Guru Geografi | Blog Guru Geografi Gaul
News Update
Loading...

Rabu, Juli 20

Download Buku Ajar Sejarah Indonesia Kelas X Kurikulum Prototipe

Download Buku Ajar Sejarah Indonesia Kelas X Kurikulum Prototipe


Buku ajar adalah salah satu senjata guru dalam mengajar atau mendesain pembelajaran di kelas kepada siswanya. 

Kali ini saya akan bagikan contoh buku ajar Sejarah Indonesia Kelas X yang bisa anda gunakan sebagai acuan atau pedoman.

Sejarah Indonesia atau sejarah wajib adalah mapel yang diikuti oleh semua level jurusan di SMA. Jadi pastinya kalian harus punya bukunya.

Materi Sejarah Indonesia kelas X meliputi konsep berfikir sejarah, sejarah perkembangan manusia praaksara di nusantara, sejarah kebudayaan Hindu Buddha dan sejarah kebudayaan Islam.

Wawasan tentang sejarah peradaban Indonesia sangat penting agar menggugah siswa akan kebesaran bangsa Indonesia sejak dahulu. 

Dalam sejarah Indonesia siswa akan dibawa untuk melihat seperti apa awal mula terbentuknya kepulauan Indonesia sampai dengan bisa dihuni oleh manusia dan berkembang menjadi sebuah bangsa dan negara.

Silahkan download file ebook buku ajar Sejarah Indonesia Kelas X di link tautan di bawah ya!. Link download tidak diputar-putar, langsung ke google drive.

Jika mengalami kesulitan download maka pastikan koneksi internet stabil di rumah anda. Jangan lupa share ke teman-teman di grup medsos ya!.

No Judul Link
1 Buku Ajar Sejarah Indonesia Kelas 10, Buku Guru download
2 Buku Ajar Sejarah Indonesia semester 1, Buku Siswa download
3 Buku Ajar Sejarah Indonesia semester 2, Buku Siswa download
Soal Pilihan Ganda Kompleks Formatif Kelas VII IPS Bab Ruang dan Interaksi Antarruang + Kunci

Soal Pilihan Ganda Kompleks Formatif Kelas VII IPS Bab Ruang dan Interaksi Antarruang + Kunci


Halo kawan-kawan sekalian di postingan ini saya akan coba bagikan contoh soal pilihan ganda kompleks formatif kelas 7 IPS bab dinamika interaksi ruang dan antarruang dan kunci jawabannya.

Soal formatif ini bisa digunakan untuk ulangan harian atau bank soal ujian akhir semester kalian. Silahkan dimodifikasi saja sesuai kebutuhan di kelas. 

Jangan lupa share artikel soal formatif IPS Kelas VII ini ke grup medsos di sekolah sebagai contoh panduan. 

Format soal penilaian formatif di bawah ini adalah Pilihan Ganda Tunggal dan Pilihan Ganda Kompleks. 

Contoh Soal Formatif Kelas VII IPS Bab Interaksi Ruang dan Antarruang
1. Terjadinya interaksi antar wilayah akan memicu dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif dari interaksi wilayah adalah ….
A. Penyerapan lapangan kerja penduduk
B. Meningkatnya pendapatan penduduk 
C. Menyusutnya lahan pertanian
D. Pendapatan daerah semakin meningkat

Kunci
Interaksi wilayah dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif bagi wilayah bersangkutan. Berikut ini beberapa dampak tersebut:
Dampak positif
- Meningkatkan penyerapan kerja penduduk
- Meningkatnya pendapatan penduduk
- Pendapatan penduduk meningkat
- Pembangunan sarana dan prasarana wilayah semakin baik
Dampak negatif
- Menyusutnya lahan pertanian karena ekspansi perkotaan
- Munculnya slum area di pinggiran kota
- Kemacetan dan polusi perkotaan meningkat
- Angka kriminalitas meningkat di perkotaan
Dengan demikian salah satu dampak negatif interaksi wilayah adalah menyusutnya lahan pertanian.

2. Perhatikan gambar! 

Sumber: https://akcdn.detik.net.id/visual/2019/05/14/f141ee58-da11-4c04-8a37-1cc82deed7b1_169.jpeg?w=650
Gambar di atas menunjukkan salah satu konstruksi proyek kereta cepat Jakarta - Bandung. Kehadiran kereta cepat ini diharapkan akan meningkatkan mobilitas penduduk Jakarta dan Bandung serta memberikan dampak pertumbuhan di titik-titik lokasi yang berada dekat dengan jalur kereta. Faktor interaksi wilayah yang sesuai dengan kondisi tersebut adalah …
A. transferability
B. Regional complementarity
C. Intervening opportunity
D. Interelation spatial

Kunci
Salah satu syarat dari interaksi antarruang di antaranya adalah transferability, yakni proses kemudahan dalam pengangkutan barang dan jasa untuk memperlancar kebutuhan antarwilayah yang saling berinteraksi. Proyek kereta api cepat Jakarta - Bandung diharapkan akan meningkatkan intensitas interaksi antarruang kedua wilayah. Interaksi yang intens akan memicu pertumbuhan ekonomi pada suatu wilayah. Kota-kota yang dilalui jalur kereta api cepat diaharapkan akan berkembang lebih cepat dan menjadi sentra-sentra ekonomi baru.

3. Berdasarkan pada lokasi koordinat lintang bujur, wilayah Indonesia memiliki 3 zona waktu, yakni WIB, WITA, dan WIT. Kota-kota berikut ini yang termasuk ke dalam zona WITA adalah …
A. Pontianak, Surabaya, Bandung
B. Pekanbaru, Pangkalpinang, Palembang
C. Ambon, Mataram, Kupang
D. Banjarmasin, Denpasar, Manado

Pembagian waktu di Indonesia dibagi menjadi 3 zona waktu, yaitu Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT). Sistem pembagian waktu di Indonesia tersebut diresmikan pada tanggal 1 Januari 1964 berdasarkan Keputusan Presiden RI no. 243 Tahun 1963. 
- Waktu Indonesia Barat atau WIB yang meliputi pulau Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah (UTC+07:00).
- Waktu Indonesia Tengah atau WITA yang meliputi Sulawesi, Kepulauan Sunda Kecil (Nusa Tenggara), Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara (UTC+08:00).
- Waktu Indonesia Timur atau WIT yang meliputi Kepulauan Maluku dan Papua (UTC+09:00).
Dengan demikian kota yang berada di zona WITA antara lain Banjarmasin, Denpasar, Manado

4. Perhatikan grafik berikut.
https://indonesiabaik.id/public/uploads/post/5602/5602-1643813004-220126_PP_Jumlah-Penduduk-Miskin-Indonesia-Turun!_AB2.jpg
Jumlah penduduk miskin di Indonesia masih tergolong tinggi dalam 5 tahun terakhir meskipun sempat mengalami tren penurunan dari 2017-2019. Faktor utama yang menyebabkan kenaikan angka kemiskinan di tahun 2020 adalah …
A. Adanya pandemi Covid 19 yang menyebabkan banyaknya PHK massal
B. Ketidakmampuan pemerintah menjaga nilai tukar rupiah 
C. Meningkatnya harga-harga kebutuhan pokok karena perang Ukraina-Russia
D. Pembangunan ekonomi digital lambat dan kurang diperhatikan

Kunci
Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah penduduk miskin Indonesia meningkat di tengah pandemi Covid-19. Hingga September 2020, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka kemiskinan bertambah 2,76 juta jiwa menjadi 27,55 juta jiwa. Pandemi Covid membuat banyak perusahaan tidak dapat menjalankan usaha karena adanya kebijakan pembatasan kegiatan. Hal ini berdampak pada arus keuangan perusahaan yang memburuk sehingga terjadi PHK massal di beberapa sektor industri. PHK massal ini membuat jumlah keluarga miskin semakin bertambah di masa pandemi. 

5. Pengaruh dari posisi geografis Indonesia salah satunya adalah terhadap variasi iklim. Indonesia memiliki tiga tipe iklim utama, kecuali ….
A. Tropis, musim dan laut
B. Subtropis, sedang, laut
C. Mediteran, laut dan ekuatorial
D. Musim, dingin, hujan

Kunci
Dilihat dari letak geografsnya, Indonesia berada di antara Benua Australia dan Asia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifk. Dampak dari letak geografis Indonesia terhadap iklim adalah terciptanya tiga tipe iklim yaitu iklim tropis, iklim musim dan iklim laut. 

Iklim panas atau tropis akan menyebabkan udara rata-rata yang ada di Indonesia menjadi panas. Hal tersebut terjadi karena Indonesia adalah negara yang terletak di sekitar garis khatulistiwa.

Iklim muson terjadi sebab pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah Iklim muson terjadi sebab pengaruh angin musim yang bertiup berganti arah setiap setengah tahun sekali. Angin yang bertiup berasal dari timur laut dan bersifat kering sehingga menimbulkan musim kemarau pada bulan April hingga Oktober. Sementara itu, angin bertiup yang berasal dari barat daya dan bersifat basah menimbulkan terjadinya musim hujan pada bulan Oktober hingga April.

Iklim laut terjadi karena kondisi Indonesia yang banyak dikelilingi oleh laut dan samudra. Sehingga di Indonesia, iklim ini menyebabkan lebih banyak musim penghujan

6. Diantaranya pernyataan berikut ini, pernyataan yang menunjukkan dampak posisi geologis Indonesia yang tepat adalah …
A. Indonesia memiliki wilayah gurun pasir yang luas
B. Banyak ditemukan gunung api aktif di pulau Kalimantan dan Papua
C. Indonesia banyak ditemukan bahan galian bernilai ekonomi tinggi 
D. Jenis tanah dominan adalah tanah gambut

Kunci
Secara geologis, Indonesia bisa dikategorikan sebagai sebuah negara yang terletak di antara lempengan bumi dan dangkalan laut. Secara geologis Indonesia terletak antara tiga lempengan bumi, lempeng Pasifik, lempeng Eurasia dan lempeng Australia. Selain itu dari segi perairan, Indonesia terletak di antara dua buah dangkalan, dangkalan Sahul dan dangkalan Sunda. Dangkalan adalah sebuah wilayah laut dangkal yang menghubungkan wilayah di antara dua daratan besar. Wilayah laut dangkal ini terbentuk saat es mencair di akhir Kala Pleistosen. Dampak posisi geologis Indonesia diantaranya adalah terbentuknya busur kepulauan gunung api di wilayah selatan dan utara.  keragaman topografi dan keberadaan bahan galian/mineral bernilai ekonomi tinggi.

7. Soal
Urbanisasi adalah salah satu fenomena interaksi wilayah yang umum dijumpai. Terjadinya interaksi antarwilayah membuat perubahan komposisi penduduk pada masyarakat desa. Perubahan tersebut diantaranya adalah ….
A. Jumlah usia anak sekolah di desa menurun
B. Jumlah penduduk usia produktif di desa menurun
C. Desa didominasi penduduk usia muda
D. Angka kematian bayi di desa tinggi

Kunci
Urbanisasi adalah fenomena perpindahan penduduk dari desa ke kota. Urbanisasi adalah salah satu bentuk interaksi wilayah yang umum dijumpai di semua negara di dunia. Faktor urbanisasi paling utama adalah ekonomi. Ketimpangan pembangunan antara kota dan desa membuat penduduk desa berbondong-bondong meninggalkan desa menuju kota untuk mencari pekerjaan. Hal ini akan berdampak pada perubahan komposisi penduduk di desa. Penduduk usia produktif di desa cenderung akan semakin berkurang karena lebih memilih pergi ke kota untuk mencari pekerjaan yang beragam.

8. Indonesia dilalui oleh jalur pegunungan api dikarenakan secara geologis berada di batas tumbukkan lempeng Eurasia-Indo Australia-Pasifik. Salah satu dampak fenomena tersebut adalah terhadap pengembangan energi terbarukan yaitu geothermal untuk pembangkit listrik. Pengembangan energi geothermal terus ditingkatkan pemerintah di berbagai daerah potensial. Namun pengembangan energi geothermal ini seringkali menghadapi masalah lingkungan yaitu …
A. Keberadaan sumur geothermal di pedalaman seringkali harus menghilangkan area hutan lindung
B. Pengembangan geothermal perlu menggunakan teknologi nuklir yang bersifat radioaktif
C. Banyaknya masyarakat adat yang terganggu aktifitasnya
D. limbah geothermal merusak sungai di sekitar pembangkit listrik

Kunci
Energi panas bumi atau geothermal adalah sumber energi yang relatif ramah lingkungan karena berasal dari panas yang dihasilkan dari kontak magma dengan lapisan batuan di kerak bumi. Energi geothermal ini termasuk energi yang ramah lingkungan jika digunakan, salah satunya untuk pembagkit listrik. Wilayah-wilayah yang berada pada zona pegunungan api muda sangat potensial untuk dikembangkan pembangkit listrik geothermal. Akan tetapi pengembangan dan pembangunan pembangkit geothermal ini seringkali menimbulkan masalah lingkungan. Masalah tersebut adalah keberadaan sumur geothermal banyak dijumpai di wilayah pedalaman hutan sehingga untuk membangun instalasi pembangkit harus menghilangkan hutan lindung yang sangat vital fungsinya bagi ekosistem.

9. Indonesia merupakan negara yang secara geologis terletak di batas pertemuan lempeng tektonik aktif. Salah satu dampak dari lokasi tersebut antara lain banyak ditemukannya bahan galian ekonomis yang tersebar di berbagai pulau. 

Pasangan jenis bahan galian dan pulau yang tepat berikut ini adalah
1. Batubara di Sumatera dan Kalimantan
2. Timah di Bangka dan Belitung
3. Aspal di Flores dan Sumbawa
4. Minyak Bumi di Kalimantan dan Sumatera
5. Intan di Jawa dan Bali

A. 1, 2 dan 4
B. 2, 3 dan 4
C. 1, 4, dan 5
D. 3, 4 dan 5

Kunci
Salah satu dampak dari lokasi geologis Indonesia adalah banyak terdapat mineral bernilai ekonomi tinggi muncul di bawah kerak bumi Indonesia. Interaksi lempeng dengan magma mendorong pembentukkan mineral-mineral berharga baik melalui peristiwa vulkanisme atau tektonisme. Beberapa mineral potensial yang terdapat di Indonesia antara lain:
- Batubara di Sumatera dan Kalimantan
- Minyak dan Gas Alam di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Papua
- Aspal di Buton
- Timah di Bangka Belitung
- Tembaga di Papua
- Intan di Kalimantan
Dengan demikian jawaban yang tepat adalah 1, 2 dan 4

10. Soal
Dalam pembuatan peta chorografi, warna adalah salah satu komponen penting untuk menunjukkan perbedaan kenampakan fisiografis. Pernyataan berikut yang tepat terkait penggunaan warna peta adalah …
A. Warna hijau menunjukkan dataran rendah
B. Warna kuning menunjukkan wilayah gurun
C. Warna putih menunjukkan wilayah karst
D. Warna coklat menunjukkan perbukitan

Kunci
Peta adalah gambaran permukaan bumi dalam bidang datar dan diperkecil menurut skala tertentu. Salah satu komponen peta yang sangat vital adalah warna. Pada peta chorografi, warna peta akan menunjukkan perbedaan kenampakan/fenomena fisiografis permukaan bumi yaitu sebagai berikut:
- Warna hijau menunjukkan dataran rendah
- Warna kuning menunjukkan perbukitan
- Warna coklat menunjukkan pegunungan
- Warna biru menunjukkan wilayah perairan

Kaya gimana sih peta chorografi itu?. Nih contohnya di bawah:

Sabtu, Juli 16

Contoh Pidato Sambutan Kepala Sekolah MPLS 2022/2023 Tema Pelajar Pancasila

Contoh Pidato Sambutan Kepala Sekolah MPLS 2022/2023 Tema Pelajar Pancasila


Halo kawan-kawan, MPLS sudah di depan mata dan sekolah sudah siap menyambut kehadiran siswa dan siswi baru di tahun ajaran ini.

Berikut contoh pidato singkat sambutan MPLS dari kepala sekolah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like, share blog ini ya!.

Assalamualaikum wr.wb

Yang saya hormati segenap dewan guru dan staff pendukung sekolah dan siswa/i yang saya cintai dan saya banggakan.

Alhamdulillahhirobbilalamin, puji syukur marilah kita panjatkan kepada Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul kembali di sekolah yang kita cintai ini.

Hari ini adalah hari yang sangat menggembirakan karena sekolah kita kedatangan siwa/i baru di kelas 10. Tentunya suasana MPLS tahun ini akan semakin meriah karena kita sudah melaksanakan kegiatan sekolah secara offline atau tatap muka dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kegiatan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah tahun ini adalah sebuah era baru bagi kita selepas dua tahun bergelut dengan Pandemi Covid 19 yang membuat interaksi antara guru dengan siswa hanya bisa dilakukan secara daring.

Jadi pada kegiatan MPLS ini kita semua harus bersuka cita dengan riang gembira kembali ke sekolah dengan tujuan dan mimpi-mimpi yang siap kita rajut bersama. 

Saya selaku kepala sekolah mengucapkan banyak terimakasih kepada tim kesiswaan, OSIS dan seluruh dewan guru yang telah menyiapkan acara MPLS ini dengan sebaik mungkin semenjak libur semester genap kemarin.

Tema MPLS tahun ini adalah "Membuka Lembaran Baru Menyosonga Masa Depan Cerah". Hidup ini seperti sebuah roda yang berputar. Kadangkala kita berada di atas dan kadang pula kita berada di bawah. Semua itu harus kita lalu dengan penuh rasa sabar, keyakinan dan keteguhan hati.

Badai pasti berlalu, itulah pepatah yang sering kita dengar dari orang tua kita. Segelap apapun kehidupan seperti pandemi yang telah meluluhlantahkan dunia dua tahun terakhir, tapi kita bisa melaluinya dengan sabar dan gotong royong.

Gotong royong adalah karakter khas pelajar Pancasila. Maka dari itu untuk seluruh siswa dan siswi baik yang lama maupun yang baru mari kita tetap mengikrarkan diri untuk menjadi manusia Indonesia yang berjiwa Pancasila luhur. Pancasila lah yang tetap menegakkan kita menjadi sebuah negara besar di tengah heterogenitas yang tinggi dari Sabang sampai Merauke.

Jadi di masa MPLS ini, teguhkan hati kita untuk mencari ilmu dengan sebaik-baiknya karena kalianlah para generasi penerus bangsa yang akan membawa negara ini menjadi negara yang maju dan berdaulat di mata dunia.

Maka dari itu, Dengan mengucap Bismillahirrohamnirrohim, acara MPLS tahun ajaran 2022/2023 resmi dibuka. Selamat belajar dan teruslah berpretasi 

Itulah contoh pidato sambutan kepala sekolah pada MPLS tahun ajaran 2023/2023. Jangan lupa share di medsos kalian.

Sabtu, Juli 9

Contoh Rancangan Program Kegiatan MPLS SMA 3 Hari

Contoh Rancangan Program Kegiatan MPLS SMA 3 Hari


Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS akan segera dilaksanakan mengingat tahun ajaran baru sudah di depan mata.

MPLS adalah kegiatan awal sekolah dan harus berkesan bagi siswa terutama siswa baru. Disinila perlunya kerjasama guru dan siswa mendesain acara MPLS agar menarik dan menyenangkan.

Berikut ini contoh agenda MPLS SMA yang bisa menjadi acuan bagi sekolah. Selamat kembali sekolah dan tetap semangat mencari ilmu menuai prestasi.

Setiap kegiatan bisa dijeda dengan istirahat atau fun game/ice breaking sesuai dengan kreatifitas bapak/ibu di sekolah atau OSISnya. 

Untuk program kegiatan juga silahkan dimodifikasi saja sesuai karakter sekolah masing-masing. Contoh kegiatan MPLS SMA di bawah ini hanya sebagai acuan saja dan bukan format baku pemerintah.
 
Hari Kegiatan Rincian Kegiatan PIC
Pertama Upacara Pembukaan Semua siswa baru dikumpulkan untuk upacara pembukaan singkat, dipimpin Kepala Sekolah Kepsek
Wawasan Visi Misi Sekolah Penyampaian visi, misi sekolah oleh kepala sekolah Kepsek
Pengenalan Guru dan Staf Sekolah Perkenalan semua stakeholder sekolah kepada siswa (guru, staf, penjaga sekolah dll) Kepsek
Wawasan Wiyata Mandala Penyampaian materi wawasan wiyata mandala oleh waka kesiswaan Kesiswaan
Kedua Wawasan Kurikulum Penyampaian kurikulum sekolah, agenda kegiatan lomba dll dan strategi belajar Kurikulum
Penguatan Pendidikan Karakter Pancasila Pentingnya memahami Pancasila bagi siswa Kesiswaan
Pengenalan OSIS Perkenalan OSIS dan Program Kerjanya Kesiswaan
Bahaya Perundungan Penyampaian materi tentang bahaya perundungan di sekolah BK
Ketiga Pembagian Kelas Siswa baru dibagi sesuai kelasnya, dan setiap kelas memiliki satu pendamping kakak kelas (OSIS) Kesiswaan + OSIS
Tour Sekolah Siswa baru secara bergantian dikenalkan lingkungan sekolah (ruangguru, WC, kantin dll), dijadwal per kelas agar waktunya efisien Kesiswaan + OSIS
Kesan dan Pesan Siswa baru diminta membuat kesan dan pesan selama MPLS dan harapan ke depan Kesiswaan + OSIS
Talent Show dan Penutupan Setiap kelas diminta perwakilan untuk unjuk kemampuan di depan siswa baru, hasil terbaik akan mendapat hadiah Kesiswaan + OSIS + Kepsek

Itulah contoh program kerja MPLS SMA selama 3 hari, semoga bermanfaat. Silahkan share dengan ketik tombol share di bawah. Jangan sungkan ya.
Perbedaan Dasar Asesmen Formatif dan Sumatif

Perbedaan Dasar Asesmen Formatif dan Sumatif


Halo pendidik Indonesia, kali yuk kita bahas tentang perbedaan asesmen formatif dan sumatif pada kurikulum merdeka. Pastinya sudah banyak yang share di grup medsos kalian mengenai dua konsep tersebut.

Pada dasarnya asesmen itu adalah penilaian ya teman-teman. Kita lihat dulu konsep asesmen formatif dan sumatif berikut ini.

ASESMEN FORMATIF

Asesmen Formatif adalah metode evaluasi yang dilakukan untuk evaluasi proses pemahaman murid, kebutuhan pembelajaran dan kemajuan akademik selama pembelajaran.

Asesmen formatif memantau pembelajaran murid dan memberikan umpan balik yang berkala dan berkelanjutan.

Bagi murid, asesmen formatif berfungsi membantu murid mengidentifikasi kekuatan dan aspek yang perlu dikembangkan.

Bagi guru dan sekolah, asesmen formatif berfungsi memberikan informasi mengenai tantangan apa saja yang dihadapi murid dalam proses pembelajaran projek sehingga dukungan yang memadai dapat diberikan.

Asesmen formatif dapat diberikan oleh guru, teman atau diri sendiri.

ASESMEN SUMATIF

Asesmen Sumatif adalah metode evaluasi yang dilakukan di akhir pembelajaran.

Asesmen sumatif seringkali memiliki taruhan tinggi karena berpengaruh terhadap nilai akhir murid sehingga sering diprioritaskan murid daripada asesmen formatif.

Umpan balik dari asesmen hasil akhir ini dapat digunakan untuk mengukur perkembangan murid untuk memandu guru dan sekolah merancang aktivitas mereka untuk projek berikutnya.

MANFAAT ASESMEN FORMATIF
Bagi Guru
1. mengawasi pembelajaran siswa
2. memastikan perkembangan siswa
3. mengecek pemahaman siswa

Bagi Siswa
1. mengevaluasi pembelajaran sendiri
2. membangun pengetahuan
3. mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan
4. meningkatkan kemampuan

MANFAAT ASESMEN SUMATIF
Bagi Guru
1. mengukur capaian pembelajaran siswa di akhir sesi kegiatan belajar
2. meningkatkan pengajaran dan pembelajaran selanjutnya

Bagi Siswa
1. memahami performa di akhir unit pembelajaran
2. memahami apakah siswa sudah memenuhi capaian belajar di akhir unit pembelajaran

Pada intinya, asesmen formatif dan sumatif merupakan cara menilai kualitas pembelajaran murid. Kita bisa melakukan evaluasi dan melakukan umpan balik agar rancangan pembelajaran selanjutnya lebih baik. 

Bentuk-bentuk asesmen formatif dan sumatif bervariasi, simak di artikel selanjutnya: BENTUK ASESMEN BELAJAR

Jumat, Juli 8

Proyek Kreatif Geografi: Membuat dan Menganalisis Peta Persebaran Fenomena di MS Excel 2019

Proyek Kreatif Geografi: Membuat dan Menganalisis Peta Persebaran Fenomena di MS Excel 2019


Halo teman-teman, kali ini saya akan berikan contoh kegiatan proyek geografi kurikulum merdeka yang bisa dilakukan di kelas. Pembelajaran berbasis proyek ini sedang booming di era kurikulum merdeka.

Pembelajaran berbasis proyek adalah salah satu ciri khas dari kurikulum merdeka. Pembelajaran berbasis proyek (PjBL) adalah pembelajaran yang menggunakan proyek atau kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar (Barell, Baron dan Grant dalam Bender, 2012).

Perlu diingat bahwa tujuan atau goal dari pembelajaran proyek tidak hanya harus menghasilkan karya yang wah. Pembelajaran proyek merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang terstruktur dimana siswa dapat memahami sebuah masalah kemudian memecahkan masalah tersebut.

Saya sendiri coba cari-cari di youtube dan ketemu salah satu kegiatan yang bisa dilakukan siswa dalam pembelajaran geografi yaitu membuat peta persebaran fenomena dengan menggunakan MS Excel 2019.

Jadi nantinya siswa akan diminta mencari data suatu fenomena misalkan persebaran jumlah keluarga pra sejahtera di kecamatan X atau provinsi atau Indonesia, terserah bapak ibu guru. Data tersebut kemudian akan dirubah menjadi sebuah peta persebaran secara otomatis gaes, gak perlu lagi gambar-gambar lama di kertas.

Hanya dengan menggunakan Excel 2019 kita sekarang bisa membuat peta persebaran dengan sekali klik saja. Yang penting laptop kalian mumpuni dan punya koneksi internet stabil.

Setelah hasilnya keluar maka nanti peta tersebut bisa ditampilkan di depan kelas dan dianalis bersama-sama lalu didiskusikan. Ada banyak fenomena persebaran yang bisa dianalisi dan ini menjadi salah satu kegiatan yang menarik dan bisa dicoba.

Untuk tutorial cara membuat peta persebaran otomatis, silahkan cek di bawah ini. Atau nanti boleh lihat di tautan youtube Guru Geografi (on progress).

1. Cari data suatu fenomena (usahkan data nyata kontekstual), misalnya anda pergi ke BPS, Kelurahan, Kecamatan dll. Ini mendorong siswa agar mampu mencari data secara ilmiah.
2. Buka MS Excel 2019, kalau belum punya silahkan download versi terbaru ya.
3. Isikan data ke kolom di Excel, contohnya di bawah ini. Ini hanya contoh saja ya, jadi gak banyak tapi bisa mewakili.
Proyek geografi kreatif

4. Setelah itu blok semua data yang tadi sudah di ketik dan klik Insert lalu pilih Map, nah ini nanti otomatis data akan diubah ke peta. Ingat nama provinsi harus jelas, gak boleh di singkat karena terhubung online. Jadi kalau misal sama dengan nama di luar negeri nanti bisa berantakan.
Membuat peta persebaran
Merubah data menjadi peta persebaran

Dengan melihat hasil di atas kita sudah bisa belajar tentang bagaimana penggunaan simbol kuantitatif pada peta, gejala persebaran, analisis ruang dan lainnya. Silahkan boleh dicoba di kelas. Jangan lupa share postingan ini ke teman guru lain di grup medsos ya!.

Jadi secara singkat alur Project Based Learningnya secara singkat bisa seperti berikut: (silahkan modif saja sesuai keadaan di sekolah). 

Penulis: Agnas Setiawan, Guru Geografi SMA Unity School Kota Bekasi🙏


MINGGU KEGIATAN REMARK
1 Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok heterogen lalu menentukan tujuan dan timeline projek. Guru dan siswa menentukan jenis fenomena geosfer yang akan dibuat peta persebaran dan dianalisis.
2 Siswa pergi mengunjungi tempat observasi dan mencari data yang dibutuhkan terkait persebaran fenomena (misalnya data jumlah angka putus sekolah di kecamatan A). Bisa juga dengan mencari data di web BPS atau lainnya asal valid dan bukan asal data alias hoax.
3 Siswa secara berkelompok mencoba merubah data statistik hasil observasi lapangan menjadi peta persebaran di MS Excel 2019 lalu dianalisis menggunakan prinsip dan pendekatan geografi atau teori geografi yang relevan. Hasil kerja ditulis dalam bentuk esai/laporan singkat di MS Word
4 Setiap kelompok mempresentasikan hasil telaah, diskusi dan analisis dari peta persebaran terebut untuk ditanggapi di kelas dan menghasilkan suatu gambaran fenomena dan contoh solusinya

Kamis, Juli 7

Download Buku Ajar Geografi SMA Guru dan Siswa Kurikulum Merdeka

Download Buku Ajar Geografi SMA Guru dan Siswa Kurikulum Merdeka


Halo teman-teman guru, kali ini saya akan bagikan contoh buku geografi yang bisa digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran geografi era kurikulum merdeka.

Memang beda ya muatan isi mapel geografi pada kurikulum merdeka?. Sebenarnya gak jauh-jauh beda sih, hanya ada update saja.

Kita harus memahami dulu tujuan pembelajaran geografi dalam kurikulum merdeka sebelum mendesain pembelajaran kepada siswa. Silahkan cek tujuan pembelajaran geografi di tautan berikut: Tujuan Pembelajaran Geografi Kurikulum Merdeka

Balik lagi ke buku geografi SMA kurikulum merdeka teman-teman nih, kita semua tahu bahwa semua ilmu itu bersifat tentatif artinya terus mengalami perubahan dan perkembangan seiring berubahnya zaman.

Nah sama juga dengan geografi yang setiap tahun tentu akan mengalami berbagai peristiwa atau fenomena yang perlu menjadi perhatian guru dan siswa.

Dengan begitu konten pada buku, modul atau bahan ajar pun akan selalu update, kontekstual dan tidak kuno. 

Apakah kita hanya berpatokan pada sumber buku ini saja pemirsa?. Tentu tidak, anda sebagai guru bisa mengeksplor sendiri materi lain bahkan membuat buku sendiri, modul, bahan ajar sendiri untuk kelas dan sekolah masing-masing.

Jadi buku dari kemdikbud ini bisa digunakan sebagai acuan dan landasan agar kita bisa membuat sendiri buku geografi sesuai dengan keinginan kita dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah penulisan buku yang benar. 

Berikut ini buku geografi kurikulum merdeka yang bisa didownload pada tautan di bawah. Silahkan di share sebanyaknya ke grup medsos. Salam berbagi.

No JUDUL Link Tautan
1 BUKU IPS BS KELAS 10 Download
2 BUKU IPS BG KELAS 10 Download
3 BUKU GEOGRAFI BS KELAS 11 Download
4 BUKU MURID GEOGRAFI KELAS 11 BAB  3 Download
5 BUKU MURID GEOGRAFI KELAS 11 BAB  2 Download
6 BUKU MURID GEOGRAFI KELAS 11 BAB 1 Download
7 BUKU GURU GEOGRAFI KELAS 11 BAB 4 Download
8 BUKU GURU GEOGRAFI KELAS 11 BAB 3 Download
9 BUKU GURU GEOGRAFI KELAS 11 BAB 2 Download
10 BUKU GURU GEOGRAFI KELAS 11 BAB ! Download
Notification
Jangan lupa follow dan subscribe blog dan chanel guru geografi ya.
Done
close