Main Ke Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran

- May 09, 2017
Pagi sahabat blogger sekalian, kali ini saya akan sedikit bercerita tentang perjalanan ke Desa Nglanggeran Yogyakarta. Perjalanan ini saya lakukan setahun lalu dan saya akan sedikit menceritakannya disini. Nglanggeran adalah sebuah desa wisata dinamakan terdapat fenomena endapan lava gunung api purba yang telah mati.

Saya dan istri berangkat dari Bantul menggunakan motor pagi hari melewati jalur ting road ke arah Wonosari. Dari ring road kemudian belok kanan menuju Wonosari arah Piyungan. Jalanan masih datar dengna aspal hotmik dan cukup padat. 

Masuk di perbatasan Gunung Kidul, jalan mulai menanjak dan berkelok dengan bukit koral tersingkap di kiri kanan jalan. Di perbatasan Gunung Kidul ini juga terdapat rest area bukit bintang dimana kita bisa melihat pemandangan kota Yogyakarta dari atas bukit.
Main Ke Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran
Embung Nglanggeran dengan latar gunung api purba
Beberapa ratus meter dari gerbang masuk Kabupaten Gunung Kidul ada perempatan dengan papan arah menuju Nglanggeran di sebelah kiri. Setelah belok, jalanan mulai menyempit tapi masih dalam kondisi baik. Kontur mulai berbukit dan berkelok. 

Untuk mencapai Nglanggeran dari jalan raya Wonosari dibutuhkan waktu kurang lebih 40 menit. Akhirnya setelah kurang lebih 10 km, sampailah kami di Nglanggeran.  Motor diparkir di tempat yang sudah disediakan. Kami lalu membeli karcis masuk seharga 5 ribu rupiah kalau tidak salah. Kami lalu masuk ke dalam untuk tracking melihat endapan lava purba.

Jika kamu ingin mencapai puncak maka disarankan untuk mempersiapkan perbekalan, karena medannya cukup sulit dan melelahkan. Butuh waktu hingga 2 jam untuk sampai ke puncak dan saya hanya bisa sampai pertengahan saja karena tidak membawa bekal apa-apa cuma niat doang.
Main Ke Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran
Terhimpit Tebing Breksi Purba
Endapan lava breksi banyak tersingkap di Nglanggeran. Ada beberapa tempat peristirahatan jika kamu lelah mendaki. Pemandangan dari atas bukit lava ini sangat indah dan kita bisa melihat pesawahan cantik dari sini. 

Ngalnggeran kini menjadi salah satu destinasi wisata geologi di Indonesia. Ketinggian gunung api purba ini sekitar 700 mdpl. Jika kamu mau melihat sunrise dan sunset maka lebih baik camping di puncak nya. 

Sekitar 1 km dari gunung api ini terdapat sebuah waduk buatan atau embung Nglanggeran. Embung ini dibangun warga desa untuk menampung air dan mengalirkannya untuk keperluan pertanian dan kebutuhan lain. Nglanggeran merupakan salah satu desa inovatif yang mampu memaksimalkan potensi fisik desa nya sebagai sarana wisata. 

Gambar: wartasolo.com
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search