Jenis-Jenis Pewilayahan

- December 21, 2016
Ada beberapa cara untuk menetapkan suatu pewilayahan di permukaan bumi. Wilayah atau region dapat diklasifikasikan menurut berbagai kriteria artinya bersifat relatif. Bumi ini merupakan wilayah dan di dalamnya dipisahkan ke dalam unit-unit wilayah khusus agar bisa dikenali lebih spesifik. Semua permukaan bumi ini tersusun atas berbagai macam elemen mulai dari daratan, laut, sungai, pegunungan dan lain sebagainya. Jadi untuk memudahkan membedakan satu sama lain dibuatlah klasifikasi wilayah.
 Guru Geo Gaul · Entri
Pewilayahan di Amerika, pic: city-data.com
1. Berdasarkan wilayah administrasi pemerintahan di Indonesia, dikenal wilayah kekuasaan pemerintahan mulai dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa/kelurahan hingga dusun/RT/RW.

2. Berdasarkan kesamaan kondisi (homogenity) terutama paling umum berdasarkan kondisi fisikal. Contohnya berdasakan kesamaan kondisi fisik, Sumatera utara pernah dibagi menjadi pantai timur, pegunungan dan pantai barat. Ada juga klasifikasi desa seperti desa pantai, desa pedalaman dan desa perbukitan. Selain itu indikator sosial budaya juga dapat digunakan seperti wilayah Pasundan, wilayah Badui dan wilayah kampung Cina.

3. Berdasarkan ruang lingkunp pengaruh ekonomi. Perlu dibuat dahulu beberapa pusat pertumbuhan baik growth pole maupun growth centre lalu dibuat batas-batas pengaruh pertumbuhannya. Batas pengaruh antara satu kota dengan kota lainnya hanya dapat dilakukan untuk kota yang punya ranking sama. Karena untuk kota yang ranking yang berada di bawah, maka kota kecil itu sendiri berada di bawah pengaruh kota yang lebih besar.

Contohnya sulit sekali untuk menetapkan batas pengaruh antara Medan dengan Lubuk Pakam karena banyak penduduk Lubuk Pakam yang bepergian rutin ke Medan. Jadi yang dapat dicari batas pengaruh tersebut adalah antara kota yang punya ranking sama seperti Lubuk Pakam dengan Perbaungan karena jumlah penduduknya tidak jauh berbeda.

4. Berdasarkan wilayah perencanaan. Dalam hal ini ditetapkan batas-batas wilayah maupun daerah yang terdampak suatu program atau proyek khusus seperti DAS Ciliwung, Proyek Jatigede dan lainnya. Wilayah perencanaan ini dapat melibatkan beberapa wilayah administrasi. Proyek DAS Citarum bisa melalui wilayah 5 kabupaten, wilayah pertanian, wilayah industri hingga menuju muara. 
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search