Loading...

Format RPP 1 Lembar Permendikbud No 14 Tahun 2019

- 17 December
Loading...
Halo teman-teman-teman guru sebangsa dan setanah air Indonesia, apa kabarnya hari ini?. Semoga sehat selalu dan senantiasa produktif berkarya. Kali ini saya akan bagikan contoh format RPP sesuai Permendikbud No 14 Tahun 2019.

Kabar gembira dari permendikbud tersebut adalah format RPP sekarang tidak bertele-tele dan berlembar-lembar seperti sebelumnya. Ini adalah salah satu revolusi di bidang pendidikan yang wajib kita dukung. Baca juga: Pembahasan OSK Geografi 2019 1-100 Full

Membuat RPP kini bisa 1 atau 2 lembar saja dan tidak perlu menuliskan konten-konten gak penting seperti:
1. KI 1 dan KI 2 yang bisa setengah halaman
2. KD dan Indikator
3. Materi Konsep, Prinsip, Fakta dan Prosedural 
4. Format Penilaian Yang Jelimet
RPP Merdeka Belajar
Yang lucu lagi dulu waktu bimtek K13 ada instruktur yang meminta membuat balon-balon catatan dalam langkah pembelajaran, sangat menyebalkan dan kurang kerjaan menurut saya. Bandingkan dengan lesson plan di luar negeri yang sangat sederhana namun kontennya berkualitas.

Inilah yang dibutuhkan salah satunya oleh dunia pendidikan yaitu penyederhanaan administrasi. Masa di era digital seperti sekarang, buat RPP aja kaku dan kaya bikini novel panjang. Buang-buang waktu guru itu namanya.

Prinsip penyusunan RPP adalah efisien, efektif dan berorientasi pada murid. Sebelumnya dalam Permendikbud No 22 Tahun 2016 terdapat 13 komponen RPP dan yang menjadi komponen inti saat ini adalah tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran dan penilaian. Sementara komponen lainnya adalah pelengkap. 

Jadi RPP cukup 1 lembar bolak balik saja kalau memang setengah halaman kertas tidak cukup. Saya membandingkan dengan lesson plan geografi cambdrige pun cuma 1 lembar alias 2 page saja. Kontennya tidak bertele-tele, yang pokok adalah langkah pembelajarannya.

Jadi guru dan pengawas wajib memahami 3 komponen wajib RPP tersebut, sementara lainnya adalah pelengkap. Jangan sampai saat pengawas datang ke sekolah malah ngobok-ngobok komponen pelengkap sementara yang wajib tidak diperhatikan dengan baik. 

Revolusi administrasi pendidikan adalah sesuatu yang dinanti dan perlu terus dilakuan agar tugas guru menjadi lebih terarah dan tidak mengurusi hal administrasi seperti pegawai kantoran. Berikut ini format RPP dan surat edaran tentang RPP terbaru. Baca juga: Prediksi Kisi-Kisi UNBK Geografi dan Contoh Soal

SURAT EDARAN PERMENDIKBUD RPP 2019
FORMAT RPP TAHUN 2019 MERDEKA BELAJAR 
Soal Latihan UTBK Geografi + Pembahasan, Share Ya!! 

~Link Pembahasan UNBK Geografi 2019 Kode A Lengkap~
Soal No 1-5
Soal No 6-10
Soal No 11-15
Soal No 16-20
Soal No 21-25
Soal No 26-30
Soal No 31-35
Soal No 36-40
Soal No 41-45
Soal No 41-50

Link Pembahasan OSK Geografi 2019 No 1-100 >>>Bahas tuntas OSK Geografi
 

Start typing and press Enter to search