Geografi Negara Perancis - Guru Geografi
News Update
Loading...

Kamis, Agustus 31

Geografi Negara Perancis

Perancis merupakan salah satu negara populer di dunia khususnya di Eropa. Negeri yang terkenal akan mode dan Menara Eiffel ini menjadi salah satu negara destinasi wisata dunia. 

Perancis terletak di Eropa Barat dan memiliki wilayah yang teresebar di seluaurh dunia sebagai koloninya. Perancis merupakan negara terbesar kedua di Eropa dengan kondisi geografis rata-rata dataran rendah dengan beberapa perbukitan dan pegunungan di beberapa titik. 

Berikut profil singkat Perancis:

OFFICIAL NAME: French Republic
FORM OF GOVERNMENT: Republic
CAPITAL: Paris
POPULATION: 66,259,012
OFFICIAL LANGUAGES: French
MONEY: Euro
AREA: 210,026 square miles (543,965 square kilometers)
MAJOR MOUNTAIN RANGES: Alps, Pyrenees, Massif Central
MAJOR RIVERS: Seine, Rhine, and Rhô

Geografi Negara Perancis
Peta Perancis via google map
Perancis telah lama menjadi pintu gerbang antara wilayah utara dan selatan negara tersebut. Batas geografis Perancis antara lain Jerman dan Belgia di utara, Samudera Atlantik di utara, Pegunungan Pirenia dan Spanyol di selatan, Swiss, Italia dan Laut Mediterania di timur. 

Dataran subur luas mendominasi sebagian besar wilayah utara dan barat, menjadikan Perancis sebagai pusat pertanian Eropa. Dataran tinggi dan gunung api purba menempati wilayah selatan Perancis.
Geografi Negara Perancis
Perkebunan anggur di Perancis
Perancis merupakan salah satu negara tertua di Bumi dan negara paling beragam secara etnik di Eropa. Pengaruh histori ini membuat Perancis memiliki kualitas tinggi di berbagai aspek budaya mulai dari masakan, anggur, politik filsafat, musik, seni, film, fashion, sastra hingga olahraga. Anggur Wine Perancis terkenal memiliki kualitas terbaik di dunia.

Kondisi cuaca dan iklim di Perancis sangat bervariasi namun sebagian besar bertipe musim dingin yang sejuk dan musim panas yang hangat. Sementara wilayah di Mediterania memiliki musim dingin yang ringan dan musim panas yang panas.
Geografi Negara Perancis
Sudut kota Paris
Daratan Perancis dialiri oleh puluhan sungai. Sungai terpanjang di Perancis adalah Liore dengan panjang 1.020 km. Sungai lainnya yang penting antara lain Garonne, Lot, Rhine, Rhone dan Seine.

Kota-kota penting di Perancis diantaranya Paris, Marseille, Bordeoux, Monaco, Lyon dan Nantes. Tokoh-tokoh terkenal dari Perancis diantaranya Napoleon Bonaparte, Montesquie dan Zinedine Zidane. Baca juga: Geografi Yerusalem

Gambar: disini, disini

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close