Pembahasan OSK Geografi 2019 No 91-95 - Gurugeografi.id
Loading...

Pembahasan OSK Geografi 2019 No 91-95

- 19 November
Loading...
Oke gan kita bahas lagi ya kunci jawaban soal OSK Geografi 2019 nomor 91-95. Jangan lupa share dan like blognya. Ajak teman-teman belajar bareng biar lebih rame. Jangan lupa kunjungi channel guru geografi di youtube.

91.    Terracotta adalah situs peninggalan sejarah ternama yang berasal dari kebudayaan ...
a.    Andes
b.    Mesir
c.    Lembah Sungai Huang Ho
d.    Romawi
e.    Inca


Pembahasan:

Tentara terakota adalah kumpulan koleksi dari 8.099 terakota berbentuk tokoh prajurit dan kuda dengan ukuran asli yang terletak di dekat makam dari Kaisar pertama dinasti Qin,Qin Shi Huang. Tokoh prajurit itu ditemukan pada tahun 1974 di Lintong District, Xi`an, Provinsi Shaanxi oleh para petani lokal. Terakota dibangun tahun 210 SM–209 SM sebagai bentuk seni pemakaman dengan maksud untuk melindungi Kaisar Qin sesudah kematiannya. Pada tahun 1987 Bangunan ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. 
Situs Terakota di Cina
92.    Peleburan kebudayaan di wilayah Kanada tanpa menghilangkan unsur unsur budaya yang dibawa pada awalnya lazim disebut dengan ...
a.    akulturasi
b.    asimilasi
c.    mozaik budaya
d.    mangkuk salad
e.    kuali peleburan


Pembahasan:

"Mosaik budaya" (bahasa Prancis: "la mosaïque culturelle canadienne") adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan percampuran etnis, bahasa dan budaya yang ada pada masyarakat Kanada.

93.    Setelah kedatangan masyarakat Eropa, perubahan berikut manakah yang terjadi pada penduduk asli (indigenous people) Amerika?
a.    Bertambah drastis karena rute perdagangan dan industri baru.
b.    Berkurang perlahan karena mulai mengenal jenis komoditas pertanian baru.
c.    Tetap sama, karena sesungguhnya hanya beberapa warga Eropa yang pindah kesana.
d.    Berkurang drastis karena terjadinya penyakit-penyakit baru.
e.    Berkurang perlahan-lahan karena peningkatan kompetisi lahan.



Pembahasan:

Setelah periode penjelajahan yang dilakukan oleh negara-negara besar di Eropa, permukiman pertama didirikan pada 1607. Orang Eropa membawa kuda, sapi, dan babi ke benua Amerika, dan membawa jagung, kalkun, kentang, kacang, tembakau, dan labu ke Eropa. Lingkungan berpenyakit terbukti mematikan bagi banyak penjelajah dan para pemukim awal menderita penyakit-penyakit baru. Dampak penyakit baru bahkan lebih buruk bagi penduduk asli Amerika, terutama penyakit cacar dan campak. Banyak sekali penduduk asli yang meninggal, biasanya sebelum permukiman Eropa berskala besar dimulai.

94.    Istilah difusi kebudayaan (cultural diffusion) merujuk pada …
a.    modifikasi permukaan bumi akibat aktivitas manusia.
b.    integrasi kebiasaan-kebiasaan suku suku dalam sebuah kelompok masyarakat.
c.    persebaran ide atau inovasi dari tempat asalnya.
d.    asimilasi kultur minoritas pada wilayah baru.
e.    hubungan antara kebudayaan manusia dengan alam.



Pembahasan:

Difusi artinya penyebaran, jadi bisa diartikan penyebaran ide, gagasan, inovasi dari daerah asal ke daerah lainnya. 

95.    Wilayah dibawah ini yang mengalami linguistic fragmentation paling besar adalah ...
a.    Korea
b.    Skandinavia
c.    Kaukasus
d.    Argentina
e.    Quebec


Pembahasan:
Para ahli geografi abad pertengahan pasti tercengang juga, karena salah satu dari mereka menggambarkan kawasan itu​—Kaukasus—​sebagai ”daerah segunung bahasa”.

Kawasan ini, yang terbentang di Pegunungan Kaukasus antara Laut Hitam dan Laut Kaspia, berada di persimpangan benua dan peradaban sehingga Kaukasus punya sejarah yang panjang dan kebudayaan yang kaya. Orang-orangnya terkenal merespek orang yang lebih tua, suka menari, dan amat ramah. Tetapi, bagi banyak pelancong, hal yang paling menarik dari Kaukasus adalah kelompok etnik dan bahasanya yang sangat beragam—bahkan lebih banyak daripada jumlah bahasa yang digunakan di kawasan Eropa lain yang sama luasnya. 


sejarawan Yunani lainnya, Strabo, menulis tentang 70 suku di kawasan itu. Tiap suku punya bahasanya sendiri dan mereka berniaga di Dioskuria, sekarang kota modern Sukhumi, di Laut Hitam. Puluhan tahun kemudian, Plinius Tua, seorang sejarawan Romawi, menulis bahwa orang Romawi butuh 130 juru bahasa untuk berjual beli di Dioskuria.
Sumber: https://www.jw.org/id/perpustakaan/majalah/g201212/bahasa-kaukasus/

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!. Komentar spam, link aktif akan langsung dihapus. Terimakasih.

 

Start typing and press Enter to search