Soal Pendekatan Geografi dan Cara Menjawabnya - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Januari 22

Soal Pendekatan Geografi dan Cara Menjawabnya

Jika tadi saya sudah jelaskan tentang cara menjawab soal konsep geografi, kali ini saya akan coba membahas cara menjawab soal pendekatan geografi di Ujian Nasional Geografi. Pendekatan geografi ini masuk dalam kategori soal HOT atau high order thinking.  

Seperti biasa nantinya akan disediakan sebuah paragraf dan siswa akan diminta untuk menentukan pendekatan geografi yang tepat. Contohnya seperti ini

1. Musim kemarau panjang di Indonesia tahun 2015 memaksa petani merugi. Fenomena ini terjadi karena adanya El Nino di Samudera Pasifik bagian timur. Pendekatan yang sesuai dengan paragraf tersebut adalah....
a. pendekatan keruangan
b. pendekatan kelingkungan
c. pendekatan kewilayahan
d. pendekatan kompleks wilayah
e. pendekatan distribusi

Jawaban yang tepat adalah a. pendekatan keruangan, karena fenomena El Nino adalah peristiwa alamiah dan tidak ada campur tangan manusia di dalamnya. 
Soal Pendekatan Geografi dan Cara Menjawabnya
Longsor bisa terjadi karena faktor alami dan manusia
Contoh 2

2. Bulan Mei 2015 terjadi longsor di Banjarnegara dan mengakibatkan satu desa hancur. Peristiwa tersebut diakibatkan oleh banyaknya penggundulan di wilayah bukit. Pendekatan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah.....
a. pendekatan keruangan
b. pendekatan kelingkungan
c. pendekatan kewilayahan
d. pendekatan kompleks wilayah
e. pendekatan distribusi

Jawaban yang tepat adalah b. pendekatan kelingkungan karena di dalam kalimat disebutkan bahwa longsor dipicu oleh ulah manusia yaitu penggundulan atau deforestasi. 

Jadi yang membedakan antara pendekatan keruangan dan kelingkungan adalah prosesnya. Jadi kalau menurut saya, siswa harus melihat kalimat di soal untuk menentukan jawaban. 

Jika melihat kenyataan sih, bisa saja longsor harus ditinjau dari pendekatan kompleks wilayah karena ada daerah yang memang struktur tanahnya rapuh ditambah aktifitas manusianya yang merusak lingkungan.
Saya jarang menemukan soal geografi yang menuliskan paragraf yang menyebutkan adanya kombinasi faktor alamiah dan faktor manusia. 

Namun bukan tidak mungkin dua faktor tersebut bisa dicantumkan oleh pembuat soal, kan bukan saya yang buat soal UN. Baca juga: Kumpulan rumus hitung geografi materi peta

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close