Definisi Bencana Kekeringan

- November 29, 2017
Kekeringan atau drought selalu sulit untuk didefinisikan karena sering digunakan dalam berbagai jenis konteks. Secara sederhana, ketiadaan air dalam jangka waktu lama di suatu daerah dapat dikatakan tidak normal dari biasanya, dapat dikatakan mengalami kekeringan. Distribusi air di permukaan bumi tidaklah merata meskipun volume air di bumi tetap. Beberapa lokasi memiliki banyak air tawar seperti danau, sungai, laguna, kolam dan lainnya yang terus diisi ulang oleh curah hujan, limpasan dan air bawah tanah. Sementara di daerah lain dikenal memiliki jumlah air sangat minim. Baca juga: Faktor penyebab bencana kekeringan

Oleh karenanya, jika suatu daerah biasanya memiliki curah hujan tinggi kemudian tiada hujan dalam beberapa minggu sehingga manusia, tumbuhan dan hewan mengalami kekurangan air, itu bisa dikatakan kekeringan. Pada saat yang sama kondisi ini mungkin sangat normal untuk lokasi yang  sulit air dan selama beberapa bulan tanpa hujan pun itu adalah normal.
Definisi Bencana Kekeringan
Kekeringan menyebabkan kegiatan pertanian terganggu
"petani mengeluh kelembaban tanah sangat minim dan mempengaruhi masa tanam, ini dikatakan kekeringan".
"ahli cuaca mengatakan kekeringan bila dalam jangka waktu relatif lama tidak ada curah hujan dalam suatu wilayah"
"ahli hidrologi melihat tidak ada aliran permukaan di sungai atau saluran air lain, ini bisa dikatakan kekeringan"

Dengan pemikiran di atas, kita bisa menggambarkan kekeringan sebagai suatu fenomena suatu daerah yang mengalami ketidakcukupan air dalam jangka waktu relatif lama yang mempengaruhi kehidupan mahluk di dalamnya.

Kekeringan mungkin tidak menjadi masalah serius hanya karena kurangnya atau tidak adanya presipitasi. Namun ini bisa menjadi masalah jika mulai mempengaruhi persediaan air untuk beragam fungsi seperti irigasi, kota, industri, energi dan ekosistem.

Manusia sering tidak melihat kekeringan seperti bencana lain yaitu tornado, angin topan atau banjir karena sifatnya yang tidak merusak sekaligus. Namun dalam jangka waktu lama yang berkelanjutan, kekeringan bisa menyebabkan kerusakan serius dan mengancam kehidupan manusia dan mahluk lainnya. Di Indonesia daerah yang rawan kekeringan adalah daerah seperti karst di Gunung Kidul dan daerah di Nusa Tenggara yang memiliki curah hujan rendah. Baca juga: Ayat quran terkait geografi
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search