Loading...

Perbedaan Definisi Ruang, Wilayah dan Kawasan

- 20 December
Loading...
Dalam geografi tentunya kita pasti akan berbica tentang suatu wilayah atau region. Meskipun kita hidup dalam satu bola ruang yang dinamakan bumi, akan tetapi permukaan bumi ini tidak sama alaias tidak seragam semuanya.

Ada istilah ruang, wilayah dan kawasan dalam geografi. Pada dasarnya semua adalah bagian dari ruang permukaan bumi tapi ada beberapa aspek yang membedakannya. Berikut ini makna ruang, wilayah dan kawasan berdasarkan geografi.

1. Ruang
Konsep ruang adalah wadah atau tempat tinggal manusia yang meliputi ruang darat, laut, udara berserta sumber daya yang ada di dalamnya. Unsur pembentuk ruang ada 4 yaitu tanah air, udara, sumber daya.
- Tanah
Tanah adalah bahan bentukkan alam hasil pelapukan batuan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Tanah tersusun atas mineral, bahan organik, air dan udara
- Udara
Udara tersusun atas berbagai macam gas mulai dari nitrogen, oksigen, karbon dioksida, argon, helium dan gas lain dalam persentase kecil
- Air
Air adalah unsur esensial yang penting bagi terciptanya kehidupan. Air terdistribusi di bumi dalam wujud padat, cair maupun gas. 
Ruang, wilayah dan kawasan

2. Wilayah
Wilayah adalah suatu ruang dengan batas-batas administrasi atau memiliki kenampakan khas yang berbeda satu sama lain. Contoh wilayah adalah wilayah DKI Jakarta, wilayah hutan bakau, wilayah Taman Nasional dan lainnya.

Wilayah terbagi menjadi wilayah formal dan wilayah fungsional.
a. Wilayah Formal
Wilayah formal dibentuk dari keseragaman atau kesamaan ciri pada wilayah tersebut. Contoh wilayah formal adalah wilayah pedesaan, wilayah karst, wilayah hutan tropis, wilayah sabana.
b. Wilayah Fungsional
Wilayah fungsional dibentuk dari heterogenitas dan memiliki fungsi contohnya wilayah perkotaan, wilayah industri, wilayah konservasi.

3. Kawasan
Kawasan adalah ruang dengan batas fungsional sebagai pemisah. Contoh kawasan adalah kawasan ekonomi khusus, kawasan konservasi penyu, kawasan berikat, kawasan pemukiman elit.

Gimana udah bisa bedakan mana ruang, wilayah atau kawasan?. Jangan lupa untuk like blognya ya dan share ke teman-teman lainnya.
 

Start typing and press Enter to search