Kunci Jawaban Latihan Soal Akhir Bab Erlangga Geografi IPS Kelas 10 Halaman 37 - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, November 3

Kunci Jawaban Latihan Soal Akhir Bab Erlangga Geografi IPS Kelas 10 Halaman 37


Halo geographian, kita akan bahas kunci jawaban soal latihan bab pertama di buku Erlangga ya. Namun pastikan kamu untuk memahami juga konsepnya, jangan hanya menyalin jawaban.

Pemahaman kamu lebih penting dari sekedar angka nilai yang didapat di rapor. Selamat berlatih dan belajar. jangan lupa share ke teman lainnya.

A. PILIHAN GANDA
1.E 2.C 3.A 4.A 5.D 6.B 7.A 8.B 9.A 10.A

B. ESAI
1. Ilmu geografi itu mempelajari tentang variasi kenampakan fisiografis bumi dan pengaruhnya terhadap kebudayaan penduduk. Kebudayaan penduduk sangat dipengaruhi kondisi lingkungan fisiografisnya. Geografi mempelajari tentang ruang permukaan bumi sebagai tempat hidup dan bagaimana perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya.

2. Geografi lekat dengan kehidupan karena setiap hari kita berinteaksi dalam ruang permukaan bumi. Kita berpindah lokasi setiap hari untuk sekolah atau kerja misalnya. Dengan menggunakan media peta kita bisa pesan ojek untuk bermobilitas. Jika kamu seorang petani tentu kamu akan menggarap tanah atau sawah untuk ditanami. Hal tersebut sudah termasuk ke dalam aplikasi pengetahuan geografi.

3. Kita pakai konsep lokasi relatif, jarak, keterjangkauan, nilai guna ya. Tanah di perkotaan tentu akan lebih mahal karena dari sisi lokasi relatif lebih dekat dengan pusat kegiatan, lalu dari aspek jarak juga dekat dengan lokasi-lokasi strategis seperti pasar, pemukiman atau sentra ekonomi lain. Secara nilai guna tanah di perkotaan dapat dijadikan lahan bisnis sehingga harga jualnya memang tinggi.

Beda dengan tanah di perdesaan yang jauh dari pusat kegiatan, lalu kondisi akses jalan belum tentu sebaik di kota dan nilai gunanya masih hanya sebatas untun pertanian lebih dominan. Artinya nilai ekonomi tanah di kota lebih tinggi karena populasi penduduk juga tinggi sehingga akan memicu interaksi ekonomi yang lebih intens.

4. Pendekatan keruangan itu melihat gejala dari aspek alamiah lokasi, sebaran, pola dan keterkaitan di dalamnya. Secara keruangan gunung api itu sebuah fenomena hasil vulkanisme berupa erupsi lava dari dalam bumi keluar permukaan bumi karena tekanan tinggi. Erupsi gunung api memiliki beberapa jenis diantaranya eksplosif dan efusif. Erupsi eksplosif melontarkan material abu vulkanik ke atmosfer dan lelehan lava sementara erupsi efusif hanya berupa lelehan lava bertipe cair.

5. Persebaran penduduk di kawasan padat berkaitan (interelasi) dengan arus urbanisasi tinggi dan level perkerjaan. Kawasan padat seperti slum area dihuni oleh kaum marjinal dengan tingkat pendapatan penduduk di bawah rata-rata sehingga mereka tinggal seadanya. Sementara itu penduduk yang tinggal di kawasan kurang padat penduduknya biasanya memiliki lahan luas atau daerah tersebut jauh dari pusat kota sehingga masih belum terdampak perluasan wilayah kota.


Untuk Soal Model AKM silahkan cek di youtube saya di bawah ini. (menyusul)

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close