Contoh Prasasti Yang Berhasil Ditemukan di Indonesia - Guru Geografi
News Update
Loading...

Jumat, Agustus 3

Contoh Prasasti Yang Berhasil Ditemukan di Indonesia

Prasasti merupakan salah satu rekaman tertulis yang menceritakan kejadian di masa lalu. Prasasti menulis suatu kejadian yang cukup penting di masa prasasti itu dibuat. 

Pembuatan prasasti selalu didasarkan pada perintah raja dan tujuanya adalah mengabadikan suatu peristiwa yang dialami oleh raja atau sebuah kerajaan.

Ada banyak prasasti ditemukan di Indonesia dan sangat bermanfaat untuk sumber sejarah. Contoh prasasti yang berhasil ditemukan di wilayah Indoneisa dan terkait kejadian penting di masa lalu diantaranya:
Contoh Prasasti Yang Berhasil Ditemukan di Indonesia
Prasasti diukir diatas batu
1. Prasasti Yupa dari Kerajaan Kutai. Prasasti ini dibuat dalam rangka upacara penghormatan terhadap para pendahulu dan pemberian hadiah kepada para pendeta atau Kaum Brahmana yang memimpin upacara tersebut.
2. Prasasti Tugu dari Kerajaan Tarumanegara. Prasasti Tarumanegara dibuat untuk memperingati keberhasilan Raja Mulawarman membuat saluran irigasi untuk meningkatkan kemakmuran rakyatnya.
3. Prasasti Ratu Boko dari Kerajaan Syailendra. Prasasti ini dibuat atas nama perintah Raja Balaputra Dewa. Tujuannya untuk megenang kekalahan Raja Balaputra Dewa dalam perang saudara melawan kakaknya yang bernama Putri Pramodhawardhani. Karena kekalahan itu Raja Balaputra Dewa lari ke Kerajaan Sriwijaya.
4. Prasasti Ligor dari Kerajaan Sriwijaya. Prasasti ini dibuat sebagai tanda bahwa kerajaan Sriwijaya telah membangun ibukota baru di Semenanjung Malaya bernama Ligor.
5. Prasasti Canggal dari Kerajaan Mataram Hindu. Prasasti ini dibuat atas Perintah Raja Sanjaya. Prasasti ini merupakan peringatan bahwa Kerajaan Mataram Hindu berhasil didirikan oleh Raja Sanjaya di sekitar Jawa Tengah.
6. Prasasti Kalasan dari Kerajaan Syailendra. Prasasti ini menyebutkan seorang raja dari dinasti Syailendra yang berhasil menunjuk Rakal Panangkaran untuk membuat sebuah bangunan suci untuk Dewi Tara dan sebuah biara untuk para pendeta.
7. Prasasti Mantyasih dari Kerajaan Mataram. Prasasti ini dibuat atas dasar perintah Raja Diah Balitung. Prasasti ini menyebutkan daftar nama raja-raja yang pernah memerintah Mataram dari mulai Sanjaya hingga Diah Balitung.

Share with your friends

Yuk, berkomentar di blog ini!.
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done
close