Perbedaan Penyakit HIV dan AIDS itu apa?

- November 26, 2017
Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang pengidap HIV?, mungkin tidak. Ini karena HIV tidak menunjukkan gejala yang dari luar. Orang dengan HIV mungkin akan terlihat kuat, cantik atau tampan. Lalu apa bedanya HIV dengan AIDS?. Inilah sebabnya memahami HIV sangat penting, terutama karena belum ada obat untuk mengatasi penyatik "kutukan" ini.

Sejak ditemukan lebih dari 20 tahun lalu, jutaan orang di dunia sudah terinfeksi HIV dan sebagian besar adalah orang dewasa. Hingga saat ini HIV AIDS sudah menjadi penyakit yang menyebar secara global dan harus diwaspadai.

Saat ini ada sekitar 40 juta orang di dunia hidup dengan HIV atua AIDS dengan 37 juta orang dewasa dan sisanya anak-anak. Lebih dari 60% orang dengan HIV berada di sub Sahara Afrika. Lalu apa itu HIV dan AIDS?
Perbedaan Penyakit HIV dan AIDS itu apa?
HIV dan AIDS bisa dicegah

HIV merupakan singkatan dari Human Immunodeficiency Virus dan AIDS singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syndrom. HIV merupakan virus yang menyebabkan AIDS. Untuk memahami proses penjangkitan AIDS kamu harus perlu tahu dulu apa itu Sistem Imun Tubuh. Setiap manusia tentu punya sistem imun tubuh dan tersusun atas sel darah putih yang disebut T Lymphocyte atau T- Cells.

Setiap hari T-Cells yang baik ini akan melawan infeksi penyakit dan bakteri yang ingin menyerang tubuh kita. T-Cells selalu membentengi tubuh kita dan membentuk kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit. 

Mekanisme masuknya virus HIV
1. Jika orang sehat terinfeksi HIV, maka virus akan masuk ke T-Cells dan mulai menghancurkannya dan ini terjadi dalam jangka waktu lama.
2. Meski orang dengan HIV terlihat baik-baik saja, mungkin saja virus tersebut secara diam-diam mulai menjangkiti tubuh dan menghancurkan T-Cells. Lama kelamaan T-Cells akan kewalahan menghadapi virus HIV.
3. Karena sistem imun sudah rusak maka semua virus penyakit akan dapat langsung menyerang tubuh anda tanpa terkendali.
4. Pada perkembangannya virus akan bersarang di tubuh dan akan terus berkembang sampai tahap AIDS.

Jika HIVmemburuk maka dalam jangka panjang akan berubah menjadi AIDS dan hidup anda akan benar-benar berubah. Manusia yang terkena AIDS akan menghabiskan waktu di ranjang rumah sakit dengan berbagai penyakit serius. Tubuhnya akan lemah, kurus kering, tidak bertenaga dan sudah tidak ada daya upaya lagi. Baca juga: Bagaimana manusia bisa terjangkit HIV AIDS?.
Gambar: disini
Comments
0 Comments

Berkomentar yang baik ya!

 

Start typing and press Enter to search