Talaga Nilem, Mata Air Jernih di Kaki Ciremai Kuningan - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, Desember 31

Talaga Nilem, Mata Air Jernih di Kaki Ciremai Kuningan

Objek wisata alam di sekitaran Karesidenan Cirebon ternyata cukup banyak. Kemarin saya dan keluarga coba menyambangi Talaga Nilem yang berlokasi di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. 

Talaga Nilem persis berada di batas antara Kabupaten Kuningan, Cirebon dan Majalengka. Kami berangkat dari pusat kota Majalengka pakai motor jam 9 siang menuju arah Rajagaluh. 

Dari terminal Rajagaluh kemudian terus menuju arah Sumber. Kemudian pas Polsek Dukupuntang akan ada gerbang masuk menuju lokasi Telaga. Kami lalu belok kiri dan menyusuri jalan desa menuju arah Telaga Remis. Setelah 1 km maka tibalah kami di gerbang masuk telaga. 

Telaga Nilem ini masih satu kompek dengan Telaga Remis. Sebelum masuk gerbang di sisi kanan jalan sudah daat ditemukan kolam-kolam milik warga dengna air yang sangat jernih sampai ikan pun terlihat melayang.

Tiket karcis masuk ke Telaga Nilem 12.500 satu orang nya. Dari gerbang kemudian naik ke atas dan belok kanan, maka kami sampai pula di parkiran. Untuk menuju telaga anda harus berjalan ke bawah. Dari atas parkiran jernihnya mata air sudah terlihat. Telaga Nilem ini merupakan mata air alami di kakai Ciremai. 
Talaga Nilem, Mata Air Jernih di Kaki Ciremai Kuningan
Jernihnya Telaga Nilem
Talaga Nilem, Mata Air Jernih di Kaki Ciremai Kuningan
Nyebur dulu bray
Ada dua kolam mata air dengan kedalaman 1 m hingga 5 m. Dari atas kolam, dasar mata air berupa bebatuan vulkanik dengan tumbuhan air yang masih hijau di dalamnya. Pemandangan yang sangat eksotik dengan udara pegunungan yang sejuk. Anda bisa melakukan berbagai aktifitas mulai dari berenang, foto bawah air hingga diving.

Ada beberapa ikan kecil di mata air tersebut. Objek wisata ini masih relatif belum ramai namun sudah mulai viral di media sosial. Fasilitas yang tersedia di sini antara lain penyewaan ban, dan warung-warung kecil. Pastikan anda bisa berenang jika ingin nyebur ke tengah mata air karena kedalamannya cukup dalam. 

Kami tentunya langsung nyebur karena ingin merasakan sejuknya mata air gunung Ciremai. Jadi jika anda sedang berada di wilayah Majalengka atau Cirebon, tidak salahnya untuk mampir ke Telaga Nilem. Baca juga: Mata Air Situ Cicerem Kuningan

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close