin kecil.

Lempeng tektonik akan terus mengalami tekanan dan kita tidak bisa memprediksi kapan waktu terjadinya gempa, jadi kesiapsiagaan adalah hal utama.
LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Dinamika Litosfer Pertemuan 1

LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) Geografi Dinamika Litosfer Pertemuan 1


Lembar Kerja Peserta Didik atau LKPD adalah salah satu tools atau alat pembelajaran yang dapat berguna untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap penguasaan materi. Dulu LKPD itu namanya LKS atau lembar kerja siswa, sama saja sebenarnya fungsinya.

Kali ini saya akan berikan contoh LKPD Geografi Bab Dinamika Litosfer. Karena ada banyak pertemuan, maka akan saya pecah menjadi beberapa LKPD, mungkin bisa 5-7 LKPD. Lumayan kan 7 pertmuan punya senjata LKPD.

Untuk LKPD pertama ini adalah seputar struktur litosfer dan pengenalan tentang gaya endogen. Nanti silahkan saja dimodifikasi sesuai kebutuhan siswa di sekolah masing-masing. Yang jelas kalau geografi pasti akan ada gambar atau bisa video.

LKPD yang gak ada gambarnya gak asik banget kalau geografi mah. Dinamika litosfer sangat kompleks dan siswa perlu dibekali pengetahuan tentang bagaimana asal usul terbentuknya litosfer, perkembangannya dan pemanfaatannya bagi kehidupan seperti apa.

Litosfer terbentuk melalui serangkaian proses dari sejak awal mula bumi terbentuk 4,6 milyar tahun lalu. Permukaan bumi yang tadinya bola panas kemudian mendingin menjadi kerak (ingat kerak nasi liwet aja).

Kerak bumi ini terus dinamis karena mengalami gaya endogen dan eksogen. Gaya endogen berasal dari dalam bumi sementara gaya eksogen berasal dari luar bumi. Kedua gaya ini simultan merombak litosfer hingga membuat geomorfologi permukaan bumi bervariasi.

Saya akan coba secara bertahap mengupload LKPD di blog ini supaya bisa diakses oleh teman-teman. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan memberikan inspirasi.

LKPD selanjutnya: Batuan Penyusun Litosfer (on progress). Silahkan download LKPD geografi di bawah ini.

Cara downloadnya dengan buka di desktop, lalu klik tanda panah di pojok kanan atas, nanti akan otomatis terbuka di google drive. Silahkan klik tombol download saja nanti.


DOWNLOAD LKPD DINAMIKA LITOSFER PART 1
👇👇👇👇

Kamis, Januari 13

Pembukaan Seleksi Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022

Pembukaan Seleksi Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Tahun 2022

Rekan guru se nusantara, ada kabar baik nih terkait program Pendidikan Profesi Guru alias PPG. Pemerintah telah membuka pendaftaran PPG untuk tahun 2022 ini. Di awal tahun ini tentunya rekan guru sudah siap kan!.

Untuk peserta PPG tahun ini diberikan kesempatan untuk memilih apakah akan mengikuti PPG bersubsidi atau mandiri non subsidi.

Silahkan cek update informasinya di SIMPKB masing-masing ya, dan jangan malas membaca. Banyak tanya kepada sesama rekan/teman supaya salng membantu.

Berikut informasi awal terkait pendaftaran peserta PPG tahun 2022. Jangan lupa share dan like blognya ya!.

Persyaratan
1. Calon peserta PPG memilih apakah mengikuti PPG Bersubsidi biaya ditanggung pemerintah atau Non Subsidi dimana seluruh biaya dibebankan ke calon peserta apabila nantinya sudah lulus.
2. Selanjutnya bagi yang mengikuti PPG Prajabatan belum menikah.
3.  Memiliki SK untuk guru yang honor di Negeri SK Dinas Kota/Kabupaten setempat, sementara untuk yang sudah tetap seperti guru yayasan yaitu SK Yayasan.
4. Untuk persyaratan lain bisa dilihat pada menu Informasi.
5. Ijasah dan Trasnkrip Nilai S1/D4
6. Siap mengikuti pendidikan selama batas waktu yang sudah ditentukan meski jauh.

Untuk proses pendaftaran peserta PPG tahun 2022 ini dapat dilaksanakan secara online melalui situs yang sudah disebutkan yaitu https://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id/. 

Untuk mendaftar pastikan kalian membaca pengumuman pada situs tersebut PPG jenis apa yang sedang dibuka, apabila belum dibuka silahkan tunggu jangan sampai asal mendaftar.

Selanjutnya melihat ketersediaan program studi PPG yang dibuka apakah ada untuk latar belakang pendidikan kita, sesuai ijasah, selanjutnya melakukan pendaftaran dengan mengklik tombol "Daftar".

Alur Pendaftaran PPG Tahun 2022
1. Membuat akun pendaftaran PPG di situs resmi https://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id/.
2. Selanjutnya gunakan login yang sudah dibuat.
3. Selanjutnya peserta akan diarahkan untuk mengisi form pendaftaran hingga selesai.
4. Untuk pengisian seperti pada umumnya pendaftaran, mengisi biodata, data pendidikan dan lainnya.
5. Pastikan semua sudah terisi dengan benar. lanjut hingga semua data dikirim. Apabila ada biaya yang harus dibayar silahkan ikuti intruksi sesuai yang ada pada situs resmi https://pendaftaran.ppg.kemdikbud.go.id/.
6. etelah proses pendaftaran selesai dapat langsung mendownload Kartu Tanda Peserta Ujian.
7. Proses Pendaftaran selesai.

Lalu seperti alur mekanisme PPG tahun 2022 ini  dari awal sampai akhir?. Silahkan cek di bawah ini:
A. Prosedur Pendaftaran
*  Pendaftaran online
*  Seleksi Administrasi 
*  Pengumuman hasil seleksi administrasi akan diumumkan mela
*  Seleksi Akademik, Bakat, Minat, Kepribadian, dan Panggilan Jiwa
*  Pengumuman Hasil Seleksi Akademik, Bakat, Minat, Kepribadian, dan Panggilan Jiwa
*  Registrasi online 
*  Lapor diri
*  Orientasi awal studi
*  Proses pembelajaran

B. Verifikasi
Selanjutnya tinggal tunggu  pengumuman verifikasi, untuk proses dapat kembali login memastikan apakah lulus atau tidak jika sudah peserta harus mempersiapkan dokumen seperti.
*  KTP
*  Kartu Tanda Peserta Ujian.
*  Ijasah dan Transkrip nilai.

Dokumen diatas wajib dibawa pada saat tes dilaksanakan sesuai dengan pengumuman, proses seleksi terdiri dari dua materi berupa tes tertulis dan wawancara, jika sudah tinggal tunggu pengumuman, jika dinyatakan lulus akan mengikuti pendidikan selama waktu yang sudah ditentukan. Itulah rangkaian seleksi dan pendaftaran PPG tahun 2022. Semoga berhasil dan lulus dengan nilai terbaik!.

Surat resmi edaran tentang dimulainya pendaftaran PPG tahun 2022, silahkan download di bawah. Bagi yang membutuhkan contoh soal-soal UP/Formatif/Sumatif hasil pengalaman saya tahun 2019 silahkan cek di link berikut: Soal UP Pedagogik PPG

PPG Tahun 2022 Dibuka

Selasa, Januari 11

Soal Asesmen Kompetensi Minimum Menjodohkan [Geografi Dinamika Tanah]

Soal Asesmen Kompetensi Minimum Menjodohkan [Geografi Dinamika Tanah]

Halo kawan-kawan sekalian kali ini saya akan coba berikan contoh soal AKM tipe menjodohkan untuk materi dinamika pedosfer atau tanah.

Dinamika tanah dikontrol perkembangannya oleh faktor batuan induk, cuaca iklim, topografi, waktu dan manusia. Tanah adalah bagian dari litosfer yang mengalami pelapukan oleh tenaga eksogen.

Persebaran tanah di permukaan bumi sangat banyak dan setiap wilayah memiliki variasi jenis tanah yang tentunya dipengaruhi oleh kondisi geologis dan eksogenis yang bekerja di wilayah tersebut.

Dalam perkembangannya, tanah akan membentuk horison atau perlapisan. Tidak semua wilayah memiliki solum atau ketebalan tanah yang lengkap dari horison O sampai batuan induk.

Hal ini dipengaruhi oleh pengaruh erosi dan tenaga-tenaga lain yang bekerja seperti tektonisme, vulkanisme. Contoh horison tanah lengkap ada di bawah ini. Lapisan atas biasanya adalah lapisan organik, lapisan tengah adalah lapisan pencucian dan lapisan paling bawah adalah batuan induk.
Contoh Horison tanah
Di Indonesia pembentukkan tanah banyak dikontrol oleh gunung api khususnya yang berada di jalur pegunungan api. Sementara itu di beberapa lokasi terdapat jenis tanah lain seperti gambut, kapur hingga tanah aluvial

Soal menjodohkan ini sifatnya soal low order thinking alias lots. Silahkan dicoba beberapa soal berikut ini barangkali cocok buat ulangan atau latihan dan tugas buat siswa.

Jangan lupa juga kunjungi rangkuman materi geografi terbaru di link berikut ini: Ciri awan Cirrus

Cocokanlah pernyataan dengan jawaban yang tepat!.
No Pernyataan Jawaban
1 Komponen tanah dengan persentase paling besar Alluvial
2 Erosi yang terjadinya karena adanya aliran air yang menuruni lereng dengan arah yang sama dengan kemiringan lereng Regolith
3 Salah satu sifat fisik tanah Silt
4 Partikel halus tanah yang berasal dari pelapukan batuan induk Gunung Kidul
5 Propinsi di Indonesia yang banyak terdapat tanah gambut Kalimantan Selatan
6 Penanaman vegetasi searah dengan garis kontur Rill erossion
7 Partikel tanah dengan diameter antara 2-0.05 mm Litosol
8 Kabupaten di Indonesia yang banyak terdapat tanah kapur Mineral
9 Tanah yang berasal dari pelapukan batuan beku dan batuan sedimen di daerah pegunungan Tekstur
10 Tanah yang berasal dari endapan aliran sungai Contour strip

Senin, Januari 10

Skor Keketatan Nilai UTBK Tiap Jurusan PTN Favorit 2022

Skor Keketatan Nilai UTBK Tiap Jurusan PTN Favorit 2022

Halo para pejuang UTBK seluruh Indonesia, gimana nih yang sudah sibuk belajar buat persiapan UTBK tahun ini tentu deg-degan bukan untuk tes nanti.

Nah biar tambah deg-degan lagi nih, mimin akan berikan data skor keketatan tiap jurusan atau prodi PTN favorit nih. Data ini biar kamu punya wawasan sudah sejauh mana kamu belajar dan berjuang untuk dapatkan satu kursi di jurusan tersebut.

Skor keketatan nilai tentu sudah dihitung berdasarkan data hasil tahun-tahun sebelumnya. Artinya kamu sudah tahu medan perang jika sudah melihat data yang ada di bawah nanti.

Aduh, kok makin serem dan takut aja sih lihat angka-angkanya?. Nah, disinilah mental kamu akan diuji ya guys. Ingat pejuang UBTK adalah anak-anak tangguh bermental tempur dan juaran sejati.

Tidak ada kemenangan tanpa perjuangan dan air mata. Setiap tahun kursi PTN tentu akan semakin penuh persaingan ya teman-teman. Artinya kamu dituntut untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik.

Tidak ada kata menyerah sebelum bertanding, pastikan mau sudah siap dan niatkan diri ingin lolos UTBK dengan nilai paripurna.

Masih ada waktu buat belajar, baik itu belajar offline atau mau les online juga bisa. Strategi ada di tangan kamu sendiri ya. 

Daripada kamu menyesal kemudian mending bersakit-sakit dahulu. Berikut ini data skor keketatan prodi favorit untuk UTBK 2022, silahkan disimak dan susun strategi terbaik agar dapat memenangkan pertempuran.

Di bawah ini ada data PTN, jurusan, nilai batas aman, daya tampung, peminat dan skor nya. Gimana cara bacanya?.

Mudahnya gini aja, semakin kecil nilai keketatan maka semakin tinggi persaingannya. Lihat SKOR BATAS AMAN nya. Itu nilai batas aman hasil UTBK ya, jadi ya pastikan kamu nilainya diatas itu. Ibaratnya nilai di data ini adalah nilai standar alias KKM nya. Selamat membaca dan menganalisis.

Skor Keketatan Prodi UTBK 2022

Skor Keketatan Prodi UTBK 2022

Skor Keketatan Prodi UTBK 2022

Skor Keketatan Prodi UTBK 2022

Skor Keketatan Prodi UTBK 2022

Skor Keketatan Prodi UTBK 2022

Minggu, Januari 9

Ban Mobil Retak Halus Masih Layak Digunakan Dengan Syarat

Ban Mobil Retak Halus Masih Layak Digunakan Dengan Syarat


Ban adalah salah satu komponen penting kendaraan terutama mobil jadi haru diperhatikan dengan baik kondisinya termasuk saat ada retak halus di permukaannya.

Kali ini saya berikan sedikit pengalaman terkait kondisi ban mobil retak halus. Setelah beberapa tahun pemakaian kita seringkali menemukan kondisi permukaan ban retak-retak di pinggir atau dinding samping. Apakah hal tersebut berbahaya terutama saat digunakan jarak jauh?.

Retak halus pada ban mobil seringkali membuat pengguna mobil tidak pede karena mengurangi estetika dan langsung saja ganti ban. Padahal secara fungsi, ban retak halus masih bisa digunakan dengan syarat tertentu.

Saya sendiri membeli mobil seken 2017 dan sekarang tahun 2022, terjadi retak halus pada ban tapi ketebalan ban masih baik. Saya kemudian menghubungi saudara saya yang punya bengkel lalu memfoto kondisi ban saya berikut.
Retak halus pada ban
Setelah saya tanya-tanya, beliau menjawab bahwa ban saya masih layak digunakan. Kondisi retak halus tersebut hanya dikarenakan faktor terutama cuaca karena mobil kebanyakan disimpan di luar, berhubung di rumah kontrakan gak ada kanopi.

Jadi saya beranikan diri mobil dipakai dari Bekasi ke Majalengka hingga Tasik dan Pangandaran saat liburan kemarin melewati jalan tol dan jalan rusak naik turun bukit. Alhamdulillah tidak ada apa-apa dan daya cengkram ban pun saat kecepatan tinggi masih baik.

Jadi memang kondisi ban retak tersebut dikarenakan faktor cuaca saja. Ban memiliki struktur yang berlapis-lapis dan ini sudah didesain oleh engineer di pabrik. Jadi indikator utama ban yang sudah mulai tipis adalah di batas indikator segitiga di dinding samping atau tanda di bagian tengah seperti pada gambar berikut.
Indikator ketebalan ban

Umur pakai ban itu bisa sampai 10 tahun lho, jadi jika dipakai wajar dan dirawat baik pastinya aman-aman saja. Kecuali memang sudah ada indikasi pernah bocor tambalan ini beda hal.

Jadi menurut berbagai info, retak pada ban bisa disebabkan faktor berikut:
1. Cuaca
Ban bermaterial karet jika terkena cuaca panas, hujan tentu akan berdampak pada fisik ban. Jika sering terkena pengaruh cuaca langsung tentu ban akan cepat retak, misal parkir di rumah tidak ada kanopi.
2. Tekanan Angin
Ketidaksesuaian tekanan angin pada ban bisa memicu munculnya retak-retak halus pada permukaan ban.
3. Muatan
Beban berat bisa memicu kelenturan ban semakin menurun dan membuat cepat retak permukaannya bahkan pecah ban.
4. Cairan Kimia
Penggunaan sampo cuci mobil yang kurang tepat bisa meruksan permukaan ban karena sifat deterjen yang panas.

Jadi pada dasarnya retak halus pada ban mobil bukan masalah serius dan masih bisa digunakan dengan catatan memang tidak terjadi kondisi fatal lain. Perlapisan ban sangat khusus dan memiliki ketebalan berlapis jadi tidak usah terlalu khawatir. 

Kecuali kalau anda memang punya uang lebih dan merasa tidak enak melihat ban retak ya sah-sah saja untuk ganti meski umur pakainya baru beberapa tahun. 

Featured

[Featured][recentbylabel2]

Featured

[Featured][recentbylabel2]
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close