Negara Dunia Kesatu, Kedua dan Ketiga

- April 18, 2017
Ketika orang-orang berbicara tentang negara-negara miskin di dunia, mereka sering merujuk pada istilah Dunia Ketiga dan mereka berpikir tahu semua hal tentang istilah tersebut. Namun saat anda mencoba bertanya, jika ada dunia ketiga, bagaimana dengan negara dunia kedua atau pertama?. Pasti mereka akan buta akan hal itu. 

Beberapa orang bahkan sering mencoba untuk membuat ranking perkembangan negara. Penggunaan istilah Dunia pertama, kedua dan ketiga adalah kasar namun ini dapat digunakan dan merupakan model turunan dari era Perang Dingin. Tidak ada definisi resmi tentang negara dunia pertama, kedua dan ketiga.

Setelah Perang Dunia II, dunia ini terbagi menjadi dua blok geopolitik besar dann memiliki pengaruh kuat bagi pemerintah dan masyarakat.
1. Blok negara demokrasi dan industri dengan pengaruh ideologi Amerika, dinamakan negara dunia pertama.
2. Blok timur negara sosialis komunis disebut negara kedua.
3. Tiga per empat sisanya dari populasi dunia adalah negara yang tidak masuk kedua blok tersebut, disebut juga negara dunia ketiga.
4. Istilah dunia keempat diciptakan pada tahun 1970, mengacu pada negara-negara yang tidak dikenal secara budaya dan etnis.

Negara Dunia Pertama
Asal usul konsep ini tidak jelas. Di tahun 1952 Alfred Sauvy seorang demografer Perancis menulis sebuah artikel di majalah Perancis dengan membandingkan dunia ketiga sebagai pemukiman kelas ketiga. Sumber lain mengklaim bahwa Charlesde Gaulle menciptakan istilah Dunia Ketiga.

Istilah negara dunia kesatu mengacu pada negara-negara industri maju, kapitalis atau negara yang setara dengan Amerika Serikat setelah Perang Dunia II. Wilayahnya mencakup Amerika Utara, Eropa Barat, Jepang dan Australia.

Negara Dunia Kedua
Dunia kedua mengacu pada negara bekasi komunis sosialis, dan negara yang terpengaruh Uni Soviet seperti Russia, Eropa Timur, Cina dan Kazakhstan.

Negara Dunia Ketiga
Dunia ketiga merupakan semua negara yang masih dalam kategori berkembang di Afrika, Asia dan Amerika Latin. Istilah dunia ketiga ini juga disematkan untuk Venezuela, Korea Utara, Arab Saudi dan negara sangat miskin seperti Ethiopia.

Negara dunia ketiga diklasifikasikan berdasarkan indikator hak politik dan kebebasan sipil, pendapatan nasional bruto, HDI, kebebasan informasi dan kemiskinan.
 
Negara Dunia Kesatu, Kedua dan Ketiga
Peta Statifikasi Negara di Dunia
Terlepas dari definisi yang berkembang, konsep dunia ketiga berfungsi untuk menjelaskan negara yang punya kematian bayi tinggi, perekonomian rendah, kemiskinan tinggi, pemanfaatan SDA yang belum baik dan ketergantungan impor. Negara ini masih belum mandiri dan kekayaan alam dikendalikan oleh negara maju. Hutang luar negeri sangat tinggi dan terus meningkat. Negara ini menjadi sasaran ekspansi bisnis negara kapitalis dunia kesatu dan kedua. Baca juga: Mau nilai UN mu joss?Daftar Quipper Video Aja

Sementara negara dunia keempat adalah negara yang mengacu pada negara yang para pribuminya banyak yang hijrah ke negara lain.
Gambar: nationsonline.org
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search