Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan

- November 27, 2017
Pencemaran lingkungan kini sudah bukan lagi suatu fenomena yang luar biasa karena sudah biasa terjadi dimana-mana. Perkembangan teknologi dan peradaban manusia yang pesat membuat limbah kini meracuni semua area permukaan bumi. Pencemaran berasal dari kegiatan rumah tangga, industri hingga kendaran bermotor. Dampak penceamaran industri ini sangat berbahaya bagi lingkungan dan kehidupan mahluk hidup diantaranya:

a. Kepunahan
Tentu saja yang namanya polutan alias zat pencemar sangat berbahaya bagi mahluk hidup. Polutan dapat meracuni berbagai jenis hewan dan mematikannya. Setiap hewan punya kekebalan berbeda terhadpa polutan ini. Larva akan sangat rentan terhadap polutan. Memang ada hewan yang tahan terhadap pencemaran namun jika sudha melampaui batas maka akan berlanjut kepada kematian. Baca juga: Genesa batuan beku

Beberapa spesies burung kini mengalami penurunan populasi karena insektisida. Insektisida meracuni telurdan menghambat perkembangan sel didalamnya karena induk burung memakan serangga yang sudah teracuni.

b. Ledakan Hama
Insektisida disatu sisi membunuh predator tananam namun dampak lainnya berbagai jenis hama akan membludak populasinya. Penggunaan insektisida membuat hama lambat laun akan beradaptasi dan kebal terhadap insektisida.
Dampak Pencemaran Lingkungan Bagi Kehidupan
Pencemaran merusak lingkungan

c. Gangguan Lingkungan
Hilangnya satu spesies dalam ekosistem akan berdampak pada perubahan jaring makanan, rantia makanan dan aliran energi di dalamnya sehingga keseimbangan ekosistem akan terganggu.

d. Menurunya Kesuburan Tanah
Penggunaan insektisida akan mematikan biota tanah dan dampak lainnya adalah kesuburan tanah akan menurun. Penggunaan pupuk yang lama membuat tanah menjadi asam dan tidak subur. Untuk mengatasinya bisa dengan mengganti pupuk dengna tipe pupuk kandang atau crop rotation farming.

Rotasi tanaman mencegah pengambilan unsur hara berlebihan. Hujan asam juga bisa melarutkan unsur hara tanah sehingga membuat tanah tandus.

e. Pandemi Penyakit
Jika kita mengonsumsi produk pertanian yang tercemar maka tubuh akan rentan terhadap penyakit. Berbagai kerusakna organ tubuh bisa terjadi dalam jangka panjang karena pengaruh polutan yang masih dalam tubuh.

f. Pemekatan Hayati
Merupakan proses peningkatan bahan pencemar melewati mahluk hidup. Contoh jika bahan pencemar terserap ganggang di laut maka kadarnya meningkat ratusan bahkan ribuan kali. Ganggang kemudian dimakan ikna, maka kadar pencemar dalam ikan akan lebih tinggi lagi. 

g. Lubang Ozon dan Global Warming
Peningkatan zat pencemar di udara karena polusi tentu akan membuat efek rumah kaca meningkat. Dampak lanjutan adalah lubang ozon semakin besar dan global warming terjadi. Lapisan es di kutub dan di pegunungan mulai mencair dan meningkatkan permukaan air laut. Kota-kota pinggir pantai mulai terancam.
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search