Guru Geografi | Blog Guru Geografi Gaul
News Update
Loading...

Minggu, Juni 19

Pembahasan Kunci Jawaban KSM Geografi Terintegrasi 2018 No 6-10

Pembahasan Kunci Jawaban KSM Geografi Terintegrasi 2018 No 6-10

Halo kawan-kawan kita lanjut lagi buat bahas soal KSM Geografi Terintegrasi tahun 2018. Jangan lupa untuk selalu share postingan blog ini ke teman-teman lain di kelas.

Soal geografi KSM ini lebih menantang karena memakai tiga bahasa, jadi kalian wajib menguasai bahasa tersebut ya, jangan sampai enggak.

6. Allah menciptakan manusia dan menjadikannya berbangsa-banga dan bersuku-suku supaya saling mengenal. Kelompok suku bangsa Indonesia bersatu dalam satu kesatuan dalam wadah NKRI. Kelompok suku bangsa tersebut adalah...
(A) Lao Yau, Thai, dan Semang
(B) Sakai, Khmer, dan Man
(C) Tho, Muong, dan Melayu
(D) Melanesia, Proto Melayu dan Deutro Melayu

Kunci
Ada 3 kelompok suku bangsa utama yang menghuni Indonesia yaitu Melanesia, Proto Melayu dan Deutro Melayu. Bangsa Proto Melayu datang dari Cina bagian selatan. Ras Proto Melayu diyakini merupakan nenek moyang orang Melayu Polinesia yang tersebar dari Madagaskar hingga ke pulau – pulau di bagian paling timur Pasifik.

Deutero Melayu merupakan ras yang berasal dari daratan Indocina bagian selatan. Ras Deutero Melayu datang ke Indonesia membawa budaya baru berupa perkakas dan senjata besi (kebudayaan Dongson).

Menurut Daljoeni, sekitar 70% dari ras Melanesoid mendiami Papua dan 30% lainnya tinggal di kepulauan sekitar Papua dan Papua Nugini. Ras Melanesoid pada awalnya datang ketika zaman es berakhir yaitu 70000 SM saat kepulauan Indonesia belum berpenghuni. Ketika suhu di bumi mencapai kedinginan maksimal dan air laut menjadi membeku, maka permukaan laut menjadi lebih rendah sekitar 100 m dibandingkan saat ini. 

7. Di dalam Al-Quran Allah melarang manusia berbuat kerusakan di permukaan bumi. Salah satu bentuk kerusakan tersebut adalah pencemaran udara. Pencemaran udara dapat berasal dari industrialisasi. Dampak negatif pencemaran bagi kehidupan adalah...
(A) Banjir
(B) Air tanah memiliki rasa payau
(C) Angin puting beliung
(D) Hujan asam

Kunci
Mengutip U.S. Environmental Protection Agency, proses terjadinya hujan asam adalah ketika sulfur dioksida dan nitrogen oksida dilepaskan ke atmosfer dan diangkut oleh angin dan arus udara. Dua senyawa ini kemudian bereaksi dengan air, oksigen, dan bahan kimia lainnya dan membentuk asam sulfat dan nitrat. Polutan tersebut berasal dari kegiatan industri, kendaraan, dan pembakaran yang disengaja.

8. Gunung berapi merupakan ciptaan Allah yang mempunyai manfaat bagi kehidupan. Di daerah sekitar gunung berapi biasanya banyak mengandung mineral-mineral tertentu. Di antara mineral yang termasuk golongan B (bahan galian vital) adalah…
(A) Batu apung
(B) Emas
(C) Marmer
(D) Minyak bumi

Kunci
Bahan-bahan galian terbagi atas tiga golongan yaitu A (strategis), B (vital) dan C (non vital). Contoh bahan galian B adalah emas, platina, perak, air raksa, intan;

9. Allah hamparkan bumi, namun demikian bentuknya (morfologi) tidak rata. Tinggi dan rendahnya morfologi bumi disebabkan oleh fenomena alam. Salah satu penyebab perbedaan morfologi bumi antara satu tempat dengan tempat lainnya yang berbeda adalah tenaga yang berasal dari keluarnya magma baik di dalam maupun di permukaan bumi. Tenaga pembentuk morfologi bumi tersebut termasuk jenis:
(A) Tektonisme
(B) Seisme
(C) Vulkanisme
(D) Erosi

Kunci
Peristiwa yang berkaitan dengan aktifitas magma yang menerobos dari dalam bumi menuju permukaan bumi disebut vulkanisme. 

10. Apabila pada sungai berstadia dewasa/tua mempunyai dataran banjir yang cukup luas. Lintasan aliran sungai bebentuk tidak teratur. Hal ini disebabkan terjadinya pembelokan aliran yang disebut dengan ...
(A) Kipas aluvial
(B) Meander
(C) Danau tapal kuda
(D) Delta

Kunci
Kelokan aliran sungai disebut meander. Meander lama kelamaan akan membentuk danau tapal kuda (oxbow lake) di beberapa titik. Meander banyak terbentuk di zona sungai bagian tengah menuju hilir.

Evolusi meander sungai
Lanjut: Soal No 11-15 
Pembahasan Kunci Jawaban KSM Geografi Terintegrasi 2018 No 1-5

Pembahasan Kunci Jawaban KSM Geografi Terintegrasi 2018 No 1-5


Assalamualaikum teman-teman, berhubung KSM sebentar lagi dihelat maka saya akan siapkan contoh pembahasan soal tahun sebelumnya.


Kali ini kita mulai bahas soal KSM Geografi Terintegrasi 2018 ya teman-teman. Semoga bisa membantu kalian adik-adik Madrasah Aliyah atau pesantren yang menjadi bagian tim olimpiade KSM tahun ini.

Jangan lupa untuk selalu share blog ini ke teman-teman lain di grup medsos kalian. Update soal akan saya tulis berkala, jadi pastikan selalu pantau blog ini.

1. Allah menjadikan bumi dan langit untuk manusia. Di dalam firman-Nya, Allah menciptakan langit sebanyak tujuh lapisan. Lapisan langit dalam kajian geografi diartikan sebagai lapisan udara (atmosfer). Lapisan atmosfer yang menunjang kehidupan di permukaan bumi secara berurutan dari bawah ke atas adalah..
a. Troposfer – Tropopause – Stratosfer – Stratopause – Mesosfer – Mesopause – Termosfer
b. Troposfer – Stratosfer – Mesosfer – Termosfer – Tropopause – Stratopause – Mesopause
c. Tropopause – Stratopause – Mesopause – Troposfer – Stratosfer – Mesosfer – Termosfer
d. Tropopause – Mesopause – Stratopause – Troposfer – Mesosfer – Stratosfer – Termosfer

Kunci
Lapisan atmosfer menurut sifat penurunan suhunya terbagi menjadi beberapa lapisan. Gambarnya ada di bawah ya, pastinya kalian tahu. Jawabannya a. 

2. Di antara lapisan langit (atmosfer) yang Allah ciptakan, mempunyai fungsi sebagai berikut:

Berdasarkan tabel di atas, pasangan keempat lapisan atmosfer terhadap fungsinya yang tepat adalah …
(A) 1-a, 2-b, 3-c, 4-d
(B) 1-b, 2-c, 3-d, 4-a
(C) 1-c, 2-d, 3-a, 4-b
(D) 1-d, 2-a, 3-b, 4-c

Kunci
Setiap lapisan atmosfer punya karakteristik dan fungsi yang berbeda. Kata kunci tiap lapisan adalah sebagai berikut:
- Troposfer = cuaca
- Stratosfer = ozon, lintasan pesawat
- mesosfer = meteor terbakar
- termosfer = rambatan radio

3. Di antara jenis bencana yang terjadi di sekitar kehidupan manusia di permukaan bumi adalah:
1. Gempa bumi
2. Gunung berapi
3. Gelombang pasang atau badai
4. Angin puting beliung
5. Aksi terror
6. Kecelakaan transportasi
Bencana meteorologi yang pernah terjadi di Indonesia ditunjukkan nomor...
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 4
d. 3 dan 4

Kunci
Meteorologi berkaitan dengan aktifitas cuaca, jadi cari saja fenomea yang diakibatkan oleh gangguan cuaca yaitu gelombang pasang, badai dan angin puting beliung.

4. Allah menciptakan segala sesuatu yang ada di langit dan bumi serta diantara keduanya memiliki manfaat (dampak positif). Diantara dampak positif dari gunung berapi yang meletus adalah…
(A) Mengeluarkan gas NO₂ dan gas belerang.
(B) Berubahnya biodiversitas tumbuhan.
(C) Adanya lahar dingin.
(D) Mengeluarkan batuan piroklastik dan lava

Kunci
Dampak positif erupsi adalah menghasilkan bahan-bahan material bangunan dari hasil piroklastikan dan lava. Abu vulkanik yang mengendap bisa dijadikan bahan material semen dan lava yang membeku sebagai batuan bisa digunakan untuk keperluan pembangunan lain.

5. Allah menurunkan hujan dari langit. Air hujan tersebut dimanfaatkan oleh para petani untuk mengairi sawah yang mereka miliki. Di sawah-sawah petani mengelola air hujan sebagai sarana irigasi. Petani tersebut menggunakan irigasi...
(A) Permukaan
(B) Bawah
(C) Atas
(D) Pancaran

Kunci
Irigasi sudah dikenal sejak jaman Mesir Kuno dan tipe irigasi paling tradisioal adalah irigasi permukaan. Irigasi permukaan adalah irigasi yang dilakukan dengan cara mengalirkan air di atas permukaan tanah, contohnya adalah dengan mengatur limpasan air hujan di permukaan.

Contoh tipe-tipe irigasi lainnya silahkan baca artikel berikut: Tipe-Tipe Irigasi

Lanjut: Soal No 6-10 
Contoh Kisi-Kisi Soal PAT Sejarah Indonesia Kelas X, XI

Contoh Kisi-Kisi Soal PAT Sejarah Indonesia Kelas X, XI


Di postingan ini saya akan coba berikan contoh kisi-kisi soal Penilaian Akhir Tahun atau PAT Sejarah Indonesia semester genap. Pastinya para guru sejarah sedang banyak mencari contoh kisi-kisi soal PAT ini kan?.

Kisi-kisi soal itu biasa kita buat sebelum ujian dilaksanakan sebagai pedoman atau rambu-rambu penulisan soal.

Nah pada praktiknya nih, pasti hampir banyak sekali guru yang buat soal duluan, nanti kisi-kisi belakangan bukan?. he, ngaku aja lah.

Memang kadang kita merasa malas juga ya buat kisi-kisi, karena yang penting itu kan soalnya. Soal pun sudah banyak tersedia dan di kepala kita pun sudah ribuan terdata.

Tapi apa daya karena di administrasi pembelajaran dan evaluasi itu memang harus ada yang namanya kisi-kisi soal. Jadi bapak ibu guru wajib buat ya, jangan malas lho!, apalagi yang udah dapat tujangan profesi, harus giat lagi.

Oke deh silahkan download saja contoh kisi-kisi PAT Sejarah Indonesia di bawah ini, lumayan buat bank data. Saya sendiri menyusun 25 butir soal untuk PAT semester ini, jadi kalau dirasa kurang ya silahkan tinggal tambahin sendiri aja ya.

KISI-KISI PAT KELAS 10 KISI-KISI PAT KELAS 11

Sabtu, Juni 18

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 11-15

Pembahasan Kunci KSM Geografi Kota/Kab 2021 No 11-15

Assalamualaikum teman-teman, adik-adik pejuang KSM Geografi se nusantara Indonesia. Kali ini kita lanjut lagi ya bahas contoh pembahasan soal KSM tahun lalu.

Jangan lupa untuk selalu share blog ini ke teman-teman lain ya di grup medsos kalian. Selamat belajar dan semoga berhasil di KSM tahun ini.

11. Perhatikan dengan cermat peta berikut!

Jika pada wilayah yang dipetakan tersebut terjadi bencana tsunami, maka gelombang tsunami yang paling besar akan terjadi pada kawasan yang ditunjukkan pada titik yang ditandai dengan angka …
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5

Kunci
Nah ini kalian harus tahu mekanisme perambatan sebuah gelombang (tsunami itu kan gelombang laut). Lihat di peta, angka no 2 itu kan wilayah teluk. Tau teluk?. Wilayah yang menjorok ke daratan. Tsunami di daerah teluk lebih berbahaya dibandingkan di kawasan pesisir terbuka jika berasal dari sebuah gempa yang sama lokasi dan besarannya.

Ada faktor yang bisa memperkuat gelombang tsunami di daerah tersebut, yaitu dinding teluk. “Kalau gelombang masuk kemudian sampai kepala teluk, terefleksi lagi gelombangnya, ketemu sama gelombang datang jadi semakin membesar. Jadi semakin sempit saluran air maka energi akan semakin tinggi dan merusak. Kasus ini seperti yang terjadi di tsunami Palu tahun 2018.

12. Cermati ayat Quran berikut!
Makna yang terkandung dari dua ayat Quran di atas adalah …
a. Terjadinya paceklik yang berkepanjangan
b. Pentingnya berhemat bahan makan
c. Pentingnya bercocok tanam
d. Upaya mitigasi bencana

Kunci
Ayat di atas adalah Q.S Yusuf; 48. Maknanya adalah tentang pentingnya menghemat bahan makanan.

13. Beberapa daerah di Indonesia yang secara geologis memiliki potensi untuk dikembangkan pembangkit listrik tenaga panas bumi adalah sebagai berikut …
a. Jawa Barat, Lampung, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur
b. Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara
c. Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Bali, Sumatera Barat, Jawa Timur, Sulawesi
d. Gorontalo, Kalimantan Timur, Maluku Utara, Naggroe Aceh Darussalam

Kunci
Tenaga panas bumi atau geotermal itu berasal dari kegiatan vulkanisme. Nah tidak semua wilayah yang memiliki gejala vulkanisme itu bisa dibuat pembangkit geotermal. Hanya wilayah ladang cekungan geotermal atau seperti katel yang bisa dipakai. Contohnya di Kamojang, Dieng, itu kan wilayah mangkok besar.

Kalau di lihat secara potensi maka daerah yang banyak gunung api atau berada di jalur ring of fire yang bisa di eksplorasi untuk geotermal. Contohnya pada opsi A.

14. Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam bersabda:
a. Apa yang diungkapkan hadis di atas membawa implikasi …
b. Berkembangnya teknologi eksplorasi sumberdaya alam
c. Semakin menyusutnya cadangan sumberdaya alam
d. Eksploitasi sumberdaya alam yang berlebihan
e. Semakin banyaknya pertambangan emas

Kunci
Belum tahu, silahkan bantu di komen

15. Dari beberapa ayat Quran berikut yang merupakan amanah untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup adalah …

Kunci
Belum tahu, silahkan bantu di komen.

Rabu, Juni 15

Ada Berapa Cabang Ilmu Geografi Itu Sebenarnya?

Ada Berapa Cabang Ilmu Geografi Itu Sebenarnya?

Geografi adalah ilmu yang membahas tentang ruang permukaan bumi beserta interaksi yang terjadi di dalamnya. Para ahli geografi sudah sejak lama mengemukakan tentang batasan ilmu geografi dan sampai saat ini cabang ilmu geografi ada dua yaitu geografi manusia (human geography) dan geografi fisik (physical geography).

Disamping itu ada juga turunan atau cabang geografi lainnya seperti geografi regional, kartografi dan geografi terintegrasi (geografi lingkungan).

Geografi Manusia
Cabang ilmu geografi yang paling penting adalah geografi manusia karena mengcover semua hal tentang pergerakan manusia dalam ruang permukaan bumi.

Geografi manusia normalnya mengkhususkan pada studi tentang populasi, bagaimana interaksi dan perubahan-perubahan yang terjadi pada manusia baik itu persebaran, asal usul ras, dan semua aktifitasnya dalam ruang.

Manusia adalah mahluk yang mendominasi di permukaan bumi sehingga geografi lebih banyak mengulas mengenai permasalahan tersebut.

Dalam perjalanannya, aplikasi modern dari geografi manusia adalah pemetaan migrasi manusia, pergerakan makanan dan dampaknya terhadap komunitas, dan dampak perubahan iklim terhadap kehidupan manusia pada daerah yang rentan terdampak.
Kota adalah hasil peradaban manusia

Beberapa cabang dari disiplin geografi manusia antara lain:
1. Geografi Budaya
2. Geografi Ekonomi
3. Geografi Kesehatan
4. Geografi Sejarah
5. Geografi Politik
6. Geografi Populasi
7. Geografi Desa
8. Geografi Sosial
9. Geografi Transportasi
10. Geografi Kota

2. Geografi Fisik
Geografi fisik adalah cabang utama geografi yang mengkhususkan studi pada fenomena alam di ruang permukaan bumi atau litosfer.

Geografi fisik akan membawa kita menjelajah kenampakan daratan, relief permukaan bumi dan juga melihat apa yang terdapat pada lapisan es atau dalamnya lautan.

Peneliti akan menggunakan satelit untuk menganalisis daratan benua antartika, atau melihat rona dasar laut dalam menggunakan sonar dan memetakan lantai samudera.

Cabang disiplin geografi fisik antara lain:
1. Geology
2. Geomorfologi
3. Klimatologi
4. Hidrologi
5. Glasiologi
6. Biogeografi
7. Meteorologi
8. Paleontologi
Lapisan es di permukaan bumi

Selasa, Juni 14

Download Modul Belajar Geografi Kurikulum Merdeka 2020 Kelas X, XI, XII

Download Modul Belajar Geografi Kurikulum Merdeka 2020 Kelas X, XI, XII

Kurikulum Merdeka sudah mulai digulirkan dan akan serentak diaplikasikan pada tahun 2024 di seluruh sekolah di Indonesia. Jadi mulai tahun 2022 setiap sekolah masih diberikan kebebasan untuk memilih kurikulum 2013 atau 2020.

Nah dalam kurikulum merdeka ini, sekolah tidak ada lagi kelas penjurusan melainkan pemilihan pelajaran sesuai minat dan bakat siswa berdasarkan asesmen diagnostik awal.

Dengan demikian diharapkan tujuan siswa sudah jelas dari awal akan menuju ke arah mana, jadi tidak semua mata pelajaran dipelajari. Kurang lebihnya seperti itu. Selain itu siswa akan lebih sering melakukan sebuah projek yang tentunya dalam arahan bimbingan guru.

Di postingan ini saya akan berikan contoh modul belajar geografi yang bisa dipakai dalam melaksanakan kurikulum 2020. Meskipun begitu, pada dasarnya guru mapel masing-masing yang seharusnya mampu menyusun sendiri modul belajar sesuai dengan karakteristik siswa dan sekolahnya.

Jika belum bisa membuat sendiri modul belajar geografi, silahkan pakai dari pemerintah berikut ini sebagai acuan. Download filenya di bawah.


Silahkan share ke medos grup teman-teman kalian jika modul ini dirasa bermanfaat. Selamat belajar dan berkarya.

KELAS 10

KELAS 11

KELAS 12

Minggu, Juni 12

Download File Soal Kompetisi Sains Madrasah/KSM 2021 MI, MTs, MA

Download File Soal Kompetisi Sains Madrasah/KSM 2021 MI, MTs, MA

Di postingan ini saya akan bagian file soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2021 untuk persiapan menjelang KSM 2022. Apa sih sebenarnya KSM itu?. 

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Jadi KSM itu ya tandingannya OSN Kemdikbud ya gaes bahasa gaulnya.

Kompetisi Sains Madrasah diselenggarakan itu mulai dari tahun 2012 hingga tahun 2017 dilakukan secara konvensional dan pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah berbasis teknologi dimulai sejak tahun 2018 sampai dengan sekarang.

Proses pendaftaran dan seleksi administrasi hingga pelaksanaan tes memanfaatkan Teknologi Informasi guna meningkatkan akuntabilitas dan transparansi dalam pelaksanaan kompetisi. 

Soal KSM ini gak hanya pakai bahasa Indonesia saja tapi pakai bahasa Arab dan Inggris. Hal ini karena Madrasah itu sama halnya dengan pesantren jadi ada pelajaran sains, bahasan Inggris dan muatan bahasa Arab. 

Jadi soal KSM ini lebih menantang dibandingkan OSN karena kita dituntut mendalami 3 bahasa sekaligus agar bisa memahami soal. Soal yang Arab gundul itu paling susah menurut saya karena ga ada mahraznya gaes, kalau bukan orang pesantren pasti puyeng itu.

Kompetisi Sains Madrasah 2022 dibuka untuk Satuan Pendidikan baik dari Madrasah (MI,MTs,MA) ataupun dari Sekolah (SD/SMP/SMA Sederajat).

Bagi yang memerlukan soal KSM tahun 2021 lalu, saya upload di bawah, silahkan download saja dan jangan lupa share ke grup teman-teman kalian ya!.

DOWNLOAD DI BAWAH
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close