Fungsi Lahan Bagi Kehidupan

- January 07, 2017
Tanah dan lahan merupakan satu kesatuan dalam permukaan bumi yang sangat penting bagi kehidupan. Dalam kaitannya dengan sumber daya alam istilah tanah dan lahan seringkali rancu dalam penggunaannya. Pada dasarnya definisi lahan lebih luas dibandingkan tanah. Jadi dimana letak perbedaan tanah dengan lahan?. Sumber daya lahan merupakan suatu lingkungan fisik yang terdiri dari iklim, topografi, tanah, hidrologi dan vegetasi dimana pada batas-batas tertentu memengaruhi kemampuan penggunaan lahan (FAO, 1976). Dengan demikian dalam definisi lahan, tanah terkandung di dalamnya. 
Fungsi Lahan Bagi Kehidupan
Fungsi lahan sangat vital bagi kehidupan, pic: www.cityofgp.com
Menurut FAO tahun 1995, lahan memiliki banyak fungsi yaitu:
a. Fungsi produksi
Sebagai basis atua dasar bagi berbagai macam sistem penunjang kehidupan, melalui mekanisme biomassa yang menyediakan makanan, pakan ternak, serat, bahan bakar kayu dan bahan-bahan biotik lainnya bagi manusia, baik secara langsung atau melalui binatang ternak termasuk budidaya kolam dan tambak ikan.

b. Fungsi lingkungan biotik
Lahan merupakan basis bagi keberagaman daratan yang menyediakan habitat biologi dan plasma nutfah bagi tumbuhan, hewan dan jasad mikro di atas maupun di bawah tanah.

c. Fungsi pengatur iklim
Lahan dan penggunaannya merupakan sumber dan rosot gas rumah kaca dan menentukan neraca energi global berupa pantulan, serapan dan transformasi dari energi radiasi matahari dan daur hidrologi global.

d. Fungsi hidrologi
Lahan mengatur simpanan dan aliran limpasan sumber daya air tanah dan air permukaan serta memengaruhi kualitas airnya.

e. Fungsi penyimpanan
Lahan adalah gudang sumber berbagai jenis bahan mentah dan mineral untuk dimanfaatkan bagi kehidupan manusia.

f. Fungsi pengendali sampah dan polusi
Lahan dapat menerima, menyaring, menyangga dan mengubah senyawa-senyawa berbahaya yang berasal dari produk limbah.

g. Fungsi ruang kehidupan
Lahan menyediakan sarana fisik untuk tempat tinggal manusia, industri dan aktifitas sosial seperti olahraga atau rekreasi.

h. Fungsi peninggalan dan penyimpanan
Lahan merupakan media untuk menyimpan dan melindungi benda-benda bersejarah dan sebagai sumber informasi tentang kondisi iklim dan tata guna lahan masa lampau.

i. Fungsi penghubung sosial
Lahan menyediakan ruang untuk transportasi manusia, masukan produksi serta untuk pemindahan tumbuhan dan binatang antara daerah terpencil dari suatu ekosistem alami.
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search