Situ atau Danau Eksotik di Kabupaten Tasikmalaya

- February 19, 2017
Situ merupakan bahasa Sunda dari danau. Danau pada dasarnya merupakan sebuah cekungan yang terisi oleh air baik terbentuk secara alami maupun buatan manusia. Ada banyak danau di Indonesia ini dan salah satu daerah yang punya kenampakan danau eksotik di Indonesia dalah Kabupaten Tasikmalaya. Secara fisiografi, Tasikmalaya memiliki kontur yang didominasi oleh perbukitan dan jika ditelusuri akan banyak ditemukan situ atau danau-danau tersembunyi di balik perbukitan tersebut. Berikut ini danau-danau cantik yang ada di Tasikmalaya dan bisa dijadikan lokasi travelling anda.

1. Situ Sanghyang
Situ Sanghyang merupakan danau alami yang terletak di Desa Cilolohan dan Cibalanarik, Kecamatan Sukaraja. Kalau dari rumah saya, situ ini cukup dekat sekitar 4 km. Dari kota Tasikmalaya, Situ Sanghyang berjarak sekitar 25 km dan anda bisa melalui dua rute yaitu lewat Sukaraja lalu belok kanan ke arah Mangunreja, atau lewat Singaparna lalu belok kiri dari Mangunreja. Baca juga: Eksotiknya kebun teh Taraju Tasikmalaya

Situ Sanghyang memiliki luas kurang lebih 16.7 ha. Situ Sanghiyang memiliki pemandangan asri dengan bukit-bukit hijau disekitarnya. Situ ini sudah dikelola oleh pihak pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan sekarang memiliki fasilitas berupa gazebo dan warung-warung makan. Jika anda hobi mancing, anda boleh mencoba mancing disini dengan menyewa rakit bambu.
Situ atau Danau Eksotik di Kabupaten Tasikmalaya
Panorama Situ Sanghyang
Beberapa waktu belakangan ini, disekitar situ ditemukan situs purbakala berupa batu berukir atua prasasti. Warga setempat menyakini bahwa kawasan Situ Sanghiyang dulu merupakan daerah Kerajaan Galuh dan Kerajaan Sung Gentong. 

2. Situ Denuh
Situ ini nampaknya sangat jarang didengar oleh masyarakat. Situ Denuh berlokasi di Desa Cikuya Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya. Situ Denuh berjarak sekitar 70 km dari kota Tasikmalaya dan untuk menjangkaunya harus melewati wilayah pegunungan selatan. Situ ini berada di wilayah pegunungan yang tentu menghadirkan suasana kesejukan alami. Anda tinggal menuju arah Cipatujah dari kota Tasikmalaya laludari Bantarkalong nanti belok ke kanan menuju Culamega. Di sekitar situ terdapat beberapa situs seperti Situs Tugu, Situs Bale Kembang, Situs Lemah Badong, Goa Potong Kujang, Goa Binuang, Goa Cikuda Hilang, Goa Pasir Leungit dan makam Eyang Jatnaka. Bagi yang ingin merefresh otak dari penatnya rutinitas, maka berkunjung ke Situ Denuh mungkin bisa anda pertimbangkan. Baca juga: Ke Nglanggeran yuk! Lihat lava purba
Situ atau Danau Eksotik di Kabupaten Tasikmalaya
Kesejukan Situ Denuh
3. Situ Cilangla
Situ Cilangla berlokasi di Kecamatan Taraju. Situ ini juga berada di daerah pegunungan yang disekitarnya terdapat perkebunan teh. Untuk menuju situ ini anda harus melaluii Singaparna lalu belok ke kiri di pertigaan menuju Taraju. Berbagai wahana permainan air juga ada di sini.
Situ atau Danau Eksotik di Kabupaten Tasikmalaya
Situ Cilangla Tasikmalaya
Saya sendiri belum pernah mengunjungi Situ Denuh dan Situ Cilangla, kalau Sanghyang sudah sering. Mudah-mudahan jika kembali ke Tasik nanti bisa ke sana.
Baca juga: Sadarehe, Kebun teh unik di Majalengka

Gambar: 
tetenmu.files.wordpress.com
abisyihab.files.wordpress.com
Flickr
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search