Keuntungan Multiple Cropping/Tumpangsari

- April 07, 2017
Bahan pangan merupakan kebutuhan manusia yang paling penting untuk menunjnag kehidupan. Ada wilayah menjadi basis pertanian tertentu namun meskipun melimpah hasil panen, tetap krisis pangan terus menjadi ancaman seiring berambahnya populasi manusia dan gangguan iklim yang terus terjadi.

Krisis bahan pangan memerlukan suatu langkah yang cepat agar masalah tersebut dapat diatasi di masa depan. Peningkatan produktifitas pertanian harus dikembangkan lebih baik untuk memastikan ketahanan pangan negara tetap terjaga.

Ada banyak teknik untuk meningkatkan produktifitas pangan seperti meningkatkan intensitas tanam, berlatih multiple cropping, mengadopsi teknik hidroponik dan lainnya. Namun diantara beberapa teknik tersebut, multiple cropping adalah langkah yang paling efektif. 

Multiple cropping atau diversifikasi/tumpangsari pertanian adalah menanam lebihd ari satu jenis tanaman dalam satu lahan dalam satu musim tanam. Teknik ini membuat efektifitas dalam penggunaan tanah, air dan pupuk. Jadi hasil panen akan lebih meningkat dan petani lebih diuntungkan.
Keuntungan Multiple Cropping/Tumpangsari
Sistem Tumpangsari
Multiple cropping dapat dilakukan pada varietas tanaman tahunan. Ini memungkinkan negara menjadi mandiri dalam produksi pangan dan ekspor menjadi surplus sehingga devisa negara bertambah dan dapat digunakan untuk mebiayai program pembangunan di sektor lainnya.

Tanaman yang rentan terhadap serangan hama serangga dapat menurunkan hasil panen. Dengan multiple cropping, kejadian gagal panen karena agen biotik dapat diminimalkan. Salah satu tanaman dapat dapat menutupi tanaman lainnya sehingga menjadi agen pengendali hayati. Misalnya canola adalah tanaman tumpangsari dengan gandum. Serangga kutu gandum akan berpindah dari gandum ke canola. 

Namun teknik tumpangsari ini harus memastikan pasokan air yang cukup untuk tumbuh kembang tanaman secara bersamaan. Faktor lain yang harus dipertimbangkan adalah perkembangan varietas yang memiliki tahap pertumbuhan kritis. Hal ini akan berpengaruh pada penggunaan pupuk dan nutrisi yang dibutuhkan sehingga biaya bisa diminimalisir.

Multiple cropping juga bisa membantu memelihara kesuburan tanah. Contohnya, tumpangari legume  dengan tanaman lain dapat meningkatkan proses fiksasi nitrogen yang nantinya akan meningkatkan kadar nutrisi tanah.
Keuntungan Multiple Cropping/Tumpangsari
Pertanian Tumpangsari
Keuntungan lain dari multiple cropping adalah pemanfaatn nutrisi tanah lebih efektif karena tanaman tumbuh bersamaan di lahan yang sama. Panen yang beranekaragam dalam satu musim dapat memberikan kesempatan pilihan dalam penggunaan komoditas pangan di masyarakat. 

Multiple cropping akan mempersempit ruang bagi gulma untuk tumbuh karena akan terjadi eksuidasi alleochemicals. Namun, gulma merupakan musuh tersembunyi yang dapat merusak tanaman. Mengurangi pertumbuhan gulma akan meningkatkan produktifias pertanian.

Kurangnya informasi, penelitian dan sumber daya terampil menjadi alasan masih kurangnya pelaksanaan multiple cropping. Petani-petani harus diberikan ilmu dan keterampilan modern dalam mengelola lahan agar kesejahteraan mereka bisa meningkat.
Gambar: organic-center.org, buzzle.com
Comments
0 Comments
 

Start typing and press Enter to search