Zealandia, Benua Yang Terlahir Kembali

- February 21, 2017
Nampaknya, jumlah benua di bumi kini bertambah dengan hadirnya Zealandia. Zealandia merupakan benua kecil (microcontinent) panjang dan sempit, berada sebagian besar tenggelam di Samudera Pasifik bagian selatan.

Microcontinent adalah sebuah daratan yang telah patah dari benua utama atau induknya. Zealandia memisahkan diri dari Antartika sekitar 100 juta tahun lalu dan berpisah dari Australia sekitar 80 juta tahun lalu.

Zealandia memiliki luas setengahnya dari Australia namun hanya 7 persen yang muncul ke permukaan laut. Sebagian besar daratan membentuk dua pulau besar yaitu Selandia Baru, Pulau Utara dan Pulau Utara dan Pulau Selatan. Stewart Islan tepat berada di sebelah selatan Pulau Selatan dan banyak pulau kecil yang merupakan bagian dari benua kecil ini. Kaledonia baru yang merupakan koloni Perancis menjadi ujung utara dari Zealandia.

Zealandia umumnya memiliki iklim sedang hangat. Pulau terbesar memiliki gletser dan yang terbesar yaitu Tasman Glacier di Pulau Selatan. Aktifitas glacial terakhir menghasilkan banyak fyord dan lembah. Iklim tropis terdapat di Kaledonia baru yang punya kesamaan dengan Oceania di Pasifik Selatan.
 
Zealandia, Benua Yang Terlahir Kembali
Zealandia, benua baru di bumi
Aktifitas Vulkanik
Zealandia masuk daerah tektonik aktif dan masuk pada lempeng Australia sementara bagian lainnya masuk lempeng Pasifik. Bagian utara Zealandia sangat bersifat vukanis tinggi. Ada enam gunung api aktif (volcano) dan yang terbesar adalah Taupo Volcanic Zone di Pulau Utara.

Aktifitas geotermal disebabkan oleh interaksi antara lempeng Australia dengan Pasifik. Banyak geyser dan sumber air panas tersebar di seluruh Zealandia. Baik di utara maupun selatan pulau memiliki deretan pegunungan membentang melalui tengah pulau. Pulau Utara didominasi Plato Vulkanik Pulau Utara sementara pegunungan di Pulau Selatan adalah Alpen Selatan. Kedua pegunungan semakin tinggi akibat adanya proses uplift atau pengangatan karena gaya tektonik konvergen.

Perairan Zealandia
Perairan Zealandia kaya akan kandungan mineral meskipun pemerintah Selandia Baru mengawasi kegiatan eksplorasi di perairan tersebut. Ladang gas alam banyak juga ditemukan di seluruh Zealandia. Ladang gas alam Maui di Laut Tasman merupakan yang terbesar.

Perairan Zealandia punya potensi untuk ilmu pengetahuan dan bisnis. Selama periode glasial permukaan laut turun dan daratan Zealandia banyak berada di permukaan laut. Fosil dasar laut menjadi petunjuk kehidupan benua tersebut di masa lalu. Beberapa pertimbangan geolog untuk mengimpulkan benua baru ini adalah:
- ketinggian daratan disekitarnya
- geologi yang khas
- kerak benua lebih tebal dari kerak laut
- wilayah yang bisa dibedakan dengan benua lain 
Sumber: NG, BBC, www.nature.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search