Pengertian Pertumbuhan Wilayah (Regional Development)

- May 30, 2018

Baca Juga

Belajar geografi pastinya akan berurusan
dengan yang namanya wilayah atau region. Wilayah adalah kajian utama geografi karena berbagai fenomena terjadi dalam batas-batas wilayah permukaan bumi. Wilayah dapat diartikan sebagai ruang di permukaan bumi dimana manusia dan mahluk lainnya dapat hidup dan berkatifitas. Wilayah adalah unit tata ruang yang terdiri atas jarak, lokasi, bentuk, ukuran atau skala. Dengan demikian sebagai satu unit tata ruang yang dimanfaatkan manusia, maka penataan dan penggunaan wilayah dapat terpelihara dan berkelanjutan.

Hadjisaroso menyebutkan wilayah adalah sebutan untuk lingkungan pada umumnya dan tertentu batasnya. Contohnya nasional adalah sebutan untuk wilayah dalam kekuasaan negara, dan daerah adalah sebutan untuk batas wilayah dalam batas kewenangan daerah. Pembangunan wilayah tidak terlepas dari pembangunan berkelnajutan.
Pengertian Pertumbuhan Wilayah (Regional Development)
Bandara Kertajati Majalengka
Wilayah-wilayah di bumi ini terus berkembang dari sisi fungsi dikarenakan peradaban manusia yang semakin berubah. Pertumbuhan ekonomi wilayah menjadi sinyal maju tidaknya wilayah tersebut. Sejak pertengahan abad ke 20 para ahli sejarah perekonomian geografi mencoba merumuskan pola pertumbuhan ekonomi suatu wilayah yang ideal. Penelitian terkait wilayah-wilayah yang terkenal berhasil pembangunan ekonominya memunculkan beberapa teori seperti Growth Pole Theory yang mendasarkan diri pada proses pertumbuhan internal dan Teori Rostow tentang fase pertumbuhan ekonomi negara. 

Lalu apakan pola dan teori pertumbuhan ekonomi suatu wilayah itu sama?. Apakah teori di negara-negara maju sama halnya terjadi di negara berkembang seperti Indonesia. Ini patut kita pelajari karena ada banyak faktor yang mempengaruhi pertumbuhan wilayah termasuk faktor genetik ras dan sejarah mula wilayah tersebut. Yang jelas pertumbuhan wilayah harus beriringan dengan pertumbuhan kualitas hidup manusia agar terjadi keseimbangan hidup.

Berkomentarlah dengan bahasa yang baik!

 

Start typing and press Enter to search