Profil Negara Maju di Benua Asia - Guru Geografi
News Update
Loading...

Sabtu, September 23

Profil Negara Maju di Benua Asia

Dunia ini terbagi menjadi ratusan negara dan setiap negara punya perkembangan yang berbeda-beda. 

Benua Asia merupakan benua dengan jumlah penduduk terbesar di dunia. Ada tiga negara dengan jumlah penduduk dengan ranking 4 besar di dunia yaitu Cina, India dan Indonesia. 

Lalu sejauhmana perkembangan negara di Asia. Ada berapa jumlah negara maju di Asia?. Berikut ini 5 negara maju di Asia menurut berbagai kriteria terutama Ekonomi.

1. Jepang
Meskipun ukurannya kecil, Jepang adalah kekuatan ekonomi utama di dunia modern, saat ini memiliki ekonomi terbesar ke-3 di seluruh dunia di bawah USA dan Cina.

Jepang memiliki beberapa budaya filosofi di bidang ekonomi dan yang mungkin bisa menjadi alasan untuk banyak keberhasilan mereka dalam bidang ekonomi. Gambar: disini

Profil Negara Maju di Benua Asia
Para pekerja di Jepang
Misalnya mereka memiliki prinsip yang disebut "Nemawashi" yang mana sebelum membuat perubahan besar dalam bisnis Anda mengumpulkan dukungan dan masukan dari semua yang terlibat

Entah anda seorang manajer atau karyawan tingkat rendah, dengan melakukan hal ini Anda mendapatkan dukungan semua pihak dan perubahan lebih cepat. Adaptasi ini membantu mereka untuk tetap kompetitif di pasar dunia.


Jepang tidak memiliki banyak tanah yang cocok untuk pertanian tetapi tanah yang mereka gunakan memiliki hasil yang sangat tinggi dan bernilai jual tinggi. Komoditas utama adalah beras dan impor beras tarifnya tinggi untuk menurunkan persaingan dengan beras domestik.


Impor Jepang terbesar adalah bahan baku untuk produksi serta minyak untuk bahan bakar mesin dan kendaraan mereka. 

Impor utama lain yang tidak boleh dilupakan adalah makanan, hal-hal seperti daging dan gandum juga banyak diimopr karena Jepang kurang memiliki lahan pertanian tersebut. Mitra impor terbesar Jepang adalah Amerika Serikat dan Republik Rakyat Cina.


Kekuatan utama di balik ekonomi Jepang adalah industri manufaktur. Mereka yang terkenal di seluruh dunia untuk menjadi yang terdepan dalam industri teknologi. Produk manufaktur mereka adalah:


-Elektronik (televisi, Mp3 player, pemutar DVD)
-Otomotif
-Semikonduktor manufaktur
-Serat optik
-Optoelectronics
-Media optik
-Mesin Copy


Jepang merupakan negara ekonomi terbesar dunia dan punya penguasaan manufaktur dan investasi infrastruktur yang tak tertandingi dan semua tanda menunjuk ke kesuksesan mereka di masa depan. Baca juga: Geografi kota Yerusalem

2. Korea Selatan
Korea Selatan adalah kekuatan ekonomi internasional dengan ranking 12 terbesar di dunia dan terbesar ketiga di Asia, di belakang Jepang dan Cina. Mitra perdagangan pasar hari ini adalah Cina. 

Sebagai salah satu empat Macan Asia, Korea Selatan mencapai pertumbuhan ekonomi yang cepat melalui ekspor barang manufaktur. Pada 1950-an, Korea Selatan adalah salah satu negara termiskin di Asia.  

Pada akhir Perang Dunia II, negara ini mewarisi sistem ekonomi kolonial yang dirancang hanya untuk kebutuhan Jepang.


Banyak infrastruktur negara hancur selama Perang Korea di tahun 1950-1953. Setelah perang, Korea Selatan menjadi bergantung pada bantuan AS.
Setelah kudeta militer yang dipimpin oleh Jenderal Park Chung-hee pada tahun 1962, Korea Selatan meluncurkan serangkaian rencana lima tahun ambisius bagi pembangunan ekonomi.  

Penekanan bergeser ke perdagangan luar negeri dengan normalisasi hubungan dengan Jepang pada tahun 1965 dan mengakibatkan ledakan di perdagangan dan investasi.

Ekspansi yang cepat, pertama ke bahan baku dan kemudian industri berat, diikuti pada tahun 1960-an dan 1970-an. Selama periode ini, ekonomi Korea Selatan tumbuh pada tingkat tahunan rata-rata 8,6%. Gambar: disini

Profil Negara Maju di Benua Asia
Sudut kota Seoul
Pertumbuhan fenomenal ini sering disebut "Miracle on the Han River", Sungai Han sedang sungai utama yang mengalir melalui bangsa ibukota dan kota terbesar, Seoul.  

Pada 1980-an dan 1990-an, pertumbuhan terus meningkat dan Korea Selatan berubah dari eksportir tekstil dan sepatu menjadi produsen global utama dari mobil, elektronik, perkapalan, baja dan, kemudian, produk-produk teknologi tinggi seperti monitor digital, ponsel, dan semikonduktor


Model Korea Selatan mendorong pertumbuhan perusahaan besar, berdaya saing internasional melalui mudah pembiayaan dan pajak insentif menyebabkan dominasi konglomerat dikontrol keluarga. 

Perusahaan-perusahaan ini, dikenal sebagai chaebol, berkembang di bawah dukungan dari rezim Park. Beberapa seperti Hyundai, Samsung, LG dan SK menjadi perusahaan global. Pada tahun 2004, Korea Selatan bergabung di klub triliun dolar ekonomi dunia.
Ekonomi Korea Selatan sekarang ditandai dengan inflasi menengah, tingkat pengangguran yang rendah, surplus ekspor dan distribusi pendapatan yang merata. Korea Selatan terus berusaha untuk mempertahankan daya saing global. 

 Korea Selatan telah dibuka untuk berbagai kesempatan kerja di berbagai industri. Contoh adalah masuknya guru bahasa Inggris asli dari negara berbahasa Inggris yang mencari pekerjaan dan perjalanan wisata di dalam negeri.

3. Singapura
Sejak kemerdekaan pada tahun 1965, ekonomi Singapura telah mengalami perkembangan signifikan.  

Pertumbuhan ekonomi yang kuat mencerminkan keberhasilan strategi pengembangan yang terbuka dan berorientasi ke luar. Selama bertahun-tahun, komposisi ekspor Singapura telah berkembang dari kerja-intensif tinggi nilai tambah produk, seperti elektronik, bahan kimia dan biomedis. 

Pentingnya Layanan ekonomi Singapura juga tumbuh, sebagaimana dibuktikan oleh pangsa peningkatan keuangan dan bisnis sektor ekonomi.


Sebagai suatu ilustrasi selama periode 2000-2010, PDB hampir dua kali lipat, naik dari S$ 163 miliar sampai S$ 304 miliar.  

Real GDP per kapita juga meningkat pesat pada tingkat persenyawaan hampir 12% p.a., sementara rata-rata tingkat inflasi dan pengangguran kurang dari 2% p.a. dan 3% p.a. masing-masing selama periode ini. Gambar: disini
Profil Negara Maju di Benua Asia
Keindahan kota Singapura
Faktor pesatnya ekonomi Singapura adalah seperangkat suara kebijakan makroekonomi yang ditujukan untuk mempertahankan lingkungan yang kondusif untuk investasi jangka panjang dalam perekonomian. 

Kebijakan fiskal diarahkan terutama pada mempromosikan pertumbuhan ekonomi jangka panjang, daripada berhubung dengan putaran perubahan atau mendistribusikan pendapatan.  

Sebagai hasil dari posisi fiskal yang sehat dan surplus anggaran konsisten selama bertahun-tahun, Singapura telah mencapai tingkat tinggi asing cadangan dan berdaulat terkuat peringkat kredit jangka panjang utang mata uang asing di Asia.
Sejak 1981, kebijakan moneter di Singapura berpusat pada nilai tukar. Hal ini mencerminkan fakta bahwa dalam ekonomi Singapura kecil dan terbuka, nilai tukar adalah alat yang lebih efektif dalam menjaga kestabilan harga.
Strategi ekonomi jangka panjang Singapura dan kebijakan yang terus-menerus kembali dievaluasi untuk beradaptasi terhadap perubahan tantangan dan prioritas dari waktu ke waktu. 

 Saat ini, ada langkah-langkah yang terfokus untuk mengembangkan Singapura sebagai pusat keuangan kelas dunia. Berbagai inisiatif juga telah dilaksanakan untuk memberikan ruang bagi investasi yang lebih besar akses ke dana domestik,  mengembangkan pasar utang dan merombak tata kelola perusahaan. 

Inisiatif ini bersama-sama dengan Singapura stabilitas politik dan ekonomi makro, baik telekomunikasi dan infrastruktur, lokasi geografis dan tenaga kerja terampil dan terdidik telah berkontribusi terhadap perkembangan pesat di Singapura menjadi dinamis bisnis dan finansial di Asia.

4. Qatar
Karena cadangan minyak dan gas, Qatar dianggap salah satu negara terkaya di dunia. Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi yang dikendalikan yang sesuai dengan ukuran negara dan ramah lingkungan. 

Selain bahan bakar fosil, pendidikan dan ramah lingkungan adalah semakin penting dalam perkembangan Qatar sesuai "visi Nasional Qatar 2030″.
 
Secara Internasional, Qatar adalah mitra dekat dan handal untuk sejumlah negara Eropa dan terlibat dalam berbagai perusahaan internasional melalui lembaga "Qatar Investment Authority".
Sumber utama pendapatan adalah minyak, gas alam, pupuk dan industri petrokimia. Pada tahun 2004, produk domestik bruto (PDB) tumbuh sebesar 20%, 0,2% yang dihasilkan dalam pertanian, 62,2% dalam industri dan 37.6% dalam layanan. 

Pada tahun 2001, 2% dari tenaga kerja, bekerja di bidang pertanian, 38% dalam industri dan 60% di sektor jasa. Inflasi tahun 2005 adalah rata-rata 4,5%. Gambar: disini
Profil Negara Maju di Benua Asia
Sudut kota Doha Qatar
Perekonomian Qatar menjalani banyak penyesuaian untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman.  

Penyesuaian ini juga dimaksudkan untuk mengkonsolidasikan dan diversifikasi ekonomi dasar untuk meniadakan risiko tergantung pada satu sumber minyak dan gas. 

Dengan demikian perekonomian Qatar sekarang adalah salah satu yang terkuat di daerah teluk Arab dan memiliki pertumbuhan signifikan selama 5 tahun terakhir. 

Pertumbuhan ini juga telah menyebabkan peningkatan dalam menjaga inflasi terkendali dan memastikan stabilitas nilai tukar.

Qatar hubungan persahabatan dengan negara-negara lain telah membantu untuk sebagian besar yang pertukaran perdagangan luar negeri terutama di pasar Asia.
Rekening minyak dan bahan bakar lebih dari 93% dari jumlah ekspor, diikuti oleh petrokimia dan produksi barang-barang. Jepang adalah importir tunggal terbesar minyak mentah dari Qatar sementara Cina dan India adalah importir terbesar pupuk dan petrokimia.
Qatar menikmati suasana unik investasi berkat undang-undang investasi yang menarik dengan  insentif investasi, stabilitas sosial dan politik, hubungan yang kuat dan seimbang dengan semua negara di wilayah itu dan lokasi geografis yang strategis.  

Untuk menjaga momentum untuk pembangunan ekonomi, Qatar mengadopsi kebijakan ekonomi yang fleksibel yang dirancang untuk mendorong investasi asing dan lokal. 

Ini termasuk infrastruktur yang berkembang dengan baik, harga nominal tanah-sewa di kawasan industri dengan biaya bebas impor.
Desain bisnis Qatar dirancang untuk menciptakan lingkungan yang menarik Modal Asing, kondusif untuk integrasi ekonomi dengan negara-negara tetangga dan pada akhirnya mampu menjaga perekonomian nasional terhadap dampak berbahaya.


Bank Sentral Qatar didirikan pada 1993 untuk menggantikan otoritas moneter Qatar, yang dibentuk pada tahun 1973. Antara tugas pokok Bank adalah untuk mengatur, kontrol dan menjamin stabilitas pasar keuangan. 

Sejak tahun 1995 QCB memiliki tata bunga, sehingga memberikan kebebasan untuk menentukan batas suku bunga bank-bank komersial. Ada lebih dari 37 bank di Qatar, beberapa dimiliki oleh orang Qatar dan sisanya milik negara Arab dan asing lainnya.

5. Uni Emirat Arab
UEA memiliki salah satu ekonomi paling terbuka di dunia. Tradisi  ramah bisnis dan perdagangan kembali ke sejarah Teluk awal, ketika kapal-kapal berlayar ke India dan sepanjang Pantai Timur Afrika Selatan Mozambik.


UEA terus menjadi sebuah hubungan strategis, dengan zona bebas bisnis-ramah dan cepat dalam hal pertumbuhan ekonomi. Negara telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang signifikan.  

Rata-rata pertumbuhan PDB selama tahun 2000-2006 di UAE adalah sekitar 8,4 persen — tertinggi di Dewan Kerjasama Teluk, yang rata-rata 6,5 persen.


PDB untuk 2014 adalah $419 miliar. Ini mencerminkan kaya sumber daya alam di UAE, yang memiliki 10 persen dari pasokan minyak dunia total cadangan dan cadangan gas alam yang terbesar kelima di dunia. Gambar: disini
Profil Negara Maju di Benua Asia
Kota Dubai
Sebagai andalan ekonomi, ekospor minyak menyumbang 30 persen dari total UEA produk domestik bruto. Selain menjadi penyedia yang penting untuk energi, UEA sekarang menjadi semakin relevan konsumen energi.

UEA akan melanjutkan tradisi panjang energi bertanggung jawab pelayanan serta mengembangkan diversifikasi ekonominya, mempercepat pengembangan cadangan hidrokarbon tambahan dan memberikan kontribusi untuk pengembangan dan pelaksanaan energi alternatif.

Baca juga:
Rumus kelembaban relatif
Faktor urbanisasi di Indonesia
Teori pola kota Konsentrik Burgess

UEA meluncurkan program diversifikasi dan liberalisasi untuk mengurangi ketergantungan pada minyak dan mengubah ekonominya dari ekonomi konvensional, padat karya untuk satu didasarkan pada pengetahuan, teknologi dan tenaga kerja terampil.  

Pemerintah UEA dan pelaku bisnis swasta telah berinvestasi dalam sektor seperti produksi aluminium, pariwisata, penerbangan, re-ekspor perdagangan, dan telekomunikasi.
Pariwisata telah memainkan peranan besar dalam keberhasilan diversifikasi ekonomi.  

Abu Dhabi punya 156 hotel dengan rekaman jumlah pengunjung terbesar pada tahun 2014, sementara pendirian 634 hotel Dubai juga membuat kota ini menjadi destinasi wisata kelas dunia.  

UEA punya dua maskapai kelas dunia, Etihad dan Emirat, serta peningkatan konstan infrastruktur penerbangan, telah memainkan peran utama dalam kemajuan industri pariwisata dan kontributor utama perekonomian. 

Dubai, khususnya mengharapkan bahwa industri penerbangan akan berkontribusi 32 persen terhadap PDB di tahun 2020.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close