Perbedaan Pendekatan Sistem Politik Negara - Guru Geografi
News Update
Loading...

Minggu, Desember 10

Perbedaan Pendekatan Sistem Politik Negara

Sistem politik antar negara di dunia ada yang sama dan ada yang berbeda. Untuk mengetahui perbedaan tersebut, maka perlu dipahami fungsi dari sistem politik tersebut. 

Terdapat tiga fungsi politik yang tidak secara langsung terlibat dalam pembuatan dan pelaksanaan pemerintahan (public policy) namun sangat penting dalam menentukan cara bekerjanya suatu sistem politik. Fungsi tersebut diantaranya:

1. Sosial Politik. Setiap sistem politik memiliki fungsi pengembangan dan memperkuat sikap-sikap politik di kalangan penduduk umum, bagian-bagian dari penduduk, atau melatih rakyat untuk menjalankan peranan-peranan politik, administratif dan yudisial tertentu. 

Fungsi politik ini melibatkan keluarga, sekolah, medi, lembaga keagamaan, pekerjaan dan berbagai struktur politik.

2. Rekrutmen Politik. Rekrutmen merupakan fungsi penyeleksian rakyat untuk kegiatan politik dan masa jabatan pemerintahan melalui penampilan dalam media komunikasi, menjadi anggota organisasi, mencalonkan untuk jabatan tertentu, pendidikan dan ujian.

3. Komunikasi Politik. Komunikasi politik merupakan jalan mengalirnya informasi melalui masyarakat dan melalui berbagai struktur yang ada dalam sistem politik.

Setiap negara punya sistem politik berbeda-beda dan oleh sebab itu diperlukan beberapa pendekatan untuk mempelajarinya. Berikut beberapa pendekatan dalam memahami sistem politik negara.

1. Pendekatan Sejarah
Sistem politik dipelajari dari sejarah bangsa. Ada tiga faktor yang mempengaruhi pendekatan ini yaitu masa lalu, masa sekarang dan masa depan.
2. Pendekatan Sosiologis
Untuk mempelajari sistem politik suatu negara perlu memahami sistem sosial yang ada pada suatu negara. Perbedaan sistem sosial akan mempengaruhi terhadap sistem politik suatu negara.
3. Pendekatan Budaya
Pendeaktan ini dilihat dari pendidikan dan budaya masyarakatnya. Suatu masyarakat yang anggotanya telah terdidik dan memiliki budaya tinggi akan berpengaruh terhadap suatu sistem politik negara tersebut. 

Begitu pun sebaliknya jika pendidikan dan budaya masyarakat masih rendah maka akan menjadi hambatan pengembangan sistem politik kedepannya.
Sistem politik bermacam-macam
4. Pendekatan Psikologi
Dalam pendekatan ini dilihat dari sikap-sikap masyarakat yang akan berpengaruh terhadap sikap-sikap politik. Suatu masyarakat yang tertutup atau menolak terhadap segala perubahan atau pengaruh luar akan mempengaruhi sistem politik negara tersebut dan cenderung tertutup.
5. Pendekatan Filsafat
Dalam pendekatan ini dibicarakan tentang filsafat yang menjadi way of life dari masyarakat suatu negara. Sistem politik suatu bangsa atua negara akan sulit dipisahkan dari way of life di dalamnya. 

Suatu masyarakat yang dalam hidupnya selalu mengutamakan kepentingan masyarakat dan pola pikir yang menjunjung tinggi norma adat dan agama maka sistem politiknya tidak akan lepas dari filsafat yang dianut oleh masyarakat atau bangsanya. 

6. Pendekatan Ideologi
Dalam pendekatan ini, suatu sistem politik dilihat dan dipelajari dari ideologi bangsa atau negara yang berlaku di dalam negara itu. Ideologi sebagai ajaran yang dihasilkan oleh pemikiran manusia tentang konsep-konsep politik, sosial, ekonomi dan budaya. 

Dengan kata lain sistem politik tidak lepas dari doktrin politik, sosial, ekonomi dan budaya yang telah diterima oleh sebagian besar rakyatnya.

7. Pendekatan Konstitusi dan Hukum
Dalam pendekatan ini, suatu sistem politik dilihat dari konstitusi dan undang-undang serta hukum yang berlaku di negara itu. Jadi suatu sistem politik tidak bisa dipisahkan dari konstitusi neagra atau hukum yang berlaku di dalam negara itu. 

Dengan demikian, segala kegiatan dari suatu sistem politik akan selalu bersumber dan berpedoman kepada undang-undang dasar dan undang-undang yang dapat mencerminkan apakah sistem politik yang berlaku di negara itu demokrasi atau diktator. 

Gambar: disini

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.

Maaf, komentar spam, link, ujaran kebencian tidak akan dipublish.

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close