Efek Corriolis Dan Dampaknya

- February 15, 2017
Pernahkan kamu mendengar kata efek Corriolis?. Efek Corriolis merupakan suatu efek pembelokan yang dihasilkan dari sebuah benda yang berputar. Untuk memahami efek Corriolis paling sederhana, coba kamu ingat lagi pada saat kecil. Apakah kamu pernah main roda berputar di taman atau TK. Jika kamu berhadpaan dengan teman kamu lalu kamu melempar bola saat roda berputar, apa yang akan terjadi?. Tentu bola akan berbelok dan tidak lurus ke teman mu bukan?. Itulah contoh sederhana dari efek corriolis.

Untuk lebih luas lagi, coba kita lihat apa yang terjadi dengan angin yang terjadi di permukaan bumi. Efek matahari paling kuat dirasakan di ekuator daripada di utara dan selatan kutub. Oleh sebab itu daerah di sekitar ekuator memiliki suhu yang tinggi sepanjang tahun.

Daerah sekitar ekuator disebut juga pusat tekanan rendah karena udara di ekuator akan naik ke atas karena pengaruh dari suhu yang tinggi. Angin yang berasal dari wilayah kutub saat menuju khatulistiwa kan dibelokan saat mencapai ekuator oleh rotasi bumi. Efek Corriolis membuat sistem angin di bagian bumi selatan akan berputar searah jarum jam sementara di belahan bumi utara berputar berlawanan dengan arah jarum jam. 
Efek Corriolis Dan Dampaknya
Pembelokkan angin di Bumi oleh Gaya Corriolis
Efek Corriolis juga akan membuat Siklon tropis tercipta karena adanya gerakan circular atau memutar oleh gaya corriolis tadi. Jika bumi ini diam tidak bergerak maka angin dari kutub akan bergerak lurus ke tengah dan tidak akan ada tercipta dinamika atmosfer seperti saat ini. Bumi sudah didesain sedemikian rupa agar mencapai keseimbangan. Efek Corriolis merupakan salah satu cara Bumi mencapai keseimbangan. Gambar: irade.com

Efek Corriolis juga menyebabkan badai siklo akan berbelok saat mencapai khatulistiwa. Itulah mengapa Indonesia tidak pernah dilanda angin taifu, tornado seperti di Filipina, karena angin akan berbelok saat mencapai Indonesia. Adil bukan?. Indonesia sudah rentan gempa bumi, erupsi, banjir, longsor masa mau ditambah lagi dengan Angin Tornado?. Itulah keadilan Sang Maha Kuasa.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search