Guru Geografi | Blog Guru Geografi Gaul
News Update
Loading...

Sabtu, Juni 18

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 11-15

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 11-15

Assalamualaikum teman-teman, adik-adik pejuang KSM Geografi se nusantara Indonesia. Kali ini kita lanjut lagi ya bahas contoh pembahasan soal KSM tahun lalu.

Jangan lupa untuk selalu share blog ini ke teman-teman lain ya di grup medsos kalian. Selamat belajar dan semoga berhasil di KSM tahun ini.

11. Perhatikan dengan cermat peta berikut!

Jika pada wilayah yang dipetakan tersebut terjadi bencana tsunami, maka gelombang tsunami yang paling besar akan terjadi pada kawasan yang ditunjukkan pada titik yang ditandai dengan angka …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

Kunci
Nah ini kalian harus tahu mekanisme perambatan sebuah gelombang (tsunami itu kan gelombang laut). Lihat di peta, angka no 2 itu kan wilayah teluk. Tau teluk?. Wilayah yang menjorok ke daratan. Tsunami di daerah teluk lebih berbahaya dibandingkan di kawasan pesisir terbuka jika berasal dari sebuah gempa yang sama lokasi dan besarannya.

Ada faktor yang bisa memperkuat gelombang tsunami di daerah tersebut, yaitu dinding teluk. “Kalau gelombang masuk kemudian sampai kepala teluk, terefleksi lagi gelombangnya, ketemu sama gelombang datang jadi semakin membesar. Jadi semakin sempit saluran air maka energi akan semakin tinggi dan merusak. Kasus ini seperti yang terjadi di tsunami Palu tahun 2018.

12. Cermati ayat Quran berikut!
Makna yang terkandung dari dua ayat Quran di atas adalah …
a. Terjadinya paceklik yang berkepanjangan
b. Pentingnya berhemat bahan makan
c. Pentingnya bercocok tanam
d. Upaya mitigasi bencana

Kunci
Ayat di atas adalah Q.S Yusuf; 48. Maknanya adalah tentang pentingnya menghemat bahan makanan.

13. Beberapa daerah di Indonesia yang secara geologis memiliki potensi untuk dikembangkan pembangkit listrik tenaga panas bumi adalah sebagai berikut …
a. Jawa Barat, Lampung, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur
b. Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara
c. Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Bali, Sumatera Barat, Jawa Timur, Sulawesi
d. Gorontalo, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Naggroe Aceh Darussalam

Kunci
Tenaga panas bumi atau geotermal itu berasal dari kegiatan vulkanisme. Nah tidak semua wilayah yang memiliki gejala vulkanisme itu bisa dibuat pembangkit geotermal. Hanya wilayah ladang cekungan geotermal atau seperti katel yang bisa dipakai. Contohnya di Kamojang, Dieng, itu kan wilayah mangkok besar.

Kalau di lihat secara potensi maka daerah yang banyak gunung api atau berada di jalur ring of fire yang bisa di eksplorasi untuk geotermal. Contohnya pada opsi A.

14. Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:
a. Apa yang diungkapkan hadis di atas membawa implikasi …
b. Berkembangnya teknologi eksplorasi sumberdaya alam
c. Semakin menyusutnya cadangan sumberdaya alam
d. Eksploitasi sumberdaya alam yang berlebihan
e. Semakin banyaknya pertambangan emas

Kunci
Belum tahu, silahkan bantu di komen

15. Dari beberapa ayat Quran berikut yang merupakan amanah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup adalah …

Kunci
Belum tahu, silahkan bantu di komen.

Rabu, Juni 15

Ada Berapa Cabang Ilmu Geografi Itu Sebenarnya?

Ada Berapa Cabang Ilmu Geografi Itu Sebenarnya?

Geografi adalah ilmu yang membahas tentang ruang permukaan bumi beserta interaksi yang terjadi di dalamnya. Para ahli geografi sudah sejak lama mengemukakan tentang batasan ilmu geografi dan sampai saat ini cabang ilmu geografi ada dua yaitu geografi manusia (human geography) dan geografi fisik (physical geography).

Disamping itu ada juga turunan atau cabang geografi lainnya seperti geografi regional, kartografi dan geografi terintegrasi (geografi lingkungan).

Geografi Manusia
Cabang ilmu geografi yang paling penting adalah geografi manusia karena mengcover semua hal tentang pergerakan manusia dalam ruang permukaan bumi.

Geografi manusia normalnya mengkhususkan pada studi tentang populasi, bagaimana interaksi dan perubahan-perubahan yang terjadi pada manusia baik itu persebaran, asal usul ras, dan semua aktifitasnya dalam ruang.

Manusia adalah mahluk yang mendominasi di permukaan bumi sehingga geografi lebih banyak mengulas mengenai permasalahan tersebut.

Dalam perjalanannya, aplikasi modern dari geografi manusia adalah pemetaan migrasi manusia, pergerakan makanan dan dampaknya terhadap komunitas, dan dampak perubahan iklim terhadap kehidupan manusia pada daerah yang rentan terdampak.
Kota adalah hasil peradaban manusia

Beberapa cabang dari disiplin geografi manusia antara lain:
1. Geografi Budaya
2. Geografi Ekonomi
3. Geografi Kesehatan
4. Geografi Sejarah
5. Geografi Politik
6. Geografi Populasi
7. Geografi Desa
8. Geografi Sosial
9. Geografi Transportasi
10. Geografi Kota

2. Geografi Fisik
Geografi fisik adalah cabang utama geografi yang mengkhususkan studi pada fenomena alam di ruang permukaan bumi atau litosfer.

Geografi fisik akan membawa kita menjelajah kenampakan daratan, relief permukaan bumi dan juga melihat apa yang terdapat pada lapisan es atau dalamnya lautan.

Peneliti akan menggunakan satelit untuk menganalisis daratan benua antartika, atau melihat rona dasar laut dalam menggunakan sonar dan memetakan lantai samudera.

Cabang disiplin geografi fisik antara lain:
1. Geology
2. Geomorfologi
3. Klimatologi
4. Hidrologi
5. Glasiologi
6. Biogeografi
7. Meteorologi
8. Paleontologi
Lapisan es di permukaan bumi

Selasa, Juni 14

Download Modul Belajar Geografi Kurikulum Merdeka 2020 Kelas X, XI, XII

Download Modul Belajar Geografi Kurikulum Merdeka 2020 Kelas X, XI, XII

Kurikulum Merdeka sudah mulai digulirkan dan akan serentak diaplikasikan pada tahun 2024 di seluruh sekolah di Indonesia. Jadi mulai tahun 2022 setiap sekolah masih diberikan kebebasan untuk memilih kurikulum 2013 atau 2020.

Nah dalam kurikulum merdeka ini, sekolah tidak ada lagi kelas penjurusan melainkan pemilihan pelajaran sesuai minat dan bakat siswa berdasarkan asesmen diagnostik awal.

Dengan demikian diharapkan tujuan siswa sudah jelas dari awal akan menuju ke arah mana, jadi tidak semua mata pelajaran dipelajari. Kurang lebihnya seperti itu. Selain itu siswa akan lebih sering melakukan sebuah projek yang tentunya dalam arahan bimbingan guru.

Di postingan ini saya akan berikan contoh modul belajar geografi yang bisa dipakai dalam melaksanakan kurikulum 2020. Meskipun begitu, pada dasarnya guru mapel masing-masing yang seharusnya mampu menyusun sendiri modul belajar sesuai dengan karakteristik siswa dan sekolahnya.

Jika belum bisa membuat sendiri modul belajar geografi, silahkan pakai dari pemerintah berikut ini sebagai acuan. Download filenya di bawah.


Silahkan share ke medos grup teman-teman kalian jika modul ini dirasa bermanfaat. Selamat belajar dan berkarya.

KELAS 10

KELAS 11

KELAS 12

Minggu, Juni 12

Download File Soal Kompetisi Sains Madrasah/KSM 2021 MI, MTs, MA

Download File Soal Kompetisi Sains Madrasah/KSM 2021 MI, MTs, MA

Di postingan ini saya akan bagian file soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2021 untuk persiapan menjelang KSM 2022. Apa sih sebenarnya KSM itu?. 

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Jadi KSM itu ya tandingannya OSN Kemdikbud ya gaes bahasa gaulnya.

Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan itu mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi. 

Soal KSM ini gak hanya pakai bahasa Indonesia saja tapi pakai bahasa Arab dan Inggris. Hal ini karena Madrasah itu sama halnya dengan pesantren jadi ada pelajaran sains, bahasan Inggris dan muatan bahasa Arab. 

Jadi soal KSM ini lebih menantang dibandingkan OSN karena kita dituntut mendalami 3 bahasa sekaligus agar bisa memahami soal. Soal yang Arab gundul itu paling susah menurut saya karena ga ada mahraznya gaes, kalau bukan orang pesantren pasti puyeng itu.

Kompetisi Sains Madrasah 2022 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat).

Bagi yang memerlukan soal KSM tahun 2021 lalu, saya upload di bawah, silahkan download saja dan jangan lupa share ke grup teman-teman kalian ya!.

DOWNLOAD DI BAWAH
Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 6-10

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 6-10

Assalamualaikum adik-adik, lanjut lagi ya kita bahas kunci jawaban soal KSM Geografi 2021 nomor 6-10. Semoga bisa membantu kalian siswa/i Madrasah Aliyah yang lagi berjuang tahun ini di KSM.

Soal KSM ini pakai 3, jadi mohon maaf kalau soal yang arab gundul saya kurang begitu paham, jadi beberapa soal akan saya skip jawabannya. Silahkan diskusikan saja sendiri dengan teman dan pembimbing di sekolah.

6. Dibandingkan dengan kebanyakan negara lain di dunia, Indonesia merupakan salah negara yang akan menerima dampak sangat dirugikan akibat global warming. Penyebabnya adalah ...
a. Secara geografis terletak di antara dua benua
b. Wilayahnya dikelilingi oleh dua samudera yang luas
c. Wilayahnya berupa kepulauan, terdiri dari ribuan pulau
d. Secara astronomis terletak di daerah tropis yang panas

Kunci
Ini soal analisis lokasi ya gaes. Jadi kan temanya dampak global warming, yaitu peningkatan suhu rata-rata permukaan bumi. Nah dampak global warming ini macam-macam salah satunya di bidang kelautan yaitu mencairnya es kutub sehingga permukaan air laut naik. Jadi jika permukaan air laut naik maka kota-kota di wilayah pesisir akan terancam tenggelam. Indonesia itu kan dikelilingi dua samudera luas jadi pastinya kenaikan muka air laut dua samudera tersebut maka akan berakibat pada potensi tenggelam kota-kota di wilayah pesisir. Ini soal tipe penalaran tingkat lanjut. Kamu harus bisa mengaitkan satu kejadian ke kejadian lain secara logis.

7. Pada suatu saat, temperatur di pantai Jayapura 29⁰ C, sedangkan pada saat yang sama temperatur pada salah satu tempat di Pegunungan Jaya Wijaya 2⁰ C. Berdasarkan data tersebut, berapakah kira-kira ketinggian tempat yang ada di Pegunungan Jayawijaya tersebut adalah ... meter.

Kunci
Ini pakai logika rumus penurunan suhu (gradien termis) di troposfer dimana rumusnya itu kan:
Tx = 26,3⁰ - (h/100 x 0,6⁰)

Keterangan:
Tx = temperatur wilayah yang dicari
26,3⁰ = suhu rata-rata pantai (0 meter), ini bisa diganti menjadi suhu wilayah yang diketahui
h = ketinggian
100 = konstanta
0,6⁰ = lanju penurunan suhu per ketinggian 100 m naik.

Jadi tinggi kita logika aj, Pegunungan Jaya Wijaya itu kan sekitar 4.000 - 5.000 mdpl, maka kita bisa coba pakai angka diantara ketinggan tersebut. Saya menemukan di angka 4.500 mdpl

T ₄₅₀₀ = 29⁰ - (4.500/100 x 0,6⁰)
              = 29⁰ - 27⁰
              = 2⁰ C

8. Cermati ayat Quran berikut:
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يُزْجِيْ سَحَابًا ثُمَّ يُؤَلِّفُ بَيْنَهٗ ثُمَّ يَجْعَلُهٗ رُكَامًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلٰلِهٖۚ وَيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَاۤءِمِنْ جِبَالٍ فِيْهَا مِنْۢ بَرَدٍ فَيُصِيْبُ بِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَصْرِفُهٗ عَنْ مَّنْ يَّشَاۤءُۗ يَكَادُ سَنَا بَرْقِهٖ يَذْهَبُ بِالْاَبْصَارِ
Makna ayat di atas antara lain menjelaskan mengenai …
a. manfaat air hujan
b. proses terjadinya hujan
c. fenomena hujan dan petir
d. jenis-jenis hujan

Kunci
Ayat di atas adalah QS. An Nuur ayat 43 yang menjelaskan tentang proses hujan dan petir
"Tidakkah engkau melihat bahwa Allah menjadikan awan bergerak perlahan, kemudian mengumpulkannya, lalu Dia menjadikannya bertumpuk-tumpuk, lalu engkau lihat hujan keluar dari celah-celahnya dan Dia (juga) menurunkan (butiran-butiran) es dari langit, (yaitu) dari (gumpalan-gumpalan awan seperti) gunung-gunung, maka ditimpakan-Nya (butiran-butiran es) itu kepada siapa yang Dia kehendaki dan dihindarkan-Nya dari siapa yang Dia kehendaki. Kilauan kilatnya hampir-hampir menghilangkan penglihatan."

9. Perhatikan foto berikut!
Adaptasi alamiah yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko bencana tsunami pada pantai di atas adalah …
a. Membuat bangunan dan infrastruktur tahan gempa
b. Membuat tanggul beton di sepanjang pantai
c. Memindahkan permukiman di kawasan rawan bencana
d. Menanam tumbuhan mangrove di sepanjang pantai

Kunci
Adaptasi alami berarti tidak membangun infrastruktur bangunan maka paling masuk akal ya menanam mangrove di sepanjang garis pantai untuk meredam efek gelombang tsunami.

10. Bacalah dan cermati ayat Quran berikut!
Jika informasi di atas merupakan satu-satunya dasar untuk mengidentifikasi fenomena yang terjadi, maka ayat di atas menggambarkan bahwa bencana alam yang terjadi adalah berupa …
a. letusan gunung api dan badai
b. gempa bumi dan likuifaksi
c. gempa bumi dan letusan gunung api
d. likuifaksi dan letusan gunung api

Kunci
Surah Hud Ayat 82"Maka ketika keputusan Kami datang, Kami menjungkirbalikkannya (fenomena likuifaksi) negeri kaum Lut, dan Kami hujani mereka bertubi-tubi dengan batu dari tanah yang terbakar (jatuhan piroklastik erupsi gunung api)". Jadi jawabannya D.

Kamis, Juni 9

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 1-5

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 1-5

Assalamualaikum teman-teman, kali ini kita coba bahas soal KSM alias Kompetensi Sains Madrasah untuk para siswa MA se Indonesia. Sebelumnya saya udah share soal OSN, kali ini kita bahas yang KSM.

Semoga bisa membantu kalian para pejuang KSM tahun ini ya, dan jangan lupa untuk share postingan ini ke grup teman-teman lain dan nantikan updatenya. Silahkan join grup telegram gurugeografi.id di bawah.

1. Please read carefully a verse from the Quran below!
الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ فِرَاشًا وَّالسَّمَاۤءَ بِنَاۤءً ۖوَّاَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَخْرَجَ بِهٖ مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزْقًا لَّكُمْ ۚ فَلَتَجْعَلُوْا لِلّٰهِ اَنْدَادًا وَّاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ
The verse above is relate to one of the principle of geography ....
a. description
b. distribution
c. interrelation
d. chorology

Kunci
Petikan ayat di soal itu Surah Al Baqoroh ayat 22, artinya
"(Dialah) yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan Dialah yang menurunkan air (hujan) dari langit, lalu Dia hasilkan dengan (hujan) itu buah-buahan sebagai rezeki untukmu. Karena itu janganlah kamu mengadakan tandingan-tandingan bagi Allah, padahal kamu mengetahui."

Jadi ayat di atas itu mendeskripsikan Kekuasaan Allah menciptakan geosfer sebagai ruang kehidupan bagi mahluk-mahluknya. Jadi prinsip deskripsi.

2. 
Kunci
on progress (kitab gundul susah)

3. Salah satu kewajiban Umat Islam adalah melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan. Pada tahun 2022 yang akan datang, bulan Ramadhan jatuh bersamaan dengan bulan Mei. Pada saat itu, kota-kota berikut yang waktu puasanya paling panjang adalah …
a. Canberra
b. Riyadh
c. Ankara
d. Moscow

Kunci
Pada bulan Mei matahari posisinya ada di atas ekuator. Ini materi yang berkaitan dengan gerak semu tahunan matahari. Bulan Mei kota-kota di belahan bumi utara itu akan mendapatkan malam lebih pendek dibanding siang karena busur siang lebih panjang dibanding malam.

Jadi Moscow adalah kota yang puasanya paling lama di Bulan Mei karena posisinya ada di utara khatulistiwa pada bulan Mei. Kalau misal ditanya kota yg paling pendek durasi puasanya di bulan Mei maka cari aja yang posisinya di selatan ekuator.  

4. Perhatikan peta!

Pada peta di atas dapat dilihat garis dengan keterangan 1, 2, 3, dan 4. Jika garis-garis tersebut menggambarkan aliran sungai, garis manakah yang benar?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

Kunci
Kamu harus paham cara menentukan garis kontur yang menjadi penciri itu adalah sungai. Caranya dengan lihat lekukan kontur. Yang benar yang angka 1, silahkan cek ya adik-adik ada bentukan lekukan kontur yang seperti huruf U, itu menujukkan lembah aliran sungai.

5. Jenis simbol yang paling tepat untuk menggambarkan jumlah produksi kedelai di seluruh propinsi di wilayah Indonesia pada tahun 2021 adalah …
a. abstrak
b. geometrik
c. piktorial
d. proporsional

Kunci
Simbol proporsional peta berguna untuk menghadirkan pemahaman yang cukup tepat tentang perbedaan besarnya dalam dataset. Saat nilai numerik untuk setiap kelas meningkat, demikian juga ukuran simbol yang mewakili kelas itu. Ini memungkinkan ukuran simbol dari fitur yang terkait langsung dengan nilai atribut yang diwakilinya di mana titik kecil menunjukkan nilai data kecil dan titik besar menunjukkan nilai data besar, contohnya seperti penggambaran jumlah porduksi kedelai semua propinsi di Indonesia.

Lanjut: Soal No 6-10

Senin, Juni 6

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab Budaya Nasional, Kearifan Lokal dan Globalisasi

Rangkuman Geografi Kelas 11 Bab Budaya Nasional, Kearifan Lokal dan Globalisasi

Kali ini saya akan coba berikan contoh rangkuman geografi kelas 11 bab kebudayaan ya teman-teman!. Silahkan boleh dipakai buat tugas atau bahan ajar sebelum ujian/ulangan.

Indonesia memiliki keragaman budaya yang luar biasa karena faktor sejarah dan geografisnya sebagai pusat lalu lintas manusia.

Interaksi berbagai bangsa yang singgah di Indonesia membuat wilayah-wilayah di Indonesia dihuni oleh berbagai macam ras dan suku bangsa yang melahirkan berbagai kebudayaan yang berbeda. 

1. Budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, merupakan bentuk jamak dari buddhi yang artinya akal.
2. Kebudayaan diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal meliputi cipta, rasa dan karsa.
3. Tiga wujud kebudayaan adalah gagasan, tindakan dan hasil karya manusia.
4. Gagasan bersifat abstrak, tidak dapat diraba dan disentuh. Bentuk gagasan adalah nilai-nilai, norma dan peraturan.
5. Budaya nasional adalah budaya yang diakui sebagai identitas nasional. Budaya nasional dibentuk oleh unsur-unsur budaya lokal. Jadi budaya nasional gabungan dari budaya lokal (budaya daerah) yang ada di suatu negara.
6. Budaya lokal adalah budaya yang dimiliki suku bangsa atau budaya daerah yang bersifat khas atau diwarisi secara turun-temurun. Kemajemukan budaya lokal tercermin dari keberagaman suku dan adat istiadatnya.
7. Faktor yang mempengaruhi budaya lokal adalah kondisi geografis, kondisi strategis dan kondisi ekologis.
8. Terdapat 7 unsur kebudayaan yaitu bahasa, pengetahuan, organisasi kemasyarakat, peralatan hidup dan teknologi, mata pencaharian, religi dan kesenian.
9. Kondisi fisiografis wilayah yang mempengaruhi keragaman budaya diantaranya iklim dan bentang alam.
10. Secara tipologis bahasa daerah di Indonesia terbagi menjadi rumpun bahasa Austronesia dan Papua.
11. Menurut UU No. 32 Tahun 2009, kearifan lokal adalah nilai-nilai luhur yang dianut oleh masyarakat tertentu untuk mengelola dan melindungi lingkungan hidupnya agar tetap lestari.
12. Ciri-ciri kearifan lokasl diantaranya 
a. Mampu bertahan terhadap dunia luar, 
b. Mampu mengintegrasi budaya luar ke dalam budaya asli., 
c. Mampu memberi arah perkembangan budaya. 
d. Memiliki kemampuan mengendalikan.
13. Fungsi utama kearifan lokal adalah konservasi lingkungan agar terbentuk hubungan selaras manusia dengan alam.
14. Globalisasi adalah proses interaksi dan integrasi semua bentuk barang, jasa, manusia karena pesatnya teknologi komunikasi informasi dan transportasi.
15. Akulturasi adalah terjadinya pencampuran budaya tanpa harus menghilangkan budaya aslinya. Sementara itu, asimilasi adalah adanya dua kebudayaan atau lebih yang ada di lingkungan masyarakat, sehingga dapat memunculkan budaya yang baru. Amalgamasi adalah proses penyatuan dua atau lebih ras atau kebudayaan melalui proses perkawinan.
16. Contoh kearifan lokal dibeberapa wilayah di Indonesia antara lain:
Awig-Awig yang Ada di Bali dan Lombok Barat
- Ma'nene di Toraja, Sulawesi Selatan
- Lompat Batu di Nias
- Leuweung Larangan di Kampung Naga
- Subak di Bali
- Grebeg Syawal di Yogyakarta
- Tabuik di Sumatera Barat
17. Suku bangsa di Indonesia berasal dari Proto Melayu dan Deutro Melayu.
18. Secara lebih spesifik, suku bangsa Jawa adalah suku bangsa terbesar dengan populasi mencapai 41,7% dari total penduduk Indonesia.
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close