Pembahasan OSK Geografi 2019 No 1-5 - Gurugeografi.id
Loading...

Pembahasan OSK Geografi 2019 No 1-5

- 11 November
Loading...
Halo para pejuang OSK dan OSN Geografi, udah siap untuk menghadapi event tahunan ini?. Gak usah bingung ya karena kita akan coba berikan contoh pembahasan soal-soal OSN Geografi. Kali ini kita bahas dulu OSK Geografi 2019 No 1-5 ya. Jangan lupa share ke teman-teman di grup buat belajar bareng.

1.    Keterkaitan semua subsistem iklim yang demikian kompleks namun terintegrasi disebut sebagai

a.    iklim
b.    cuaca
c.    sistem iklim
d.    sistem cuaca
e.    siklus perubahan iklim


Pembahasan:
Dalam soal terdapat keyword subsistem iklim namun terintegrasi, artinya kalau ada sesuatu apapun yang terintegrasi maka itu dinamakan sistem. Contoh transportasi terintegrasi di ibukota, maka itu dinamkan sistem transportasi. Sama dalam soal ini maka udah ada kata subsistem iklim jadi jawabannya pasti Sistem Iklim. Gitu ya bro cara analisanya.

2.    Atmosfer terdiri dari tiga komponen, yaitu udara kering, uap air, dan …
a.    awan
b.    argon
c.    gas permanen
d.    aerosol
e.    gas mulia


Pembahasan:
Nih gan, komponen atmosfer itu terdiri dari 3 unsur utama, yaitu udara kering, uap air, dan aerosol. Kandungan udara kering adalah 78,09% nitrogen, 20,95% oksigen, 0,93% argon, 0,04% karbon dioksida, dan gas-gas lain yang terdiri dari neon, helium, metana, kripton, hidrogen, xenon, ozon, radon. 

Uap air yang ada pada udara berasal dari evaporasi (penguapan) pada laut, sungai, danau, dan tempat berair lainnya. Aerosol adalah benda berukuran kecil, seperti garam, karbon, sulfat, nitrat, kalium, kalsium, serta partikel dari gunung berapi. Atau definisi aerosol lain adalah partikel air atau padat yang tersuspensi di dalam gas. Aerosol itu pada umumnya lebih tinggi konsentrasinya di perkotaan dibandingkan di lautan.

3.    Parameter cuaca yang paling membedakan wilayah tropis dengan wilayah subtropis dan kutub adalah …
a.    angin
b.    temperatur
c.    tekanan
d.    kelembaban relatif
e.    curah hujan


Pembahasan:
Kalau ditanya parameter artinya ada sesuatu yang bisa diukur dan ini paling jitu untuk bedain wilayah tropis, subtropis dan kutub. Ya jelas pasti indikator suhu paling tegas membedakan kondisi di tropis yang panas, subtropis yang sedang dan kutub yang ekstrim dingin. Iya betul apa betul?

4.    Gaya Coriolis akan membelokkan arah angin yang bergerak di belahan bumi utara ke arah …
a.    kanan
b.    kiri
c.    lurus
d.    sejajar isoterm
e.    memutar


Pembahasan:
Efek Coriolis adalah suatu efek pembelokan karena benda berotasi. Coba aja lihat gambar di bawah ini biar lebih jelas ya!
Pembahasan OSK Geografi
5.    Angin muson dapat menghasilkan curah hujan bila membawa kelembaban tinggi akibat melewati suatu wilayah perairan yang luas. Salah satu ciri dari angin muson adalah …
a.    pembalikan arah angin minimal 100 derajat pada bulan Januari dan Juli
b.    kecepatan angin minimal 3 meter per detik
c.    angin berbalik arah 180 derajat
d.    frekuensi rata-rata arah angin utama 30%
e.    pola tekanan berubah-ubah dengan cepat


Pembahasan:
Salah satu sumber menyebutkan bahwa karakter angin muson memiliki kecepatan minimal 3 m/detik. Angin muson berhembus 6 bulan sekali karena adanya perbedaan tekanan di benua Australia dan Asia yang dipengaruhi gerak semu tahunan matahari.

Pastikan follow blog ini untuk dapatkan update pembahasan materi lainnya. Lanjut: Kunci OSK No 6-10

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search